Sponsors Link

15 Tips Memelihara Hamster Dengan Baik

Sponsors Link

Ada beberapa jenis hamster yang umum dipelihara dan biasanya bisa mencapai umur antara 2 hingga 3 tahun.

ads

Hamster adalah hewan nokturnal sehingga hewan ini bisa tidur sepanjang hari namun ada juga beberapa jenis hamster yang merupakan hewan crepuscular sehingga bisa aktif ketika pagi hari dan sore hari menjelang matahari terbenam.

Agar hamster peliharaan bisa selalu terlihat bahagia dan sehat, maka ada banyak hal yang harus dilakukan setiap hari dengan teratur. Dalam ulasan berikut akan kami berikan beberapa tips memelihara hamster dengan baik yang bisa anda terapkan khususnya bagi pemula.

  1. Pilih Kandang yang Tepat

Untuk pilihan kandang hamster umumnya berukuran 0.23 meter persegi atau kandang berukuran 61 x 38 sentimeter termasuk untuk cara merawat bayi hamster. Akuarium berbahan kaca juga bisa digunakan sebagai kandang hamster namun kekurangannya tidak memiliki ventilasi udara yang cukup sehingga pastikan bagian atas kandang terbuat dari jaring kawat agar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Pastikan juga kandang tidak diletakkan pada area yang terkena sinar matahari langsung sebab bisa kepanasan khususnya jika dipelihara dalam akuarium.

  1. Letakkan Kandang di Tempat Aman

Pastikan anda menempatkan hamster pada area yang memiliki banyak ventilasi udara. hindari meletakkan kandang tepat di depan jendela dan pastikan ruangan tetap tenang dan terbebas dari gangguan hewan peliharaan lainnya seperti kucing atau anjing agar hamster tidak stress dan jangan biarkan kucing atau anjing sampai berinteraksi dengan hamster anda.

  1. Pastikan Hamster Tidak Bisa Kabur

Perlu anda ketahui jika hamster adalah hewan yang sangat pintar dalam urusan melarikan diri seperti dalam cara cepat ternak tikus putih. Untuk itu, pastikan semua lubang bukaan seperti pintu pada kandang benar benar terkunci dan tidak ada bagian kandang yang longgar atau bisa dibuka oleh hamster. Apabila anda memakai kandang dengan dinding kawat, maka pastikan celah kawat tidak bisa dilalui hamster yakni tidak lebih dari 0.7 sentimeter.

  1. Pahami Naluri Teritorial Hamster

Jika anda ingin memelihara hamster suria, maka pastikan menempatkan satu ekor hamster di setiap satu kandang. Hamster suria biasanya merupakan hewan teritorial ketika sudah masuk usia 5 hingga 8 minggu sehingga akan berkelahi dengan sesama hamster hingga mati untuk mendapatkan tempat sendiri di dalam kandang. Sedangkan untuk hamster kerdil bisa ditempatkan dalam satu kandang secara bersamaan jika sudah akrab dengan sesamanya sejak masih kecil.

  • Hamster jenis kerdil [Hamster rusi kerdil Campbell, hamster kerdil winter white dan juga hamster roborovski] bisa ditempatkan sendiri atau bersamaan dengan pasangan dalam 1 kandang jika sudah benar benar akrab.
  • Jangan kawinkan hamster dengan jenis berbeda dan pasangan hamster tidak boleh ditempatkan dalam satu kandang sebab bisa saling melukai khususnya jika sudah memperlihatkan tanda tanda hamster hamil.
    Sponsors Link

  1. Menyiapkan Alas Kandang

Alas kandang hamster juga harus disiapkan dengan ketebalan 7.6 sentimeter. Serutan kayu pinus atau cedar sebaiknya jangan digunakan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan dan masalah lainnya.

ilih serutan kayu aspen yang tidka mengandung minyak berbahaya. Selain itu, jangan juga gunakan kapas dan tisu toilet karena bisa berbahaya seperti melilit kaki hamster sehingga menghambat aliran darah dan tidak bisa dicerna sehingga bisa membunuh hamster anda.

  1. Berikan Makanan Setiap hari

Seperti yang harus dilakukan dalam cara ternak kelinci anggora, sediakan makanan cukup untuk hamster setiap hari. Untuk hamster suria bisa diberikan sekitar 15 gram makanan setiap hari dan pastikan makanan selalu dalam keadaan segar. Hamster juga merupakan hewan yang senang menimbun makanannya sehingga selalu memiliki tempat rahasia untuk menyimpan makanan.

ads
Namun jika makanan tersebut anda buang, maka bisa membuat hamster tertekan. untuk mengatasi hal ini, pastikan anda selalu memberikan makanan segar setiap hari dan buang timbunan makanan lama lalu ganti dengan meletakkan makanan baru pada tempat sama dengan tempat timbunan makanan hamster.

Sedangkan untuk tempat makanan hamster, gunakan wadah yang terbuat dari logam atau tembikar sebab hamster merupakan hewan yang senang menggigit atau mengunyah tempat makanan yang terbuat dari plastik.

  1. Sediakan Air Bersih Untuk Hamster

Berbeda dengan cara merawat kelinci anggora, ketika sedang minum, hamster tidak terlalu membutuhkan banyak air namun tetap penting untuk menyediakan air setiap saat sebab hamster bisa merasa haus kapan saja. Jangan letakkan air pada tempat makanan kaena bisa membuat kotor dan sangat dibenci hamster. Sebaiknya gunakan botol air atau dispenser air dan ganti setiap hari dengan air segar.

  1. Gunakan Pelet Dengan Kandungan Gizi Seimbang

Pastikan anda memberikan pelet dengan kandungan gizi yang seimbang atau pelet berbentuk dadu sebagai makanan hamster. Apabila diberikan makanan campuran biji bijian, maka hamster akan lebih memilih biji bijian karena lebih enak akan tetapi tidak mengandung nutrisi yang cukup. Berikan pelet atau pelet berbentuk dadu sebagai makanan utama hamster dan campur dengan sedikit biji bijian sebagai tambahan. pastikan hamster makan pelet terlebih dahulu dalam jumlah tepat baru campurkan dengan biji bijian.

  1. Hindari Memberikan Makanan Manusia

Ada beberapa makanan manusia yang tidak boleh diberikan pada hamster seperti permen, daging mentah termasuk ikan, pasta, gula dan juga es krim khususnya untuk cara merawat bayi hamster yang baru lahir. Makanan manusia biasanya mengandung gula sehingga bisa mempengaruhi kesehatan hamster dan harus dihindari.

  1. Berikan Camilan Pada Hamster

Camilan juga harus diberikan teratur pada hamster sebanyak 2 sampai 3 kali seminggu. Beberapa jenis camilan favorit hamster diantaranya adalah mentimun, wortel, pisang, apel, selada, paprika, daun kubis, seledri, sawi collard dan beberapa jenis sayuran serta buah buahan lain yang juga baik dilakukan dalam cara untuk beternak kelinci. Beberapa jenis makanan ini juga bisa diberikan sebagai makanan harian hamster.

Sedangkan camilan untuk hamster lain bisa dibeli di toko hewan seperti keripik yogurt, coklat untuk hamster dan juga potongan kayu kunyah yang sangat disukai hamster. Sedangkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari diantaranya adalah kacang almond, bawang bombai, kentang, buncis, buah buahan berbiji, lokio, alpukat daun bawang, terong, sayuran rempah, daun bawang, bawang putih, kol bulat, tomat dan buah buahan jenis jeruk.

  1. Berikan Chew Stick

Chew stick atau tongkat untuk dikunyah juga bisa diberikan pada hamster dengan berbagai ukuran, rasa dan warna. Gigi hamster akan terus tumbuh dan hamster perlu memangkasnya memakai chew stick tersebut. Teruslah memberikan chew stick berbeda hingga akhirnya bisa menemukan chew stick yang disukai hamster.

  1. Berikan Hamster Waktu Untuk menjelajah

Ketika anda baru membeli hamster, maka langsung tempatkan hamster dalam kandang dan sediakan makanan serta air segar lalu berikan waktu sendiri untuk hamster. Tutup kandang dengan kain tipis supaya ia bisa menjelajahi tempat tinggal barunya tanpa terganggu. Sebaiknya, hindari mendekati hamster anda beberapa saat agar tidak mengganggu dan membuat hamster stress.

  1. Lakukan Pendekatan Dengan Bertahap

Sesudah 3 hari anda membiarkan hamster sendirian lengkap dengan makanan dan minuman, maka anda baru bisa mendekati hamster secara bertahap. Ketika anda mendekati hamster, maka berbicaralah dengan lembut sebab hamster akan merasa gugup ketika pertama kali melihat anda karena belum terbiasa dan jangan mulai melakukan cara memandikan hamster jika hamster masih takut dengan anda.

Mulailah melakukan kegiatan rutinitas seperti mengganti air dan makanan di dalam kandang, mengganti mainan lama dengan yang baru dan buang alas yang sudah kotor. Dengan ini, maka hamster secara bertahap akan terbiasa dengan kehadiran anda.

  1. Mulai Menjinakkan Hamster Anda

Waktu menjinakkan hamster bisa dimulai pada minggu kedua sesudah hamster berada di rumah barunya seperti pada cara menjinakkan landak mini. Umumnya hamster akan aktif ketika pagi dan sore menjelang malam serta sepanjang malam. Pelajari aktivitas hamster setiap hari dan lakukan penjinakkan ketika hamster sedang aktif.

  • Untuk menjinakkan hamster, letakkan tangan anda ke dalam kandang dan biarkan hamster mengendus dan memperhatikan tangan anda.
  • Jika hamster menggigit dengan perlahan dan tidak berperilaku agresif, maka anda bisa menarik tangan dengan perlahan dan biarkan hamster memperhatikan tangan anda kembali.
  • Hal ini harus dilakukan agar hamster bisa mengerti jika tangan anda bukanlah sesuatu yang harus ditakuti dan digigit.
  • Lanjutkan dengan meletakkan camilan di sekitar telapak tangan anda seperti campuran biji bijian yang sangat disukai hamster.
  • Hamster akan menaiki tangan anda dan secara bertahap bisa memindahkan camilan pada tangan anda agar hamster bisa semakin nyaman.
  1. Beli Mainan Roda Hamster

Roda hamster umumnya sudah tersedia bersama kandang namun ukurannya terlalu kecil dan kurang baik untuk kesehatan tulang punggung hamster. Apabila hamster membungkuk dan punggungnya miring ke arah depan ketika berlari dalam roda, maka itu tandanya roda terlalu kecil. Beli roda hamster dengan diameter 20 sentimeter untuk hamster kerdil dan 28 sentimeter untuk hamster suria atau beli roda dengan ukuran yang lebih besar sebab lebih baik dibandingkan roda berukuran terlalu kecil.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 11th, July 2018 / 08:01 Oleh :
Kategori : Hamster