Sponsors Link

3 Jenis Pitbull Petarung yang Bagus dan Mudah Dilatih

Sponsors Link

Anjing bisa dijadikan hewan peliharaan sebagai teman bermain, namun gonggongannya yang dapat membuat musuhnya ketakutan, maka beberapa anjing dimanfaatkan sebagai media keamanaan seperti  menjaga rumah, maupun mengawal majikannya keluar rumah. Beberapa jenis anjing dapat kamu jadikan pilihan salah satunya adalah Anjing Pitbull. Anjing Pitbull memiliki beberapa jenis, disini akan kami berikan ulasan 3  Jenis Pitbull Petarung:

ads

1. American Pit Bull Terrier (APBT)

APBT merupakan anjing yan tergolong sangat kuat diantara lainnya. Anjing ini cukup bersemangan dan mempunyai kesetiaan yang tinggi terhadap tuannya sehingga cocok untuk dijadikan pengawal ketika dalam kondisi manapun.

Anjing Pitbull ini pun mempunyai tubuh yang berotot, kekar, dan geraknya yang sangat gesit dengan ukuran tubuh yang seperti itu. Karakteristik tubuh selanjutnya yaitu memiliki bulu yang tebal, pendek, mengkilap dengan warna yang cukup beragam dan telinganya berbentuk dikupir (cropping).

Mengenai kesetiakawanannya sudah tidak diragukan lagi, Anjing Pitbull ini memiliki keinginan kuat untuk menyenangkan tuannya dengan penjagaan yang pintar, vitalitas yang tinggi serta menjaga tuan dan barang milik tuannya. APBT memiliki kecendrungan berprilaku agresif ketika berhadapan secara langsung maupun tidak langsung kepada manusia, sesama anjing maupun binatang lain. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat)

Namun mereka tidak akan bersikap agresif bila perlakuan pemiliknya sudah cukup percaya diri dan tegas dan si anjing akan bersikap dengan wajar. Hal ini karena anjing ini sebenarnya adalah hewan peliharaan yang baik hati, setia dan penuh kasih sayang.

Sikap dari perilaku Anjing Pitbull dipengaruhi juga oleh ketegasan pemiliknya. Anjing pitbul bisa menjadi ajing yang tidak nurut bila sang pemiliki tidak tefas. Hal ini dikarenaka anjing jenis ini membutuhkan aturan dan perilau yang teratur, disiplin, tegas, dengan tidak semena -mena. Anjing Pitbull pun tak mempunyai masalah dengan hewan peliharaan lain apabila mereka sama – sama dibesarkan dari kecil atau sudah disosialisasikan/diperkenalkan sebelumnya. (baca: Cara Merawat Golden Retriever)

Kesalahan yang paling sering muncul ketika pemilik tidak mengerti akan psikologi anjing tersebut ditambah menganggap sang pemilik merupakan bos yang harus dituruti dan tidak memperlakukannya selayaknya hewan peliharaan yang bersahabat. Ketika si anjing berada pada tahap perkembangan yang relatif muda ini tak masalah karena penanaman psikologi masih tidak terlalu susah disini. Namun ketika anjing sudah cukup besar maka tempramen APBT mulai muncul dan berpengaruh kepada anjing, sehingga pemilik harus benar – benar memahami dan mengikuti konsep bagaimana memelihara anjing khususnya APBT

Sejarah Pit Bull Terrier

Di abad ke-19, adanya persilangan yang dilakukan antara bulldog dengan terrier. Persilangan ini menghasilkan APBT yang memiliki kecepatan dan kelincahan tinggi. Awalnya, anjing ini digunakan untuk menjadi umpan banteng dan beruang namun seiring berjalan waktu mulai ditinggalkan karena tidak sesuai dengan perikehawanan. APBT harusnya dipelihara dengan kasih sayang dan sikap lebut tuannya. Terkadang APBT ini digunakan untuk melindungi lahan maupun ternak petani, menggembalakan ternak dan bahkan sebagai pengirim pesan pada perang dunia I dan II

APBT umumnya sehat meskipun beberapa anjing spesies ini mengalami Hip dysplasia atau penyakit tulang pada anjing, yang membuat anjing berjalan pincang dan kesakitan saat meloncat. Selain itu penyakit yang rentan diderita yaitu katarak menurun , alergi pada rumput yang membuatnya gatal – gatal hingga penyakit jantung.

Untuk kondisi tempat tinggalnya, dibutuhkan ruangan tertutup maupun terbuka tidak terlalu masalah untuk tempat tinggal APBT, yang terpenting anjing ini dapat melakukan aktifitas fisik yang cukup. Selain itu mereka suka dengan iklim yang hangat. Dalam keseharian, anjing ini membutuhkan banyak latihan fisik yang harus dijalankan agar otot- otot tidak menyusut karena tidak digunakan dalam berkontraksi, kemudian diperlukan jalan – jalan setiap hari. (baca: Cara Mengatasi Anjing Keracunan)

Karena anjing ini memiliki bulu yang halus dan pendek sehingga tak terlalu butuh perawatan yang sulit. Hanya saja perlu disisir maupun disikat secara teratur kalau bisa dengan shampoo. Perawatan anjing juga sebagai media pendekatan kepada si anjing. Tingkat kerontokan bulu untuk APBT ini adalah menengah yang berarti tidak terlalu rentan akibat kerontokan.

Tinggi45-56 cm saat dewasa
berat16 – 30 kg (jantan)  , 14-27 kg (betina)
AsalAmerika Serikat, Britania Raya
Usiamaksimal sampai 15 tahun
Group Terrier
Anakan Bisa mencapai sekitar 5 – 10 anakan
ads

2. American Stanfordsire Terrier (AST)

Anjing Pitbull yang selanjutnya ini merupakan anjing yang tangguh dan kuat, bertubuh atletis jenis ras Amerika. Bila ditelisik dari bentuk tubuhnya, maka dengan kakinya yang cukup rendah membuat pusat gravitasi dari anjing ini berada pada titik yang rendah sehingga membantunya tetap stabil dan seimbang ketika AST berdiri, berjalan maupun berlari.

Rahangnya yang kuat pun mampu menerjang musuh dengan sekali tebas, kemudian moncongnya yang menengah panjang dan bulat di bagian atas sementara matanya gelap dan bulat.

Sejarah Standfordsire Terrier

Pada zaman dahulu, Anjing Bulldog dan beberapa ras anjing lain disilangkan­ untuk menciptakan anjing  yang tangguh, agresif dan berotot kuat candradimuka dan terbentuklah Staffordshire Bullterier. Kemudian ST (masih belum ada kata amerika ) ini dibawa ke Amerika pada akhir tahun 1870 untuk disilangkan kembali dengan ras yang memiliki bentuk kepala lebih kuat dan badan yang lebih besar.

Suatu organisasi pecinta anjing yaitu American Kennel Club memberikan keterangan pada tahun 1936 dinamakan sebagai American Staffordshire Terrier. Ras ini sangat disukai dan menarik perhatian oleh banyak orang, kemudian disamping hewan peliharaan digunakan juga untuk pekerjaan polisi.

Temperamen : AST merupakan termasuk anjing yang memburu binatang kecil dan memiliki sifat yang percaya diri, pintar dan senang jalan – jalan sekaligus untuk melatih otot – ototnya untuk tetap bergerak. Dan yang paling penting, AST ini butuh kasih sayang dari pemiliknya. Anjing ini juga dikenal baik dan ramah terhadap anak – anak maupun dewasa sehingga cocok menjadi pilihan hewan peliharaan.

Penanaman nilai – nilai sangat penting untuk anjing ini, pelatihan tata krama seperti sit and stay merupakan hal yang wajib diajarkan kepada AST. Dalam melatihnya pun harus konsisten ,tegas dan memiliki kemampuan melatih yang baik agar mampu menujukkan sifat kepemimpinan yang baik, sehingga bila anda kurang mampu maupun tidak punya waktu dalam melatihnya maka kamu perlu memakai jasa pelatih agar anjing kamu tetap baik.

Perlu diperhatikan, AST ini memiliki kecendrungan untuk kabur dari rumah pemilik dan pergi mencari pasangan untuk kawin, sehingga untuk mengecilkan keinginannya ini anjing tersebut bisa dilakukan kebiri maupun kastrasi. Olahraga rutin pun menjadi menu utama setiap hari, minimal 30 menit untuk berjalan – jalan. Ketika mengajak keluar, tali penuntun diperlukan untuk menunjukkan kepemimpinan si pemilik.

Health Problems : AST umur 13 – 15 tahun rentan terhadap hip dysplasia (penyakit tulang), masalah tiroid (kelenjar), maupun masalah jantung bawaan. Pada AST yang lebih tua, berpotensi infeksi saluran kemih, osteoarthritis, PRA, cerebellar ataxia dan spondylosis. Untuk info lebih lanjut, sebaiknya kamu bawa anjing kamu ke dokter hewan agar segera diberi penanganan.

Perawatan : Bulu anjing ini pendek dan halus sehingga sangat mudah untuk dirawat, sikat dan sisir secara teratur dan gunakan shampoo. AST ini dapat hidup pada iklim sedang, namun perawatannya cocok tinggal didalam rumah bersama pemiliknya. Dalam pengawasan, anjing ini tidak boleh diikat maupun dibiarkan diluar rumah tanpa pengawasan pemilik . ( Baca :Cara Mudah Merawat Siberian Husky )

AsalTerrier
Bobot28 – 40 kg betina maupun jantan
Tinggi 43 – 48  cm betina maupun jantan
BuluPendek dan lembut
WarnaRed, white, black, blue, with without white, biege (fawn)
Keistimewaantenaga kuat, serangan mematikan, dan tingginya kecurigaan
Sponsors Link

3. Stafford Bull Terrier

Pitbull yang ketiga ini memiliki bentuk yang berbeda dari yang lain, bila sebelumnya memiliki Perawakan besar, namun SBT ini memiliki perawakan kecik, namun tergolong sangat ganas dari yang lain.  Pitbull jenis ini mempunyai tulang yang cenderung kasar, namun temperamen yang mudah stabil juga sangat berani. Dari segi anatomi, stafford memiliki kepala yang beda dengan jenis pitbull lainnya.

Anjng Stafford ini seringkali dijadikan anjing yang mampu melakukan show. Hal ini dikarenakan kepribadiannya sangat menyenangkan dan cocok untuk dipelihara.

Terlebih, ia sangat pandai sehingga mudah untuk dilatih. Untuk perawatan stafford sendiri terbilang mudah karena memiliki bulu yang relatif pendek. Stafford juga baik terhadap anak kecil.

Masa Hidup12 sampai 14 tahun
AsalInggris
SifatBerani, Tak kenal takut, Setia, Pandai dan Handal
BeratBetina: 10–16 kg, Jantan: 11–17 kg
TinggiBetina: 33–38 cm, Jantan: 36–41 cm
WarnaPaduan antara putih dengan coklat maupun hitam

Setelah kamu tahu 3 Jenis Pitbull Petarung, maka tentukan pilihan kamu atau cari tahu anjing pitbull kamu masuk ke jenis yang mana, semoga membantu kamu mencari anjing pitbull dan kamu bisa bermain dengan senangnya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 27th, May 2017 / 05:27 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan