Sponsors Link

15 Cara Memelihara Burung Kenari Cepat Gacor

Sponsors Link

Burung kenari merupakan burung yang pertama kali ditemukan oleh pelaut Perancis di kepulauan Canary pada abad ke-15, sehingga sudah kita tebak nama kenari berasal dari nama tempat ia ditemukan. Kemudian untuk memasukkan burung kenari, belanda pun dikenal sebagai pengekspor terbesar. Yang semula mendatangkan kenari dari inggris, jerman dan belgia. Kemudian pengembangan varietas pun dilakukan dengan mengawinkan kenari yang dibawa dengan kenari liar yang ada sehingga menghasilkan beberapa jenis kenari .

ads

Disamping burung kenari, ternyata ada juga buah yang bernama buah kenari namun tidak ada hubungannya dengan burung kenari. Melainkan seperti nama diatas yaitu kepulauan kenari yang berasal dari bahasa latin canarias yang berarti pulau anjing karena banyaknya anjing liar yang ada disana.

Namun, beberapa kalangan ataupunn pecinta burung kenari terkadang tidak mengetahui bagaimana memelihara maupun merawat burung kenari yang bisa berakibat fatal berujung kematian bila salah memeliharanya. Untuk itu disini akan diulas 15 cara memelihara burung kenari yang dibahas dalam artikel ini, cekidot !

  1. Hindari hembusan angin secara langsung

Untuk memelihara burung kenari, kamu perlu memperhatikan kondisi anginnya karena akan  mempengaruhi kondisi pikirannya. Usahakan lokasi sangkar tidak terkena embusan angin secara langsung misalnya dekat atau depan jendela, lubang udara kemudian kipas angin maupun pendingin ruangan. (baca juga tentang: Cara Memelihara Burung Beo)

  1. Kondisi sinar matahari secara langsung

Sinar matahari dapat berakibat fatal karena dapat mengakibatkan serangan heat stroke. Kemudian untuk  urusan penjemuran Kamu bisa mengakali dengan menjemur burung pada pagi saat matahari terbit dan sore saat matahari terbenam. Kemudian bila Kamu melihat burung terengah-engah saat menjemurnya, Maka kamu bisa segera mengangkat dan menutup sebagian sarang kenari agar terjadi pendinginan. Jarang terlalu sering menjemur burung kenari, karena akan menyebabkan penglihatan burung kenari tidak dapat berfungsi dengan baik.

  1. Ketersediaan air bersih

Sekedar fakta, Kenari memiliki sifat metabolisme yang cukup tinggi sehingga sangat memerlukan air yang cukup tinggi setiap harinya. Pemberian jangan dengan air minum secara langsung namun kamu bisa memberi air kemasan bermerek ataupun isi ulang agar terlihat sehat dan lebih segar.  Air bersih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh burung kenari sangat diperlukan demi kesehatan burung kenari. (baca juga tentang: Cara Beternak Burung Parkit)

  1. Ketersediaan pakan bijian

Untuk pakan, kenari memerlukan pakan berupa biji-bijian dan usahakan khusus untuk kenari seperti canary seed, millet, niger maupun kombinasi diantaranya. Jumlah pakan pun harus mencukupi.  Apabila pakan burung kenari tidak cukup, ada kemungkinan burung enari tidak tercukupi kebutuhan nutrisinya, Hal ini menyebabkan burung kenari tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. ( Baca juga : Cara Memelihara Burung Murai )

  1. Pemberian pakan tambahan

Untuk pakan tambahan ataupun cemilan, makan kamu harus berprinsip menjaga keseimbangan nutrisinya. Seperti nutrisi egg food yang kaya protein yang memang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan kenari. Selain egg food, kamu juga bisa memberikan beberapa sayuran seperti selada, wortel, brokoli, sawi dll. Nutrisi sangat dibuthuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangan burung kenari. ( Baca juga: cara memelihara burung dara )

Sponsors Link

  1. Pemberian multivitamin dan suplemen

Untuk multivitamin dan suplemen, Kamu bisa memberikan vitamin seperti BirdVit maupun vitamin lainnya. Mengenai vitamin, bila mengalami kekurangan maka diakibatkan oleh kekurangan jenis vitamin tertentu. Namun bila mengalami kelebihan makan kelebihan itu tidak disimpan menjadi karbohidrat namun langsung dikeluarkan bersama media pengeluaran seperti urine maupun feses. ( Baca juga : cara memelihara burung walet )

  1. Pemberian mineral yang cukup

Mineral terdiri dari beberapa jenis seperti zat besi, seng kalsium, kalium, fosfor, magnesium dll. Untuk kekurangan satu jenis, maka dapat terjadi defisiensi. Mineral ini hanya dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit namun harus terpenuhi semua jenis. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan asupan mineralnya. Biasanya tulang sotong dapat memenuhi asupan mineral burung kenari. Pemberian tulang sotong bisa membantu melengkapi nutrisi yang masuk ke dalam tubuh burung kenari. (baca juga: Cara Memelihara Burung Kakatua )

  1. Jaga kebersihan kandang

Untuk kebersihan sudah barang pasti hal yang mutlak. Kebersihan kandang burung kenari adalah syarat yang utama dengan cara mengusahakan membersihkan kotoran yang ada ditambah pakan dan air minum yang ada . kotoran yang ada pada sangkar dapat meluas karena burung memijaknya maupun mengusapkan paruhya ke tenggeran. Pastikan kandang dicuci seminggu dua kali agar burung kenari tetap merasa nyaman seperti saat baru pertama kali berada di kandang.

ads
  1. Waspada kehadiran kutu atau tungau

Kutu maupun tungau dapat menyerang pada bagian kaki burung kenari dan membuat burung menjadi cacat. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan  obat parasit dari luar yang bisa kamu dapatkan di pet shop terdekat, kemudian dalam pengobatan parasit cacing kamu bisa juga menggunakan obat yang tersedia. Untuk tungau, bisa juga menyerang kantung udara yang masuk ke saluran pernagasan burung sehingga dapat menyebabkan suara burung tidak enak seperti suara yang macet sehingga kamu perlu berkonsultasi juga kepada dokter atau petugas pet shop. Namun, lebih baik kamu lebih lanjut berkonsultasi kepada dokter agar jelas penanganannya yang cocok dan sesuai dosis yang ada. ( Baca juga : cara memelihara burung lovebird  )

  1. Menggunting kuku burung kenari

Kuku juga tak terlepas dari bahan dalam pembeliharaan burung kenari, untuk kuku kenari bisa menjadi cukup panjang. Bila kuku dibiarkan menjadi panjang, kuku ini bisa menyakiti betina saat keduanya kawin bila kamu menempatkannya dalam penangkaran. Untuk melakukan hal yang satu ini, butuh keahlian khusus.Paling tidak coba terlebih dahulu biarkan burung kenari mengenali bau sang majikan agar dia merasa nyaman saat kukunya dipotong.

  1. Biasakan dekat manusia

Agar burung tetap berkicau yaitu dengan membiasakan lingkungan burung dengan manusia disekitarnya. Burung yang jarang berinteraksi dengan manusia biasanya akan takut dan membisu. Sehingga biasakan burung kenari agar dekat dengan lalu lalang manusia. (Baca juga: cara memelihara burung puyuh  )

  1. Beri asinan dan roti

Asupan kalsium sangat perlu bagi burung kenari, sehingga untuk memenuhinya maka kamu bisa memberikan asinan-asinan seperti tulang sotong. Pemberian roti memberikan tenaga karbohidrat nan glukosa untuk burung kenari, namun jangan berikan roti kering yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Hal itu bisa menyebabkan burung kenari tidak mudah mencerna dan pencernaannya terganggu. (baca juga tentang:  Cara Memelihara Perkutut )

  1. Burung kenari over birahi

Untuk burung kenari yang berlebihan dalam melampiaskan birahinya, maka kamu bisa memberikan mentimun selama 2 hari berutut pada pagi sore. Selain itu kamu bisa memberikan 3 tetes catalyst di air minum 2x hingga 3x seminggu. Kemudian untuk penjemuran dapat dilakukan 30 menit/hari. Waktu pengumbaran pun dibuat lebih sering dan lebih lama.

  1. Ketika kondisi drop

Untuk memulihkan kondisi burung kenari ketika drop kamu dapat memberikan buah apel 4 hari berturut-turut ditambah memperbanyak campuran Lin seed dan niger seed. Kemudian pemberian kroto ditingkatkan menjadi 3x seminggu. Dalam mandi pun dilakukan 2 hari sekali dengan pensangkaran dengan diisolasi agar tak mendengar kenari lain.  Untuk penjemuran bisa kamu tamah durasinya menjadi 2-3 jam / hari. Kemudian kamu pun bisa memberikan vitamin supervit setiap hari agar mendapat tenaga tambahan. Karena vitamin adalah satu-satunya yang bisa menambah daya stamina dari burung kenari kesayangan kamu.

  1. Pola perawatan

Kamu bisa melakukan penjemuran 1-2 jam/hari pada pagi hari sekitar pukul 08.00 . Kemudian burung dianginkan selama 10 menit. Kemudian pada siang hari sampai sore dapat dimaster dengan suara master. Dilanjutkan pada sekitar pukul 15.30 dapat dianginkan diteras dan bila perlu dimandikan. Pada pukul 6 sore bisa dilakukan pengkerodongan dn perdengarkan suara master selama istirahat sampai pagi.

Untuk pengenalan burung kenari yang baik, maka kamu bisa mengenalinya dengan berkelamin jantan yang bentuk tubuh serasi dan mengeluarkan suara cuit lebih nyaring dan keras kemudian pilih burung kenari yang memiliki vent lebih besara dan panjang. Untuk bentuk paruh, pilih yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Kemudian kepala berbentuk kotak yang menandakan bahwa burung kenari ini memiliki jiwa mental tempur yang cukup baik,  postur badan pilih yang sedang dengan panjang leher, badan maupun ekor serta kaki yang serasi dan jangan memilih yang berleher dan berbadan pendek. Untuk sayap mengepit rapat dan kaki yang mencengkram kuat kemudian pilihlah kaki yang besar dan terlihat kering, untuk warna tidak terlalu berpengaruh. Prilaku kenari licah dan bernafsu makan besar yang mencirikan kenari bermental cukup baik, terakhir pilihlah leher panjang padat berisi yang menandakan dapat mengeluarkan power suaara secara maksimal .

Pada akhirnya, demikianlah 15 cara memelihara burung kenari yang bisa kamu jadikan refrensi dalam merawat burung kenari kesayangan Kamu. Dalam merawatnya pun gampang-gampang susah sehingga kamu perlu kmitmen dan konsisten dalam merawat burung kenari sehingga kamu pun bisa merasa fun dan burung pun senang tidak stres.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 03rd, August 2017 / 08:55 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan