Sponsors Link

15 Cara Menggiringkan Merpati dengan Cepat

Sponsors Link

Cara menggiringkan merpati dengan cepat adalah cara yang paling sering di cari oleh para pecinta merpati atapupun para peternak merpati. Selain merpati yang giring diminati oleh banyak orang,selain itu juga merpati yang giring juga akan membantu memudahkan si pemilik merpati untuk mengurus merpati ,atau dalam kata lain tidak terlalu waswas terhadap merpati yang sudah giring karena tidak akan kemana mana. Merpati yang sudah giring biasanya memiliki pesona dan juga harga jual yang tinggi.

ads

Selain merpati yang giring, merpati yang memiliki daya jual beli yang besar juga terletak pada merpati balap. Merpati balap memang sering jadi incaran para kolektor merpati karena biasanya merpati balap akan di ikut lombakan di beberapa ajang pentas merpati di beberapa provinsi di indonesia. Tentunya sebagai penjual atau breeder kita pasti sudah tahu Cara Melatih Merpati Balap agar Cepat dan Terbang Tinggi karena dengan kemampuan seperti itu , merpati yang kita latih akan menjadi merpati jawara di setiap ajang perlombaan.

Akan tetapi apabila kalian hanya sebagai pengagum ataupun hanya sebatas memelihara merpati balap , seharusnya tahu Cara Memilih Burung Merpati Balap yang Berkualitas karena dengan tahu ,kita akan lebih hati-hati karena tidak sedikit breeder yang curang untuk menghasilkan merpati yang layak jual.

Merpati sendiri adalah hewan peliharaan yang memang sampai saat ini masih terbilang sangat populer di beberapa wilayah. Disamping untuk di kembang biakan , merpati di beberapa wilayah pun populer untuk di adukan dalam format kompetisi .

Secara sejah merpati sudah ada di jaman perang dunia dahulu kala merapati di jadikan hewan peliharaan yang di fungsikan sebagai hewan pembawa berita ataupun surat menyurat.Oleh karena itu beberapa pengamat mengatakan merpati merupakan hewan yang paling dekat dengan manusia dari jaman dahulu. Selain itu juga burung merpati dari jaman dahulu lebih sering masuk beberapa layar televisi dengan genre biasanya di kaitkan dengan para penyihir. Ataupun malahan burung merpati juga sering di jadikan objek sulap konemporer jaman dahulu karena mengingat merpati memiliki sifat jinak dan diam yang tidak akan mengacaukan show. Meskipun memang jika di ganggu dia akan berontak dan melawan.

Jaman sekarang hampir di beberapa pasar tradisional banyak yang menjual dan menyuguhkan beberapa merpati yang rata-rata sudah siap di buat giring atau malah ada yang sudah menjual merpati sudah giring keras. Akan tetapi kita sebagai pembeli setidaknya tau beberapa tips dan trik para penjual burung merpati agar merpati yang kita beli memiliki kualitas yang baik dan bagus.

Kembali lagi kepada merpati giring, setidaknya ada 15 cara menggiringkan merpati dengan cepat  mulai dari membeli sampai merpati giring . Semua cara di bawah adalah cara yang memang di lakukan beberapa breeder merpati ataupun para pengkoleksi merpati. Hasilnya akan kembali lagi kepada ketekunan dan juga kesabaran pemilik merpati untuk membuat merpati giring. Selain faktor ketekunan faktor turunan dan juga jenis merpatipun mempengaruhi cepat atau lamanya si merpati akan giring.

Biasanya faktor yang paling berpengaruh adalah umur si merpati , hindari merpati yang belum siap kawin untuk kita paksa kawin/ giring. karena jika kita memaksakan merpati yang belum siap kawin akan membuat usaha kita terkesan percuma dan membuang banyak waktu karena membutuhkan proses dan tahapan yang cukup lama.

Cara Cepat Menggiringkan Merpati

  1. Cara yang pertama yaitu mandikan merpati yang akan dijodohkan pada pagi hari .Karena dengan memandikannya di pagi hari akan memudahkan ke 2 merpati menjadi giring.
  2. Jemur merpati yang sudah di mandikan tadi di terik matahari , akan tetapi pisahkan saja dahulu kandangnya akan tetapi di jemur secara berdekatan.
  3. Untuk durasi lamanya penjemuran biasanya 2-4 jam tergantung  terik matahari. Jangan sampai merpati kita kepanasan . Dan jangan lupa beri makan dan minum ketika di jemur.
    Sponsors Link

  4. Setelah di jemur ,dan di beri makan kurung kembali merpati di kandang yang berbeda sampai malam tiba.
  5. Setalah malam baru satukan kedua merpati yang akan di giringkan di satu kandang dengan penerangan lampu minimal 5 watt.
  6. Lakukan tahap diatas selama 2-3 hari,dan apabila sudah mulai adanya tanda-tanda akan kawin sebaiknya masukan ke dua merpati kedalam kardus atau kandang tertutup.
  7. Biarkan merpati dalam satu kandang sampai siang hari
  8. Disiang hari pindahkan ke dua merpati di kandang yang terbuka kemudian beri makan dan minum.
  9. Setelah itu masukan kembali ke dalam kandang tertutup sampai malam hari, Agar proses cepat dimalam hari bisa kita berikan jamu yang bisa di beli di toko khusus hewan ataupun membuatnya .
  10. Lakukan langkah pemberian pakan dan juga mengurung di kandang tertutup dengan durasi 3-5 hari tergantung merpati itu sendiri.
  11. Setelah 3-5 hari lakukanlah pengetesaan apakah merpati sudah giring atau belum dengan cara pegang merpati betina di tangan kita lalu simpan merpati jantan di kurung . Apabila si merpati jantan gelisah dan ingin mendekati merpati betina berarti kita sudah sukses membuat merpati giring. Jika masih belum ulangi step di atas
  12. Cobalah test dengan cara melepas si merpati jantan dengan jarak jarak tertentu di tiap harinya apakah masih giring atau tidak.
  13. Pelajarilah Ciri ciri Burung Merpati Mau Bertelur agar kita tahu si merpati betina akan bertelur atau tidak, jika sudah dipastikan merpati akan bertelur lebih baik istirahatkan dlu
  14. Biarkan merpati bertelur dan mengeram selama kurang lebih 1 minggu , jika sudah 1 minggu usahakan bersihkan kandang dari eraman telur atau telurnya di malam hari agar tidak stress.
  15. Mandikan kembali dan jemur kedua merpati agar lupa dengan telurnya.

Berikut diatas adalah langkah ataupun 15 cara menggiringkan merpati dengan cepat , meski tidak semua merpati bisa giring keras dengan cepat . Setidaknya kita sudah coba agar si merpati cepat giring. Tips yang paling ampuh ada pada jamu yang akan kita berikan karena dengan jamu itu biasanya akan membuat si merpati lebih cepat birahi atau cepat kawin nantinya. Selain itu , teruslah untuk melatih si merpati di lapangan agar si merpati kita terus telatih dan akan membuat si merpati memiliki kualitas yang baik.

Setelah merpati yang kita giringkan sukses , agar meningkatkan kualitasnya lebih baik kita melatih dan juga terus merawat merpati kita di area tertentu agar memiliki kualias yang baik.

Cara Melatih Merpati agar Terbang Tinggi

ads
Cara ini adalah cara yang biasanya dilakukan oleh banyak orang karena dengan melatih merpati kita agar terbang tinggi disitu juga akan menunjukan bahwa merpati kita memiliki kecerdasann dan juga kualitas yang tinggi. Selain itu juga sudah di pastikan daya jual merpati kita akan tinggi dan juga akan berimbas pada hasil di perlombaan yang tidak menutup kemungkinan akan menjuarainya.

Berikut adalah beberapa cara agar merpati kita bisa terbang tinggi :

1. Perawatan dan makanan

Disini kita sudah diharuskan merawat merpati kita dengan baik  mulai dari perawatan kandangnya yang di rawat mulai dari kebersihan nya sampai juga tata letak si kandangnya . usahakan kandangnya jangan di dekatkan dengan wilayah yang membuat kenyamanan si merpati terganggu seperti wilayah yang bising ataupun banyaknya getaran di kandangnya yang akan membuat si merpati stress. Selain itu asupan nutrisi si merpati juga harus di jaga baik dari makanannya ataupun asupan vitamin tertentu agar si merpati dalam kesehatan yang baik.

2. Mengenalkan merpati di wilayah tertentu

Mengenalkan merpati di wilayah nya ataupun wilayah yang akan di jadikan arena kompetisi pun merupakan sesuatu yang wajib karena merpati akan beradapasi dengan wilayah yang akan dia terbangi ,melatihnya pun beragam  bisa dengan mencoba melatih merpati agar terbang rendah terlebih dahulu sebelum langsung melepaskan merpati agar terbang tinggi

3. Lakukan secara rutin dan terus menerus

Hampir semua cara melatih ataupun merawat merpati akan terkesan percuma apabila kita tidak melatih ataupun merawat merpati secara rutin dan terus menerus . Karena dengan melatih secara rutin akan membuat adaptasi si merpati lebih cepat dan juga mudah untuk membentuk karakter si burung merpati.

Tips Membeli Merpati

Berikut ini Saya berikan info dan tips bagaimana membeli merpati yang berkualitas tinggi, antara lain:

  1. Cari merpati yang bebas penyakit

Apabila kalian hendak membeli merpati setidaknya ajak teman ataupun saudara yang lebih mengenal merpati atau tahu  Ciri-Ciri Burung Merpati yang Berkualitas Tinggi karena dengan mengetahui ciri-ciri tersebut kita akan lebih awas dan telaten untuk membeli merpati. Jangan sampai kita membeli merpati yang punya penyakit atau malah sedang mengidap sakit karena jika kita membeli merpati yang sedang sakit bukan tidak mungkin akan menularkan kepada beberapa merpati lain atau bahkan dalam beberapa penyakit akan menular kepada kita sendiri. Oleh karena itu hal ini akan menjadi perhatian khusus bagi kita

2. Pilih merpati yang siap kawin

Tips selanjutnya yaitu pilihlah merpati yang siap kawin, karena merpati yang sudah siap kawin biasanya lebih mudah untuk di buat giring . Seperti yang sudah di jelaskan di awal umur merpati yang siap giring juga menjadi perhatian khusus agar kita tidak cape-cape menggiringkan akan tetapi si merpati belum siap kawin.

3. Pilih merpati yang sudah jinak

Mungkin ini faktor yang tidak terlalu di perhatikan karena beberapa tempat yang sudah menjual merpati akan menjual merpati jinak ,akan tetapi jika kalian mendapatkan merpati liar secara tidak sengaja lebih baik buatlah si merpati jinak terlebih dahulu terhadap kalian karena memilih merpati yang jinak merupakan tips yang wajib dicari buat kalian yang akan membeli merpati karena merpati yang jinak juga akan mudah untuk kita latih ,jika ingin mencari merpati yang jinak , sebaiknya lebih tau beberapa tipsnya.

Akan tetapi apabila kalian sudah tanggung memiliki merpati yang belum jinak, sebaiknya kalian cari tahu Cara Memelihara Burung Dara Merpati Agar Jinak  supaya kita lebih cepat membuat merpati menjadi jinak.

Selain informasi diatas, disini Saya informasikan juga terkait tutorial video tentang bagaimana menggiring merpati agar cepat dan keras.

Merpati akan menghasikan kualitas terbaik apabila secara perawatan dan juga asupan nutrisi yang baik di berikan kepada merpati kita.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 27th, October 2017 / 06:59 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan