Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat Alami dan Efektif

Sponsors Link

Konspirasi paling hangat dalam dunia Anjing adalah serangan kutu, namun serangan ini memang merupakan hal yang nyata, hanya saja gara – gara takutnya dengan serangan kutu ini maka seluruh anjing dituduh mempunyai kutu ini dan terciptalah kebohongan publik . Sehingga kamu harus tahu apakah anjing mempunyai kutu atau tidak sehingga sehingga kamu bisa memberikan langkah yang cepat dan tepat dalam menanggulanginya.

ads

Kutu anjing ini sama halnya dengan kutu di hewan peliharaan lain, bertempat di binatang berbulu dan juga mengisap darah yang membuat infeksi. Dampaknya darah anjing kita akan berkurang dan akan menyebabkan anemia atau kekurangan darah. Selain itu juga bisa membuat kulit bentol ataupun luka pada jaringan kulit yang membuat anjing stress ,tidak nafsu makan dan membuat mereka menggesek – gesekkan badan mereka ke benda, yang bila berlangsung lama akan membuat bulu anjing tersebut rontok. Kutu ini pun bisa berpindah kepada manusia sehingga penting untuk diketahui cara membasminya. (baca: Cara Merawat Golden Retriever)

Oleh karena itu, kamu harus mengetahui beberapa solusi yang bisa kamu coba. Solusi – solusi banyak yang ditawarkan namun terkadang memiliki efek samping sehingga kamu harus tahu cara yang tepat dan aman juga. Maka dari itu,  kamu bisa memperhatikan beberapa Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat dalam “15 cara membasmi kutu anjing cepat” yang kami ulas dibawah ini :

1. Sari cuka apel

Sari apel yang difermentasi menghasilkan alkohol ternyata cukup aman dan efektif dalam mengurangi kutu, karena cuka ini tidak akan membunuh kutu hanya saja kutu ini tidak menyukai cuka apel ini . Sebelumnya, sari jus diencerkan dahulu dengan air sampai rasanya asam . Setelah itu, campurkan 2 sendok teh larutan sari apel dengan 6 sendok teh air biasa kemudian balurkan cairan ke kulit yang menjadi sarang kutu secara merata . Lakukan setiap hari, dan untuk pencegahan 2 kali seminggu . Cara ini bisa juga digunakan untuk kutu di rambut kamu .

2. Sabun Cuci Piring

Tips kali ini yang cukup mudah anda temukan yaitu sabun cuci piring, ternyata sabun dapat membasmi kutu – kutu pengganggu anjing kesayangan anda karena pada susunan kimia sabun cuci piring dapat menghancurkan eksoskeleton atau tulang luar dari kutu tersebut . Penggunaannya dengan memandikan hewan peliharaan anda dengan campuran sabun cuci piring dan air kemudian digosokkan ke kulit anjing kamu. (baca: Cara Mengatasi Anjing Keracunan)

3. Lemon

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat lainnya dengan menggunakan lemon. Lemon digunakan dengan menyemprotkan hasil air lemon. Sebelumnya lemon direbus pada air mendidih kemudian dinginkan airnya. Air larutannya bisa digunakan untuk membasmi kutu anjing dengan cara menyemprotkannya pada daerah yang kamu rasa terdapat kutu. Namun perhatikan juga, jangan sampai terkena mata karena membuat perih mata anjing .

4. Tanah Diatom

Tanah diatom ini dapat membantu dalam mengatasi kutu anjing. Tanah ini dapat menembus tipis lapisan luar kulit lilin dari kutu sehingga membuat kutu dehidrasi kekurangan air dan mati. Tanah diatom yaitu tanah yang berasal cangkang fosil tumbuhan laut kecil berfungsi untuk pestisida berbasis mineral.. Untuk penggunaannya, kamu bisa memberikan tanah diatom pada daerah yang rawan terserang kutu, bukan pada anjing itu namun pada tempat tinggalnya.contohnya seperti kandang, tempat makan, bermain dan tempat yang sering dikunjungi.

ads

5. Boraks

Boraks yang sering digunakan dari mengawetkan jenazah sampai secara ilegal mengawetkan bakso dapat menjadi musuh kutu ini. Boraks adalah insektisida alami lain yang efektif yang bekerja terhadap kutu, larva, pupa maupun telur. Penggunaannya dengan cara menaburi bubuk boraks pada daerah yang sering dikunjungi anjing seperti kandang, sekitar tempat makan maupun tempat bermain .

6. Daun Nimba

Alternatif lain yang bisa dijadikan Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat adalah menggunakan daun nimba. Nimba dengan nama latin Azadirachta indica merupakan tanaman yang dikenal sebagai lilac India bisa menjadi alernatif dalam bahan alami pengontrol kutu – kutu anjing. Bagian yang berkhasiat pada nimba yaitu aromanya sehingga membantu mengusir hama yang tak diinginkan termasuk kutu. Selain aroma ,minyak nimba ini juga berkhasiat

7. Rosemary

Tanaman ini merupakan obat pembasmi bahan alami. Kutu anjing tidak menyukai tanaman ini.  Kutu yang biasanya berasal dari tanah maupun taman akan enggan keluar bila kamu menanam rosermary di taman atau sekitar taman kamu. Khasiat bunga rosemary ini sama dengan lavender untuk nyamuk sehingga menghalangi hama – hama untuk mendekat.

8. Serpihan Kayu Cedar

Alternatif yang ini menggunakan bahan alam hutan yaitu serpihan kayu cedar. Kayu cedar merupakan tumbuhan konifer dari genus Cedrus, famili Pinaceae yang merupakan endemik himalaya . Serpihan kayu cedar dapat mengontrol kutu anjing anda karena mengontrol maupun mencegah kutu mendekat ataupun keluar taman. Serpihan kayu cedar ini mengeluarkan bau yang tak sedap sama seperti rosemary maupun lavender.

9. Membersihkan Barang-barang Hewan Peliharaan

Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat dengan melakukan pembersihan alat milik hewan. Kutu masuk rumah melalui hewan peliharaan, oleh karena itu kebersihan anjing adalah yang paling utama. Kamu harus sering membersihkan kandangnya karena bila kandang berada pada kondisi lembab maupun kotor karena sisa makanan maupun benda lainnya maka berpotensi sumber penyakit dan sumber sarang kutu muncul yang dapat berpindah ke anjing tersebut. Si Anjing  juga perlu diperiksa  sebelum membawa mereka di rumah.

10. Sampo

Sampo anti kutu bisa kamu dapatkan di pet shop terdekat, samphoo ini dapat membunuh kutu maupun caplak yang ada di Anjing kamu. Penggunaannya sama dengan sampo biasa, kamu bisa meratakan samphoonya diseluruh tubuh anjing dan tunggu 10 menit sebelum dibilas. Karena bahan ini mengandung bahan kimia, kamu perlu memperhatikan dosis yang kamu berikan atau juga konsultasi kepada dokter hewan .

11. Collar / kerah / kalung

Alternatif ini merupakan cukup canggih karena tergolong cepat dan juga berupa alat pakai yang bisa bertahan 4 – 7 bulan. Flea Collar berupa kalung yang dipakai pada leher dan efektif mengusir kutu dan caplak, tetapi untuk anak anjing tidak disarankan. Organisasi pecinta alam yaitu The Natural Resources Defense Council merasa khawatir akan efek samping kalung ini bagi manusia.

12. Obat Tablet

Salah satunya obat tablet yang digunakan yaitu capstar, obat ini bisa membunuh dalam waktu 24 jam. Selain capstar, kamu bisa menggunakan tablet ragi bir sebagai alternatif dengan memasukkan tablet ke makanan anjing setiap 1-2 hari . Khasiat tablet ini akan meresap ke kulit anjing dan keluar melalui pori – pori kulitnya sehingga kulit dan bulu anjing menghalangi pertumbuhan kutu anjing. Namun sebelum menggunakan obat ini, kamu bisa konsultasi kepada dokter hewan agar mengetahui dosis yang benar. (baca: Cara Merawat Siberian Husky)

Sponsors Link

13. Obat Topical

Solusi yang menggunakan obat topical yang diberikan pada kulit maupun membran mukosa pada anjing. Penggunaan obat ini dengan cara dioleskan di area sekitar kutu tujuannya dalam melindungi permukaan kulit, mengurangi iritasi kulit dari kutu,  dan mengatasi infeksi. Obat ini menyebabkan membunuh kutu dari anakan hingga tahap dewasa. Sama dengan tablet, kamu harus berkonsultasi lebih dahulu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

14. Pengobatan Alami

Pengobatan alami merupakan solusi konvensional berupa konsumsi tanaman obat-obatan . Contoh obat ini yaitu bawang bawang putih atau ragi pembuat bir karena menimbulkan bau yang tak disukai kutu. Dari segi efek samping bisa terbilang aman karena tidak berasal dari bahan kimira. Namun, karena metode konvensional dan turun temurun maka tidak ada bukti ilmiah yang ada.

15. Adultisida

Bahan kimia ini dibuat untuk membunuh kutu dewasa pada anjing anda. Obat ini bekerja selama 24 jam .namun, kutu dapat langsung bertelur sebelum mereka mati. Untuk menanggulanginya, maka kamu bisa mengkombinasikan adultsida dengan Insect Grow Regulator yaitu pengatur pertumbuhan kutu pada anjing agar kutu terkontrol dalam berkembang biak dengan cara dihambat.

Pada akhirnya, pertimbangkan solusi yang tepat dan cepat untuk kamu gunakan kepada anjing kesayangan kamu. Karena setiap solusi mempunyai nilai positif maupun negatif dari dampak dan khasiat yang diberikan. Semoga dapat membantu dengan 15 cara membasmi kutu anjing yang cepat dalam ulasan kami, terimakasih .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 24th, May 2017 / 06:14 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan