Sponsors Link

17 Cara Merawat Lovebird Agar Ngekek Panjang

Sponsors Link

Bagi para pencinta burung, pastinya sudah tidak asing dengan jenis burung yang satu ini. Lovebird adalah jenis burung yang berada di kelompok genus Agapornis, selain memiliki keindahan fisik burung ini juga memiliki suara khas yang menjanjikan. Burung yang memiliki paruh bengkok ini memiliki suara khas yang biasanya di sebut ngekek. Ngekek sendiri adalah sebutan untuk suara dari burung lovebird yang memang menyerupai suara tembakan dengan irama dan nada yang cepat.

ads

Tak ayal banyak pecinta burung kicau akan menyukai jenis burung yang masih satu keluarga dengan Psittaculidae ini. Karena burung lovebird ini juga memiliki motif berwarna – warni dengan bulu yang beragam nan indah. Salah satu faktor ini adalah hal yang menarik minat pecinta burung yang tak terlalu suka akan tipe burung gacoran.

Lovebird jenis salim misalnya, wajahnya yang umumnya bewarna merah muda sangat memanjakan dan memikat para pecinta keindahan burung. Jenis ini bahkan memiliki motof – motif menawan selain warna putih melingkar dibagian dekat mata yang sebenarnya mengililingi bola matanya.

baca juga: Ciri ciri Burung Merpati Mau Bertelur

Hanya saja, bagi para pecinta kicau burung mania, membuat si lovebird untuk ngekek dengan durasi panjang tidaklah hal yang mudah. Jika memelihara burung lovebird dengan tujuan utama agar bisa menjadi burung kicauan, maka tentunya bukanlah pekara yang instan. Karena pola dari perawatan lovebird agar bisa ngekek dalam durasi yang lama sejalan dengan pula makan dengan pakan – pakan terbaik tentunya akan berpengaruh. Tentunya jika si burung lovebird dapat terlengkapi semua nutrisinya, sekaligus dirawat dengan baik setiap harinya, peluang untuk mendapatkan suara ngekek yang lama akan lebih besar.

baca juga : cara memelihara burung lovebird

Mempunyai burung lovebird yang bisa ngacor ngekek panjang adalah impian terbesar bagi kebanyakan pecinta kicauan burung. Walaupun harus dilakukan dengan perawatan rutin dan konsisten. Namun jika sudah mempunyai lovebird yang bisa ngekek panjang tentunya akan memperbesar peluang untuk menjadi sang juara di berbagai perlombaan. Memiliki banyak piagam, prestasi segudang dan tentunya akan jauh menaikkan nilai jual. Apalagi jika berencana untuk menggeluti usaha jual beli lovebird, tentunya akan sangat menguntungkan jika bisa menghasilkan lovebird terbaik.

Meskipun ada beberapa pengusaha lovebird terbaik yang mampu menghasilkanbanyak lovebird yang mampu ngekek lama. Tapi tak semua rahasia maupun trik mudah didapatkan. Pasalnya, para pengusaha akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda bila berhasil mendapatkan lovebird dengan suara terbaik. Itulah salah satu penyebab susahnya mencari tips agar lovebird dapat ngacor dan ngekek lama. Namun demikian, berikut 17 cara agar lovebird dapat ngekek dengan durasi lama :

1. Pakan

Sudah bukan sebuah rahasia bahwa pakan maupun kebutuhan nutrisi adalah hal vital bagi semua jenis burung kiacauan. Burung manapun akan menghasilkan kiacauan yang optimal jika diberikan pakan yang berkualitas. Sama halnya dengan burung lovebird, jika asupan nutrisinya tercukupi sehingga metabolisme tubuhnya juga akan lancar sehingga burung lovebird akan terjaga kesehatannya. Tentunya burung lovebird yang mampu ngekek dengan durasi yang lama adalah burung yang sehat. Jadi kesehatan sangat berpengaruh pada kicauan sang burung. Semakin aktif dan sering ngekek adalah burung lovebird yang sehat dan terhindar dari gangguan nutrisi. (baca juga: Cara Memelihara Burung Kakatua)

2. Melakukan Proses Pengembunan

Biasanya banyak pemilik lovebird yang berhasil melakukan sebuah “ritual” pengembunan. Selain memandikannya, ada baiknya burung lovebird menjalani proses ini agar burung lovebird tetap merasa segar bugar dan sehat. Terapi ini biasanya di mulai saat subuh hingga matahari kembali terbit. (baca juga: Cara Memelihara Burung Walet)

Sponsors Link

3. Proses Memandikan

Biasanya, setelah melakukan terapi pengembunan yang dilakukan semenjak subuh, lovebird akan dimandikan. Memandikan lovebird sebenarnya bisa dengan berbagai cara. Tapi dengan cara disemprot atau menggunakan hand sprayer adalah metode paling umum. Walaupun pada umumnya para pencinta burung akan memandikan burung – burung mereka dalam keramba ataupun bak mandi. Untuk lebih efektif, cobalah menggunakan metode semprot ini. Semprotlah dengan halus dari bagian kepala tapi tetap usahakan tidak mengenai bagian mata. (baca juga: Cara Memelihara Burung Murai )

4. Penjemuran

Lakukanlah penjemuran beberapa jam setelah anda melakukan penyemprotan untuk memandikan lovebird. Waktu yang diperkirakan ideal untuk proses penjemuran lovebird adalah jam 10 pagi. Tapi tentunya anda tetap harus memantau dan memastikan tempat untuk menjemur lovebird bersih dari berbagai macam penggangu. Para predator pastinya berbahaya bagi lovebird, seperti ular, semut, kucing, tikus dan berbagai macam pengganggu lainnya. (baca juga: Cara Memelihara Burung Perkutut )

5. Proses “Penganginan”

Pernah mendengar terapi mengangin – anginkan burung kiacauan anda? Ya, Lovebird termasuk burung yang suka mendapatkan perlakuan tersebut. Proses melakukan pengangin – anginan termasuk kedalam proses yang vital. Karena burung lovebird juga tetap harus bisa beradaptasi dari segala macam suhu. Misalnya saja perpindahan dari suhu yang tinggi ke suhu yang rendah. Perpindahan suhu yang ekstrem, terutama bagi lovebird yang masih belum terbiasa beradaptasi akan menggangu kesehatannya. Oleh karena itu, proses ini sangat penting untuk dilakukan. (baca juga: Cara Merawat Burung Kutilang)

6. Memberikan Makanan Bayam

Memang terdengar agak aneh, tapi pemberian bayam diyakini ampuh untuk menjaga kesehatan dan kebugaran lovebird. Selain pemberian pakan burung yang biasa, cobalah berikan bayam untuk lovebird anda. Caranya hanya dengan memberikan lembaran bayam utuh yang akan dikaitkan didalam sangkar. Pastikan anda telah mencuci bersih tiap lembaran bayam terlebih dahulu. Kandungan asam folat dan zat besi yang ada di dalam bayam akan menjaga stamina lovebird. Bayam juga baik untuk menjaga pencernaan, karena kaya akan kandungan serat. Kandungan dari kalsium dan juga magnesium yang dimiliki bayam akan baik untuk ketahanan tulang hingga lovebird tidak akan mudah lelah ketika berdiri lama bahkan untuk lomba sekalipun. Vitamin A yang ditemukan dibayam juga baik untuk nutrisi penglihatan mata. (baca juga: Ciri-Ciri Burung Merpati)

7. Terapi Pemasteran

Beberapa dari pecinta burung kicauan pasti telah akrab dengan terapi ini. Mereka pastinya pernah atau bahkan sering melakukan terapi latihan dari vokal pemasteran. Karena seperti halnya burung kicau lainnya, lovebird akan otomatis mengikuti jika da suara ngekek dari burung lovebird lainnya. Hingga pada akhirnya lovebird akan mulai terbiasa dan menjadi semakin terlatih dengan suara kicauan yang sering dia dengar. Tentunya anda harus berusaha mendengarkan dan menstimulasi dengan suara ngekek lovebird terpanjang. (baca juga: Ciri-ciri Jalak Kebo Jantan Masih Muda)

ads

8. Menjaga Kebersihan Kandang

Siapapun bahkan apapun akan menjadi stress dan mengurangi tingkat kesehatan apabila berada dilingkungan yang kotor. Begitu juga halnya dengan burung lovebird, kebersihan kandang atau sangkar adalah hal yang wajib. Rutinlah membersihkan tempat tinggal lovebird anda agar ia tidak mudah terjangkit berbagai penyakit. Pembersihan ini tidak hanya untuk bagian badan kandang maupun sangkar, tapi juga lengkap dengan segala macam aksesoris yang ada, seperti wadah minum, tempat pakan bahkan tempat tangkringannya. (baca juga: Ciri-ciri Pleci Merapi )

9. Pemberian Multivitamin

Selain rutin memberikan pakan harian, pemberian multivitamin akan menambah level performa dari lovebird. Multivitamin berfungsi untuk menunjang keoptimalan dari suara kicau sang lovebird. Karena pada dasarnya, multivitamin adalah pembantu dari pakan harian. Jadi pemberian multivitamin akan menunjang asupan nutrisi dari loverbird. (baca juga: Cara Memelihara Burung Beo)

10. Setelan Menu Pakan

Pemberian variasi dari pakan lovebird diasumsi sangat manjur dalam pengoptimalan perkembangan lovebird termasuk dalam level kemampuan berkicaunya. Jadi usahakan memberikan berbagai variasi untuk pakan harian lovebird agar semua kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi. Karena ada berbagai macam dampak buruk jika pakan tidak pernah divariasikan, misalnya saja terjadi obesitas yang pastinya akan menyebabkan kemacetan dari kicauannya. (baca juga: Cara Memelihara Burung Puyuh)

11. Pemberian Ekstra Fooding

Sesuai dengan namanya, ekstra food adalah makanan tambahan. Makanan ekstra untuk lovebird seperti sayur-sayuran segar dan berbagai jenis buah juga tidak dapat diabaikan. Ekstra food seperti jagung muda, touge, atau kangkung diyakini membuat lovebird lebih sering membuka paruhnya. (baca juga: Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari)

12. Memancing Suara Ngekek

Seperti halnya pemasteran, cara memancing ngekek ini juga dilakukan agar lovebird kembali meniru suara yang hampir sama dengan suara aslinya. Caranya cukup mudah dan sederhana, cukup pancing dengan kalen bekas dan berisi batu kecil hingga akan berbunyi mirip suara ngekek bila digoyangkan. (baca juga: Cara Memelihara Burung Kenari)

13. Pelatihan

Selain adanya pemasteran, lovebird juga diharuskan untuk mengikuti semacam latihan khusus. Ada beberapa jenis alat yang bisa dipakai untuk melatih ngekek burung lovebird. Alat tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah ditoko atau membuatnya sendiri secara manual.

14. Latih Ketahanan Mental

Tentu saja melatih lovebird tanpa ada saingan adalah hal yang cukup mudah. Tapi tidak semua lovebird memiliki mental yang kuat. Jadi cobalah biasakan membawa lovebird ketempat lomba, hingga ia akan mulai terbiasa dengan lingkungan tersebut dan tetap berani ngekek sempurna. (baca juga: Cara Beternak Burung Parkit)

15. Mandi Hujan

Semenjak dahulu, para pencinta burung kicau telah banyak tahu dengan kemanjuran proses ini. Tidak hanya dengan rutin memandikannya, namun cobalah biarkan ia mandi dibawah air hujan selama beberapa menit. Lovebird sangat menyukai metode pemandian ini dan akan memicu agar dia bisa lebih sering ngekek.

16. Istirahat

Lovebird tentunya butuh istirahat yang memadai agar kondisi tubuhnya tetap optimal dan terjaga. Setelah melakukan rangkaian proses diatas, istirahat menjadi bagian dari proses yang tidak bisa ditinggalkan.

17. Keturunan

Terakhir adalah mengetahui garis keturunan. Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor genetik atau garis keturunan sangat berpengaruh pada suara kicauan. Lovebird yang berasal dari keturunan yang memiliki riwayat ngekek yang bagus tentunya berpeluang lebih besar untuk menjadi lovebird terbaik juga.

Selain beberapa informasi bermanfaat diatas, berikut ini terdapat panduan berupa video yang bisa memudahkan anda dalam merawat lovebird agar mampu mengekek panjang.


baca juga : cara menurunkan birahi lovebird betina

Demikian penjelasan lengkap bagaimana perawatan tepat dan praktis burung lovebird agar selalu bisa mengekek panjang dibandingkan dengan burung lovebird lainnya. semoga memberikan manfaaat bagi para pencinta burung khususnya burung lovebird. Salam.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 19th, September 2017 / 04:51 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan