Sponsors Link

15 Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing dengan Cepat

Sponsors Link

Sebelum berjalan jauh, Kamu bisa terlebih dahulu melihat ciri-ciri kucing kamu yang terkena jamur yaitu, pertama coba lihat apakah bulu rontok dengan pola melingkar sehingga terlihat kulitnya, kemudian apabila diraba terasa ada benkolan agak kasar ditubuhnya, lalu munculnya bercak putih menyerupai ketombe ataupun sisiknya. Kemudian yang paling sering terjadi kerontokan adalah pada bagian wajah dan telinga, perut, ekor, maupun anggota badan yang lain. Lalu puncak kerontokan pada kucing pun terlihat dalam waktu 5 minggu sejak kontak dengan Microsporum canis yang menjadi penyebab jamur.

ads

Beberapa kucing pun bisa menjadi pembawa dan menularkan kepada kucing lain, maupun kepada manusia. Jamur dapat sembuh dengan 4 – 6 bulan. Kucing dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dapat tumbuh kembali ditempat yang sama hingga 6 bulan kemudian. Sehingga kamu harus tahu 15 cara menghilangkan jamur pada kucing agar bisa kamu terapkan pada kucing kamu, cekidot!

(Baca juga: Tanda – tanda Kucing Hamil)

1. Mengkarantina si kucing

Ketika kamu mendeteksi adanya jamur pada tubuh kucing, maka kamu sebaiknya memisahkan kucing dari lingkungan kucing dengan cara mengkarantinanya di kandang khusus sendiri, karena jamur bisa menulari kucing lainnya. Hindarkan kucing kontak langsung dengan kucing lainnya   Selain itu, bedakan pula alat-alat yang digunakannya seperi handuk, alas tidur, tempat makan, karpet dan lainnya . (Baca juga: Ciri – ciri Kucing Rabies)

2. Cukur

Langkah mudah dalam mengobati kucing yang terkena jamur adalah mencukur bulu di area yang terkena jamur. Bulu-bulu yang tumbuh sekitar kulit yang terinfeksi jamur biasanya sudah rapuh akar-akarnya sehingga cukup mudah untuk dilakukan penukuran bahkan pencabutan. Kemudian jika infeksi jamur terdapat pada bagian kulit, sebaiknua kucing digunduli untuk memudahkan pengobatan. ( Baca juga: Ciri- ciri Kucing Anggora)

3. Mandikan

Kamu bisa memandikan kucing untuk menghentikan maupun mengurangi jamur yang ada agar tak ada lagi bibit-bibit yang berkembang. Kamu bisa menggunakan sampo dalam memandikannya seperti sebazole, malaseb dll. Sampo tsb bisa kamu dapatkan di toko hewan peliharaan terdekat. (baca juga: Tanda -tanda Kucing Akan Mati)

4. Pengeringan

Memandikan kucing adalah hal yang esensial, namun jangan lupa Kamu juga harus melakukan pengeringan pada kucing. Jangan biarkan daerah yang lembab karena akan memicu jamur akan lebih produktif untuk berkembang biak. Untuk lebih memastikan si kucing kering, kamu juga bisa menambah waktu 15 menit agar pengeringan terasa maksimal. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing Persia)

5. Pengolesan salep, krim khusus kucing

Krim maupun saleb mengandung sulfur yang bisa mengobati jamur. Sulfur membuat jamur enggan tumbuh karena bahan aktif yang terkandung didalamnya. Betadine pun dinilai ampuh dalam menanggulangi jamur yang masih ringan. Untuk kepraktisan, kamu juga bisa lakukan spray jamur karena sangat mudah dalam penggunaannya dengan cara menyemprotkan ke area yang terinfeksi jamur, yang pastinya Kamu semprotkan ketika badan kucing kering. Contoh spray yang bisa menjadi refrensi yaitu virbac wound, yang bisa kamu dapatkan di toko hewan peliharaan terdekat. (baca juga: Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan)

Sponsors Link

6. Obat oral

Untuk obat oral yaitu pengobatan yang dilakukan dengan memasukkan benda/obat kedalam tubuh melalui mulut. Metode yang satu ini adalah yang paling cocok untuk memasukkan obat ke dalam tubuh. Namun, dalam penggunaannya tidak boleh sembarangan, kamu perlu melakukan kosultasi terlebih dahulu kepada yang ahlinya maupun kepada dokter hewan kemudia akan diberikan obat dengan dosis beserta takarannya. (baca juga: Cara Mengobati Kucing Keracunan)

7. Cuci rendam peralatan

Barang apapun yang dimiliki maupun yang disekitar si kucing yang sudah terkontaminasi oleh jamur maka sebaiknya kamu mencucinya dengan sangat bersih. Kamu bisa melakukkannnya dengan merendamnya dengan desinfektan. Desinfektan berguna  dalam mematikan kuman yang ada serta jamur yang hinggap agar tidak ada inang yang bisa menjadi tempat tumbuhnya. (baca juga: Cara mengobati Kucing Cacingan)

8. bersihkan kandang

Kandang adalah tempat yang paling rawan tempat berkembang suatu jamur. Dalam berbicara kandangpun penempatan perlu diperhatikan, jangan ditempatkan diarea yang lembab karena aka membuat lingkungan tidak segar, usahakan ditempat kering dengan ventilasi yang cukup serta sinar matahari yang cukup.. untuk pembersihan kandang bisa kamu lakukan dengan vacu  cleaner agar bulu maupun serpihan kulit keringnya tidak menyebar ke area lain. Tambahan, kamu bisa menyemprotnya dengan desinfektan pula. (baca juga: Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi)

9. Berikan vitamin

Untuk penambah daya tahan tubuh si kucing agar mendapat perlindungan yang maksimal, maka kamu bisa memberikannya vitamin yang bisa dibeli di toko hewan peliharaan terdekat. Vitamin dapat menambah daya tahan untuk si kucing karena jika antibody si kucing kuat makan jamur pun tidak akan mudah menyerang kembali. (baca juga: Cara Mengobati Luka Pada Kucing)

ads

10. Tidak lembab

Agar ruangan kucing tidak lembab, kamu bisa mengukurnya dahulu dengan hygrometer. Kelembapan ideal yaitu sekitar 40-50 % dimana titik kelembapan tersebut, jamur akan mati dan tidak bisa berkembang. Pemakaian pada AC dan dehumidifier pun akan sangat membantu untuk menjada kelembapan dan kekeringan. (baca juga: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

11.  Mandikan Kucing dalam Lime Sulfur 0,5 – 5 %

Lime sulfur memiliki kandungan belerang yang cukup kecil, dengan mencelupkan kucing pada larutan ini sampai seluruh tubuhnya terbasahi dapat memberikan perlindungan sekaligus mengangkat jamur. Cara penggunaannya bisa dilakukan 2 – 4 kali pengobatan untuk mengendalikan jamur. Namun, terdapat efek samping dalam cara ini yaitu membuat si kucing tidak bernafsu makan. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

12. Campurkan makanan dengan obat dalam

Obat dalam yang bisa digunakan seperti itraconazone, ketoconazole, fluconazole, dll yang bisa kamu temui di apotek terdekat. Untuk itraconazone kamu bisa berikan obt ini sesuai dengan resep dokter atau berikan dengan dosis 2 x 2 minggu yang dicampurkkan dengan makanan kucing. Kemudian makanan yang berlemak lebih disarankan karena akan mempercepat penyerapan obat pada tubuh kucing itu. Untuk efek sampingnya sama dengan lime, akan menurunkan nafsu makan si kucing. Namun, jangan berikan obat ini pada kucing yang sedang hamil akan berakibat buruk pada kandungannya. (baca juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

13. Samphoo

Untuk sampoo kamu bisa menggunakan yang mengandung pavidone iodine dan sulfur yang bisa Kamu dapatkan atau membeli di petshop maupun di apotek. Kemudian samphoo dapat membasmi jamur seperti jenis Trichophyton dan Microsporum yang dapat memicu jamur pada kucing. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

14. Minyak tawon

Minyak tawon berisi cairan didalam botol kaca. Begitu banyak jenis minyakk tawon, kamu bisa menggunakan yang berpenutup warna merah sebagai pilihan.. karena pada dasarnya kucing bukan pengguna minyak pijat maka pilihan minyak tawon yang hangatnya paling minimal dan kadar panas yang sedikit. Kamu bisa menggunakannya dengan mengolei minyak tawon ke tubuh kucing namun jangan terlalu banyak cukup dengan dosis feeling saja. Oleskan minyak tawon dengan kadar yang cukup, sedikit saja namun merata. (baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

15. Cairan herbal

Alternative lain yang bisa kamu lakukan yaitu menggunakan cairan herbal yang aman dikonsumsi si kucing. Cairan tersebut bisa kamu buat sendiri maupun di beli di toko hewan peliharaan. Cairan herbal biasanya mengandung bahan alami di alam seperti daun srikaya, garam, jeruk nipis, sereh, jahe, sambilotom, daun sirih maupun cuka apel. Penggunaan minyak kelapa murni maupun oba herbal pun lebih aman untuk kucing kamu. (baca juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Selain beberapa penjelasan diatas, berikut ini terdapat panduan visual yang memudahkan anda untuk menghilangkan jamur pada kucing kesayangan anda.

Demikianlah, sekarang Kamu tak perlu sedih lagi karena kucing Kamu sudah bisa memiliki kulit yang mulus lagi tanpa ada kutu yang  bersarang. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan yang dikemas dalam 15 cara menghilangkan jamur pada kucing dapat manjur maupun tidak tergantung kondisi dan ketekunan Kamu melakukannya, lebih pastinya Kamu harus berkonsultasi kepada yang ahli agar lebih dianalisis secara mendalam. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing)

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 20th, June 2017 / 07:58 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing