Sponsors Link

12 Ciri-ciri Kelinci Mau Melahirkan yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Kelinci merupakan hewan yang sering digunakan sebagai hewan peliharaan juga untuk tujuan komersial. Ketika memelihara beberapa kelinci, terkadang kita akan menemukan kelinci kita dalam keadaan hamil. Normalnya seekor kelinci akan mengandung selama sekitar 31 hari. Sebagai majikan, kita perlu mengenal beberapa ciri dari seekor kelinci yang akan melahirkan untuk dapat membantu persalinan kelinci dengan lancar. Selain itu hal ini juga dapat mencegah kejadian yang tidak diinginkan yang dapat mengancam nyawa induk dan anak kelinci. Oleh karena itu, kali ini kami akan membahas 12 ciri-ciri kelinci yang mau melahirkan.

ads

1. Kelinci Menjadi Rewel

Seekor kelinci hamil biasanya akan cenderung rewel dan moody. Sifat ini akan terus berlangsung hingga hari dia melahirkan. Sifat yang biasanya ditunjukkan adalah dia tiba-tiba akan kembali ke kandangnya saat melihat anda mendekat. Selain itu kelinci juga akan sedikit mengeram ketika anda membuka kandangnya. Induk kelinci akan terdengar menggerutu dimulai dari hari awal dia hamil hingga di akhir masa kehamilannya. Dan tidak perlu khawatir, setelah dia melahirkan dia akan kembali menjadi kelinci yang menyenangkan.

2. Kelinci Lebih Suka Berbaring dan Tidur

Mulai dari sekitar minggu ke dua kehamilan, kelinci akan tampak sering berbaring dan tidur. Hal ini dikarenakan perutnya yang mulai membesar sehingga kelinci akan lebih suka menghabiskan waktu untuk beristirahat. Jika anda mendapati kelinci anda yang sedang hamil lebih suka menghabiskan waktu untuk tidur anda tidak perlu khawatir karena hal ini normal terjadi pada minggu-minggu akhir kehamilan kelinci. Dan yang perlu diperhatikan adalah, saat anda melihat kelinci anda yang suka berbaring ini jangan pernah untuk sering-sering mengangkat dan memindahkan kelinci. Jika tidak berhati-hati maka kita malah dapat membunuh janin yang berada di dalam kandungan kelinci.

3. Kelinci Tampak Tidak Nyaman

Selain lebih suka berbaring dan tidur, mulai dari minggu ke dua kehamilan. Kelinci akan bersikap seperti tidak nyaman. Seiring berkembangnya janin di dalam kandungan, berat badan kelinci juga akan semakin bertambah. Karena pertambahan berat badan ini, kelinci akan merasa berat dengan beban tubuhnya sehingga dia akan merasa tidak nyaman untuk melakukan aktifitas yang biasanya ia lakukan. Untuk itu jika anda melihat kelinci anda mengalami hal ini, berarti hari dia akan melahirkan akan semakin dekat dan anda perlu mulai menyiapkan tempat tidur yang nyaman agar dia dapat melahirkan dengan nyaman. Anda dapat menyiapkan kotak kandang yang diberi alas dengan jerami atau kain yang nyaman bagi kelinci untuk berbaring.

4. Kelinci Mengalami Perubahan Kebutuhan Makanan dan Minuman

Ketika kelinci hamil, dia akan membutuhkan nutrisi yang lebih untuk perkembangan janinnya. Seiring bertambahnya waktu kehamilan, kelinci akan memiliki nafsu makan yang bertambah pula. Oleh karena itu anda harus menyediakan makanan yang cukup untuk kebutuhan nutrisi induk dan anak kelinci. Selain jumlahnya yang bertambah, anda juga harus memperhatikan kualitas dari makanan yang anda berikan. Beri dia sayuran segar ditambah dengan pellet kelinci. Selain makanan, kebutuhan air kelinci juga meningkat seiring berkembangnya janin. Untuk itu selalu pastikan bahwa kelinci anda memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air bersih dan segar sepanjang hari. Sumber air tidak hanya dapat dipenuhi dari rumput atau makanan yang kelinci makan, tetapi air segar adalah sumber utama bagi kelinci agar tidak mengalami dehidrasi.

5. Kelinci Tampak Menggali di Dalam Kandang

Pada masa kehamilan 2 minggu dan seterusnya, anda dapat melihat kelinci anda mulai menggaruk-garuk bagian ujung dari kandangnya. Dia akan terus melakukan kegiatan ini dengan rajin hingga tiba saatnya dia akan melahirkan. Jika anda menemukan hal ini pada kelinci anda, janganlah kuatir karena hal ini menunjukkan bahwa kehamilannya dalam keadaan baik. Selalu periksa juga detak jantung di bagian perutnya untuk memastikan bahwa kehamilannya dalam keadaan baik.

Sponsors Link

6. Kelinci Membangun Sarang

Sekitar 1 minggu atau beberapa hari sebelum kelinci melahirkan, kelinci akan mulai membangun sarang dengan sangat antusias. Hal ini dapat anda lihat ketika anda meletakkan jerami atau ranting di dalam kandang, lalu anda dapat melihat kelinci anda menggigit ranting atau jerami yang akan dia susun sebagai sarang. Kegiatan menggigit jerami atau ranting ini akan membuat kelinci anda tampak memiliki kumis yang berasal dari bahan tersebut. Dan hal ini dapat menjadi pertanda yang jelas bahwa kelinci sedang membangun sarang. Untuk itu anda perlu terus memperhatikan perilaku yang ditunjukkan oleh kelinci anda agar anda tidak melewatkan hari dimana dia akan melahirkan.

7. Kelinci Merontokkan Bulu

Pada beberapa jam sebelum melahirkan, induk kelinci akan mulai merontokkan bulu pada bagian punggung dan perut. Hal ini adalah normal bagi kelinci yang akan melahirkan. Bulu-bulu yang telah rontok ini kemudian akan dia susun disekitar kotak kandang untuk menjaga bayi kelinci yang akan lahir tetap hangat karena bayi kelinci lahir tidak berbulu. Meskipun demikian terkadang tidak semua melakukan kegiatan ini menjelang proses kelahiran.

8. Kelinci Menjadi Agresif

Kelinci yang akan melahirkan akan tampak menjadi agresif terhadap kelinci-kelinci lain dan juga manusia. Jika ada yang mendekati, dia akan tampak galak untuk mengusir keberadaan kelinci lain yang dianggapnya mengganggu. Hal ini adalah normal bagi induk kelinci karena dia memiliki naluri seorang ibu yang akan melindungi anak-anaknya kelak. Tidak perlu khawatir karena kelinci anda akan menjadi ramah kembali setelah beberapa minggu kelahiran anak-anaknya.

ads

9. Kelinci Mudah Stress

Selain tampak agresif dan gelisah, pada minggu-minggu terakhir kehamilan kelinci akan berada dalam kondisi yang mudah stress. Kelinci akan mudah merasa tertekan dengan keadaan sekitarnya. Jika merasa tertekan atau stress karena lingkungan di sekitarnya, kelinci akan tampak menggigiti jeruji besi kandangnya. Selain dari lingkungan, kelinci yang tampak stress merupakan pertanda bahwa perkembangan janin semakin sempurna dan hari kelinci akan melahirkan telah dekat. Untuk itu anda perlu membuat kandang kelinci anda senyaman mungkin dengan memberi alas yang hangat dan empuk serta kandang yang terhindar dari gangguan kelinci-kelinci lain.

10. Kelinci Sensitif dengan Lingkungan

Saat akan melahirkan, kelinci akan sensitive dengan lingkungannya baik itu cahaya maupun suara. Untuk itu anda perlu memastikan bahwa kelinci ditempatkan di ruangan yang cahayanya tidak terlalu terang agar kelinci dapat beristirahat dengan cukup. Hindari juga mengeluarkan suara-suara yang keras yang dapat mengganggu kelinci untuk beristirahat. Lakukan hal ini karena kelinci membutuhkan ketenangan saat dia akan melahirkan.

11. Kelinci Ingin Menyendiri

Pada beberapa jam sebelum melahirkan, kelinci akan tampak ingin menyendiri. Jika hal ini terjadi, jangan terlalu dekat-dekat dengan kelinci anda. Menurut sifat alaminya, kelinci ingin melahirkan seorang diri dan tidak diganggu oleh siapapun. Kelinci akan merasa malu sekaligus khawatir dengan keselamatan anak-anaknya jika ada orang lain di sekitarnya. Untuk itu kita hanya perlu memperhatikan dari jauh saat kelinci kita akan melahirkan.

12. Kelinci Kehilangan Nafsu Makan Secara Tiba-tiba

Pada saat 24 hingga 48 jam sebelum proses persalinan berlangsung, kelinci hamil akan tiba-tiba kehilangan nafsu makannya. Kelinci akan berhenti makan dan tampak gelisah serta gugup mendekati waktu dia akan melahirkan. Hal ini terjadi karena kelinci mulai mengalami kontraksi yang semakin lama semakin kuat sehingga dia akan memeilih untuk fokus terhadap proses persalinan yang akan berlangsung. Perlu diketahui juga bahwa kelinci biasanya akan melahirkan pada subuh atau pagi. Oleh karena itu dengan melihat tanda-tanda ini anda dapat memperkirakan berapa lama lagi waktu yang diperlukan kelinci untuk dapat melahirkan.

Baca juga : Cara Memelihara Kelinci Anggora

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai 12 ciri-ciri kelinci yang akan melahirkan. Anda perlu mengenal dan mempelajari tanda-tanda yang telah kami jelaskan di atas agar anda dapat mempersiapkan persalinan kelinci anda sekaligus peralatan bagi bayi-bayi kelinci yang baru lahir. Dan seperti yang telah dijelaskan juga di atas bahwa normalnya seekor kelinci akan melahirkan setelah 31 hari mengandung. Jika anda mendapati bahwa kelinci anda tidak melahirkan hingga hari yang ke 35 maka anda harus curiga dan segera membawanya ke dokter hewan terdekat.

Mengapa? karena hal ini dapat menunjukkan bahwa kelinci anda mengalami kehamilan palsu atau yang terburuk adalah janin yang berada di dalam kandungannya telah meninggal. Untuk itu kita perlu dengan cermat mengamati tanda-tanda yang terjadi pada kelinci kita yang sedang hamil mulai dari hari pertama kehamilan dan terutama pada hari-hari terakhir dia akan melahirkan. Dan dengan mengenal ciri-ciri kelinci akan melahirkan kita dapat membantu induk untuk tetap sehat setelah melahirkan dan anak-anaknya dapat bertumbuh dengan baik hingga dewasa.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 19th, June 2017 / 07:21 Oleh :