Sponsors Link

15 Cara Merawat Anjing Mini Pom yang Mudah dan Efektif

Sponsors Link

Anjing pom yang kita kenal merupakan anjing ras Toy. Anjing ini memiliki ciri khas dengan tubuhnya yang mungil. Anjing pom berasal dai area jerman dan polandia, yang konon merupakan keturunan Spitz kuno. Pomeranian yang asli beratnya sampai 30 pon dan digunakan sebagai penggembala domba . Pada 1888, Ratu victoria mengembangbiakkan anjing pom dengan ukuran yang lebih kecil dan momen tersebut merupakan titik mulai dikenalnya anjing ini. Anjing pom termasuk anjing pengawas, trik pertunjukan dan kelincahan .

ads

Anjing pom memiliki dua lapis bulu yang lapisan bulu dibawahnya tersusun dari bulu lembut yang tebal sementara yang atas bulu kasar yang lurus. Bulunya pun dibiarkan tumbuh alam dengan perawatan tepat menghasilkan penampilan anjing pom yang ciamik.Anjing ini terbilang cukup kecil dan rentan penyakit sehingga bila mengidap penyakit maka bisa terkenal seluruhnya, sehingga anjing pom yang mahal akan menghasil biaya pengobatan lagi . Sebenarnya perawatan anjing ini tidak begitu susah namun harus konsisten dalam memberi perlakuannnya.

Namun, perawatan anjing ini cukup intensif untuk menghasilkan anjin pom yang sehat dan aktif karena bulu – bulunnya sangat sensitif dan anjing rentan stress bila jarang diajak bermain sehingga dibawah ini kami akan mengulas 15 cara merawat anjing mini pom yang kami paparkan dibawah ini, cekidot!

1. Bersihkan Telinganya

Dalam perawatan anjing Pom, maka kamu wajib memperhatikan telinganya karena anjing tersebut memiliki banyak bulu hingga dua lapis yang membuat kotoran pun menumpuk di sela – selanya . Pembersihan telinga bisa menggunakan cotton swab yang sebelumnya dicelupkan cairan pembersih non alkohol . Perlu diperhatikan, jangan masukkan cotton tip atau cotton bud kedalam telinga karena bila bergerak tiba – tiba bisa masuk terlalu dalam dan merusak telinga .

Baca juga : Cara Mengatasi Anjing Susah Makan

2. Potong Kuku Kaki Anjing

Untuk memotong kaki anjing kamu bisa memotong kuku anjing Pom dengan mengangkat telapak kakinya dari belakang kemudian anjing akan menekuk sendinya . Selain hal ini, anjing juga dapat ditarik telapaknya ke arah depan namun lebih susah . Ketika memotong, sisakan juga sepanjang 4 – 5 mm untuk melindungi bagian dalam kuku . Tersedia juga alat potong kuku anjing di toko hewan peliharaan terdekat. (baca juga: Cara Merawat Rottweiler)

3. Memandikan Anjing Di Bak Mandi

Ketika Kamu ingin memandikan si anjing maka isi wadah air dengan air hangat kemudian rendamlah anjing  seperbagian tubuh, Kamu bisa menggunakan cangkir ataupun gayung dalam menuangkan air perlahan diatas tubuh anjing tersebut. Perhatikan juga jangan sampai air masuk kedalam telinga dan hindari mata karena membuat anjing sakit. Memandikan anjing diperlukan ketika anjing terlihat cukup kotor. (baca juga: Cara Merawat Golden Retriever)

4. Training

Anjing memiliki sifat yang aktif sehingga harus dilatih dengan rutin agar menjadi kuat dan tidak lesu. Kamu bisa mengajaknya jalan – jalan maupun membawanya bermain di halaman rumah agar anjing disiplin untuk buang air diluar rumah agar anjing tidak melakukannya di dalam rumah  Cara ini bisa kamu lakukan ketika anjing berumur 2 – 3 bulan. (Baca juga : Jenis Pitbull Petarung)

5. Makanan

Cara Merawat Anjing Mini Pom yang utama adalah pemberian makanan. Anjing pom dapat diberikan makanan satu hingga tiga kali sehari dengan makanan anjingyang cukup bergizi. Namun, usahakan makanan kering yang diberikan agar direndam dahulu agar makanan menjadi lunak dan memudahkan anjing mencerna makanan tsb. Hindari pemberian makanan orang karena makanan anjing sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisinya . Contoh makanan anjing yang bisa kamu berikan adalah orijen ataupun acana . (Baca juga : Cara Mengatasi Anjing Keracunan )

ads

6. Rambut Anjing

Anjing pom sudah terkenal memiliki rambut yang lebat nan panjang sehingga banyak debu – debu bersarang di rambut pom. Maka, kamu wajib menyisir rambut anjing minimal 2 kali sehari karena bila tidak rambut anjing pom akan mudah rontok dan juga mudah kusut. (baca juga: Cara Mengatasi Anjing Susah Makan)

7. Penyikatan Gigi

Menyikat gigi selain membersihkan gigi dari kotoran dapaat mencegah infeksi bakteri yang berpotensi fatal .Kamu  bisa menggunakan sikat maupun pasta gigi khusus yang dibuat untuk anjing . Awalnya beberapa anjing akan tidak menyukai ini, mereka akan menolak dan meronta – ronta . Namun, seiring berjalan waktu maka anjing akan terbiasa. Ketika menyikat, jangan terlalu keras karena gusi anjing begitu sensitif. (baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat)

8. Zat-Zat Pencegah Kutu

Kutu termasuk musuh anjing terutama yang berbulu sehingga kamu harus melakukan usaha pencegahan agar tak sampai usaha pengobatan. Gunakan sampo yang mengandung bahan pembasmi kutu, walau kadang memberikannya secara terpisah . Kutu menghisap darah yang ada di anjing sehingga bisa menyebabkan kekurangan darah dan mengakibatkan anemia.

9. Bulu Yang Kering

Disarankan tidak menyikat bulu pom ketika kering karena dikhawatirkan akibat gesekannya bisa menimbulkan listrik statis yang membuat laposan protektif bulu pom mengelupas dan bulunya pun bercabang . Sebaiknya rambut dalam keadaan basah atau bisa diberikan conitioner leave – in ditambah campuran air dengan rasio 10:90. (baca juga: Cara Merawat Siberian Husky)

10. Asupan Vitamin

Anjing pom perlu diberikan suplemen tambahan agar menjaga kesehatannya. Suplemen dorwest herbs bisa diberikan untuk menjaga kesehatan hati, ginjal maupun organ penting yang lain sehingga efeknya ke bulu akan semakin sehat, tidak rontok, berkilau, cepat panjang dan tebal. Harganya cukup mahal, alternatif lain kamu bisa memberikan minyak kelapa 1 sendok teh sehari satu kali atau minyak ikan cod . Untuk susu kamu bisa memberikan SGM LLM (box pink), VITALAC FL (Free Lactosa) ataupun susu yang tak mengandung laktosa.

11. Potongan Bulu

Cara Merawat Anjing Mini Pom selanjutnya rutin merawat bulu anjing. Penampilan anjing pom sangat penting diperhatikan sehingga kamu perlu mengetahui model potongan membentuk bulu anjing pom . Salah satu potongannya yaitu potongan singa dengan mempertahankan sisa bulu di bahu wajah dan bulu tebal didada . Untuk bulu ditubuh lainnya hingga kulit dipotong pendek . Selain itu kamu bisa memilih potongan anak anjing seperti gaya beruang Teddy. Bulu dipangkas hingga bersisa 5 – 7,5 cm dengan bagian wajah dan kaki dipotong melingkar.

12. Tempat Tinggal Anjing

Anjing pom bila dibiarkan akan berkeliaran begitu saja, namun pastikan kamu harus menyiapkan tempat makannya, tempat tidur hingga wahana bermain. Pastikan kandang sesuai dengan ukuran anjing dengan sirkulasi udara yang baik sehingga lingkungan dalam anjing tetap kering dan jauh dari penyakit . kandang anjing juga memungkinkan ia bergerak bebas .

Sponsors Link

13. Majikan

Anjing pom perlu diberi ketegasan untuk menunjukkan kepemimpinannya majikannya . Kamu bisa melatih dengan cara memerintahkannya kemudian ia melakukannya. Seperti memberikan makanan dengan melemparkannya dan ia mengejarnya. Selain itu kamu bisa mengatur kapan dan bagaimana sesuatu dikerjakan seperti melempar piringan, menyuruh duduk ,mendekat dll. Hal yang diatas akan membuat si anjing akan menganggap pemiliknya adalah bos dan akan mendapat ketegasan darinya.

14. Luangkan Waktu

Anjing pom memerlukan waktu bermain dengan majikannya . bila kamu tidak punya waktu, pastikan ada orang yang bisa mengajaknya bermain dan melatihnya, karena anjing tsb butuh aktifitas diluar ruangan . Karena memelihara anjing bukan sekedar saat lucunya saja, namun memang membutuhkan komitmen dan ikatan dalam proses tumbuh berkembang si anjing .

15.Perhatikan Stambum

Stambum adalah silsilah keturunan anjing tsb dan sangat berguna untuk mengetahui asal usul anjing pom ini, termasuk bisa diterka riwayat sakitnya, vaksinasi dll. Stambum dikeluarkan oleh lembaga resmi yaitu Perkin (Perkumpulan Kinologi Indonesia) sehingga bila kamu mau membeli anjing pom maka kamu wajib menanyakan surat keterangan ini.

Demikianlah informasi mengenai cara merawat anjim pomeranian yang kami ulas dalam “15 cara merawat anjing mini pom” ,semoga kamu dapat mempraktikannya karena merawat anjing cukup intensif dari anjing lainnya. Perlu diperhatikan luangkan waktu majikan kepada anjing  karena akan menambah kenyamanan dan menghindari dari stress, ditambah harga anjing ini cukup mahal dan rentan terkena penyakit sehingga perawatan adalah yang paling utama .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 04:15 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan