Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Anjing Demam Dengan Mudah

Sponsors Link

Sama seperti manusia, anjing juga dapat mengalami gangguan kesehatan seperti demam. Demam pada anjing dapat terjadi karena beberapa hal, dan kebanyakan demam pada anjing disebabkan karena adanya infeksi bakteri, jamur, virus atau penyakit penyerta lainnya. Untuk itu kita harus dapat segera mengetahui penyebab demam pada anjing agar anjing dapat segera diobati dengan tepat. Dan berikut ini kami akan memberikan 13 Cara Mengatasi Anjing Demam dengan tepat dan mudah.

ads

Baca Juga: Cara Mengatasi Anjing Susah Makan

1. Mengukur Suhu Badan Anjing

Anjing adalah hewan yang juga dapat mengalami demam seperti yang terjadi pada manusia. Jika anjing anda mengalami demam, bisa jadi anjing anda juga mengalami masalah kesehatan dengan gejala yang lain. Dan jika hal ini terjadi, lebih baik kita segera membawa anjing kita ke dokter  hewan terdekat. Kita juga dapat mengukur suhu badan anjing terlebih dahulu, jika suhunya lebih dari 39 derajat celcius, maka kita harus membawanya segera ke dokter hewan untuk mendapat perlakuan khusus. Dan jika suhu masih di bawah 39 derajat, kita dapat merawat  anjing di rumah dan menunggu agar  suhu tubuhnya segera kembali normal.

2. Memberikan Vitamin Dan Obat Herbal

Dengan memberikan vitamin dan obat herbal, sistem imun anjing dapat meningkat dan dapat membantu anjing melawan infeksi. Contoh vitamin yang dapat diberikan adalah vitamin C. Kita dapat memberikan vitamin C dalam bentuk serbuk dengan dosis 3000 IU sehari. Vitamin C telah dikenal dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan dapat juga digunakan untuk anjing. Selain itu kita juga dapat memberikan obat herbal seperti ekstrak  biji anggur atau ekstrak bawang putih yang dikenal berperan sebagai antioksdian yang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh anjing.

baca: Cara Menghilangkan Kutu Anjing Cepat

3. Selalu Memonitor Gejala Lain Pada Anjing

Cara Mengatasi Anjing Demam lainnya adalah tetap memperhatikan gejala penyakit yang mungkin timbul. Selalu pastikan bahwa anda mengawasi anjing anda agar dapat mengetahui apakah anjing tersebut juga mengalami gejala sakit lain selain demam. Selain selalu memonitor suhu tubuh anjing, anda juga perlu memperhatikan apakah anjing anda memiliki gejala sakit yang lainnya. Jangan pernah meninggalkan anjing anda yang sedang sakit, selalu pastikan keadaan anjing anda setiap 2 jam sekali. Jika anda tidak dapat melakukan hal ini, anda dapat membawa anjing anda ke klinik hewan untuk dapat dirawat di sana. Jika tidak, saat anjing anda mengalami perburukan keadaan anjing tersebut tidak dapat ditangani secara langsung.

4. Selalu Letakkan Anjing Di Dalam Rumah

Ketika anjing sedang demam, jangan pernah tinggalkan dia di luar rumah atau di garasi. Anjing akan mudah mengalami kedinginan jika berada di  luar rumah karena dia sedang demam. Dengan dia berada di dalam rumah, anjing akan merasa hangat dan akan membuat anjing lebih cepat sembuh. Selain itu dengan dia berada di dalam rumah, kita bisa lebih mudah mengecek keadaanya jika sewaktu-waktu terjadi perburukan gejala.  (baca: Cara Merawat Golden Retriever)

5. Menyediakan Tempat Tidur yang Nyaman Bagi Anjing

Saat anjing sedang demam, anda dapat menyediakan kasur anjing dilengkapi dengan selimut yang dapat membuat anjing merasa nyaman. Letakkan tempat tidur ini di tempat di mana anda dapat memonitor keadaan anjing dengan mudah.  Anda dapat meletakkan tempat tidur ini di dekat dapur atau kamar mandi, sehingga jika anjing anda muntah anda dapat membersihkannya dengan mudah dan cepat.

ads

6. Menjaga Rumah Anda Selalu Tenang

Saat anjing anda sakit, pastikan bahwa tidak ada suara yang mengganggu dan cahaya yang berlebihan. Hal ini dapat membuat anjing anda susah untuk beristirahat. Anjing yang sedang demam membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk beristirahat agar kesehatannya cepat pulih. Batasi anda menonton televisi, berbicara secara keras, dan suara berisik dari anak kecil yang bermain karena anjing menjadi sangat sensitif terhadap suara dan cahaya saat dia sedang ddeman. Untuk itu, dengan menjaga rumah selalu tenang akan membantu pemulihan anjing lebih cepat terjadi. (baca juga: Cara Merawat Siberian Husky)

7. Jangan Memberikan Makanan Manusia Ke Anjing

Cara Mengatasi Anjing Demam lainnya adalah memperhatikan asupan makanan anjing. Makanan yang aman bagi manusia tidak selalu aman bagi anjing. Bahkan terdapat beberapa makanan yang berbahaya dan dapat membunuh anjing. Makanan yang berbahaya ini contohnya adalah makanan manusia yang bebas gula dan produk perawatan gigi. Makanan beracun bagi anjing yang lainnya adalah adonan roti, cokelat, alpukat, alkohol, anggur, kismis, bawang merah, bawang putih, dan lainnya.

8. Jangan Memberikan Obat-obatan Untuk Manusia Ke Anjing

Jangan pernah untuk memberikan obat-obatan manusia untuk anjing anda kecuali anda telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan anda. Dokter hewan terkadang akan memberikan obat manusia pada anjing yang sakit, tetapi dokter telah memperhitungkannya secara teliti. Oleh karena itu jangan pernah mencoba sendiri untuk mengobati anjing anda yang sakit karena terdapat beberapa macam obat yang bersifat beracun bagi anjing anda dan bahkan dapat memperburuk kondisi kesehatan anjing anda. ( Baca : Jenis Pitbull Petarung )

9. Perhatikan Jika Anjing Anda Minum Secara Berlebihan

Selalu awasi jumlah air yang anjing anda minum dalam satu hari. Jika anda mendapati bahwa terdapat perubahan yang besar dalam jumlah air yang diminum, catat itu. Minum terlalu banyak dapat menjadi indikasi bahwa anjing anda mengalami masalah kesehatan. Hal ini perlu anda konsultasikan lebih lanjut dengan dokter hewan anda.

10. Selalu Memperhatikan Nafsu Makan Anjing

Perubahan nafsu makan pada anjing dapat membuat anjing kehilangan berat badan secara drastis dan juga dapat mengindikasikan anjing mengalami penyakit lain. Saat anjing anda  demam biasanya dia juga dapat kehilangan nafsu makan, dan untuk itu anda harus segera membawanya ke dokter hewan karena ditakutkan anjing anda mengalami masalah kesehatan yang serius.

11. Memperhatikan Keadaan Saluran Cerna pada Anjing

Jika anjing anda demam dan disertai dengan muntah dan juga diare, maka perlu diwaspadai karena bisa jadi anjing anda mengalami infeksi yang disebabkan oleh parasit atau anjing telah menelan bahan yang beracun. Jika muntah dan diare terus berulang terjadi, maka segera bawa anjing anda ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Apabila anda juga mendapati darah pada muntah atau kotoran anjing, anda juga harus segera membawa anjing ke dokter hewan untuk mencegah perburukan keadaan anjing.

Sponsors Link

12. Mengawasi Tingkat Energi Pada Anjing

Cara Mengatasi Anjing Demam terakhir adalah perhatikan stamina anjing. Kelelahan yang terus berlangsung pada anjing dapat merupakan tanda bahwa  anjing mengalami masalah kesehatan yang serius. Jika anjing anda demam dan disertai dengan kelelahan serta anjing malas untuk beraktivitas seperti biasa, anda harus segera membawanya ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Ketika anjing sedang demam, jangan pernah juga mencoba untuk mengajak dirinya bermain secara berlebihan karena yang dibutuhkan anjing saat itu adalah istirahat untuk memulihkan keadaanya. Perlu diingat juga untuk jangan pernah memberikan obat-obatan sendiri agar tidak memperburuk keadaan anjing.  (Baca Juga : Cara Mengatasi Anjing Keracunan )

13. Meminta Bantuan Pada Dokter Hewan

Terdapat beberapa gejala sakit pada anjing yang membutuhkan penanganan dengan segera dari dokter hewan. Jika anjing anda demam dan mengalami beberapa gejela berikut, jangan pernah menunggu untuk membawanya segera ke dokter hewan. Beberapa gejala itu antara lain:

  • Anjing tidak sadar.
  • Perdarahan.
  • Anjing menelan bahan berbahaya.
  • Patah tulang.
  • Kesulitan bernafas.
  • Kejang yang tidak berhenti dalam satu menit.
  • Anjing tidak dapat buang air kecil.
  • Adanya pembengkakan di sekitar mata, muka, dan tenggorokan.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai Cara Mengatasi Anjing Demam. Jika anda mengalami kesulitan dalam mengatasi demam pada anjing, anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter hewan terdekat agar keadaan anjing anda tidak semakin buruk. Selamat mencoba.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 05th, June 2017 / 03:30 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan