Sponsors Link

15 Cara Beternak Burung Parkit agar Cepat Bertelur

Sponsors Link

Burung parkit adalah salah satu jenis burung peliharaan yang banyak diminati oleh banyak orang. Burung yang indah ini memiliki tubuh yang relatif kecil namun cukup indah. Salah satu masalah yang dialami oleh para pemelihara parkit adalah burung mereka terlihat susah sekali bertelur. Apabila anda memelihara parkit di rumah dan dia terlihat sulit bertelur, kemungkinan besar anda belum melakukan cara beternak burung parkit agar cepat bertelur di bawah ini. Silakan anda terapkan cara beternak di bawah ini dan lihatlah apa hasilnya.

ads

baca juga:

1. Memudahkan adaptasi dengan sarang

Burung parkit adalah salah satu jenis burung yang mudah stress. Stress adalah salah satu hal yang membuat burung parkit, atau burung pada umumnya, menjadi tidak ingin berkawin, atau mengalami masalah kejiwaan lainnya. Penyakit akan mudah menyerang burung anda, atau bila tidak demikian, masa hidupnya akan lebih pendek.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda harus mempersiapkan kandang anda agar tidak membuat burung parkit mudah stress. Caranya antara lain dengan tidak memberinya kandang yang kotor atau banyak gangguan, membuat kandang yang cukup luas untuknya, dan lain sebagainya.

2. Memberikan air campuran obat penghilang stress

Apabila anda ingin membuat parkit anda bebas dari stress, salah satu caranya adalah dengan memberinya obat penghilang stress yang dicampurkan dengan air secukupnya. Melalui obat ini, tingkat stress parkit yang sudah besar dapat dikurangi sampai pada titik tertentu.

Obat penghilang stress burung parkit ini biasanya di jual di pasar atau toko burung. Harganya bervariasi, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda sendiri. Namun yang pasti, anda tidak perlu memberi obat penghilang stress terus menerus setiap hari, karena bisa jadi malah akan membuat burung parkit anda mengalami gangguan tubuh. Anda cukup memberikannya di awal-awal masa adaptasi terhadap lingkungan barunya, atau hanya pada saat-saat tertentu apabila dia terlihat sangat stress sekali.

baca juga:

3. Memberikan air campuran gula merah

Apabila anda ingin burung parkit anda mudah untuk hamil, maka mereka harus memiliki tenaga yang besar untuk kawin. Sering kali burung parkit tidak ingin kawin karena mereka tidak memiliki tenaga yang cukup untuk melakukan perkawinan dengan lawan jenisnya.

Untuk mengatasi masalah lemahnya tenaga burung parkit anda, anda bisa memberinya ramuan penambah tenaga. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan cara membuat ramuan dari campuran air dengan gula merah, kemudian anda minumkan kepadanya. Ramuan ini akan membuat burung parkit anda memiliki tenaga yang lebih banyak sehingga dapat dipastikan bahwa burung parkit anda akan siap kawin setiap saat.

Namun ingat, jangan memberinya terus setiap hari. Cukup berikan di saat dia terlihat tidak bersemangat atau tidak bertenaga dan cenderung menjauhi lawan jenisnya saja. Terlalu banyak memberikan ramuan ini juga tidak baik untuk burung parkit anda.

Sponsors Link

4. Memberi makan tauge

Burung parkit membutuhkan makanan yang memiliki jumlah protein cukup tinggi. Hal itu mereka perlukan dalam masa pertumbuhan sekaligus dalam masa perkawinan. Membuat telur atau membuat tentunya membutuhkan nutrisi, salah satunya membutuhkan kadar protein yang besar agar anak mereka dapat menetas dengan sempurna.

Salah satu sumber protein yang baik untuk burung parkit anda adalah dari sayuran tauge. Tauge memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberinya sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya. Namun untuk mengantisipasi kebosanan parkit anda pada makanan yang itu-itu saja, anda dapat menyelinginya dengan makanan lain yang juga tinggi protein serta nutrisi lainnya.

Baca juga:

5. Memberikan kangkung

Burung parkit membutuhkan makanan yang memiliki jumlah protein cukup tinggi. Hal itu mereka perlukan dalam masa pertumbuhan sekaligus dalam masa perkawinan. Membuat telur atau membuat tentunya membutuhkan nutrisi, salah satunya membutuhkan kadar protein yang besar agar anak mereka dapat menetas dengan sempurna.

Salah satu sumber protein yang baik untuk burung parkit anda adalah dari sayuran kangkung. Kangkung memang memiliki berbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberinya sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya. Namun untuk mengantisipasi kebosanan parkit anda pada makanan yang itu-itu saja, anda dapat menyelinginya dengan makanan lain yang juga tinggi protein serta nutrisi lainnya.

Kangkung dan tauge dapat anda berikan secara bergantian untuk burung parkit anda.

6. Memberikan jagung muda

Burung parkit membutuhkan makanan yang memiliki jumlah protein cukup tinggi. Hal itu mereka perlukan dalam masa pertumbuhan sekaligus dalam masa perkawinan. Membuat telur atau membuat tentunya membutuhkan nutrisi, salah satunya membutuhkan kadar protein yang besar agar anak mereka dapat menetas dengan sempurna.

Salah satu sumber protein yang baik untuk burung parkit anda adalah dari jagung muda. Jagung muda memiliki berbagai kandungan yang baik untuk burung parkit. Anda dapat memberinya sebanyak dua kali dalam seminggu sebagai makanan rutinnya. Selain protein, jagung muda mengandung karbohidrat dan banyak unsur nutrisi lain. Walaupun jagung muda mengandung nutrisi yang tinggi, namun untuk mengantisipasi kebosanan parkit anda pada makanan yang itu-itu saja, anda dapat menyelinginya dengan makanan lain yang juga tinggi protein serta nutrisi lainnya.

Salah satu kombinasinya, anda dapat memberinya jagung muda selama dua hari berturut-turut, kemudian menggantinya dengan tauge atau kangkung pada dua hari berikutnya. Sementara pada satu hari sisanya anda bisa mengkombinasikan ketiga makanan ini dalam satu hari sekaligus, dengan jam makan yang berbeda tentunya.

7. Mencampur tumbukan daun kemangi pada pelet

Salah satu cara lain untuk membuat burung parkit anda bertenaga selama masa kawin adalah dengan memberikan tumbukan daun kemangi pada pelet yang anda berikan pada burung anda. Tumbukan daun kemangi berfungsi sebagai salah satu ramuan alami yang akan membuat burung parkit anda memiliki tenaga lebih banyak untuk melakukan perkawinan. Dengan memberikan ramuan ini, anda pasti dapat melihat perubahan perilaku burung parkit anda yang akan menjadi lebih bertenaga dan bersemangat untuk terus melakukan perkawinan.

ads

8. Menempatkan kandang di tempat yang nyaman

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, untuk membuat burung parkit anda terhindar dari stress yang serius, letak kandang dan suasana kandang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk membuat parkit anda nyaman adalah dengan menempatkan kandangnya jauh dari keramaian.

Keramaian yang dimaksud di sini adalah keramaian dari suara mesin, suara kendaraan, suara manusia, atau suara-suara lain yang bising dan membuat burung parkit anda susah tidur atau sudah menikmati suasana lingkungannya. Apabila anda menempatkan kandang anda di tempat yang relatif tenang, seperti pekarangan belakang rumah anda misalnya, burung parkit anda akan cenderung lebih rileks.

9. Menempatkan kandang jauh dari jangkauan hewan lain

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, untuk membuat burung parkit anda terhindar dari stress yang serius, letak kandang dan suasana kandang sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk membuat parkit anda nyaman adalah dengan menempatkan kandangnya jauh dari jangkauan hewan lain terutama mereka yang menjadi predator atau pengganggu burung parkit anda.

Apabila anda meletakkan kandang atau sarang burung parkit peliharaan anda jauh dari jangkauan hewan-hewan pengganggunya, maka burung parkit anda akan cenderung dapat tumbuh dan menjalani hari-harinya dengan santai dan nyaman. Sehingga mereka pun akan merasa nyaman pula untuk melakukan perkawinan sebanyak-banyaknya.

10. Menempatkan kandang di tempat yang memiliki sirkuliasi udara yang bagus

Posisi kandang penting untuk diperhatikan, tidak hanya agar burung parkit anda terhindar dari jangkauan binatang lain dan terhindar dari keramaian, namun juga agar burung parkit anda mendapatkan asupan udara segar dengan cukup. Udara segar sangat penting untuk menjaga kebugaran serta kondisi kejiwaan burung parkit anda. Udara yang kotor karena banyak polusi, atau karena tercemar zat-zat tertentu dapat membuat burung parkit anda menjadi sakit-sakitan serta sulit untuk berkawin.

Ada baiknya apabila anda menempatkan sarang burung parkit anda di tempat-tempat yang memiliki sirkulasi udara cukup bagus, tidak lembab/terlalu pengap, dan jauh dari polusi asap baik dari kendaraan bermotor atau dari sumber yang lainnya.

11. Menempatkan kandang dengan pencahayaan yang baik

Posisi kandang penting untuk diperhatikan, tidak hanya agar burung parkit anda terhindar dari jangkauan binatang lain dan terhindar dari keramaian atau agar burung parkit anda mendapatkan asupan udara segar dengan cukup, namun posisi kandang juga sangat penting agar burung parkit anda mendapatkan pencahayaan yang baik.

Cahaya yang baik, terutama dari cahaya matahari, akan membantu burung parkit anda untuk mendapatkan vitamin serta membantunya menyegarkan dirinya. Cahaya matahari juga akan membuatnya mendapatkan suhu tubuh yang cukup sehingga dia tidak kedinginan terutama pada saat pagi hari. Idealnya anda mencari tempat yang bagus agar pada pukul 6 sampai kurang lebih pukul 10 burung parkit anda mendapatkan pencahayaan dari cahaya matahari.

baca juga:

12. Bersihkan kandang dengan teratur

Langkah ini tentu merupakan salah satu langkah yang paling penting untuk menjaga agar burung parkit anda dapat tumbuh dengan sempurna. Kandang yang nyaman tentu juga berarti kandang yang bersih. Oleh karena itu, anda pun harus rajin membersihkan sarang burung parkit anda agar dia dapat menempati sarangnya dengan nyaman.

Selain membuat burung parkit anda merasa nyaman berada di sarangnya apabila sarang burung parkit anda selalu bersih, membersihkan kotoran secara rutin juga dapat mencegah munculnya penyakit yang dapat menyerang burung parkit anda karena banyaknya bakteri yang muncul dari kotoran yang menumpuk di dalam sarang burung anda.

13. Memberi air minum yang berkualitas

Air minum adalah hal yang penting untuk setiap makhluk hidup. Agar burung parkit anda bisa tumbuh dengan sempurna, anda juga harus memberikannya air minum yang berkualitas.

14. Menyesuaikan ukuran kandang dengan jumlah dan besar parkit

Sarang yang terlalu kecil akan membuat burung parkit mudah stress. Oleh karena itu, anda harus membuat sarang yang besarnya sesuai dengan jumlah serta besar parkit anda. Jangan membuat sarang terlalu besar atau terlalu kecil.

15. Memberikan tulang sotong/bata merah

Sebagai penunjang agar burung parkit anda memiliki paruh yang kuat, anda dapat menyediakan bata merah atau tulang sotong di dalam sarangnya sebagai bahan untuk berlatih bagi burung parkit anda. Burung parkit anda akan sering mencucuki bata merah atau tulang sotong tersebut dengan paruhnya sehingga dia akan memiliki paruh yang terlatih.

Baca juga:

Itulah cara beternak burung parkit agar cepat bertelur yang dapat anda terapkan di rumah anda. Selamat beternak parkit!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 01st, August 2017 / 01:59 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan