Sponsors Link

20 Tanda-tanda Hamster Hamil – Fisik – Psikis

Sponsors Link

Hamster adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh berbagai macam orang. Apabila anda membaca artikel ini, maka kemungkinan besar anda juga pemelihara hamster yang sedang mencari tanda-tanda kapankah hamster kesayangan yang anda pelihara itu hamil.

ads

Kehamilan seorang hamster memang tergolong lumayan cepat. Hamster dewasa yang telah berusia lebih dari 6 minggu sudah dapat hamil apabila ia dibuahi oleh si pejantan, dan biasanya akan melahirkan anaknya pada hari ke 20 atau kurang dari hari tersebut. Sekali hamil, hamster bisa melahirkan beberapa anak sekaligus.

Sebagai pemelihara hamster yang baik, tentunya anda harus mempersiapkan kelahiran anak-anak hamster anda dengan baik pula. Namun sebelum itu, anda harus mengetahui dulu tanda-tanda apabila hamster anda hamil, sehingga anda dapat mempersiapkan diri untuk membelikan keperluan-keperluan yang dibutuhkan oleh hamster anda dan anak-anaknya.

Berikut ini adalah 20 tanda-tanda seekor hamster sedang mengalami kehamilan. Tanda-tanda kehamilan di bawah ini dapat anda jadikan acuan apakah hamster anda hamil atau tidak. Namun pemeriksaan yang lebih menyeluruh, seperti dengan memanfaatkan dokter hewan yang ada di dekat anda, tentunya akan lebih membantu untuk memastikan apakah hamster kecil anda akan melahirkan atau tidak.

Baca juga:

1. Membuat sarang di tempat tidur

Seekor hamster yang hamil, layaknya manusia dan hewan-hewan yang lain, akan mengalami perubahan baik dari segi fisik ataupun psikisnya. Oleh karena hal tersebut, anda juga harus mengamati adakah perubahan fisik atau perubahan perilaku (psikis) dari hamster anda. Salah satu perubahan yang akan terjadi saat hamster anda sedang hamil adalah dia akan menjadi lebih aktif dalam membuat sarang di tempat tidur atau kandangnya.

Hamster anda akan membuat sarang di tempat tidur atau kandang yang anda berikan untuknya demi mempersiapkan tempat untuk bayi yang akan ia lahirkan. Insting seperti ini hampir dimiliki oleh semua hewan yang mengandung bayi. Hamster termasuk salah satu hewan yang melakukan aktivitas ini. Apabila anda melihat hamster anda membawa barang-barang yang dapat digunakan untuk menghangatkan kandang, atau mengumpulkan barang-barang lalu menyusunnya sedemikian rupa sehingga membentuk seperti sebuah sarang, besar kemungkinan hamster anda sedang hamil.

2. Menimbun makanan di sarang

Menimbun makanan di sarang yang ia buat adalah salah satu tanda bahwa hamster anda sedang mempersiapkan kelahiran bayi-bayinya. Hal ini dia lakukan sebagai persiapan untuk memberi makan pada anak-anaknya yang baru lahir. Dia akan sering mondar-mandir membawa makanan dengan cara menggigitnya atau dengan cara yang lainnya dari tempat-tempat tertentu, baik yang anda berikan padanya atau tidak, untuk kemudian di taruh di dekat sarang yang dia bangun.

Tidak lama setelah mengumpulkan makanan di sarangnya, biasanya hamster anda akan mempersiapkan diri untuk melahirkan bayi-bayinya beberapa hari lagi.

baca juga:

3. Berat badan bertambah

Sudah selazimnya apabila ada bayi di dalam perut, berat badan sang ibu akan bertambah. Hal ini terjadi pada manusia, dan pada hamster pun juga begitu. Hamster yang sedang hamil pasti akan mengalami perubahan berat badan yang cukup drastis.

Dengan demikian, salah satu cara untuk mengetahui apakah hamster anda sedang hamil atau tidak, adalah dengan cara menimbang berat badannya secara berkala. Apabila pada hari tertentu berat badannya bertambah cukup besar, dan hal itu berlangsung terus sejauh anda menimbangnya, kemungkinan besar hamster anda benar-benar hamil.

Namun demikian anda harus waspada, karena perubahan berat badan ini bisa pula disebabkan karena faktor lainnya, salah satunya adalah penyakit. Gangguan pada kandung kemih yang membuat kotoran tidak bisa keluar dengan sempurna, atau karena ada masalah di jantung hamster anda sehingga darah bocor, dapat mengakibatkan perubahan berat badan pada hamster kecil anda.

Apabila berat badan hamster anda memang berubah, sebaiknya anda mencari tahu apakah penyebabnya memang benar-benar hamil atau yang lain dengan cara bertanya pada dokter, atau melihat tanda-tanda yang lain apakah ada atau tidak. Bila tanda-tanda kehamilan lainnya tidak terdapat tapi berat badan hamster anda meningkat secara drastis, kemungkinan besar dia tidak sedang hamil.

Sponsors Link

4. Peningkatan nafsu makan

Perubahan perilaku berikutnya yang akan dialami oleh hamster yang sedang dalam masa kehamilan adalah perubahan nafsu makan. Hamster akan menjadi lebih rakus karena memang dia harus mencarikan nutrisi tdak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Ibarat ibu yang sedang hamil, hamster sedang berusaha untuk menyuapi anaknya setiap kali dia makan.

Peningkatan nafsu makan ini bisa berlangsung selama masa kehamilannya. Namun tidak berarti nafsu makan hamster anda akan terus naik. Bisa saja nafsu makan hamster anda akan cenderung stabil pada masa kehamilannya, namun mengalami perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan saat ia tidak hamil. Oleh karena itulah, dapat dibilang bahwa hamster anda akan cenderung mengalami peningkatan nafsu makan selama hamil

5. Peningkatan nafsu minum

Perubahan perilaku berikutnya yang akan dialami oleh hamster yang sedang dalam masa kehamilan adalah perubahan nafsu minum. Hamster akan menjadi lebih banyak minum karena memang dia harus mencarikan cairan tidak hanya untuk dirinya sendiri, tetapi juga untuk bayi yang ada di dalam kandungannya. Ibarat ibu yang sedang hamil, hamster sedang berusaha untuk memberikan susu pada anaknya yang masih kecil.

Peningkatan nafsu minum ini bisa berlangsung selama masa kehamilannya seiring dengan peningkatan nafsu makannya. Namun tidak berarti nafsu minum hamster anda akan terus naik. Bisa saja nafsu minum hamster anda akan cenderung stabil pada masa kehamilannya, namun mengalami perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan saat ia tidak hamil. Oleh karena itulah, dapat dibilang bahwa hamster anda akan cenderung mengalami peningkatan nafsu minum selama hamil.

Peningkatan nafsu minum akan berlangsung seiring dengan peningkatan nafsu makan, alias bersamaan.

Baca juga:

6. Lebih agresif dalam melindungi sarangnya

ads
Perilaku berikutnya yang akan muncul apabila hamster anda mengalami kehamilan adalah dia akan cenderung lebih agresif saat melindungi sarangnya. Berbagai hal yang mengganggu sarangnya, terutama pada bagian yang dia persipakan untuk kehamilan anak-anaknya akan dia lindungi dengan sekeras tenaga walaupun dia harus mengalami rasa sakit yang cukup parah. Hal itu dia lakukan agar anaknya akan lahir dengan selamat dan mendapatkan makanan yang cukup untuk pertumbuhannya nanti.

7. Puting menonjol

Salah satu tanda lainnya bahwa hamster anda sedang hamil adalah apabila puting susunya menonjol. Ciri-ciri ini umumnya terlihat pada hewan-hewan yang menyusui anaknya, seperti anjing. Hamster juga termasuk dalam hewan menyusui yang akan mengalami penonjolan puting pada saat dia mengalami kehamilan dan saat dia menyusui anaknya.

Namun demikian, anda jangan sampai gegabah dengan segera menyimpulkan bahwa dia sedang hamil, karena bisa jadi hal itu disebabkan oleh penyakit. Sebaliknya, apabila anda tidak melihat puting susu hamster anda menonjol, anda juga tidak perlu terlalu kecewa karena bisa jadi penonjolan ini tidak terlihat karena tertutupi oleh bulu di sekitar puting hamster anda.

8. Bercak darah pada alat kelamin

Pada saat hamster anda hamil, salah satu tanda yang mungkin terlihat di bagian kemaluannya adalah adanya bercak darah di sekitar anus/kelamin. Anda dapat melihatnya dengan cara mengamati kemaluan hamster anda dengan saksama, namun apabila anda tidak mau melakukan hal tersebut, anda dapat memanfaatkan tanda-tanda lain yang juga masih dapat anda gunakan untuk menilai kehamilan seekor hamster.

9. Bagian perut terlihat menonjol

Adanya janin pada rahim hamster anda akan membuat bagian tubuhnya, terutama perut, akan membesar. Hal ini, sebagaimana lazim ditemui pada ibu-ibu pada umumnya, adalah sebuah keniscayaan akibat berkembangnya janin di dalam tubuh hamster anda.

Namun demikian, anda juga perlu waspada karena bisa jadi penonjolan perut itu disebabkan oleh karena hal lain, seperti misalnya kerusakan kandung kemih atau terganggunya sistem pencernaan kelinci anda sehingga menyebabkan kotoran tidak bisa keluar dari dalam tubuhnya. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya anda memastikannya lebih lanjut dengan cara melihat apakah dia buang kotoran dengan normal, serta apakah hamster anda tidak terlihat kesakitan atau stress saat buang air besar atau air kecil.

baca juga:

10. Ada benjolan yang bisa dirasakan dari luar perut

Tanda ini berhubungan dengan adanya janin di dalam perut hamster anda. Benjolan ini adalah janin yang dapat anda rasakan dari luar tubuh hamster anda. Saat mencoba untuk merasakan benjolan ini, sebaiknya anda melakukannya dengan berhati-hati sekali karena bila anda tidak hati-hati, bisa jadi janin yang anda sentuh akan mengalami kerusakan. Periksalah dengan cara yang lembut, bila anda ragu untuk melakukannya, sebaiknya bawa saja hamster anda ke dokter hewan yang anda percayai.

Tanda lainnya (11-20)

Beberapa tanda-tanda hamster hamil selain 10 tanda di atas adalah sebagai berikut:

  • Perubahan cara berjalan.
  • Benjolan hitam di perut kiri dan kanan.
  • Tidak bermain roda putar.
  • Sering banyak tidur.
  • Sering menyandarkan badannya.
  • Mondar-mandir terus di siang hari.
  • Menolak untuk bersenggama dengan jantan.
  • Mau bertarung dengan hamster jantan yang mengganggu.
  • Lebih suka menggigit bila didekati kandangnya.
  • Tidak aktif bermain.

Itulah 20 tanda-tanda hamster hamil yang dapat anda gunakan untuk mendeteksi apakah hamster anda hamil atau tidak. Selamat merawat hamster kesayangan anda!

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, August 2017 / 09:57 Oleh :