Sponsors Link

15 Tips Memelihara Anjing Pom Bagi Pemula

Sponsors Link

Pom atau pomeranian merupakan salah satu ras anjing toy yang terkenal karena kepintaran dan kelucuannya dan wajah yang terlihat seperti boneka dan rubah.

ads

Sifat anjing pom yang imut dan mudah dikenali karena bulunya yang cantik juga membuat anjing ini sangat disukai.

Pom merupakan anjing dengan dua lapisan bulu dimana lapisan bawah bulu tersusu dari bulu lebat dan lembut serta bulu atas merupakan bulu lurus dan kasar.

Bulu pom bisa dibiarkan tumbuh secara natural dengan perawatan minimal sehingga akan terlihat bundar yang merupakan tampilan khas dari anjing pom.

Untuk anda yang tertarik memelihara jenis anjing ini, simak beberapa tips memelihara anjing pom yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Bersihkan Telinga Pom

Seperti cara merawat siberian husky, untuk cara memelihara pom yang pertama, anda harus membersihkan telinga pom secara teratur memakai cotton swab yang sudah dicelupkan dalam cairan pembersih non alkohol. Angkat telinga pom untuk melihat kulit bagian dalam dan bersihkan area telinga tersebut.

  • Hindari memasukkan cotton tip atau cotton bud pada saluran telinga dan jika anjing bergerak secara tiba tiba, alat pembersih tersebut bisa masuk terlalu dalam dan merusak telinga anjing.
  • Pastikan untuk menggunakan pembersih non alkohol karena tidak menyengat seperti pembersih mengandung alkohol.
  1. Potong Kuku Dengan Teratur

Potong juga kuku anjing secara hati hati dengan cara mengangkat telapak kaki dari belakang dan biarkan anjing menekuk area persendiannya yang juga harus dilakukan dalam cara merawat rottweiler. Ini akan lebih mudah jika dibandingkan dengan mencoba menarik telapak anjing ke arah anda dari depan. Identifikasi juga bagian quick serta sisakan kuku sepanjang 4 hingga 5 mm untuk melindungi bagian tersebut sebab bagian quick kuku anjing bisa berdarah jika terpotong.

  • Potong kuku dengan gunting khusus untuk anjing.
  • Siapkan juga obat penahan darah bubuk untuk menghentikan pendarah jika anda tidak sengaja memotong kuku terlalu pendek.
  • Kikir juga kuku anjing untuk menghaluskan dan pastikan anda memuji anjing anda sesudah memotong kuku agar ia terbiasa dipotong kukunya kemudian hari.
  1. Mandikan Pom

Untuk memandikan anjing pom, sebaiknya dilakukan sebelum bulu dipotong supaya gunting rambut tidak tumpul karena minyak yang menumpuk pada bulu anjing. Minyak pada tubuh anjing pom juga memiliki banyak kegunaan sehingga sebaiknya hanya mandikan pom setiap 3 bulan sekali kecuali jika tubuh pom benar benar kotor.

Letakkan karpet antiselip atau handuk pada dasar bak mandi atau wastafel lalu isi dengan air hangat. Rendam anjing dalam air tersebut dan gunakan wadah kecil untuk menuangkan air secara perlahan pada tubuh anjing. Basahi seluruh tubuh anjing namun hindari bagian telinga dan mata.

Sponsors Link

  1. Oleskan Shampo dan Bilas

Oleskan shampo hingga berbusa dan pastikan shampo menutupi seluruh tubuh anjing alu pijat sambil diratakan. Awali dari kepala hingga ekor memakai shampo khusus dan gosok seluruh bagian tubuh pom termasuk perut, ekor, kaki dan juga telapak yang menjadi salah satu cara grooming anjing sendiri.

Lanjutkan dengan dibilas sampai bersih karena jika tidak bisa menyebabkan iritasi. Pakai juga semprotan atau shower agar lebih mudah mencapai seluruh kulit untuk membersihkan semua sisa shampo.

  1. Sikat Bagian Gigi

Bagian gigi pom harus disikat secara teratur untuk mencegah kerusakan giginya. Gunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing dan lakukan secara menyeluruh. Jika pom tidak menyukainya, maka terus coba setiap hari sekitar 5 menit namun jangan digosok terlalu keras karena gusi pom sangat sensitif. Menyikat gigi ini sangat penting untuk mencegah infeksi bakteri yang bisa berakibat fatal pada pom. 

ads

  1. Sediakan Tempat Tinggal yang Baik

Sediakan juga tempat tinggal yang nyaman untuk pom dan pastikan tidak terlalu bising, banyak benda tajam dan berbau menyengat untuk menghindari tanda anjing depresi. Pilih juga kandang pom dengan sirkulasi udara baik untuk menjaga pernapasan pom. Tambahkan juga mainan atau bantal sebagai alas tidur agar pom bisa selalu merasa hangat.

  1. Berikan Makanan Terbaik

Anjing pom juga harus diberikan makanan terbaik serta kaya akan nutrisi seperti daging cincang yang lembut dan juga susu untuk menghindari ciri ciri anjing sakit.

Anjing pom harus makan sebanyak 3 kali sehari yakni pagi, siang dan malam. Pastikan anda membeli makanan berkualitas dan tidak mengandung bahan tambahan lain serta jangan berikan makanan manusia khususnya makanan cepat saji karena mengandung garam dan gula terlalu tinggi yang bisa berdampak buruk pada anjing anda.

  1. Berikan Tempat Nyaman untuk Istirahat

Pom sangat butuh tempat istirahat yang nyaman, bersih dan juga kering seperti jenis anjing lainnya khususnya untuk cara merawat anak anjing baru lahir. Jika anjing sering bermain di luar, maka pastikan anjing memiliki tempat berlindung khususnya jika cuaca sedang hujan, terlalu panas atau terlalu dingin.

Sedangkan untuk anjing pom yang senang bermain di kandang dan di dalam rumah maka pastikan ia mendapatkan area beristirahat yang nyaman atau bahkan siapkan tempat tidur kucing di kamar anda jika memang ingin tidur di dalam kamar anda.

  1. Biarkan Pom Bergerak Bebas

Seperti manusia, semua jenis anjing termasuk pom sangat butuh bergerak agar bisa tetap sehat dan gembira. Pastikan anda membawa pom untuk berjalan jalan setidaknya 20 menit yang sangat penting dilakukan seperti cara memelihara anjing herder. Selain itu, pastikan anjing juga bisa bermain secara bebas tanpa tali kekang meski hanya di halaman belakang rumah.

  1. Latih Untuk Membuang Kotoran

Melatih pom untuk buang air pada tempatnya tidak hanya penting untuk menjaga kebersihan rumah, namun juga bisa menjalin hubungan antara anda dengan pom. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit namun tetap harus terus dilakukan sampai akhirnya pom bisa buang air sendiri.

Bawa pom ke area yang sama setiap kali akan buang air dan lama kelamaan, ia akan mengerti jika area tersebut merupakan area untuk buang kotoran baginya. Hindari memarahi anjing ketika ia gagal melakukannya karena sebenarnya anjing anda hanya bingung dan belum mengerti dengan baik. Memarahi pom hanya akan menakuti anjing namun tidak memberikan pengajaran pada anjing anda.

  1. Pilih Potongan Singa

Anjing pom termasuk cara merawat anjing mini pom sangat menyenangkan untuk dipelihara sebab anda bisa memilih berbagai potongan bulu seperti salah satunya potongan singa. Bulu di bagian wajah, bahu dan juga bulu tebal di bagian dada tidak akan dipotong, sedangkan sisa bulu di seluruh bagian tubuh lainnya dipotong sangat pendek sampai mendekati kulit dan bagian ekor tetap tebal sehingga terlihat seperti singa.

  • Pastikan anda merapikan bagian surai dengan teratur agar bulu tidak mudah kusut.
  • Cukur juga bulu pom tidak terlalu dekat dengan kulit karena bisa menyebabkan rasa sakit dan bulu bisa terus tumbuh menembus kulit yang bisa menimbulkan luka.
  1. Singkirkan Bulu Berlebih di Beberapa Area

Bulu di sekitar mata, telinga, telapak kaki dan tubuh bagian belakang harus dipotong secara teratur. Pakai alat pemotong elektrik untuk mempermudah anda ketika memotong bulu dan pangkas juga bulu di sekitar alat kelamin. Baca instruksi pemakaian alat pemotong agar anda tidak salah memakai alat tersebut.

  1. Ajak Anjing Bermain Dengan Lembut

Anjing pom adalah anjing yang sangat senang bermain. Namun apabila anjing pom yang anda miliki senang menyalak dan menggigit ketika bermain, maka anda bisa melatihnya secara lembut.

Cara paling efektif yang bisa anda lakukan adalah mengabaikan anjing anda ketika bersikap buruk seperti menggigit atau menyalak ketika mencari perhatian. Ketika anda mengabaikan pom yang sedang berperilaku tidak baik, maka ia akan mengerti jika ia harus mencari perhatian dengan sikap yang lebih baik dan lebih lembut yang juga bisa dilakukan dalam cara menjinakkan anak anjing. Ketika pom sudah bisa bersikap baik, maka berikan hadiah serta pelukan untuk menyenangkan hati anjing anda.

  1. Ajari Perintah Dasar

Meski pom merupakan anjing yang lucu, namun ia juga harus diajari beberapa perintah dasar seperti bagaimana cara duduk, bersikap tenang dan datang untuk menghampiri anda.

Ketika pom sudah lebih patuh, maka anda bisa mengajak anjing jalan jalan lebih aman. Beberapa perintah tersebut harus anda ajarkan dengan sabar dan berikan dorongan positif agar bisa lebih cepat mengerti perintah dasar yang anda ajarkan. Beberapa jenis perintah dasar yang bisa anda berikan untuk pom diantaranya adalah:

  • Cara untuk duduk
  • Cara untuk bersikap tenang
  • Cara agar bisa datang ketika dipanggil.
  1. Bersikap Baik Pada Anjing Anda

Apapun jenis anjing yang anda miliki termasuk pom, maka anda harus selalu bersikap dengan lembut dan jangan bersikap kasar karena pom bisa takut pada anda.

Bicaralah dengan nada yang menyenangkan dan luangkan waktu untuk memeluk serta membelai anjing anda. Anjing pom juga sangat menyukai ketika seseorang mengusap perutnya termasuk dalam cara merawat golden retriever. Sebuah penelitian bahkan membuktikan jika anjing akan lebih senang dibelai dibandingkan diberi pujian sehingga sebaiknya belai anjing pom anda setiap hari untuk memperlihatkan betapa peduli dan sayangnya anda pada anjing pom yang anda pelihara.

Demikian penjelasan terkait apa saja tips memelihara anjing pom yang mudah bagi pemula. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 11th, July 2018 / 07:52 Oleh :
Kategori : Anjing