Sponsors Link

10 Cara Menggemukkan Kucing Persia Cepat dan Alami

Sponsors Link

Kucing persia merupakan tergolong hewan yang paling banyak dipelihara, apalagi bulunya yang tebal dan prilakunya yang menarik membuat orang-orang sangat suka pada hewan ini karena bisa mengubah mood seseorang menjadi lebih baik (mood booster). Kucing Persia pun merupakan hewan yang tergolong mudah untuk dijinakkan dan dirawat. Terlebih lagi, Kamu pasti menginginkan tubuh kucing ini tumbuh dengan sehat dan gemuk. Karena keduanya berbanding lurus dengan penampilan yang imut  dan jauh dari penyakit. Lantas, Kamu sebagai pemiliki Kucing pasti mencari cara agar dapat melakukan kegiatan dalam rangka penggemukan kucing sehingga dibawah ini akan diulas 10 cara menggemukkan kucing persia dengan cepat, cekidot!

ads

baca juga:

1. Menjaga Suasana Hati Kucing

Kucing Persia adalah hewan yang suka mencari kenyamanan.  Kenyamanan kucing sangat beragam sehingga Kita perlu memperhatikannya agar tahu cara merawatnya. Kadang kucing suka di kandang, Namun ada yang lebih suka dilepas di halaman yang bebas. Bila salah langkah, Maka siap-siap Kamu akan mendapatkan kucing yang aneh karena merasa stress namun jarang terjadi. Sehingga jagalah suasana hati kucing. Suasana hati kucing membuat pikiran lepas dan tidak stress sehingga tumbuh berkembang Kucing Persia Kamu semakin bai terutama dalam penggemukan. Kamu juga bisa menyediakannya beberapa mainan seperti bola-bola, alat garuk kucing, ayunan dll yang bisa Kamu dapatkan di toko hewan peliharaan terdekat . (baca juga: Cara Mengobati Kucing Cacingan)

2. Menambah Nafsu Makan

Cara yang pertama secara alami yaitu membuat kucing Kamu dengan sendirinya lahap dan ketagihan makan (red : menambah nafsu makan ). Caranya Kamu bisa mengoleskan sedikit makanan basah pada hidung kucing agar insting dari kucing selalu teringat dengan mencari-cari mana daging ini berada. Hal ini membuat Kucing Persia Kamu akan penasaran dalam mencicipi makanan. (baca juga: Cara Mengobati Kucing Dehidrasi)

3. Makanan Kucing Kaleng

Kucing memang menjadi sangat populer, hampir setiap orang yang melihat kucing langsung berinteraksi dengannya entah mengelus maupun berusaha memberikan makan, sehingga banyak usaha pakan kucing bertebaran dimana-mana. Makanan kaleng pun menjadi bagian dari pakan kucing, disamping mudah dibawa kemana-mana ditambah tahan berhari-hari membuat kaleng menjadi pilihan. Beberapa merk yang ada seperti Royal Canin, Proplan, Frieskies, Whiskas hingga Me-O. (baca juga: Cara Mengobati Luka Pada Kucing)

Kandungan gizinya maupun nutrisinya sudah diuji di lab yang dituangkan dalam informasi di kemasannya. Disitu Kamu juga bisa mengetahui makanan kaleng mana yang gizinya cukup banyak untuk diberikan kepada kucing.  Namun, kekurangannya makanan kaleng ini cukup mahal karena dari kemasannya saja membutuhkan kaleng yang mahal ditambah makanan yang berdaya tahan tinggi .

4. Makanan Kucing Mentah

Kucing Persia yang merupakan karnivora sangat suka dengan daging. Namun, daging yang dimakan diusahakan dalam keadaan mentah. Daging yang mentah masi mengandung kandungan gizi maupun mineral yang ada dalam daging mentah, dan bila sudah dimasak maka beberapa kandungan zat yang berguna tidak tahan akan suhu dan tekanan yang tinggi sehingga akan mati. Namun tidak mengapa, terkadang beberapa kucing tidak terbiasa dengan makanan mentah sehingga Kamu bisa memasaknya terlebih dahulu sebagai percobaan . (baca juga: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

ads

5. Makanan Yang Tinggi Protein

Protein merupakan zat pembangun tubuh yang dapat menggemukkan badan Kucing Persia dengan cepat. Protein yang tinggi dapat mudah kamu temukan diberbagai makanan seperti ikan, daging sampai kepada Raw Food Ayam. Kemudian untuk menjaga kebersihan daging, Maka Kamu bisa merebusnya terlebih daulu kemudian diberikan kepada kucing kesayangan Anda . Makanan yang tinggi protein yaitu susu. Kamu bisa memberikan susu khusus kucing yang bisa Kamu dapatkan di toko hewan terdekat. Susu kucing bisa diberikan pada menu makanan maupun menu cemilan. Namun terkait susu ini yang perlu kamu perhatikan adalah jangan berikan susu dari sapi. Karena susu ini termasuk sulit untuk dicerna oleh kucing sehingga membuat pencernaan kucing bekerja dengan keras dan bisa berakibat diare. (baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

6. Memberikan Makanan yang tepat

Untuk Kucing, Kamu bisa memberikan makanan yang cukup variatif dan sehat. Kucing Persia biasanya lebih sensitif kepada makanan asin karena bisa merontokkan bulu-bulunya khususnya dibagian dada hingga perutnya. Namun, ada juga beberapa Kucing Persia murni maupun campuran tahan terhadap makanan ikan asin. Ikan yang dimaksud seperti ikan pindang tongkol, ikan asin dll. Kamu bisa memberikan produk makanan yang sudah terjamin oleh pabrik seperti Royal Canin Exigent yang banyak disukai oleh kucing dan menggemukkan Kucing Persia dengan cepat.  (baca juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

7. Memperlancar Metabolisme

Berkaitan dengan peredaran darah, metabolisme akan lancar melakukan sistemnya. Kamu perlu mengajak kucing berjalan-jalan agar peredarannya lancar karena dengan beraktifitas akan memacu otot jantung memompa oksigen ke otak, karena oksigen dibawa darah maka darah akan diharuskan beredar dengan lancar oleh pompa jantung sehingga metabolisme Kucing Persia pun lancar dengan adanya jalan-jalan tsb dan dapat menggemukkan si Kucing Persia. Menjemur kucing Persia kamu pun dapat memperlancarnya akibat sinar matahari. Biasanya kucing menyukai daerah rerumputan karena terasa lembut di kaki dan dingin. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

8. Beri Si Kucing Nikmat Kemalasan

Dengan adanya bermalas-malas, Maka si Kucing akan selalu beristirahat sehingga tidak banyak energi yang dikeluarkannya membuat energi input dikelola dalam bentuk energi tersimpan didalam tubuh kemudian menumpuk dan menjadikan kapasitas bobot si Kucing meningkat. Beberapa cara yang bisa Kamu lakukan yaitu beri pendingin ruangan pada lingkungannya, atau bisa juga tempatkan ia di tempat yang berpendingin ruangan. Sama saja tetapi beda kali ya. (baca juga: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

Tempat-tempat seperti tempat tidur, alas kucing maupun tempat si kucing diam usahakan memiliki suhu udara yang cukup dingin karena lingkungan seperti itu membuat kucing akan merasa malas untuk bergerak sehingga dia akan banyak tidur-tiduran dan malasan sehingga energinya untuk menggemukkan badannya, seperti yang dijelaskan diatas. Namun, saran ini bukan berarti mengkondisikan si Kucing selalu diam tak bergerak, tetapi harus juga diseimbangkan dengan jalan-jalannya sehingga kapasitas bobot yang ada tidak menjadi penyakit seperti obesitas.  (baca juga: Ciri – ciri Kucing Rabies)

Sponsors Link

9. Membatasi Pergerakannya

Bila sang kucing membuat banyak pergerakan akan membuat energi yang didapatkannya dari makanan bergizi akan cepat terbuang. Hal ini terjadi karena kalori yang didapatkannya akan dibakar didalam tubuhnya. Bila hal ini terjadi makan, kucing pun akan sulit untuk gemuk namun membuat kucing lebih ramping. Beberapa cara dalam membatasi pergerakannya adalah dengan cara membatas waktu bermain. Boleh bermain, namun tahu batasnya. Kebanyakan bermain akan membuat ia banyak bergerak dan pada akhirnya akan mengalami kelelahan. Nah, dalam kelelahan itulah banyak aktifitas tubuh dalam membakar kalori. Selain membatas waktunya maka Kamu bisa menempatkan segala peralatan yang mendukung kucing di satu tempat terpusat sehingga memudahkan kucing dalam menjangkaunya dan tak perlu bergerak jauh untuk mendapatkannya. (baca juga: Ciri – ciri Kucing Anggora)

10. Riwayat Kucing Persia Kamu

Sudah berulang kali berbagai cara menggemukkan Kucing Persia sudah Kamu lakukan namun hasilnya masih saja nihil. Coba Kamu telisik silsilah keluarga Kucing Persia Kamu, mungkin saja induknya memang bertubuh kecil sehinga kurusnya terbentuk secara genetik. Kalau fakta di lapangan memang seperti itu, Maka akan cukup sulit dalam melakukan penggemukkan karena akan melawan sifat fenotipe dari genetis kucing tsb. Namun, jangan langsung bersedih. Kamu bisa memaksimalkannya dengan cara memenuhi asupan nutrisinya sehingga dapat membuatnya lebih besar minimal jika dibandingkan dengan induknya. (baca juga: Tanda – tanda Kucing Hamil)

Pada akhirnya, dalam penggemukan kucing tidak bisa dilakukan selama semalam, Kamu juga harus rajin dalam melakukannya dengan penuh kasih sayang, jangan sampai kamu saja yang berambisi dalam penggemukan, namun ajak kucing menikmati penggemukan karena jangan sampai sang kucing stres menghadapi pergerakan dalam rangka memenuhi pola penggemukan. Membuat kucing merasa senang adalah kunci utama dalam membuat kucing gemuk . Demikianlah, informasi mengenai cara menggemukkan Kucing Persia dengan cepat semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat pada kucing persia Kamu dan tidak hanya literasi belaka .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 14th, June 2017 / 08:33 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing