Sponsors Link

13 Cara Memelihara Burung Lovebird untuk Pemula

Sponsors Link

Lovebird merupakan burung yang dapat dijadikan hewan peliharaan karena keindahan dan sifatnya yang menyenangkan. Sebagai burung peliharaan, lovebird adalah hewan yang setia dan suka bermain dengan pemiliknya. Jika dipelihara dengan baik dan penuh perhatian, seekor lovebird dapat hidup hingga 8-12 tahun. Untuk itu berikut ini kami akan memberikan 13 cara memelihara burung lovebird bagi pemula agar burung lovebird anda dapat hidup dengan sehat dan berumur panjang.

ads

1. Membawa Burung Lovebird ke Dokter Hewan

Burung lovebird yang baru anda beli bisa saja memiliki beberapa masalah kesehatan yang belum anda ketahui. Untuk itu setelah anda membeli burung lovebird, bawa dia ke dokter hewan terdekat untuk memeriksa kesehatannya. Masalah kesehatan yang lebih serius dapat dicegah dengan mengetahuinya sejak dini, oleh karena itu pemeriksaan oleh dokter hewan sangatlah dianjurkan.

Selain pada saat pertama kali memiliki lovebird, anda juga harus membawa lovebird anda secara teratur ke dokter hewan. Banyak diantara lovebird yang menyembunyikan penyakitnya hingga pada tahap yang serius. Untuk itu jika anda sering membawa lovebird anda ke dokter hewan maka anda dapat mengetahui gejala awal dari penyakit atau kemungkinan adanya penyakit yang serius.

2. Menyediakan Kandang dengan Luas yang Cukup

Lovebird adalah burung yang aktif sehingga dia membutuhkan kandang yang cukup luas untuk menampung mainan dan ranting yang akan digunakan untuk bermain. Semakin luas kandang maka burung ini akan semakin nyaman tinggal di dalamnya. Kandang yang ideal untuk lovebird adalah kandang dengan ukuran 45 cm x 45 cm. Selain itu dianjurkan agar kandang memiliki palang horizontal paling tidak pada kedua sisinya. Jarak antar palang dianjurkan tidak lebih dari 2 cm untuk mencegah cidera.

3. Meletakkan Batang Untuk Burung Bertengger di Dalam Kandang

Dalam sebuah kandang lovebird, anda harus menyediakan batang untuk burung bertengger sebanyak 2 atau 3 dengan ukuran, bentuk, dan tekstur yang berbeda agar kesehatan kaki burung dapat terjaga. Batang yang digunakan harus cukup tebal untuk dapat menopang burung dengan nyaman. Anda bisa menggunakan batang yang terbuat dari kayu, batang pohon, semen atau bahkan tali dengan ketebalan sekitar 1,5 cm.

4. Meletakkan Kandang di Tempat yang Tepat

Letakkan kandang burung dan jauh dari lantai, aliran angin, jendela yang terbuka, dan dapur. Burung lovebird akan mudah merasa kedinginan dan terkena flu jika terpapar dengan aliran angin. Selain itu burung lovebird sangat sensitive terhadap asap dan bau yang menyengat. Untuk itu jika anda merokok. Usahakan untuk tidak merokok di dalam ruangan yang sama dengan burung lovebird anda.

5. Meletakkan Kandang di Ruangan yang Tenang dan Pencahayaan Cukup

Anda harus meletakkan kandang burung lovebird di tempat yang tenang dan memiliki pencahayaan yang cukup. Jangan meletakkan kandang burung di ruangan yang terlalu gelap karena akan membuat burung lovebird anda bertingkah aneh dan mengalami masalah kesehatan. Tetapi jangan juga meletakkan kandang di dekat jendela yang terpapar sinar matahari karena dapat menyebabkan burung anda kepanasan hingga meninggal. Idealnya letakkan kandang di dekat jendela dengan sinar yang tidak terlalu kuat karena burung membutuhkan sinar ultraviolet B untuk menjaga kesehatannya. Anda bisa menyiasatinya juga dengan meletakkan bola lampu dengan sinar ultraviolet khusus di dekat kandang burung anda yang dapat anda nyalakan sekitar 8-10 jam dalam sehari.

6. Memberikan Waktu Istirahat yang Cukup

Tidur adalah sebuah kegiatan yang sangat penting untuk seekor lovebird. Jika anda meletakkan burung lovebird anda di dalam kandang indoor, anda dapat memberikan penutup kandang untuk membantu lovebird tidur di malam hari. Dalam sehari pastikan bahwa lovebird anda tidur selama 10-12 jam dan tidak terganggu dengan sekitarnya. Lingkungan yang aman dan tenang merupakan salah satu faktor yang dapat membantu lovebird anda tidur dengan nyenyak.

ads

7. Membersihkan Kandang Seminggu Sekali

Nampan dan makanan yang ada di dalam kandang lovebird harus dibersihkan setiap hari. Tetapi kandang burung secara keseluruhan harus dibersihkan seminggu sekali. Anda dapat menggunakan air hangat dan sabun untuk mencuci kandang burung. Keluarkan lovebird anda dari kandang dan anda dapat menggosok kandang, batang untuk bertengger, dan semua mainan yang ada di dalam kandang. Setelah dicuci, pastikan kandang kering terlebih dahulu sebelum memasukkan kembali burung anda.

8. Memberikan Makanan Burung yang Berkualitas

Anda dapat memberikan makanan burung yang mengandung biji-bijian berkualitas yang sudah dikupas dan disertai dengan suplemen yang mengandung vitamin dan mineral seperti pellet burung. Untuk seekor lovebird biasanya membutuhkan 2-3 sendok teh pellet atau makanan burung dalam seharu. Anda dapat mendapatkan makanan burung di petshop terdekat, dan jangan lupa untuk mengecek kandungan nutrisi apa saja yang terkandung di dalamnya.

Selain pellet dan biji-bijian, anda juga harus memberikan buah dan sayuran segar untuk lovebird anda. Sekitar 5-10% makanan lovebird haruslah berupa buah dan sayuran. Buah yang dapat diberikan misalnya adalah apel, anggur, beri, papaya, dan mangga. Sedangkan sayuran yang dapat diberikan antara lain wortel, brokoli, zukino, labu, ubi jalar matang, dan sayuran berdaun hijau seperti kale dan lainnya.

9. Memberi Snack Sehat

Anda juga dapat memberikan snack kepada burung lovebird anda seperti biji utuh yang matang seperti brown rice, whole grain pasta, multigrain breads, dan juga cereal free-sugar. Ketika anda memberi makan lovebird, pastian anda menyingkirkan segala hal yang tidak dapat di makan di dalam kandang burung. Anda juga harus mencuci mangkuk makanan yang ada di dalam kandang sebelum menggunakannya kembali.

Jangan pernah memberikan lovebird anda makanan yang mengandung alkohol, cokelat, dan kafein. Bahan-bahan ini sangat berbahaya bagi kesehatan lovebird dan bahkan dapat membunuhnya bahkan dalam jumlah yang kecil. Selain itu anda juga harus menghindari pemberian alpukat, asparagus, bawang, kacang polong mentah, dan produk yang mengandung susu.

10. Menyediakan Air Bersih

Pastikan bahwa lovebird anda memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air yang bersih dan segar sepanjang hari. Jangan memberi burung air keran atau air yang belum tersaring. Banyak kandang yang juga memiliki wadah minum yang menempel sehingga burung anda dapat memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan air sepanjang waktu.

11. Memandikan Burung Lovebird dan Merapikan Sayapnya

Burung lovebird membutuhkan mandi secara teratur untuk mencegah dirinya terserang sakit. Jika burung lovebird tidak dimandikan, bulu-bulunya akan tampak kotor dan lusuh. Untuk memandikan burung, anda dapat menggunkaan penyemprot air dan semprotkan secara pelan ke arah kaki atau dari atas burung sehingga butiran air dapat turun seperti hujan. Lakukan hal ini beberapa kali sehingga lovebird anda akan terbiasa dan akan mencuci dirinya sendiri. Setelah memandikannya, jangan lupa untuk segera mengeringkan burung anda dengan menggunakan handuk kecil dan letakkan dia di ruangan yang hangat sehingga dia tidak kedinginan dan terserang flu.

Anda dapat merapikan bulu di sayap burung anda setiap beberapa minggu sekali. Dengan merapikan sayapnya, anda dapat membuat burung anda lebih jinak. Dia akan semakin jarang terbang ke arah jendela, langit-langit, serta hal-hal berbahaya lainnya. Jika anda kesulitan untuk melakukan hal ini, anda dapat membawanya ke tenaga ahli yang professional untuk membantu anda.

Sponsors Link

12. Memberikan Mainan yang Aman

Karena lovebird adalah burung yang suka untuk bermain, anda dapat meletakkan beberapa mainan burung di dalam kandang. Selain itu anda juga dapat membuat mainan sendiri bagi burung anda dengan menggunakan botol plastik, bekas gulungan tissue, daun-daunan dan ranting pohon. Selalu tukar atau rotasi mainan yang ada di dalam kandang agar lovebird tidak merasa bosan. Selain itu anda dapat mengenalkan lovebird anda ke mainan yang baru agar dirinya tidak bosan.

13. Mengajak Burung Bermain di Luar Kandang
Anda dapat mengajak burung anda bermain di luar kandang selama 30 menit sehari agar dia dapat mudah bersosialisasi dengan lingkungannya. Biasanya lovebird senang untuk bermain di pundak majikannya, merapak ke arah leher, atau juga bersembunyi di balik syal atau sweater majikannya. Ketika lovebird merasa bosan, dai dapat mengigit baju atau perhiasan hingga menarik kancing baju. Untuk itu jika anda mengeluarkan burung anda dari kandang, pastikan anda mengenakan pakaian yang tidak dapat ditarik dan hindari menggunakan perhiasan seperti kalung atau anting-anting.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah anda harus mencuci tangan anda sebelum dan sesudah anda memegannya. Bakteri yang ada di burung lovebird anda dapat berpindah ke manusia dan juga sebaliknya. Untuk itu mencuci tangan senelum dan sesudah memegang lovebird sangatlah dianjurkan untuk mencegah penyakit serius bagi anda atau burung anda.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 08th, June 2017 / 08:53 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan