Sponsors Link

15 Ciri-ciri Kucing Demam Panas dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Sahabat Arenahewan.com, tentunya bagi para pecinta kucing, kesehatan kucing adalah hal yang penting. Oleh karena itu, apabila kucing kita menderita sakit, sudah sewajarnya kita akan berusaha untuk mencari obat untuk kucing kita. Selain itu sebisa mungkin kita juga akan memberikan pencegahan-pencegahan lain untuk mengantisipasi agar kucing kita tidak jatuh sakit kembali.

ads

Demam adalah salah satu penyakit yang seringkali melanda kucing peliharaan kita. Tidak jarang kucing kita demam sekalipun sudah berusia dewasa atau kita rawat dengan cukup sempurna. Serangan virus memang dapat datang dari mana saja, dan oleh karena itu penting bagi kamu untuk mengetahui ciri kucing demam itu apa saja, sebelum penyakit kucing kesayangnmu bertambah parah. Berikut adalah ciri kucing demam yang bisa kamu amati pada kucingmu untuk mengetahui apakah dia demam atau tidak.

Baca juga:

1. Mencret

Kucing yang mengalami demam biasanya akan mengalami masalah pada sistem tubuhnya yang lain. Salah satunya adalah mengalami mencret karena sistem pencernaannya terganggu. Perlu diketahui bahwa demam bisa jadi merupakan tanda dari adanya masalah pada pencernaan kucing. Apabila kucingmu mencret namun makanan yang kamu berikan padanya adalah makanan yang biasanya bisa dia makan dengan baik, besar kemungkinan pencernaan kucingmu terganggu. Oleh karena itu segera periksakan kucing kesayanganmu apabila dia mengalami mencret meski hanya memakan beberapa kitten food yang biasa dia makan.

Baca juga:

2. Tidak aktif atau lincah seperti biasa

Kucing yang mengalami demam akan cenderung pasif atau diam. Kucing tidak akan bergerak aktif atau lincah seperti biasanya. Sekalipun diberikan mainan yang asik kucing tidak akan tertarik untuk ikut bermain dengan anda. Bila itu terjadi pada kucing anda, patut diwaspadai bahwa bisa jadi kucing anda sedang mengalami tidak enak badan. Penyakit seperti demam, salah satunya menjadi penyebab kucing anda menjadi lebih pasif. Segera periksakan kucing anda apabila dia pasif cukup lama. Apabila dia tidak terkena demam, bisa jadi ada masalah lain dalam tubuhnya yang harus segera disembuhkan supaya kucing anda kembali aktif dan lincah serta ceria sepreti biasanya.

3. Badan Panas

Ciri yang biasanya paling mudah untuk ditemui adalah badan kucing yang bersuhu tinggi atau panas melebihi biasanya. Apabila anda curiga kucing anda mengalami demam, gunakanlah termometer untuk mengukur suhu badannya. Suhu normal kucing berada di sekitar 36-39 derajat celcius. Bila suhu badannya sudah di atas 39,1 derajat celcius sudah jelas bahwa kucing anda mengalami demam yang cukup serius. Segera bawa kucing anda ke dokter hewan apabila gejala ini sudah anda temui, karena besar kemungkinan kucing anda sedang mengalami demam. Setelah itu biarkan kucing anda rehat agar sistem kucing anda kembali menguat (setelah diberi obat dari dokter tentunya).

4. Tidur lebih sering dengan posisi mendekam

Saat demam kucing akan menjadi lebih pasif dan malas. Akibatnya dia akan lebih sering tidur-tiduran dengan posisi mendekam, sebagaimana yang kita lakukan saat sedang menderita sakit demam. Apabila kucing anda tiba-tiba sering tidur dalam posisi mendekam dan terlihat malas-malasan, segera bawa dia ke dokter terdekat karena kemungkinan besar dia menderita demam.

5. Nafsu makan menurun

Perubahan nafsu makan kucing memang bisa terjadi karena berbagai alasan. Salah satunya adalah karena kucing anda sedang menderita demam. Bila tiba-tiba kucing anda tidak mau makan, alias kehilangan nafsu makannya dengan drastis, segeralah bawa kucing anda ke dokter hewan terdekat karena bisa jadi kucing anda sedang mengalami demam.

Baca juga:

Sponsors Link

6. Bau mulut yang luar biasa

Saat demam, kucing akan cenderung menghindari makanan dan terus-terusan minum saja. Apabila ini terjadi maka kemungkinan mulutnya akan menjadi berbau sebab mulut kucing akan lebih sering kering (sekalipun dia sering minum). Apabila mulut kucing kesayanganmu berbau, diikuti dengan gejala yang lain, besar kemungkinan kucingmu sedang mengalami demam. Segera periksakan pada dokter hewan terdekat untuk diagnosa yang lebih valid. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

7. Bulu rontok

Demam akan membuat tubuh kucing menjadi lebih rentan terhadap serangan penyakit. Salah satu penyebab rontoknya bulu kucing adalah karena kurangnya vitamin sehingga dia terkena demam. Artinya, apabila bulu kucing kamu rontok kemudian gejala yang lain di atas terjadi, besar kemungkinan kucing kamu sedang menderita demam yang cukup serius.

Baca juga:

8. Keluarnya cairan dari telinga

Saat demam, sebagaimana manusia, biasanya akan ada banyak produksi cairan di banyak bagian tubuh kita untuk membantu mengeluarkan virus yang sedang menyerang tubuh. Apabila kucing kamu sering mengeluarkan cairan dari telinga, dan berbau cukup menyengat, bisa jadi kucingmu sedang berjuang melawan virus yang menyerangnya sehingga ia menderita demam. Apabila ini terjadi disertai dengan gejala yang lain, besar kemungkinan kucingmu sedang menderita demam, atau penyakit dalam yang lain. Secepatnya bawalah kucingmu ke dokter hewan terdekat untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

9. Sering muntah-muntah

Demam akan mengganggu sistem pencernaan kucingmu. Akibatnya kucingmu akan lebih sering muntah-muntah karena kesulitan mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Apabila kucingmu tiba-tiba muntah-muntah walaupun makanan yang kamu berikan padanya seperti biasanya, patut dicurigai kucingmu sedang mengalami demam. Bila ini terjadi disertai dengan gejala yang lain, segera periksakan kucingmu ke dokter hewan terdekat. Besar kemungkinan kucingmu sedang menderita demam, atau bila tidak demikian, penyakit lainnya yang tentunya harus segera disembuhkan agar tidak semakin parah.

10. Frekuensi minum meningkat

Saat demam, tenggorokan kucing akan mudah kering sehingga kucingmu akan sering mengalami dehidrasi. Hal itu membuat kucing akan cepat haus, sehingga dia akan sering minum. Walaupun begitu tenggorokannya akan kembali haus dengan cepat. Apabila kucingmu minum dengan sering bahkan lebih dari biasanya, maka hal itu bisa menjadi pertanda kuat bahwa kucingmu mengalami dehidrasi atau demam. Oleh karena itu apabila kucingmu semakin sering minum, namun nafsu makan berkurang, berat badan menurun atau gejala yang lainnya terjadi, segera periksakan kucingmu ke dokter hewan terdekat agar tidak semakin parah. Apabila kucingmu ternyata tidak demam, besar kemungkinan dia mengalami dehidrasi yang cukup parah sehingga membutuhkan penanganan yang serius.

ads

11. Berat badan menurun

Oleh karena kucingmu saat demam lebih suka tidur, nafsu makannya menurun, serta menurunnya sistem imun kucingmu, maka besar kemungkinan dia akan mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis. Selain sebagai tanda-tanda demam, penurunan berat badan juga lazim menjadi tanda kucing anda mengalami gangguan pada sistem pencernaan atau pada sistem tubuh yang lain, oleh karena itu, walaupun gejala yang lain tidak terlihat, namun anda patut mewaspadai apabila kucing anda mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Baca juga:

12. Hidung berair

Kucing yang mengalami demam, akan memiliki hidung yang berair. Sebagaimana pada bagian sebelumnya dijelaskan bahwa cairan yang muncul adalah untuk mengeluarkan virus yang ada di dalam tubuhnya. Hidung berair adalah ciri yang sering terjadi saat kucing kita demam. Apabila kamu menemukan hidung kucingmu berair, berwarna cerah merah, segera periksakan ke dokter sebelum semuanya terlambat. (Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Kucing)

13. Bengkak pada bagian tubuh tertentu dengan suhu tinggi

Kucing dapat mengalami demam karena infeksi virus atau gangguan lain yang datang dari luar tubuhnya. Apabila kamu menemukan bengkak pada salah satu bagian tubuh kucingmu, dan bengkakan itu terasa panas, bisa jadi kucingmu akan atau sudah mengalami demam yang bersumber dari bengkakakan tersebut. Segera periksakan kucingmu ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui apakah kucingmu terkena demam atau tidak. Selain itu, periksakan juga mengapa terdapat bengkak di tubuh kucingmu. Apabila bengkak itu bisa menimbulkan infeksi, ada baiknya kamu juga meminta dokter hewan kepercayaanmu untuk menyembuhkannya sebelum infeksi tersebut semakin parah.

14. Telinga panas

Kucing yang demam akan membuat suhu badannya meningkat. Telinga adalah bagian kucing yang paling mudah untuk diperiksa. Apabila suhu telinga kucing anda sangat tinggi, diikuti dengan gejala yang lain, besar kemungkinan kucing kesayangan anda sedang mengalami demam yang cukup serius. Segera bawa ke dokter hewan kepercayaan anda untuk penanganan agar demam kucing anda tidak semakin parah.

15. Keluarnya cairan dari mata

Saat demam, sebagaimana manusia, biasanya akan ada banyak produksi cairan di banyak bagian tubuh kita untuk membantu mengeluarkan virus yang sedang menyerang tubuh. Apabila kucing kamu sering mengeluarkan cairan dari telinga, mata, dan berbau cukup menyengat, bisa jadi kucingmu sedang berjuang melawan virus yang menyerangnya sehingga ia menderita demam.

baca juga:

Cara Mengobati Kucing Demam

Berikut cara – cara yang bisa diikuti untuk mengobati kucing kesayangan anda demam, antara lain:

  1. Mendinginkan Tubuh Kucing

Dengan mendinginkan tubuh kucing, bisa membantu menurunkan demam kucing, Bawa kucing anda ketempat yang sejuk atau posisikan kipas angin yang mengarah kepada kucing anda. Jika kucing anda termasuk kucing yang rewel, basuhlah badan kucing dengan air hangat. Hal ini karena penguapan untuk kucing sangat baik untuk menurunkan demam kucing.

2. Mencukupkan konsumsi air pada kucing

Kucing akan merasakan dehidrasi saat merasakan demam. Oleh karena itu, konsumsi air yang lebih akan sangat dibutuhkan kucing agar bisa mengembalikan stamina kucing ke kondisi normal.

3. Memberi Suplemen dan Energi Vitamin B

Apabila tubuh kucing tidak membaik, anda bisa memberikan tambahan suplemen vitamin B untuk membantu meningkatkan nafsu makan. Karena kucing yang sedang demam butuh nutrisi yang cukup.

Itulah beberapa tanda bahwa kucing kesayangan anda sedang mengalami demam. Memang tidak semuanya serta merta menandakan bahwa kucingmu mengalami demam. Akan tetapi ada baiknya apabila kamumenemui ciri-ciri kucing demam di atas pada kucing kesayangan anda, segeralah periksakan kucing anda ke dokter hewan terdekat sebelum penyakit kucing anda bertambah parah. Semoga kucing anda selalu sehat dan berkembang dengan baik!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 14th, July 2017 / 07:23 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing