Sponsors Link

17 Cara Memilih Burung Merpati Balap yang Berkualitas

Sponsors Link

Ingin mendapatkan burung Merpati Balap dengan kualitas yang bagus memang agak membingungkan bila anda tidak mengetahui cara yang tepat untuk memilih burung tersebut. Cara memilih burung Merpati Balap yang tetap tentunya tidak dapat kita lepaskan dari ciri-ciri burung Merpati Balap yang berkualitas itu sendiri seperti apa. Untuk itu, anda harus mengetahui bagaimana cara memilih serta ciri-ciri burung Merpati Balap yang berkualtias agar anda tidak membuang uang anda sia-sia.

ads

Berikut ini adalah beberapa cara memilih burung Merpati Balap yang dapat anda terapkan. Dengan menjalankan cara-cara di bawah ini, kemungkinan besar anda akan mendapatkan burung Merpati Balap dengan kualitas yang sangat bagus.

Baca juga:

1. Lihat Indukannya

Daun tidak akan jatuh jauh dari pohonnya. Mungkin ungkapan peribahasa itu sangat tepat untuk menggambarkan pentingnya anda dalam mengamati indukan burung Merpati Balap yang hendak anda beli atau pelihara. Faktor genetik tidak bisa dipungkiri menjadi salah satu penentu sejauh apa atau sebagus apa burung Merpati Balap yang masih kecil dapat berkembang. Walaupun memang latihan dan perawatan yang baik juga harus anda lakukan agar burung Merpati Balap benar-benar dapat berkembang dengan baik.

Namun demikian, sebaiknya anda tidak melupakan bagaimana faktor genetik yang juga berperan cukup besar dalam perkembangan atau pertumbuhan burung Merpati Balap, atau hewan pada umumnya. Burung yang berasal dari indukan yang baik, lincah, terbang dengan lancar dan sehat atau ciri-ciri unggul lainnya sudah pasti memiki potensi berkembang yang sangat baik. Baca juga: Cara Beternak Burung Parkit

2. Amati Postur Tubuh

Burung Merpati Balap yang berkualitas juga akan memiliki postur tubuh yang baik. Artinya adalah, burung anda harusnya memiliki postur yang tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Postur tubuh yang ideal ini akan sangat membantu burung anda saat terbang. Semua burung Merpati Balap yang berkualitas pasti memiliki postur tubuh yang ideal sehingga dapat mendukung performanya saat terbang.

Postur tubuh Merpati Balap yang baik adalah postur tubuh streamline yang akan memungkinkan burung merpati terbang dengan lincah dan juga gesit. Baca juga: Cara Memelihara Burung Puyuh

3. Amati Seberapa Cepat Dia Terbang

Burung Merpati Balap yang berkualitas unggul dapat menerbangkan dirinya dalam kecepatan yang tinggi. Hal itu memang menjadi idaman banyak orang, selain juga dapat anda gunakan sebagai salah satu ciri dan cara untuk mengamati apakah burung Merpati Balap yang anda lihat itu berkualitas atau tidak.

4. Perhatikan Lehernya

Bentuk dan ukuran burung Merpati Balap sangat mempengaruhi kelincahan burung saat terbang. Burung Merpati Balap yang berkualitas memiliki leher yang berukuran sedang dan saat anda pegang terasa kencang dan kuat. Sebaiknya anda menghindari burung Merpati Balap dengan leher yang panjang karena hal itu mencirikan kebiasaan burung yang terbang dengan tidak fokus sehingga kecepatan biasanya akan berkurang. Sebaliknya, jangan memilih yang terlalu pendek karena hal itu biasanya mencirikan kebiasaan burung Merpati Balap yang kurang lincah.

Sponsors Link

5. Amati badannya

Burung Merpati Balap dengan kualitas yang unggul akan memiliki bentuk badan yang tegap dan kuat. Terutama para pejantannya. Anda dapat mengamati bentuk badan burung Merpati Balap anda untuk mengetahui dengan tepat apakah dia bisa terbang dengan lincah dan cepat saat di udara. Postur badan yang tegap menunjukkan bahwa dia lincah dan juga cepat saat mengudara.

Beberapa ciri badan yang lebih spesifik antara lainukuran badan yang sedang dan berbentuk bulat berisi; badan enak dan lentur saat dipegang seperti bola karet; daging otot yang memenuhi badan dari dada sampai belakang; berat badan yang sedang dan tidak terlalu ringan atau berat. Baca juga: Cara Memelihara Burung Lovebird

6. Amati dadanya

Burung Merpati Balap dengan kualitas yang unggul akan memiliki dada yang tegap dan kuat. Terutama para pejantannya. Anda dapat mengamati bentuk dada bersamaan dengan badan burung Merpati Balap anda untuk mengetahui dengan tepat apakah dia bisa terbang dengan lincah dan cepat saat di udara. Postur badan yang tegap menunjukkan bahwa dia lincah dan juga cepat saat mengudara.

7. Perhatikan sayapnya

Burung Merpati Balap yang berkualitas akan memiliki sayang yang cukup panjang. Pada saat posisi terlipat, posisi sayap tersebut akan sama panjangnya dengan ujung ekor burung Merpati anda, atau ujung sayap berada pada posisi sepanjang ujung ekor burung Merpati Anda. Bila tidak demikian, minimal ujung sayap nya tidak akan terlalu jauh dari ujung ekor burung Merpati anda.

Bulu sayap burung Merpati yang bagus memiliki ukuran yang tebal, dan terasa halus apabila anda pegang. Ukurannya cukup panjang dan lentur dengan ujung yang agak meruncing. Tulang bulunya cukup keras dan bulunya kering namun terdapat sebuah lapisan yang mirip dengan lapisan lilin yang tidak mudah untuk dirusak.

Daging sayap atau otot lengan sayap burung Merpati Balap yang bagus agak tebal dan lentur atau memiliki tingkat kekenyalan yang sedang. Dengan tekstur daging sayap seperti ini, ditambah dengan tekstur sayap pada umumnya, akan membuat burung Merpati Balap anad dapat terbang dengan cepat dan mudah memenangkan perlombaan.

Sementara itu, sirip sayap yang ada pada lembaran-lembaran di tepi sayap berbentuk lurus dan tidak melengkung. Bagian sirip luarnya berbentuk melengkung sih, tetapi bila anda ingin dapat burung dengan kualitas yang luar biasa anda harus memilih burung yang memiliki sirip luar yang lurus dan penuh. Selain itu, helai paling luar dari bulu sayap haruslah memiliki panjang yang terpanjang dibandingkan dengan helai bagian bulu yang lainnya.

Baca juga:

ads

8. Mengamati Paruhnya

Burung Merpati Balap dengan kualitas yang bagus memiliki paruh yang berukuran kecil atau sedang, atau tidak terlalu panjang. Bila anda sulit mengukurnya, bayangkan saya paruh puter, namun ukurannya lebih pendek lagi. Bila anda ingin memiliki burung Merpati Balap yang berkualitas, jangan lupa untuk mengamati paruh burung anda. Bila paruhnya pendek, dapat anda pertimbangkan lebih lanjut untuk memelihara dan mengadu burung ini karena kemungkinan besar dia memiliki kemampuan yang bagus.

9. Mencermati Hidung Burung Merpati Balap Anda

Dengan mencermati hidung burung Merpati Balap, anda dapat menilai apakah dia memiliki kualitas yang bagus atau tidak. Burung Merpati Balap dengan kualitas yang bagus memiliki ciri-ciri hidung sebagaimana di bawah:

1. Ukurannya adalah besar, cukup panjang dan menggembung tapi secara genetik bukan turunan dari jenis prambon Merpati Pos. Warna hidungnya kapur pekat, dengan pangkal hidung bagian bawah menjorok kebelakang.

2. Bila jenisnya dari Merpati Prambon, hidung yang bagus adalah berukuran besar, panjang, serta melekat ke paruh burung Merpati Balap anda. Pada hidung seperti ini akan terlihat garis-garis samar sejajar warna merah pada seluruh hidung saat berwarna putih pekat, ditambah lagi dengan pangkal hidung bawah yang berbentuk menjorok kebelakang.

3. Bila berasal dari spesies Jawa, maka hidung yang baik berbentuk kecil, menggembung dengan adanya strain Jawa, Jawa Deles, atau Jawa Sungut. Warna hidung ini adalah kapur pekat, dengan pangkal hidung bawah yang juga menjorok kebelakang. Ini salah satu ciri merpati unggul.

10. Lihat Kepalanya

Burung Merpati Balap dengan kualitas yang bagus akan memiliki batok kepala dengan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kepala belakangnya. Lazimnya hal ini dianggap sebagai tanda bahwa Merpati Balap tersebut lebih pintar daripada berkepala kecil. Sebabnya adalah otak yang besar dianggap lebih baik dibandingkan dengan otak yang kecil.

Ciri Lainnya (11-18)

Selain 10 cara memilih Merpati Balap di atas, kamu juga bisa menerapkan cara memilih di bawah ini lo. Cara-cara tambahan selain 10 cara di atas adalah sebagai berikut:

    • Perhatikan mata Merpati Balapmu. Carilah mata yang tajam dan kecil dengan pupil bulat kecil hitam legam dan tidak pecah. Sementara warna mata di luar pupil haruslah jernih, atau kuning, atau kuning campur merah atau bila tidak demikian terdiri dari 3 warna yang beda.
    • Amati tulang supit Merpati Balapmu. Carilah tulang supit dengan tekstur yang keras dan kokoh atau kuat.
    • Perhatikan kaki burung Merpati Balapmu. Carilah kaki yang kelihatan panjang, kering dan mbesik. Ada pula yang menyarankan untuk mencari burung Merpati dengan kaki yang bila dipegang akan mendorong ke belakang sejajar dengan ekor.
    • Perhatikan pinggang atau brutu calon Merpati Balapmu. Carilah pinggang yang memiliki jarak yang tidak renggang dari badan sehingga membuat burung memiliki keseimbangan yang bagus dengan indikasi pada saat terbang turun lambat atau turun berbelok pinggahnya
    • Lihat ekor baik-baik. Bulu ekor Merpati Balap yang bagus adalah bulu yang tebal dan rapat serta lentur namun kokoh. Ukuran panjangnya proporsional dan saat dipegang ekornya akan turun ke bawah.
    • Raba perutnya. Bila setelah anda raba terasa berisi dan luntur, pilihlah burung tersebut karena itu berarti burung ini termasuk burung yang berkualitas.Perhatikan kekuatan mentalnya.

Selain beberapa informasi yang bermanfaat diatas, berikut ini kami berikan informasi berupa panduan visual yang bisa memudahkan anda memilih burung merpati balap yang bagus dan berkualitas.

Burung Merpati Balap yang bagus berarti burung merpati yang siap diadu di manapun dan kapanpun. Oleh karena itu anda harus memilh burung merpati yang memiliki mentalitas yang sudah teruji. Ciri-cirinya adalah dia tidak menyerah walaupun harus ditarung dengan burung lain atau saat dia mengalami kesulitan terbang tertentu.

Itulah beberapa cara untuk memilih Merpati Balap yang berkualitas dan layak untuk anda beli. Jangan lupa untuk mengamati dengan lebih jeli serta membawa teman yang lebih paham atau sudah pakar saat hendak memilih burung agar anda benar-benar yakin bahwa burung anda sudah berkualitas.

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 13th, September 2017 / 07:44 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan