Sponsors Link

15 Ciri-ciri Anjing Hamil yang Mudah Dikenali

Sponsors Link

Bagi para pemelihara anjing seperti anda, mengetahui kapan anijng hamil adalah sesuatu yang penting untuk membantu memersiapkan kelahirannya. Apabila anda tidak membantu kehamilan anjing anda, kemungkinan besar anjing anda akan melakukan persalinan dengan kurang baik. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa tanda-tanda anjing hamil yang bisa anda gunakan untuk mengidentifikasi apakah anjing anda sedang hamil atau tidak. Berikut lima belas ciri-ciri anjing hamil yang dapat anda cari pada anjing yang sedang hamil.

ads

1. Puting susu memerah dan membesar

Ciri-ciri pertama dari anjing yang sedang hamil adalah puting susu anjing anda akan berubah menjadi merah muda sekitar dua minggu sampai tiga minggu setelah perkawinan. Puting susu anjing anda akan lebih merah dari biasanya serta sedikit bengkak dan menonjol. Hal itu muncul karena tubuh induk anjing anda sedang mempersiapkan susu untuk bayi yang sedang ia kandung. Bila gejala ini sudah muncul, anda sudah dapat mempersiapkan diri untuk menerima anggota baru keluarga di rumah anda. Untuk memastikan lebih lanjut, anda dapat memeriksakan anjing anda pada dokter agar dilakukan tes lebih lanjut untuk memeriksa kehamilan yang dialami oleh anjing kesayangan anda.

2. Pinggang membesar

Ciri berikutnya yang dapat anda amati pada anjing yang sedang hamil adalah membesarnya pinggang anjing anda pada sekitar 4 sampai lima minggu setelah masa kehamilan. Pembesaran ini terjadi karena di dalam tubuhnya terdapat janin yang membutuhkan ruang yang cukup untuk berkembang. Selain itu juga untuk mempersiapkan tubuhnya untuk mengeluarkan janin apabila sudah saatnya dilahirkan.

3. Perut membesar

Ciri-ciri anjing hamil berikutnya yang dapat anda amati adalah membesarnya perut anjing anda pada sekitar 4 sampai lima minggu setelah masa kehamilan. Pembesaran ini dikarenakan janin dalam tubuh anjing anda mulai menempati ruang yang cukup besar dalam tubuh induk anjing anda. Semakin lama perut anjing anda akan semakin membesar seiring menuanya masa kehamilannya.

Namun demikian apabila pembesaran ini tidak diikuti ciri lain seperti puting yang memerah, sebaiknya anda memeriksakan anjing anda ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah benar anjing anda sedang mengalami kehamilan ataukah anjing anda menderita penyakit yang membuat perutnya membesar.

Baca juga:

4. Perut membulat dan menggelembung

Ciri-ciri anjing hamil berikutnya yang dapat anda amati adalah membulat dan menggelumbungnya perut anjing anda pada minggu ke 6 sampai ke 9. Perubahan perut ini lagi-lagi terjadi karena adanya janin di dalam rahim induk anjing anda yang semakin membesar dan tumbuh sehingga memerlukan ruang yang lebih besar dalam tubuh induk anjing anda. Bila tanda ini sudah muncul, sebaiknya anda segera memeriksakan anjing anda pada dokter untuk dipastikan kehamilannya dan bagaimana penangan yang tepat apabila anjing anda sedang hamil.

5. Kelenjar susu berkembang dan membengkak

Ciri-ciri anjing hamil berikutnya yang dapat anda amati adalah semakin berkembang dan semakin membengkaknya kelenjar susu anjing anda pada minggu ke 6 sampai ke 9 kehamilan. Ciri ini adalah kelanjutan dari puting susu anjing anda yang memerah tadi. Ciri-ciri ini menjadi pertanda yang cukup kuat bahwa anjing kesayangan yang anda miliki sedang mengandung bayi.

Keadaan ini sebenarnya muncul karena induk anjing anda sedang mempersiapkan susu untuk menyusui anak anjing yang akan segera lahir. Sebagaimana yang dialami oleh manusia saat mengandung, susu itu akan segera keluar apabila anak anjing yang dikandung oleh sang induk anjing tersebut telah lahir.

baca juga:

Sponsors Link

6. Gerakan dalam perut anjing

Ciri-ciri berikutnya yang dapat anda amati pada anjing yang sedang hamil adalah terlihatnya tubuh bagian sisi anjing betina anda bergerak-gerak karena pergerakan anak anjing dalam rahim. Ciri-ciri ini biasanya muncul pada akhir paruh ketiga masa kehamilan anjing anda. Bila anda menyentuhkan tangan anda pada sisi perut induk anjing anda, biasanya anda juga dapat merasakan pergerakan tersebut.

Meskipun demikian, apabila anda tidak melihat ciri-ciri ini atau tidak merasakan ciri-ciri ini, anda tidak perlu bersedih dan segera menyimpulkan bahwa anjing betina anda tidak hamil, karena memang ciri-ciri ini sulit terlihat. Untuk memastikannya lebih lanjut, lebih baik apabila anda memeriksakan anjing anda pada dokter hewan kepercayaan anda.

7. Anjing cenderung banyak tidur

Ciri-ciri anjing hamil berikutnya yang dapat anda amati adalah perubahan perilaku anjing anda menjadi lebih sering tidur. Perubahan ini biasanya muncul pada akhir paruh ketiga kehamilan. Perubahan ini dikarenakan anjing anda mungkin merasakan beban yang berat pada tubuhnya sehingga mudah capek dan akhirnya lebih sering tidur. Bisa dibilang ini sudah menjadi semacam insting bagi anjing betina anda.

Apabila anda menemukan gejala kehamilan yang lain, kemudian anda menemui anjing betina anda menjadi lebih sering tidur, anda tidak perlu khawatir karena hal itu kemungkinan besar adalah ciri kehamilan yang lainnya. Namun apabila anjing anda tidak memiliki gejala kehamilan yang lain kemudian tiba-tiba jadi banyak tidur, anda sebaiknya memeriksakan anjing anda ke dokter hewan kepercayaan anda karena kemungkinan besar ada yang bermasalah baik di fisik anjing anda atau pada kejiwaan anjing anda. (Baca juga: Cara Mengatasi Anjing Depresi )

8. Makan cenderung sedikit-sedikit

Ciri anjing hamil berikutnya yang dapat anda amati adalah berubahnya nafsu makan anjing anda. Pada akhir masa kehamilan, anjing akan cenderung makan sedikit demi sedikit karena perutnya sudah dipenuhi oleh anak anjing yang semakin membesar. Walaupun demikian, dia akan tetap makan karena hal itu dibutuhkan oleh dirinya sendiri sekaligus anak-anak anjing yang dia kandung.

Apabila gejala kehamilan yang lain anda amati pada anjing betina anda, kemudian muncul perilaku makan sedikit-sedikit, anda tidak perlu khawatir. Namun demikian, apabila gejala lainnya tidak anda temui kemudian terjadi perubahan pola makan yang cukup drastis pada anjing kesayangan anda, sebaiknya anda segera memeriksakannya ke dokter hewan kepercayaan anda karena kemungkinan besar anjing anda sedang menderita sakit atau mungkin masalah yang lainnya. (Baca juga: Cara Mengatasi Anjing Susah Makan )

ads

9. Anjing sibuk bersarang

Ciri kehamilan berikutnya yang dapat anda amati adalah perubahan perilaku anjing anda menjadi lebih sering bersarang di tempat-tempat tertentu. Biasanya, perilaku ini muncul pada akhir waktu kehamilannya. Perilaku anjing bersarang ini adalah perilaku anjing yang lebih sering sibuk membuat sarang atau tempat untuk merawat anak-anaknya, seperti mengumpulkan selimut di tempat terpencil untuk menyiapkan lingkungan yang aman dan hangat buat anaknya.

10. Ada detak jantung bayi anjing

Ciri ini biasanya hanya dapat diketahui oleh dokter dengan menggunakan stetoskop. Namun anda juga bisa mencobanya, dengan cara mendekatkan telinga anda pada perut anjing anda untuk memastikan dengan saksama apakah ada detak jantung ataukah tidak. Namun mengingat ciri ini sulit diketahui, sebaiknya anda tak perlu memaksakan diri atau tak perlu kecewa bila telah mencoba dan tidak menemukan apapun karena memang sulitnya mengetahui ada atau tidaknya detak jantung bayi dari mendengar perut induknya.

11. Terdapatnya hormon relaxin

Hormon relaxin adalah hormon yang diproduksi oleh anjing setelah masa ke 28 kehamilan. Apabila pada masa itu anda melakukan tes hormon maka hasilnya sudah pasti negatif. Namun apabila indikasi lain masih ada, coba saja perika kembali setelah 28 hari pasca anda melakukan testerakhir. Bila hasilnya positif, sudah pasti anjing anda telah mengandung anak anjing.

baca juga:

12. Mual dan muntah di pagi hari

Selayaknya ibu yang sedang hamil, anjing yang sedang hamil pada hari pertama sampai sekitar hari ke dua puluh satu kehamilannya anjing anda akan sering muntah di pagi hari, alias menderita morning sickness.

13. Anjing mudah lelah

Anjing betina yang tiba-tiba mudah lelah padahal biasanya sangat aktif, dapat menjadi salah satu indikasi bahwa dia sedang mengandung seorang bayi. Namun perlu anda waspadai apabila gejala ini tidak disertai gejala kehamilan yang lain, bisa jadi anjing anda sedang menderita sakit tertentu.

baca juga:

14. Anjing lebih caper dan manja

Kehamilan pada anjing dapat membuat perubahan hormon yang berpengaruh pada perubahan tingkah laku anjing terhadapmu atau terhadap orang lain. Salah satu perubahan yang mungkin muncul ketika anjingmu sedang hamil adalah menjadi lebih caper dan manja kepadamu. Mungkin dia akan lebih sering mendekat dan mengelus-eluskan tubuhnya pada kakimu atau dalam bentuk yang lainnya. Bila tanda-tanda kehamilan lainnya juga muncul, kemungkinan besar anjing anda sedang hamil.

baca juga:

15. Anjing jadi lebih cuek

Kehamilan pada anjing dapat membuat perubahan hormon yang berpengaruh pada perubahan tingkah laku anjiing terhadapmu atau terhadap orang lain atau binatang yang lain. Salah satu perubahan yang mungkin muncul adalah anjingmu menjadi lebih cuek daripada biasanya. Setiap anjing akan mengalami perubahan yang berbeda tergantung hormon yang berubah dan seberapa banyak perubahan itu terjadi.

Apabila anjingmu jadi lebih cuek daripada biasanya, kemungkinan besar dia sedang berada dalam masa kehamilan. Namun demikian, bisa jadi anjingmu memang mengalami sesuatu yang membuatnya jadi lebih cuek. Untuk memastikan hal ini amatilah ciri-ciri lain yang muncul pada anjing anda. Apabila ciri-ciri kehamilan yang lain muncul pada anjing anda, tidak perlu khawatir karena kemungkinan besar anjing anda sedang hamil. Namun bila tidak, sebaiknya anda segera memeriksakan anjing anda ke dokter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi padanya.

Baca juga:

Itulah lima belas ciri-ciri anjing yang sedang hamil. Semoga membantu anda merawat anjing kesayangan anda. Selamat merawat anjing!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 21st, July 2017 / 06:54 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan