Sponsors Link

15 Cara Merawat Golden Retriever Agar Jinak (Efektif)

Sponsors Link

Golden Retrievers merupakan anjing yang bersifat energik dan anjing rumah yang menyenangkan. Mereka memiliki bulu berwarna keemasan yang bergelombang atau lurus. Jika kita memiliki anjing jenis ini, kita perlu mengetahui beberapa cara untuk merawat anjing ini termasuk cara memberi makan, merawat bulu, menghibur, hingga melindungi anjing ini. Untuk itu berikut ini kami akan menjelaskan 15 cara mudah untuk merawat anjing Golden Retrievers agar jinak:

ads

1. Memilih Makanan yang Berkualitas untuk Anjing

Saat memilih makanan anjing yang cocok untuk Golden Retrievers, kita harus memastikan bahwa makanan tersebut cukup lengkap dan seimbang. Ini berarti bahwa makanan tersebut telah melalui serangkaian tes untuk memastikan bahwa nutrisi yang ada dapat memenuhi kebutuhan gizi anjing sehari-hari. Kita dapat memberikan makanan anjing yang khusus ditujukan untuk Golden Retrievers. Makanan ini dapat ditemukan di petshop terdekat. Pilihlah makanan yang mengandung daging dan tidak mengandung biji-bijian. (lihat: Cara Mengatasi Anjing Keracunan

Daging merupakan sumber nutrisi utama bagi anjing karena anjing adalah hewan karnivora. Dalam memilih makanan bagi Golden Retrievers, kita juga perlu mempertimbangkan usia anjing. Jika anjing masih muda, dia akan membutuhkan makanan anjing khusus untuk anak-anak. Dan jika anjing telah berusia tua, maka dia membutuhkan makanan anjing untuk dewasa.

2. Memberi Makan Sesuai Jadwal

Seberapa sering kita member makan anjing Golden Retrievers tergantung dari usia anjing. Untuk anjing yang lebih muda, frekuensi pemberian makan semakin sering dibanding yang dewasa. Anak anjing berusia 12 minggu perlu diberi makan 4 kali sehari. Anak anjing yang berusia 3 – bulan perlu diberi makan sebanyak 3 kali sehari. Anak anjing berusia 6 bulan hingga 1 tahun perlu diberi makan sebanyak 2 kali sehari. Dan anjing yang berusia lebih dari 1 tahun hanya perlu diberi makan 1 kali sehari.

3. Selalu Menyediakan Air Bersih yang Cukup

Selalu pastikan bahwa anjing Golden Retrievers anda mempunyai akses yang mudah terhadap semangkok air bersih sepanjang waktu. Ganti air di dalam mangkuk paling tidak 1 kali sehari. Untuk mangkuk kita dapat menggunakan mangkuk berbahan stainless steel yang lebih tahan lama dan susah ditumbuhi bakteri.

4. Menyediakan Snack Sehat

Pemberian snack merupakan salah satu cara bagi kita untuk membuat anjing kita menjadi penurut. Tetapi perlu diketahui bahwa jangan member snack terlalu banyak kepada anjing karena anjing anda dapat menjadi overweight. Untuk anjing Golden Retriever kita bisa memberikan snack sehat seperti: ubi rebus, baby carrots, kacang, atau blueberries.

5. Hindari Pemberian Makanan Manusia yang Beracun Bagi Anjing

Terdapat beberapa makanan manusia yang berbahaya bagi Golden Retrievers yang dapat menyebabkan anjing menjadi sakit hingga meninggal dunia. Makanan tersebut adalah: alcohol, alpukat, cokelat, anggur, kismis, walnuts, almonds, pecans, kacang macadamia, bawang, ragi, dan xylitol. Perlu diperhatikan bahwa jangan sampai kita memberi makanan-makanan ini ke anjing kita.

6. Rajin Menyikat Bulu Anjing Setiap Hari

Golden Retrievers memiliki bulu yang panjang dan bergelombang atau lurus. Karena dia adalah anjing yang berbulu panjang, mereka membutuhkan perawatan khusus terhadap bulunya agar tidak mudah kusut dan rontok. Biasakan untuk menyikat bulu anjing anda sejak ia masih kecil dan lakukan itu setiap hari.
Kita dapat menyikat bulu Golden Retriever menggunakan sisir anjing biasa yang dapat menguraikan bulunya yang kusut. Sikat seluruh permukaan anjing mulai dari punggung, samping, perut, ekor, dada, dan telinga setiap hari.

Saat menyikat anjing, kita juga dapat mengamati apakah ada kutu di dalam bulu mereka. Kita juga dapat mengamati apakah kulit anjing mengalami peradangan atau tidak, amati beberapa hari, jika tidak menghilang kita bisa berkonsultasi dengan dokter hewan. Jangan pernah mencukur bulu Golden Retrievers, karena bulu ini berfungsi untuk menjaga anjing tetap dalam keadaan sejuk. Bulu anjing ini terdiri dari dua lapisan yang dapat melindungi anjing dari berbagai kondisi cuaca termasuk panas.

Sponsors Link

7. Mengecek dan Membersihkan Telinga Anjing

Salah satu Cara Merawat Golden Retriever adalah memperhatikan telinga anjing. Golden Retrievers memiliki telinga yang besar sehingga membuat anjing ini berisiko tinggi mengalami infeksi telinga. Selalu cermati dan bersihkan telinga anjing anda secara rutin, terutama jika anjing habis berenang
Untuk membersihkan telinga, lipat sebuah kapas lembab dan usap bagian dalam hingga luar telinga. Jangan menggunakan cotton bud untuk mengusap telinga bagian dalam. Selalu cek telinga anjing untuk bersih dari debu dan kotoran. Jika anda menemukan kotoran telinga yang berbau, segera bawa anjing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

8. Rajin Memotong Kuku Anjing

Potonglah kuku anjing anda jika tampak sudah cukup panjang. Tanda dari kuku yang sudah panjang adalah ketika mereka suka mengetukkan jarinya ke tanah terutama jika anjing ini berjalan pada permukaan yang keras. Golden Retrievers perlu untuk dipotong kukunya lebih sering jika dia tidak banyak beraktivitas. Saat memotong kuku, jangan terburu-buru karena dapat melukai anjing. Potonglah bagian kecil yang berwarna silver di kuku dan pastikan permukaannya halus setelah dipotong.

9. Rajin Membersihkan Gigi Anjing

Cara Merawat Golden Retriever lainnya Rajinlah untuk membersihkan gigi anjing anda dan sering untuk mengecek kesehatan giginya. Untuk Golden Retrievers, kita harus membiasakan dirinya untuk disikat giginya sejak ia masih kecil. Jangan pernah menggunakan pasta gigi orang dewasa pada anjing, kita dapat menggunakan pasta gigi khusus anjing yang tidak beracun bagi anjing.

10. Sering Mengajak Anjing Untuk Berolahraga

Golden Retrievers merupakan anjing yang sangat berenergi dan membutuhkan olahraga sehari-hari. Olahraga yang dapat dilakukan adalah dengan mengajaknya berjalan-jalan selama 20 hingga 30 menit sebanyak 2 kali sehari. Selain itu kita juga dapat melakukan permainan anjing lainnya. Perlu diingat bahwa anjing yang lebih mudah membutuhkan olahraga yang lebih banyak dibanding yang sudah tua.

11. Mengajak Anjing Bermain Tangkap Menangkap

ads
Golden Retrievers adalah anjing suka untuk menangkap sesuatu. Permainan ini dapat dilakukan sebagai salah satu aktivitas olahraga anjing ini. Kita dapat melemparkan bola tenis atau Frisbees agar dapat ditangkap oleh dia. Pastikan saat melakukan permainan ini area permainan adalah aman dan berada di dalam pagar, jangan sampai Golden Retrievers teralihkan dengan adanya burung atau hewan kecil lainnya.

12. Mengajak Anjing Untuk Berenang

Golden Retrievers merupakan anjing yang pandai berenang, sehingga ajaklah anjing ini untuk berenang dalam beberapa kesempatan. Kita dapat mengajaknya ke sebuah danau atau kolam dan biarkan dia untuk berenang. Pastikan bahwa tempat tersebut aman bagi anjing anda dan selalu awasi mereka saat mereka berenang.

13. Mengajarkan Beberapa Perintah Dasar

Anjing Golden Retrievers merupakan anjing yang pandai. Kita perlu mengajarkan beberapa perintah dasar uang dapat menstimulasi otak dan memperkuat ikatan kita dengan anjing ini. Kita dapat mulai mengajarkan beberapa perintah dasar seperti duduk, bergiyang, berbaring, dan diam. Saat melatih anjing pastikan kita tidak menggunakan kekerasan atau berteriak pada mereka karena hal ini menyebabkan anjing menjadi lebih tidak patuh. Sebaliknya berikan anjing snack, pujian, atau pelukan yang dapat membuat anjing menuruti perintah kita.

14. Mengajak Anjing Untuk Bersosialisasi

Mengajak anjing untuk bersosialisasi dapat mencegah dia untuk jadi penakut terhadap orang atau situasi tertentu. Golden Retrievers adalah anjing rumahan yang baik, tetapi sangat dianjurkan untuk mengajak dia bersosialisasi terutama sejak dia masih muda. Kita dapat mengajaknya berjalan-jalan dan ajak dia menemui anak kecil, orang dengan berbagai ukuran, anjing lain, kucing, mobil, sepeda, serta tempat yang ramai dan berisik.

15. Selalu Meletakkan Anjing Di Dalam Rumah

Golden Retrievers adalah anjing yang suka berada di sekitar banyak orang, jadi jangan pernah meletakkan dia di luar rumah di mana tidak ada orang di sana. Kecuali jika kita memiliki anjing lain, maka Golden Retrievers dapat diletakkan di luar rumah bersama anjing tersebut. Di dalam rumah, pastikan dia memiliki tempat tidur dan ajak dia keluar hanya untuk berjalan, bermain, dan buang air.

Demikianlah 15 Cara Merawat Golden Retriever yang efektif agar anjing tetap sehat dan energik. Selamat mencoba.

Lihat juga: Cara  Mudah Merawat Anjing Siberian Husky

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 23rd, May 2017 / 07:14 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan