Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kucing Cacingan Secara Efektif

Sponsors Link

Cacingan merupakan kondisi dimana terdapat cacing yang menjadi parasite hidup di perut manusia ataupun makhluk hidup lainnya. Cacing ini akan menyerap segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh, sehingga akan menyebabkan inang atau tempat hidupnya kekurangan nutrisi. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin inang cacing tersebut mengalami kekurangan gizi ataupun penyakit lainnya yang lebih serius. (Baca : Tanda – Tanda Kucing Hamil )

ads

Makhluk hidup yang bisa menjadi inang cacing dan mengalami cacingan ternyata bukan hanya manusia. Kucing peliharaanmu pun ternyata juga bisa mengalami yang namanya cacingan. Cacing yang biasanya menginfeksi kucing dengan cacingan adalah cacing pita, yang masuk ke dalam tubuhnya melalui kutu dalam bentuk telur cacing.Berikut ini akan dibahas cara mengobati kucing cacingan yang paling ampuh dan bisa kamu coba:

  1. Perhatikan apakah ada gejala kucing cacingan

Sebagai langkah awal untuk mengetahui apakah kucingmu mengalami cacingan atau tidak, perhatikan beberapa tanda awal kucing cacingan. Untuk mengetahui apakah kucing peliharaanmu mengalami cacingan atau tidak, berikut ini beberapa gejala awal kucing cacingan yang bisa kamu amati:

  • Badan kucing menjadi lebih kurus dengan perut yang membuncit.
  • Kucing menjadi banyak minum karena sering haus.
  • Nafsu makannya berkurang sehingga kucing menolak makan.
  • Kucing mengalami diare.
  • Kucing muntah-muntah. (Baca : Cara Mengobati Kucing Sakit dan Lemas)
  • Dapat ditemukan cacing di kotorannya.
  • Meski kucingmu banyak makan, tubuhnya tetap kurus.

Sebenarnya masih ada banyak lagi ciri-ciri kucing cacingan yang bisa kamu amati, terlebih jika kucing tersebut telah mengalami cacingan dalam waktu yang lama. Namun, gejala-gejala di atas cenderung cukup mudah untuk kamu amati di masa awal kucingmu mengalami cacingan. Maka, kamu sebagai pemilik kucing yang baik harus memperhatikan setiap perubahan yang terjadi pada kucing kesayanganmu. Jangan sampai kucingmu mengalami cacingan tanpa ada penanganan tertentu karena hal ini tentu saja akan mempengaruhi kondisi kesehatannya. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

  1. Periksa kotoran kucing untuk memastikan apakah dia terkena cacingan

Jika kamu melihat ada gejala cacingan pada kucing kesayanganmu, maka kamu bisa memastikannya dengan memeriksa kotorannya, apakah ada bentuk seperti cacing yang terbawa. Selain itu, biasanya terdapat bentuk seperti beras di anus kucing jika kucingmu memang sedang mengalami cacingan. Jika tanda-tanda ini kamu temukan ada di kucingmu, maka hampir pasti kucingmu sedang mengalami cacingan. (baca juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

  1. Bawa ke dokter hewan

Setelah kamu sudah memastikan kucingmu memang mengalami cacingan, segera bawalah kucingmu ke dokter hewan. Dokter hewan akan lebih mengetahui penanganan apa yang harus diberikan kepada kucingmu. Dengan membawanya ke dokter hewan, bisa jadi dokter hewan tidak hanya memberi obat tapi juga mengajarkan pada kamu perawatan apa yang harus dilakukan untuk mencegah kucingmu mengalami cacingan lagi.  (Baca : Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

  1. Beri obat cacingan khusus kucing

Cara mengobati kucing cacingan yang paling umum adalah memberinya obat khusus kucing. Biasanya, kamu bisa memberikan combantrin sebagai obat yang biasa diberikan kepada kucing yang mengalami cacingan. Namun, combantrin ini hanya bisa digunakan untuk membunuh cacing gelang. Obat cacing vermox, sama seperti combantrin juga bisa diberikan kepada kucing yang terkena cacing gelang. (Baca : Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli )

Namun, jika kamu menginginkan obat yang lebih lengkap, kamu bisa memberi kucingmu Drontal Cat atu Drontal Plus. Obat ini memiliki kandungan yang lebih lengkap dan bisa membunuh cacing gelang dan cacing pita sekaligus.

ads
  1. Jangan beri obat sembarangan jika kucing hamil

Jika kucingmu hamil, maka cara terbaik untuk mengobati cacingannya adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Kucing yang sedang hamil, akan rentan mengalami keguguran ataupun pendarahan jika diberi obat sembarangan. Maka, konsultasikan hal ini dengan dokter agar kucing kesayanganmu mendapat perawatan yang tepat. (baca: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

  1. Berikan obat cacing secara teratur

Kamu harus memberikan obat cacing tersebut secara rutin. Berikan obat cacing sesuai dosis yang diberikan dokter. Pemberiannya bisa dilakukan selama satu bulan dengan frekuensi dua minggu sekali. Pemberian obat pada minggu pertama bertujuan untuk membunuh cacing yang sudah dewasa dan cacing kecil. Sementara itu, pemberian obat pada minggu kedua berfungsi untuk membunuh larva yang sudah menjadi cacing yang tidak terbunuh pada pemberian obat sebelumnya. (baca: Ciri – ciri Kucing Rabies)

  1. Hentikan kebiasaan kucing melakukan kontak dengan inang pembawa cacing

Seringkali larva cacing masuk ke tubuh kucing melalui makanan atau mainan yang dimakan oleh kucing. Misalnya, kucing peliharaanmu suka memangsa hewan-hewan kecil seperti serangga, tikus atau hewan lain secara sembarangan, maka besar kemungkinan ada larva cacing yang terbawa masuk ke tubuhnya. Untuk itu, sebisa mungkin cegah kucing kesayanganmu memasukkan makanan atau benda-benda secara sembarangan ke mulutnya. (Baca : Cara Menggemukkan Kucing)

  1. Bersihkan tempat kotoran kucing secara rutin

Kucing yang mengalami cacingan, akan mengeluarkan cacing atau larva cacing juga melalui kotorannya. Hal ini tentu bisa mengakibatkan larva cacing kembali masuk ke tubuhnya, jika tidak segera dibersihkan. Terlebih lagi, jika kamu memelihara kucing lebih dari satu, bukan tidak mungkin kucingmu yang lain juga akan tertular dan menderita cacingan juga. (baca juga: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

  1. Jaga kebersihan kandang kucing

Hampir sama dengan poin sebelumnya, kamu juga harus membersihkan kendang kucing dengan rajin. Bagaimanapun, kucingmu menghabiskan sebagian besar waktunya di kandangnya, maka jika kandangnya tidak bersih, besar kemungkinan ada larva cacing yang menginfeksi wilayahnya. Hal ini tentu membuat kucingmu rentan mengalami cacingan. (baca juga: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

  1. Jaga kebersihan makanan kucing

Kamu harus berusaha untuk memberikan makanan yang bersih dan sehat untuk kucing kesayanganmu. Meskipun kamu memberinya sisa-sisa makanan atau bahan makanan rumahan, pastikan makanan tersebut cukup bersih untuk dimakan kucingmu. Jika makanan itu kotor, bukan tidak mungkin ada cacing atau larva cacing yang terbawa masuk ke tubuhnya dan membuat kucingmu menderita cacingan.

Sponsors Link

  1. Mandikan kucing secara teratur

Cara Mengobati Kucing Cacingan lainnya adalah teratur memandikan kucing. Mungkin kamu sudah sangat tahu, bahwa kucing merupakan hewan yang sangat rajin ‘mandi’ dengan menjilat-jilat tubuhnya. Hal ini memang bersih untuk tubuh kucing, karena di air liur kucing terdapat antiseptic alami untuk menjaga kebersihannya. Namun, bukan tidak mungkin jika terdapat kutu ataupun larva kucing yang terjilat dan akhirnya masuk ke tubuhnya. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

Jika hal ini terjadi, maka bisa dipastikan larva cacing tersebut akan menetas dan membuat kucing kesayanganmu cacingan. Oleh karena itu, kamu harus rajin memandikan kucing untuk memastikan tubuhnya bersih dana man dari kutu ataupun kotoran yang membawa larva cacing. (baca juga: Cara Mengobati Luka Pada Kucing)

  1. Beri obat kutu dan obat cacing secara rutin

Sebagai tindakan pencegahan, sangat disarankan untuk kamu memberikan obat kutu dan obat cacing secara rutin kepada kucingmu. Hal ini akan mencegah pertumbuhan dan perkembangbiakan cacing di perut kucing yang tidak diinginkan. (Baca : Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Dengan pengobatan yang dilakukan di atas, diharapkan cacing-cacing di perut kucing akan mati dan kucing kesayanganmu akan kembali sehat dan sembuh. Namun, sementara kamu melakukan pengobatan, cara lain yang bisa menunjang pengobatan kucing dari cacingan adalah dengan tetap memastikan asupan nutrisi yang cukup, beri vitamin dan dan tambahkan susu pada menu makanannya. Dengan begitu, tubuh kucing bisa tetap sehat sembari melawan cacing-cacing yang merebut kebutuhan gizinya. Cara Mengatasi Kucing Dehidrasi

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 03:52 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing