Sponsors Link

15 Cara Merawat Anak Anjing Baru Lahir

Sponsors Link

Memiliki anak anjing yang baru saja lahir memang sesuatu yang menyenangkan. Namun untuk urusan perawatan tentunya memerlukan penanganan yang bisa cukup sulit apalagi untuk para pemula yang masih sangat awam dalam urusan mengurus bayi anjing yang baru lahir. Karena para bayi anjing yang baru lahir masih sangat bergantung pada perawatan sang induk dan tidak terlalu banyak bergerak. Mereka akan lebih banyak melakukan tidur atau istirahat bahakan pada waktu siang hari. Tak jarang anak anjing yang di rawat ketika masih bayi mengalami kesalahan perawatan dan bahkan fatalnya bisa menyebabkan kematian.

ads

Oleh karena itu sebuah penanganan yang tepat sangatlah di butuhkan dalam merawat dan membesarkan anak anjing yang baru lahir tersebut. Karena mereka masih sangat rentan terhadap berbagai masalah yang bisa menyebabkan sesuatu yang bersifat fatal. Seperti halnya cara merawat siberian husky puppy pantauan khusus di perlukan dalam perawatan anak – anak anjing tersebut tentunya. Berikut 15 cara merawat anak anjing baru lahir yang dapat anda terapkan dirumah :

1. Persiapan Kandang

Siapkanlah terlebih dahulu kandang atau tempat untuk memetakkan dan di gunakan anak anjing tersebut untuk beristirahat. Anda bisa memilih beragam kandang yang di sediakan dan di jual di pasaran atau membuat sebuah kandang manual berupa kotak atau box yang di lapisi dengan alasan kain yang nyaman untuk ruang atau tempat istirahat bagi mereka

2. Jaga Kebersihan kandang

Anak anjing ynag baru lahir sangat rawan terkena penyakit, apalagi jika mulai memberikan tanda ciri-ciri anjing sakit. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan selalu kandang mereka, jangan sampai ada sisa – sia makanan yang tertinggal dan akan mengundang sekawanan semut atau sisa kotoran yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Sebaiknya anda selalu menjaga sanitasi kandang. Kandang yang kotor akan lebih rawan di hinggapi berbagai macam penyakit, sehingga para anak anjing yang masih rentan dan memiliki tingkat kekebalan tubuh yang lemah tentunya mudah terserang oleh penyakit – penyakit tersebut. Jaga juga kebersihan bitol minum, tempat makanan dan kain alas atau pelapis kandang anjing tersebut. Hal penting seperti sanitasi ini sebenarnya tidak boleh di abaikan sama sekali.

3. Jagalah Kehangatan Kandang atau Suhu Kandang

Para bayi anjing yang baru lahir memerlukan suhu tubuh induknya untuk mencari kehangatan, inilah mengapa mereka suka berkumpul dan tidur saling berdekatan secara bersama. Pastikan bahwa suhu di dalam kandang tetap hangat agar anak anjing tersebut tidak sakit dan mengalami berbagai masalah lainnya. Berikanlah alas kain yang tebal agar kehangatannya terjaga.

4. Jaga Daerah Mata

Anda pastinya melihat bahwa mata para anak anjing yang baru lahir akan tertutup hingga mereka berumur kurang lebih 14 hari lamanya. Ini adalah serangkaian proses normal, hanya saja jangan sekali – kali mencoba untuk membuka matanya secara paksa. Karena mereka akan otomatis membuka matanya jika telah menginjak usia sekitar 14 hari. Dimasa ini para anak anjing tersebut akan lebih sering untuk diam, berkumpul dan menyusui pada induknya. Jika mereka di susui oleh induknya maka tugas anda adalah memantau induk anjing tersebut.

5. Pemberian Susu

Akan lebih mudah jika anda memelihara induk anjing tersebut bersama dengan anak – anaknya. namun jika anda memang berencana membesarkan anak anjing itu sendirian, maka anda harus menyiapkan pemberian susu selama mereka masih berumur di bawah 1 bulan. Karena pada masa ini para anak anjing masih bergantung kepada susu induknya. Jangan sembarangan dalam meberikan susu, perhatikan jika terjadi beberapa gejala tanda mereka tidak cocok dengan susu tersebut.

Sponsors Link

6. Pemberian Serangkaian vaksin

Pertimbangkan untuk melakukan vaksinasi pada calon anjing dewasa anda. Pemberian vaksin sangat perlu agar anjing tersebut dapat terjaga dan terhindari dari beragam penyakit berbahaya yang biasanya akan menyebabkan beragam gejala hingga kefatalan seperti kematian. Itulah mengapa vaksin sangat diperlukan untuk mencegah kematian atau serangan penyakit pada anjing anda. Ada beberapa tahapan dan jenis vaksin yang di berikan kepada hewan ini, sedangkan untuk prosesi vaksin pertama biasanya di lakukan pada saat anak anjing telah berumur 6 minggu lamanya. Biasanya penanggulangan terhadap serangan penyakit parvo adalah tujuan dari vaksin yang pertama kali.

Sedangkan rangkaian vaksin kedua biasanya di berikan ketika anak anjing telah berumur 72 hari atau sebulah setelah di adakannya vaksin pertama. Ini merupakan rangkaian dari vaksin yang penting karena anak anjing tersebut akan lebih rentan dan mudah terkena serangan berbagai penyakit yang di timbulkan di lingkungan sekitar seperti penyakit parvo dan juga penyakit distemper yang sering menyerang para anakan anjing. serangkaian proses vaksin kedua adalah vaksin distemper, parainfluenza, leptospirosis, hepatitis CAV-2 dan Parvo hal yang sama juga di terapkan dalam cara memelihara anjing herder.

Sedangkan vaksinasi yang ketiga prosesnya sama dengan proses vaksinasi kedua hanya saja ada serangkaian vaksin tambahan untuk pencegahan penyakit rabies. Ini merupakan salah satu vaksin yang sangat di perlukan ketika anjing telah beranjak dewasa yaitu sekitar umur 3 hingga 4 bulan dan bagi anjing yang sudah sering di bawa berpergian dan telah aktif. Vaksinasi lainnya yaitu berupa vaksinasi tahunan, ini adalah rangkaian lanjutan berupa serangkaian vaksin lengkap yang mana sang anjing telah dewasa dan memiliki kekuatan kekebalan tubuh yang lebih baik.

7. Proses Penyapihan

Biasanya anak anjing yang berumur lebih dari satu bulan akan di kurangi proses menyusuinya, dan akan mulai di sapih. walaupun prosesnya masih terbilang cukup pelan dan lumayan jarang, namun seiring dengan berjalannya waktu, para anak anjing akan mudah beradaptasi dengan mulai memakan makanan lunak setelah proses penyapihan berlangsung namun ada beberapa faktor yang menjadi penyebab anjing tidak mau makan. Dan anda tetap harus mewaspadainya.

8. Pemberian Makanan Lembut

Campurkanlah snack maupun beberapa makanan anjing dengan air hangat dan juga susu sehingga membentuk susu agar mereka tidak terlalu sulit untuk beradap tasi dengan makanan pemula mereka. Bahkan ini masih membantu berjalannya masa penyapihan. Anak anjing yang baru belajar makan tidak di benarkan di berikanan makanan yang masih keras.

ads

9. Pemberian Makan Anak Anjing

Sebenarnya para anak anjing memerlukan energi 2 kali lipat lebih banyak daripada energi yang di butuhkan oleh induk anjing. Karena pada masa pertumbuhannya, para anak anjing membutuhkan serangkaian zat gizi yang harus tetap tercukupi. Berikanlah makanan khusus anjing yang berbentuk cair atau padat. Agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi jangan sampai lupa dalam memberikan makanan hariannya.

10. Kontrol Berat Badan 

berat badan anak anjing yang baru lahir memang akan tergantung dari jenis mereka. Hanya saja setelah berjalannya waktu hingga 3 sampai 4 minggu setelah kelahiran biasanya anak anjing yang sehat akan mengalami pertambahan 2 atau bahkan 3 kali lipat dari berat badan awal. Anda harus mengontrol berat badan anak anjing tersebut, berat badan anak anjing yang normal jika ia mengalami pertambahan sekitar 10% berat badan perharinya. Karena anak anjing yang terlalu kurus bisa jadi desebabkan oleh beragam penyakit.

11. Pemberian Obat Cacing

Tentunya penting untuk memberikan obat cacing bagi peliharaan anda. Pemberian obat cacing berfungsi agar menjaga kesehatan pencernaan pada anak anjing tersebut, menjaga agar nafsu makan tetap bagus dan menghindari serangan penyakit cacingan. Mengurangi resiko penularan penyakit cacingan adalah hal utama yang di wujudkan dengan pemberian obat cacing. Biasanya pemberian obat cacing ini di berikan tepat 7 hari sebelum di adakan vaksinasi dan pada anak anjing yang berumur 5 atau 6 minggu.

12. Latihan Toilet

Pada minggu – minggu pertama anak anjing tidak akan mengerti untuk membuang kotorannya sendiri. Disinilah peranan penting sang pemilik untuk mengajarkan dan menstimulasi peliharaan mereka untuk latihan toilet agar nantinya mereka tidak lagi membuang kotoran sembarangan. Para induk akan menjilati area di sekitar anal dan kemaluan agar bisa menstimulasi anak mereka, namun bagi para pemilik cukup dengan pijatan lembut menggunakan kain yang sebelumnya telah di basahi dengan air hangat. Dan biasanya jika telah beranjak usia 3 atau 4 bulan anjing tersebut sudah tidak lagi memerlukan stimulasi.

13. Cara Memandikan

Harus anda ketahui bahwa anak anjing sangat rentan dengan suhu dingin, jika anda memandikan anak anjing ketika masih di bawah usia tiga bulan ada beberapa kemungkinan buruk yang mungkin terjadi, salah satunya adalah demam. Jika anjing tersebut mengalami demam, maka anda harus mengetahui cara mengatasi anjing demam. Ada banyak gejala yang di tunjukkan anak anjing ketika mereka dimandikan pada waktu yang salah dan bahkan beberapa kasus berujung kepada kematian, inilah mengapa tidak di anjurkan untuk memandikan anak anjing sebelum menginjak umur 4 bulan.

14. Waktu Tidur Yang Optimal

Pada minggu – minggu pertama setelah kelahiran, anak anak anjing hanya akan menghabiskan waktunya untuk tidur. Mereka dapat tidur hingga 18 jam setiap harinya. Pada saat ini tentunya tugas utama anda adalah melakukan pemantauan dan memberikan kenyamanan yang mereka butuhkan di dalam kandang. Jangan lupa untuk tetap menjaga kehangatan dan suhu kandang agar para anak anjing dapat tidur maksimal dan nyenyak tanpa gangguan. Ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan fisik mereka. Kontrol juga kotoran mereka. Biasanya kotoran normal tidak akan terlalu encer dan tidak terlalu jarang dan berbentuk gumpalan.

15. Pertumbuhan Gigi

Ketika anak anjing telah berumur 2 bulan maka mereka akan mengalami pertumbuhan gigi dan ini adalah tugas anda untuk selalu memberikan mainan yang bisa mereka kunyah. Karena pada masa ini mereka akan lebih sering menggigit dan mengunyah apapun yang biasanya mereka temukan. Ini adalah proses alami yang terjadi saat adanya pertumbuhan gigi.

Demikianlah 15 cara merawat anak anjing baru lahir yang bisa anda terapkan secara langsung di rumah anda. Walaupun masih tergolong cukup rumit dan memerlukan penanganan yang intens tapi memperhatikan pertumbuhan bayi anjing dari pertama hingga beranjak dewasa adalah hal yang sangat membanggakan terutama bagi peternak dan pecinta anjing.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 24th, October 2017 / 05:08 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan