Sponsors Link

17 Cara Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula yang Mudah

Sponsors Link

Ikan koi merupakan ikan yang berwarna-warni dan sering kita jumpai berada di dalam kolam di tempat-tempat perbelanjaan dan restaurant. Dalam beberapa waktu terakhir, ikan ini banyak sekali digemari karena warnanya yang indah dan banyak juga mulai dijadikan hewan peliharaan di rumah. Jika anda tertarik untuk memelihara ikan koi, janganlah khawatir karena memelihara ikan koi tidaklah susah. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan 17 cara mengenai cara memeliahara ikan koi bagi anda yang ingin mulai untuk memelihara ikan koi di rumah. (Baca Juga: Cara Memelihara Ikan Arwana)

ads

1. Memilih Kolam yang Tepat

Kolam ikan koi dapat terbuat dari beberapa macam bahan yang berbeda. Anda dapat membuat kolam ikan koi dengan bantuan dari ahli bangunan di dekat anda. Untuk membuat kolam ikan koi, kita harus membangun kolam dengan kedalaman sekitar 1 meter yang mampu menampung air sebanyak 1100 liter air untuk setiap ikannya. Jika anda ingin memelihara lebih dari 1 ikan, maka anda perlu membangun kolam dengan ukuran yang lebih besar.

2. Memberi Makan Ikan Sesuai Kondisi

Dalam memberikan makan kepada ikan koi, kita harus  memperhatikan beberapa kondisi seperti suhu kolam, ukuran ikan, dan beri makan dengan jumlah yang sedikit karena saluran pencernaan ikan koi yang pendek. Dengan mengetahui kondisi ikan, kita bisa memberi makanan dalam jumlah yang tepat dan mencegah ikan kelebihan makanan. Jika ikan kelebihan makanan, maka ikan akan lebih beresiko mengalami gangguan kesehatan dan bahkan bisa mengancam nyawanya.

3. Menjaga Kesegaran Air Kolam

Selalu pastikan bahwa kolam ikan koi cukup luas untuk secara natural dapat dialiri udara, dipompa, dan di saring sehingga dapat membuat air kolam selalu segar. Anda dapat menambahkan bahan yang dapat menjaga air tetap segar dan beba dari hama. Bahan kimia ini dapat anda dapatkan di petshop, dan pastikan bahan kimia tersebut aman untuk ikan anda.

4. Selalu Memastikan Kesehatan Ikan Koi

Ikan koi yang ada sekarang cenderung memiliki sistem imun yang lemah. Ketika anda memberi makan kepada ikan anda, anda dapat sekaligus mengamati keadaan ikan anda. Perhatikan apakah ikan anda mengalami kelelahan, hilang nafsu makan, dan cenderung menyendiri dari ikan lainnya. Beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada ikan anda adalah infeksi bakteri jika ikan anda mengalami luka. Untuk mencegah ini, anda harus memastikan bahwa air kolam ikan tetapbesih dan segar. Jika ikan anda sakit, segera pisahkan dia dari ikan-ikan yang sehat lainnya. Dan jika keadaan ikan tidak membaik, anda dapat membawanya ke dokter hewan terdekat.

5. Memberikan Pellet Ikan yang Berkualitas

Selain makanan dasar, ikan koi juga membutuhkan tambahan makanan seperti pellet ikan yang mengandung protein tinggi. Pellet ikan yang dapat anda berikan adalah pellet yang mengandung protein lebih dari 30 persen dan kandungan lemak sekitar 5 persen. Sebelum membeli pellet ikan, pastikan anda membaca kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, dan sesuaikan dengan kebutuhan dari ikan koi anda. Pellet ikan ini dapat anda temukan dengan mudah di petshop terdekat.

6. Merendam Pellet Di Dalam Air Kolam

Sebelum memberi pellet ikan kepada ikan koi, rendam terlebih dahulu pellet ikan tersebut di dalam air kolam sekitar 30 detik hingga 1 menit. Hal ini dapat membuat pellet menjadi lebiih aman dan mudah untuk dicerna oleh ikan. Pellet yang kering dapat mengembang di saluran cerna ikan dan dapat menyebabkan resiko saluran cerna tersumbat dan mengancam nyawa ikan.

ads

7. Menyediakan Tanaman Alami Kolam

Selain mendapat nutrisi dari makanan yang kita berikan, beberapa nutrisi untuk ikan juga dapat berasal dari tanaman alami yang tumbuh di sekitar kolam. Beberapa tanaman tersebut adalah alga dan juga duckweed. Selain itu kita juga dapat memberikan potongan sayuran seperti kacang polong, wortel, bayam, selada yang dapat menjadi suplemen tambahan bagi ikan koi.

8. Memberikan Udang Di Beberapa Waktu

Cara Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula lainnya adalah memberi makan udang. Selain nutrisi yang didapatkan dari makanan sehari-hari, ikan koi juga memerlukan asupan protein yang lebih. Tambahan protein untuk ikan ini dapat kita berikan dalam bentuk udang beku. Selain itu kita juga dapat memberikan potongan kecil ikan sebagai tambahan protein. Meskipun demikian, pemberian ini dilakukan jangan terlalu sering melainkan hanya beberapa waktu saja.

9. Memberikan Makanan yang Dapat Mencerahkan Warna Ikan

Karena ikan koi terkenal akan warna kulitnya yang indah, ktia dapat memberi makanan yang dapat mencerahkan warna ikan. Makanan yang dapat diberikan sebagai contoh adalah spirulina, udang, atau krill. Makanan-makanan ini telah dikenal secara luas dapat mencerahkan warna dari kulit ikan koi.

10. Memberi Ikan Koi Makanan Hidup

Di alam, ikan koi memperoleh makanan dari hewan kecil yang hidup. Untuk itu kita juga dapat memberi ikan koi makanan hidup seperti larva serangga, cacing, dan tanaman algae. Makanan-makanan ini dapat menjadi sumber nutrisi dasar, vitamin, dan mineral bagi ikan koi.

11. Mengetahui Umur Koi

Dalam menentukan jumlah makanan bagi ikan koi, kita perlu mengetahui usia, panjang, serta berat dari ikan koi yang kita peliahara. Untuk itu ketika kita membeli ikan koi, kita perlu mengetaui berapa usia ikan saat itu dan terus catat perkembangan usia ikan yang kita miliki dari waktu ke waktu.

12. Mengukur Suhu Air Kolam

Jumlah makanan dan frekuensi pemberian makan untuk ikan koi juga tergantung kepada suhu air kolam. Perubahan suhu air dapat mempengaruhi metabolisme ikan sehingga dapat merubah kebiasaan makan dari ikan. Semakin tinggi suhu kolam, maka metabolisme ikan akan semakin meningkat dan jumlah makanan serta frekuensi pemberian makan dapat dditurunkan. Begitu juga dengan sebaliknya.

13. Memberi Makan Ikan Dalam Jumlah yang Sedikit

Dengan memperhitungkan kebutuhan makanan dari ikan, kita dapat menentukan berapa jumlah makanan yang dapat kita berikan untuk ikan. Jika kita memberi ikan makanan dalam jumlah yang banyak, maka akan muncul masalah kesehatan pada liver dan juga fungsi organ internal dari ikan. Daripada memberi makan ikan dalam jumlah yang banyak sekaligus, lebih baik kita memberi makan ikan paling tidak dalam frekuensi dua kali sehari.

14. Memberi Makan Ikan Di Satu Lokasi Tertentu

Pada saat memberi makan ikan koi, lebih baik anda melakukannya di satu lokasi yang tetap. Idealnya, lokasi pemberian makan berada di pinggir kolam dimana anda dapat mengawasi seberapa banyak ikan anda makan dan sekaligus dapat mengecek kesehatan ikan anda.

15. Membiarkan Ikan Koi Melihat Anda Saat Pemberian Makan

Anda perlu untuk membangun ikatan dengan ikan anda, dan hal ini dapat dibangun saat anda memberi ikan anda akan. Tetaplah diam di pinggir kolam saat ikan koi anda makan dan biarkan mereka mengetahui bahwa anda adalah yang memberi mereka makan dan anda tidak akan menyakiti mereka. Kegiatan sederhana ini dapat membantu anda membangun ikatan dengan ikan anda.

Sponsors Link

16. Menghitung Kebutuhan Makanan Untuk Satu Ikan

Saat anda telah mengetahui ukuran dari ikan anda, anda dapat menghitung kebutuhan makanan ikan koi anda dalam satu hari. Untuk menghitung kebutuhannya anda dapat menggunakan rumus berikut yaitu: panjang ikan x persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan = jumlah makanan.  Persentase kebutuhan makanan dari bobot ikan ini bergantung pada suhu kolam dan usia dari ikan anda.

17. Menghitung Kebutuhan Makanan Untuk Ikan Dalam Jumlah Banyak

Banyak dari anda yang pasti memelihara ikan koi lebih dari satu ekor di dalam satu kolam. Untuk itu kita perlu menghitung kebutuhan makanan dari ikan yang ada di dalam satu kolam. Untuk mendapatkan jumlah makanan ini, tambahkan seluruh kebutuhan makanan yang untuk setiap ikan yang ada di dalam kolam anda.

Demikianlah pembahasan kami mengenai 17 Cara Memelihara Ikan Koi Untuk Pemula. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 05th, June 2017 / 02:57 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Ikan