Sponsors Link

15 Cara Mengatasi Anjing Keracunan Alami dan Cepat

Sponsors Link

Anjing adalah salah satu hewan peliharaan yang cukup mudah untuk dipelihara. Pada dasarnya, anjing sangat mudah diajari untuk mengikuti perilaku tuannya. Anjing bisa diajari untuk menjaga rumah, menjaga anak-anak, hingga bermain ini-itu. Untuk urusan makanan pun, anjing cukup mudah dan tidak ribet sehingga kamu pun sebagai pemiliknya tidak akan merasa kesulitan dalam memelihara anjing.

ads

Namun, ada satu hal yang cukup sulit dalam memelihara anjing. Anjing cenderung ingin tahu akan semua hal. Nah, salah satu cara anjing untuk mencari tahu tentang suatu hal adalah dengan menggigit, bahkan memakan sesuatu yang sedang memancing keingintahuannya. Tentu saja hal ini cukup berbahaya bagi anjing dan meningkatkan resiko keracunan pada anjing. (baca: Cara Merawat Siberian Husky)

Oleh karena itu, sudah menjadi tugasmu sebagai pemilik anjing untuk menjaga anjing dari keracunan. Jangan letakkan barang-barang sembarangan, apalagi jika barang-barang tersebut berpotensi mengandung racun. Namun, jika kamu terlanjur melihat tanda-tanda keracunan pada anjingmu, seperti mengeluarkan air liur berlebih, muntah, diare, hingga kejang, sebaiknya kamu segera mencoba 15 cara mengatasi anjing keracunan berikut ini:

  1. Cari Tahu Penyebab Keracunannya

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengenali terlebih dahulu apa penyebab keracunan pada anjingmu. Hal ini akan membantumu memberikan pertolongan pertama yang paling tepat. Namun, ingatlah bahwa kamu tidak memiliki banyak waktu dan harus segera bertindak menyelamatkan anjingmu.

  1. Cuci Bagian Tubuh yang Terkena Racun

Jika kamu mengenali bahwa penyebab keracunan akibat kontak fisik melalui sentuhan, segera cuci bagian-bagian tubuh anjingmu. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kontak antara racun dengan anjing yang semakin lama bisa semakin berbahaya dan mencegah anjing menjilat area beracun tersebut.

  1. Gunting Bagian yang Terkena Racun, Jika Memungkinkan

Tidak hanya dengan menelan bahan beracun, anjing juga bisa terkena racun melalui kulitnya. Misalnya, jika ada bulu anjing yang terkena racun lalu racun tersebut meresap melalui kulitnya sehingga anjingmu pun mengalami keracunan. Jika ini yang terjadi, kamu bisa segera menggunting bulu yang terkena racun agar tidak semakin banyak racun yang terserap ke tubuhnya.

  1. Bawa ke Udara Terbuka

Cara lain racun bisa masuk ke tubuh anjing adalah melalui udara. Anjing bisa saja menghirup udara yang pekat oleh racun yang membuatnya muntah, pusing hingga sesak napas. Jika hal ini yang terjadi, segera bawa anjingmu ke ruang terbuka dan jauh dari tempat beracun tadi. Sebisa mungkin buat anjingmu menghirup udara yang bersih dan segar. Dengan berganti menghirup udara yang segar, diharapkan anjimgmu merasa lebih lega bernapas dan lama-kelamaan udara beracun di tubuhnya terganti dengan udara yang bersih. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat)

  1. Siram Anjing dengan Air Garam dan Air Bersih

Selanjutnya, kamu juga dianjurkan untuk menyiram anjing dengan air garam dan air bersih. Hal ini bertujuan untuk membersihkan racun yang mungkin masih terbawa di tubuhnya. Air bersih dan air garam dapat menetralkan racun tersebut. Selain itu, anjing juga bisa merasa lebih segar dan lebih ‘sadar’ jika sudah terkena air bersih.

  1. Cuci Mulut Anjing dengan Air Bersih

Jika anjingmu terkena racun akibat memakan bahan yang beracun, segera keluarkan bahan tersebut dari mulutnya dan basuh mulutnya dengan air bersih. Cuci juga wajah dan mulutnya untuk memastikan tidak ada bahan beracun yang tersisa dan menempel di sana. Pastikan sudah tidak ada lagi racun yang ada di mulutnya.

ads
  1. Buat Anjing Muntah

Sebisa mungkin buat anjingmu muntah. Membuat anjingmu muntah akan menolongnya untuk mengurangi kadar racun yang terlanjur masuk ke tubuhnya. Dengan terbuangnya sedikit kadar racun dalam tubuhnya, akan membantumu memiliki waktu sedikit lebih lama untuk membawanya ke dokter.

Untuk membuat anjingmu muntah, kamu bisa memberinya hydrogen peroksida untuk menginduksi muntah. Caranya yaitu dengan mendongakkan kepala anjing ke belakang lalu semprotkan hydrogen peroksida ke bagian belakang lidahnya. Tunggu hingga 10 menit untuk melihat reaksinya. Jika dalam waktu 10 menit dia tidak kunjung memuntahkan makanannya, coba beri satu dosis lagi. Namun, jangan sampai kamu memberinya lebih dari dua dosis hydrogen peroksida.

  1. Beri Campuran Lemon untuk Menetralkan Racun

Kamu juga bisa menggunakan ramuan tradisional sebagai pertolongan pertama untuk anjingmu yang keracunan. Caranya yaitu dengan mencampurkan tiga sendok cuka atau air lemon dengan tiga sendok air atau susu. Berikan pada anjingmu sedikit demi sedikit. Campuran ini akan membantu menetralkan racun di tubuhnya.

  1. Beri Air Kelapa

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu coba adalah memberikan air kelapa yang banyak. Air kelapa memiliki kemampuan menetralkan racun sekaligus menggantikan cairan tubuh yang hilang. Anjing yang keracunan umumnya akan muntah dan diare sehingga membuatnya kehilangan banyak cairan tubuh. Untuk memasukkan banyak air kelapa ke tubuhnya, kamu bisa menggunakan selang untuk mempermudah memasukkan air kelapa ke tubuhnya. Terkadang anjing akan muntah saat kamu memasukkan banyak cairan ke tubuhnya, namun hal ini akan justru membantu pengeluaran racun dari tubuhnya dengan cepat. (baca: Cara Merawat Golden Retriever)

  1. Minumkan Susu yang Banyak

Susu juga merupakan salah satu minuman yang bisa membantu menetralkan racun. Maka, kamu bisa memberi banyak susu ke anjingmu. Selain bisa membantu menetralkan racun di perut anjing, susu juga mengandung energi yang cukup untuk menjaga ketahanan tubuh anjing.

  1. Pemberian Putih Telur dengan Air Hangat

Salah satu cara untuk mengulur waktu penyerapan racun agar kamu memiliki waktu yang cukup membawa anjingmu ke dokter adalah dengan memberinya putih telur. Putih telur bisa membantu melapisi usus sehingga racun yang masuk tidak cepat menyerap dan menyebar ke tubuhnya.

  1. Coba Gunakan Obat Diuretik

Kamu juga bisa memberikan obat diuretik untuk anjingmu. Obat diuretic ini akan membantu agar racun dalam darah anjing cepat keluar. Obat yang sering digunakan untuk hal ini adalah furosemide dengan merk dagang Lasix. Namun, jika tidak ada obat diuretic, kamu juga bisa memberinya air garam yang banyak sehingga anjingmu akan muntah dan membantu racun-racun di tubuhnya cepat keluar.

Sponsors Link

  1. Minumkan Norit

Norit merupakan obat yang umum diminum manusia ketika diare ataupun keracunan makanan. Obat ini juga bisa diberikan kepada anjingmu saat dia keracunan. Kamu bisa memberikan 4 hingga 5 tablet norit kepada anjingmu setiap 6 jam. Norit ini terbuat dari karbon aktif sehingga bisa membantu menyerap racun di tubuh anjingmu.

  1. Beri Larutan Gula

Anjing yang mengalami keracunan biasanya akan sulit makan karena meras perutnya tidak nyaman. Jika hal ini terjadi, maka kamu bisa memberinya air gula sebagai bantuan pasokan energi untuk tubuhya. Jangan sampai anjingmu kekurangan cairan dan kurang kalori hingga tubuhnya lemas dan sakitnya pun semakin parah.

  1. Bawa ke Dokter Hewan dengan Segera

Hal yang paling tepat untuk kamu lakukan ketika anjingmu keracunan adalah membawanya ke dokter. Dokter bisa memberikan penanganan yang paling tepat untuk anjingmu yang keracunan. Selain itu, dokter bisa memberi obat yang lebih ampuh untuk membantu pengeluaran racun dari tubuh anjingmu.

Semoga berhasil, ya!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 06:55 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan