Sponsors Link

15 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Solusinya

Sponsors Link

Anjing yang tidak mau makan memang akan membuat kita repot. Repot karena anjing kita akan mudah sakit, tidak lincah seperti biasanya, dan tidak dapat bermain seperti biasanya. Sebagai pemilik anjing yang baik tentu kita akan selalu khawatir. Mengetahui penyebab kenapa anjing anda tidak mau makan menjadi langkah pertama untuk membantu anjing anda agar kembali mau makan dan lincah seperti sebelumnya. Berikut ini lima belas penyebab anjing anda tidak mau makan yang dapat anda gunakan untuk mengidentifikasi penyebab anjing anda tidak mau makan.

ads

1. Gangguan mulut

Gangguan mulut pada anjing anda dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Hal itu terjadi karena bila anjing makan akan muncul perasaan tidak enak, atau sakit di sekitar mulut mereka. Anjing akan cenderung menghindari perasaan tersebut. Akibatnya mereka akan mengurangi makanan yang mereka makan. Gangguan mulut ini, sebagaimana yang ada pada manusia, dapat berupa infeksi jaringan mulut, sariawan, dan lain sebagainya.

2. Gangguan gigi

Penyebab anjiing tidak mau makan berikutnya adalah karena adanya gangguan pada salah satu sistem pencernaannya. Salah satunya adalah, gangguan gigi. Gangguan gigi pada anjing anda dapat menyebabkan penurunan nafsu makan. Hal itu terjadi karena saat anjing makan akan muncul perasaan tidak enak, atau sakit pada giginya, sehingga anjing akan cenderung menghindari perasaan tersebut. Akibatnya mereka akan mengurangi makanan yang mereka makan.

Untuk mengatasi masalah ini anda bisa menyembuhkan atau mencabut gigi anjing anda yang sakit tersebut. Namun pencabutan gigi tersebut sebaiknya dilakukan oleh dokter yang terpercaya agar tidak mengakibatkan infeksi lanjutan. Dengan demikian anjing anda akan kembali sehat seperti sedia kala.

baca juga:

3. Benda asing di dalam tubuh

Benda asing yang tertelan di dalam tubuh anjing, dapat membuat anjing anda mengalami penurunan nafsu makan. Hal itu terjadi karena adanya gangguan di dalam sistem pencernaan anjing anda karena benda asing tersebut. Apabila benda itu tidak dikeluarkan dengan segera, bisa jadi nafsu makan anjing anda akan terus menurun.

Lebih baik anda segera mengantarkan anjing kesayangan anda pada dokter hewan terdekat untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh anjing anda tersebut. Dikhawatirkan bila anda tidak segera mengeluarkan benda tersebut, akan menyebabkan infeksi dalam sistem pencernaan anjing anda.

4. Radang lambung

Radang lambung atau tukak lambung adalah luka yang muncul pada sebagian atau seluruh dinding lambung karena terkikisnya lapisan dinding lambung. Penyakit ini dapat membuat lambung merasa sakit, sebagaimana saat terkena maag. Penyakit ini juga dapat menyebabkan pendarahan yang parah. Pada anjing, penyakit ini dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan karena saat anjing memakan makanan, hal itu malah menambah sakit di dalam lambungnya.

Apabila anda mencurigai anjing anda sedang mengalami radang lambung, segera periksakan anjing anda ke dokter terdekat agar lukanya tidak bertambah parah serta anjing anda mau kembali makan seperti biasanya. Bila dibiarkan terlalu lama radang lambung dapat mengakibatkan pendarahan internal yang cukup hebat.

Sponsors Link

5. Enteritis

Enteritis adalah radang usus kronis yang dapat menyebabkan peningkatan gerak peristaltik usus, kenaikan sekresei kelenjar pencernaan serta penurunan penyerapan cairan atau sari makanan dari makanan yang dikonsumsi oleh anjing. Enteritis juga dapat menyebabkan atau biasanya diikuti dengan diare. Apabila anjing anda mengalami enteritis, salah satu dampaknya adalah penurunan nafsu makan karena apabila dia makan hal itu akan membuat saluran penceranaannya bertambah sakit. Dengan kata lain, penurunan nafsu makan yang drastis dapat menjadi salah satu indikasi bahwa anjing anda sedang mengalami enteritis.

6. Konstipasi usus

Konstipasi usus atau sembelit adalah keadaan di mana motilitas usus mengalami penurunan sehingga pergerakan tinja menjadi lamban. Dalam jangka panjang tinja tersebut dapat menumpuk dan menjadi benih kanker usus. Konstipasi usus adalah salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan anjing mengalami perubahan perilaku, salah satunya menjadi tidak nafsu makan. Apabila anda menemui anjing anda menjadi jarang buang air besar, atau mengalami kesulitan saat buang air besar, bisa jadi hal tersebut menjadi indikasi bahwa anjing anda mengalami konstipasi usus. Untuk menyembuhkan konstipasi usus anda dapat membawa anjing kesayangan anda ke dokter untuk meminta obat atau resep khusus untuk menyembuhkan anjing anda.

7. Pankreatitis

Pankreas adalah organ kecil yang menjadi salah satu organ penting dalam sistem pencernaan anjing anda. Sebagaimana pankreas manusia, pankreas pada anjing juga memproduksi enzim-enzim tertentu yang berfungsi mencerna karbohidrat dan beberapa zat makanan lain yang diperlukan oleh anjing. Pankreas dapat mengalami sakit, salah satunya adalah pankreatitis.

Pankreatitis atau penyakit peradangan di dalam pankreas pada anjing anda juga dapat mengakibatkan beberapa perubahan perilaku pada anijng. Diantara menjadi lebih pasif dan cenderung diam. Selain itu anjing juga akan mengalami penurunan nafsu makan karena sistem pencernaannya terganggu akibat adanya rasa sakit pada pankreasnya. Makanan yang dimakan oleh anjing juga tidak akan terserap dengan sempurna, sehingga anjing akan mengalami kekurangan nutrisi.

Untuk mengobati pankreatitis, sebaiknya anda memeriksakan anjing kesayangan anda ke dokter hewan kesayangan anda untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang sesuai dengan tingkat keparahan sakit anjing anda.

baca juga:

ads

8. Nefritis

Ginjal merupakan salah satu organ penting yang dimiliki oleh anjing anda. Sebagaimana pankreas, ginjal juga berperan penting dalam sistem pencernaan anda. Organ ini dapat mengalami gangguan dalam berbagai bentuk. Salah satunya adalah nefritis.

Nefritis atau penyakit ginjal memiliki beragam jenis, seperti medulo nefritis atau nefritis intertitialis pada anjing dapat menyebabkan penurunan nafsu makan pada anijng. Hal ini diakibatkan karena adanya rasa sakit pada ginjal membuat anjing tidak mau makan karena makanan tersebut dapat menambah parah rasa sakit yang dialami olehnya. Dengan kata lain, penurunan nafsu makan juga dapat menjadi salah satu indikasi bahwa anjing anda sedang mengalami penyakit ginjal.

9. Vaksin

Vaksinasi pada anjing dapat menyebabkan beberapa perubahan perilaku pada anjing. Salah satunya adalah mengakibatkan penurunan nafsu makan. Hal tersebut diakibatkan adanya respon tubuh untuk membentuk kekebalan dari adanya vaksin yang baru dimasukkan ke dalam tubuhnya. Dalam beberapa saat anjing akan mendapatkan kembali nafsu makannya.

10. Kekurangan vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks (B1, B12, B6) dapat menjadi salah satu penyebab mengapa anjing anda tidak mau makan. Kekurangan vitamin B1 dapat menurunkan selera makan, vitamin B12 dapat membantu merawat syaraf tubuh anjing anda, sementara vitamin B6 berfungsi sebagai penambah sel darah merah yang bekerja secara bersamaan. Dengan demikian, defisiensi pada salah satunya juga dapat mempengarui pada unsur vitamin yang lain. (Baca juga: Cara Mengatasi Anjing Susah Makan )

11. Cacingan

Cacingan dapat menurunkan selera maka anjing anda. Cacingan yang disebabkan oleh beberapa cacing seperti cacing oxyuris adalah salah satu contoh cacingan yang menyebabkan penurunan selera nafsu makan secara drastis. Penurunan nafsu makan tersebut mungkin terjadi karena ada gangguan penyerapan nutrisi termasuk vitamin dan mineral di dalam usus anjing. Sebaiknya anda segera mengobati anjing anda apabila anjng anda positif mengalami cacingan.

baca juga:

12. Stress

Stress dapat mengakibatkan berbagai perubahan perilaku pada anjing. Salah satu yang mungkin muncul adalah penurunan nafsu makan dalam kadar yang bervariasi. Penyebab stress bisa beragam, dari tidak cocoknya anjing anda dengan lingkungan baru, atau yang lain. Untuk membuat anjing anda kembali nafsu makan, maka yang dapat anda lakukan salah satunya adalah mengatasi penyebab mengapa anjing anda mengalami stress.

13. Alergi

Penyebab anjing tidak mau makan berikutnya adalah karena anjing anda mengalami alergi tertentu. Alergi ini bisa terhadap makanan yang anda berikan, atau pada keadaan lainnya. Sebaiknya periksakan terlebih dahulu ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui apakah anjing anda mengalami alergi atau tidak. Bila anjing anda mengalami alergi, solusinya adalah dengan mengatasi alergi tersebut. Dengan demikian anjing anda akan kembali giat makan banyak.

baca juga:

14. Tidak menyukai makanan

Apabila anjing anda tidak menyukai makanan yang anda sajikan untuknya, hal itu dapat membuat anjing anda menjadi tidak mau makan. Cara untuk mengetahui apakah benar dia memang sekedar tidak senang makanan yang disajkan padanya atau tidak, adalah dengan menyajikan variasi makanan yang lain. Bila anjing anda hanya tidak menyukai makanan tertentu, maka sudah pasti dia akan memakan makanan yang lainnya dan selalu menghindari makanan yang dia tidak sukai tersebut.

15. Kehamilan

Kehamilan pada anjing dapat membuat perubahan perilaku tertentu. Dari menjadi lebih manja sampai jadi lebih cuek, dan terkadang anjing anda juga akan mengalami penurunan nafsu makan. Apabila anjing anda positif sedang hamil, anda tidak perlu khawatir apabila anjing anda menjadi makan lebih sedikit atau tidak mau makan pada kondisi tertentu. Namun apabila dia tidak mau makan sama sekali hal itu sangat membahayakan anjing anda serta bayi yang ada di dalam kandungannya. Sebaiknya anda segera merujuknya ke dokter hewan terdekat agar diketahui penyebab yang pasti mengapa anjing anda tidak mau makan.

Baca juga:

Itulah lima belas penyebab anjing anda tidak mau makan. Apabila anjing anda tidak mau makan, maka salah satu dari penyebab di atas mungkin menjadi alasan mengapa anjing anda tidak mau makan. Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter ahli sangat disarankan agar tidak terjadi kesalahan penangangan. Selamat merawat anjing anda!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 05:15 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan