Sponsors Link

10 Cara Menjinakkan Anak Anjing Bagi Pemula

Sponsors Link

Memiliki hewan peliharaan di rumah memang sangat menyenangkan. Bisa menjadi teman bermain dan juga menjadi salah satu penghilang rasa stres dan penat akibat kegiatan sehari – hari. Namun, tidak semua hewan peliharaan bisa dipelihara dengan mudah dan menjadi hewan yang penurut. Terlebih lagi hewan yang Anda pelihara ini baru saja Anda beli dari breeder atau pet shop.

ads

Anda memerlukan trik dalam menjaga hewan peliharaan yang akan Anda rawat. Sebut saja Anda akan memelihara anak anjing. Maka Anda membutuhkan pengetahuan dalam membesarkan dan merawat anak anjing seperti misalnya  penyebab anjing tidak mau makan yang mungkin bisa saja terjadi pada hewan peliharaan kesayangan Anda.

Pada saat memutuskan untuk memelihara anak anjing, maka Anda perlu menjadi pet owner yang ramah dan disukai oleh anak anjing tersebut. Anda bisa memulai memelihara anak anjing ketika berusia 8 minggu setelah dia lahir. Karena pada usia tersebut anak anjing biasanya baru mulai disapih.

Sementara, pada usia yang lebih muda dari 8 minggu anak anjing ini belum bisa dipisahkan oleh induknya. Cara merawat anak anjing baru lahir biasanya akan ditangani oleh pet shop atau pihak breeder. Berikut cara menjinakkan anak anjing yang bisa Anda coba lakukan pada saat baru bertemu atau baru mulai memelihara anak anjing :

1. Memberikan Mainan Kesukaan Untuk Anak Anjing Anda

Tidak hanya sifat anak anjing yang suka bermain, namun anjing dewasa juga pasti ingin bermain. Dan terkadang pada saat bermain ini, tangan atau jari Anda bisa menjadi korban gigitannya. Dan ketika hal ini sudah terjadi, Anda perlu mendidik peliharaan Anda untuk tidak menggigit Anda dan mengalihkan gigitannya ke mainan yang bisa Anda berikan ke anak anjing Anda. Mainan ini bisa berbentuk mainan lunak maupun mainan yang keras untuk digigit oleh anak anjing Anda.

2. Sering  Membelai Anak Anjing Anda

Sejatinya, setiap hewan peliharaan membutuhkan kasih sayang termasuk anak anjing yang Anda pelihara.  Dengan sering – sering membelai anak anjing Anda ini akan membuat ikatan terhadap Anda dan anak anjing Anda semakin kuat. Hal ini juga bisa membuat anak anjing Anda merasa disayangi. Anda bisa membelai anak anjing Anda pada setiap bagian tubuhnya seperti kepala, tangan, kaki maupun badannya.

3. Memberikan Tempat Tinggal Yang Baik

Tempat tinggal yang baik untuk peliharaan Anda adalah sesuatu yang penting. Bukan hanya kandang ataupun tempat tidur saja yang harus baik. Namun, kondisi rumah Anda sebagai tempat tinggal dan teman bermainnya juga perlu dijaga dan disesuaikan dengan kebutuhan anak anjing yang anda pelihara.

4. Memberikan Makanan Sesuai Kebutuhan

Selayaknya hewan peliharaan pada umumnya. Anak anjing juga membutuhkan asupan gizi untuk menunjang aktivitasnya. Pemberian makanan pada anak anjing tidak bisa dengan cara memberikannya dalam satu waktu dan dalam jumlah yang banyak.  Anda perlu memberikan makan anak anjing Anda sesuai dengan kebutuhan dan porsinya sesuai dengan waktu makan saat itu. Sehingga Anda juga bisa melihat apakah anak anjing Anda memiliki nafsu makan yang baik. Anda juga bisa melihat ciri-ciri anjing sakit pada anjing ketika nafsu makannya mulai berubah.

Sponsors Link

5. Memiliki Peaalatan Perawatan Dasar Untuk Anak Anjing Anda

Cara merawat anak anjing Anda bukan hanya sekedar memberi makan dan memberikannya tempat tinggal saja. Namun, perawatan dasar anak anjing lainnya seperti sikat gigi, pasta gigi, shampoo, sikat, sisir, sarung tangan karet dan lainnnya. Sehingga apabila anak anjing Anda memiliki masalah kebersihan seperti ada kutu di badannya bisa ditangani dengan cara menghilangkan kutu anjing cepat dan tepat.

6. Mengajak Anak Anjing Bersosialisasi

Anda sudah bisa mulai mengajak anak anjing Anda untuk bersosialisasi mulai usia anak anjng berkisar 7 – 16 minggu. Sosialisasi ini bukan dengan manusia namun dengan anjing – anjing seusianya juga di sekolah anjing supaya anak Anjing anda mulai terbiasan dengan kehadiran anjing lainnya di sekitar Anda.

7. Mengajaknya Berolahraga

Olahraga bukan hanya penting untuk manusia saja, namun untuk anak anjing pun olahraga menjadi bagian yang penting. Karena dengan berolahraga akan melatih keterampilan dan kemampuan anjing untuk bersosialisasi dan beradaptasi pada lingkungan sekitarnya.

8. Vaksinasi Anak Anjing Anda

Karena anak anjing ini tinggal bersama Anda di dalam satu atap. Ada baiknya Anda memberikan vaksinasi kepada anak anjing Anda.  Karena anak anjing juga bisa memiliki resiko terkena penyakit. Maka dari itu supaya tidak menyebar ke seluruh anggota keluarga ada baiknya segera diberikan vaksin.

9. Memberikan Pelatihan Kepatuhan

Tentunya sebagai pemilik, Anda ingin dipatuhi oleh anak anjing Anda. Maka dari itu memberikan pelatihan kepada anak anjing sudah bisa dilakukan supaya dia bisa mematuhi perintah – perintah dasar yang bisa Anda instruksikan kepadanya.

Sponsors Link

10. Memastikan Anak Anjing Anda Cocok

Hal yang terakhir dan hal yang paling utama adalah Anda perlu memastikan anak anjing yang Anda pilih untuk pelihara ini bisa tinggal dengan kondisi rumah Anda. Sehingga Anda tidak sembarangan memilih jenis anak anjing untuk dipelihara.

Selain informasi diatas, berikut ini terdapat informasi tambahan berupa video, bagaimana merawat anjing, terutama anjing yang masih kecil.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara merawat anak anjing yang benar agar jinak. Beberapa cara ini semoga bisa membantu bagi anda yang masih pemula dalam hal memelihara anak anjing. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, November 2017 / 04:50 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan