Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kelinci dan Penyebabnya

Sponsors Link

Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang digemari oleh banyak orang. Apabila kelinci menderita sakit, tentu hal yang pertama kali kita lakukan adalah mencari tahu cara mengobati kelinci kita. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kelinci pada berbagai kasus penyakit yang bisa diderita oleh kelinci kesayangan anda. Pastikan terlebih dahulu untuk mencari tahu serta memastikan jenis penyakit yang diderita oleh kelinci anda sebelum melakukan salah satu dari cara untuk mengobati kelinci anda di bawah ini agar tidak salah dalam penanganannya.

ads

Baca juga artikel lainnya:

Penyebab kelinci sakit

Beberapa penyebab kelinci dapat sakit antara lain:

  • Digigit oleh binatang lain.
  • Terkena benda tajam yang dapat melukai tubuhnya.
  • Infeksi pada salah satu bagian tubuh kelinci.
  • Kekurangan vitamin A.
  • Terkena serangan binatang tungau.
  • Kandang yang kotor.
  •  Jamur yang menyerang kelinci.
  • Tersumbatnya darah kotor.
  • Peradangan pada salah satu bagian tubuh.
  • Kuman yang menyerang bagian tubuh kelinci.
  • Kandang tidak aman (sering diganggu binatang atau orang lain).
  • Pola makan yang buruk.
  • Lingkungan yang berisik.
  • Kelinci tidak mendapatkan kasih sayang.
  •  Kandang terlalu sempit.
  • Suhu kandang terlalu dingin atau terlalu panas.
  • Adanya bakteri yang merusak salah satu bagian tubuh.
  • Keadaan genetik yang menyebabkan munculnya gen yang rentan terhadap penyakit.
  • Perubahan asam lambung dan gas.
  • Peralihan musim di saat kelinci tidak memiliki cadangan makanan di dalam perutnya.
  • Pola makan kelinci tidak teratur serta pola minumnya tidak teratur.
  • Adanya perasaan stress.

Cara Efektif untuk Mengobati Kelinci yang Sakit

Setelah mengetahui penyebab kelinci sakit, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa diikuti untuk mengobati kelinci kesayangan anda, diantaranya:

1. Membersihkan luka

Membersihkan luka adalah salah satu cara untuk mengobati kelinci yang mengalami luka. Apabila kelincimu terkena gigitan kucing, anjing, atau benda tajam lain yang bisa membuat kulit atau salah satu bagian tubuh dari kelincimu terluka, maka kamu harus membersihkan luka tersebut dengan menggunakan alkohol atau pembersih luka lainnya agar tidak terjadi iritasi atau infeksi yang lebih parah. Dengan demikian luka tersebut akan lebih cepat sembuh dan tidak berdampak terlalu jauh pada kesehatan kelinci kesayanganmu.

2. Mematikan bakteri

Saat kelinci mengalami luka di bagian luar tubuhnya, maka ada potensi bakteri yang jahat dapat masuk ke dalam tubuhnya melalui luka tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan penyakit seperti demam, atau berbagai penyakit lainnya. Untuk dapat mengatasi serta mencegah munculnya penyakit yang banyak seperti ini, maka, salah satu cara pengobtatan yang dapat kita lakukan adalah dengan cara memusnahkan bakteri dari tubuh kelinci kesayanangan kita. Anda dapat melakukan hal ini dengan menggunakan berbagai antibiotik atau pembunuh bakteri lainnya yang bisa ditemui di apotek dan sekitarnya.

3. Pemberian obat

Pemberian obat adalah cara mengobati kelinci yang paling sering kita lakukan, dan tentunya paling mujarab untuk menyembuhkan penyakit kelinci. Obat yang dimaksud di sini adalah berbagai obat-obatan yang anda peroleh dari dokter atau dari hasil pemeriksaan oleh tenaga yang ahli. Obat-obatan kimiawi untuk membersihkan luka atau untuk menyerang sumber penyakit yang menyerang kelinci anda adalah hal yang lazim kita perlukan untuk mengobati kelinci kesayangan kita.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah salah satu obat-obatan alaami yang dapat anda gunakan untuk membantu membersihkan beberapa penyakit fisik kelinci anda, seperti apabila kelinci anda mengalami tungau pada telinganya. Minyak kelapa akan membantu anda untuk membersihkan bakteri dan menghambat bakteri untuk berkembang biak pada bekas luka yang dimiliki oleh kelinci kesayangan anda. Anda cukup mengoleskan minyak kelapa asli pada bekas luka yang dimiliki oleh kelinci anda. Dengan demikian kelinci anda sudah terlindungi serta terobati dari serangan bakteri.

Sponsors Link

5. Antibiotik

Salah satu cara lain untuk menghalau serta menyerang bakteri yang ada di tubuh kelinci anda, baik yang masuk melalui celah luka yang ditimbulkan karena gigitan binatang lain atau karena sentuhan dengan benda tajam, adalah dengan menggunakan antibiotik. Namun demikian anda harus mewaspadai efek samping dari pemakaian antibiotik ini, yaitu bakteri yang gagal terbunuh bisa jadi berevolusi menjadi lebih kuat serta seulit dimusnahkan. Antibiotik dapat anda pakai untuk berbagai penyakit, seperti tungau telinga, luka badan, luka pada mata, dan lain sebagainya. Sebelum memutuskan untuk memakai antibiotik, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter kepercayaan anda terlebih dahulu agar tidak memilih antibiotik yang dapat mengakibatkan kekebalan pada bakteri yang sedang menyerang kelinci anda.

6. Mencukur bulu

Mencukur bulu di sekitar area kulit atau badan yang terluka pada kelinci anda adalah salah satu cara menangani penyakit yang diderita oleh kelinci anda, terutama penyakit luar atau penyakit fisik. Beberapa penyakit seperti bisulan, lecet, memar, jamur kulit, dan lain sebagainya, harus dilakukan pencukuran bulu terlebih dahulu untuk menghilangi bagian tubuh yang sudah kotor serta mempermudah penanganan berikutnya.

7. Obat merah

Obat merah adalah salah satu jenis obat yang dapat digunakan untuk mengobati kelinci yang menderita sakit di luar badan. Salah satunya adalah apabila kelinci anda baru digigit oleh anjing atau kucing, atau binatang lainnya. Dengan obat merah luka yang diakibatkan akibat gigitan atau gesekan tersebut lebih cepat kering dan terhindar dari infeksi yang lebih parah. Sebaiknya anda menyediakan stok obat merah yang cukup agar sewaktu-waktu anda tidak perlu repot membeli obat merah di toko. Terlebih bila kelinci anda termasuk kelinci yang sangat aktif dan ‘rajin’ sekali bermain hingga tubuhnya terluka.

ads
8. Obat salep

Obat salep adalah salah satu obat yang dapat diberikan untuk beberapa penyakit tertentu seperti radang mata. Salep dapat membantu menyembuhkan penyakit kelinci seperti radang mata (mata terus-menerus berair), dengan cara mempercepat proses pengeringan dari bagian mata yang terus-menerus berair. Salep juga dapat dibuat untuk membantu menyembuhkan penyakit jamur kulit. Kombinasi salep dan obat merah merupakan perpaduan utama untuk melawan penyakit kulit pada kelinci.

9. Daun sosor bebek

Daun sosor bebek adalah salah satu tanaman alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit kelinci berupa bisul. Sosor bebek dapat membantu membersihkan darah kotor yang tersumbat atau membantu melawan infeksi kulit dari dalam sehingga tubuh kelinci anda dapat membersihkan dirinya dari dalam. Apabila kelinci kesayangan anda sedang menderita bisulan, maka menggunakan daun sosor bebek sebagai obatnya adalah salah satu alternatif pengobatan yang dapat anda tempuh.

10. Daun lidah buaya

Daun lidah buaya merupakan salah satu tanaman alami yang dapat digunakan untuk membantu mengobati penyakit bisul yang diderita oleh kelinci anda. Bersama dengan daun sosor bebek, daun lidah buaya menjadi panduan yang tepat untuk mengobati bisul. Bedanya, bila daun sosor bebek direbus dengan air lalu diminumkan pada kelinci anda, daun lidah buaya mengobati bisul melalui luar. Anda cukup mengelupaskan kulit daun lidah buaya kemudian dilumatkan dan ditambahkan sedikit garam lalu ditempelkan pada bisul yang sedang menyerang kelinci kesayangan anda. Lambat laun bisul yang diderita oleh kelinci anda akan sembuh.

11. Analgesik

Analgesik atau obat pereda nyeri atau penghilang rasa sakit dapat menjadi salah satu alternatif obat untuk mengobati penyakit yang diderita oleh kelinci anda. Salah satu kegunaan analgesik adalah untuk menghilangkan stress yang diderita oleh kelinci anda. Stress termasuk penyakit yang berbahaya karena dapat mengakibatkan berbagai komplikasi lain seperti sakit gigi, gagal jantung, gagal hati, dan lain sebagainya.

12. Memberikan pencahayaan yang bagus

Pencahayaan yang bagus menjadi salah satu cara untuk mengobati stress atau kondisi kandang yang buruk. Kadang kala dengan memberikan pencahayaan yang bagus anda akan memberikan energi yang cukup untuk membuat kandang kelinca anda terasa nyaman untuknya, serta membantu membunuh kuman atau bakteri yang tumbuh dan berkembang di tempat-tempat yang lembab. Dengan melakukan pemberian pencahayaan yang bagus maka kelinci anda juga akan sehat.

13. Memberikan rumput yang bagus

Pola makan yang baik dapat membantu meningkatkan kesehatan kelinci kesayangan anda. Terlebih lagi apabila kelinci anda sedang menderita penyakit seperti stress, bisul, dan lain-lain yang diakibatkan karena pemberian makanan yang tidak sehat. Mengubah pola makan, walaupun terlihat sederhana, sebenarnya akan memberikan manfaat jangka panjang yang baik untuk kesehatan baik jiwa ataupun raga dari kelinci kecil anda.

14. Pupus jambu dan pupus pisang

Pupus jambu dan pupus pisang adalah ramuan tradisional berikutya yang dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kelinci kembung. Kelinci kembung termasuk penyakit yang lumayan berbahaya apabila anda biarkan dalam jangka waktu yang terlalu lama karena hal itu berpengaruh terhadap kondisi sistem pencernaan kelinci anda. Anda dapat memberikan pupus jambu dan pupus pisang disertai dengan garam pada perut kelinci anda untuk membantu menghilangkan penyakit gembung pada kelinci anda.

Baca juga:

15. Arang batok kelapa

Selain pupus jambu dan pupus pisang, salah satu ramuan tradisional lain yang dapat digunakan untuk menghilangkan kembung yang diderita kelinci adalah dengan memanfaatkan arang batok kelapa. Anda dapat menggunakannya dengan cara meminumkan atau memakankan arang batok kelapa kepada kelinci anda yang sedang mengalami bisul. Pemberian arang batok kelapa bersamaan dengan ramuan yang lain dapat mempercepat penyembuhan bisul yang diderita oleh kelinci kecil kesayangan anda.

Baca juga:

Itulah 15 cara mengobati kelinci beserta penyebab kelinci sakit yang harus anda ketahui. Selamat merawat kelinci anda!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, August 2017 / 09:08 Oleh :