Sponsors Link

17 Cara Merawat Burung Kutilang biar Gacor dan Jinak

Sponsors Link

Kutilang adalah salah satu jenis burung yang pada umumnya tidak begitu menarik perhatian orang karena suaranya yang tidak terlalu bagus. Walaupun demikian, ada banyak pecinta burung yang mencari burung kutilang untuk dipelihara, agar mereka dapat memiliki kutilang yang mampu bersuara dengan cantik melalui serangkaian proses pemeliharaan tertentu. Dengan kata lain, dengan cara memelihara burung kutilang yang baik, anda dapat membuat burung kutilang anda memiliki suara yang bagus serta sehat dan terbebas dari berbagai jenis penyakit.

ads

Berikut ini adalah cara memelihara burung kutilang yang dapat anda lakukan secara mandiri. Setelah melalui langkah-langkah perawatan ini, semoga burung kutilang anda dapat bersuara dengan indah serta sehat tanpa penyakit apapun.

Baca juga:

1. Memulai pemeliharaan sejak bayi

Langkah yang paling penting dalam pemeliharaan kutilang agar dia mampu memiliki suara yang indah adalah dengan cara merawatnya sejak kecil. Kalau perlu, anda memeliharanya sejak dia baru lahir dari induknya, masih tidak memiliki bulu dan lain-lain. Hal itu perlu dilakukan agar kutilang anda tidak terlanjur menirukan suara master yang dikeluarkan oleh induknya (dengan catatan sang induk memiliki suara master kutilang asli yang kurang begitu cantik).

Dengan melakukan hal ini, anda akan meningkatkan kemungkinan kutilang anda dapat menguasai suara master yang lain. Pada tahap selanjutnya anda hanya perlu membuatnya mendengar suara kicauan burung master lain yang memiliki suara bagus.

2. Mengasingkan dari burung kutilang liar

Cara memelihara burung kutilang yang berikutnya agar dia mampu memiliki suara yang bagus adalah dengan mengasingkannya dari burung kutilang liar. Hal ini perlu anda lakukan agar kutilang kecil anda tidak menirukan suara kicauan dari burung kutilang liar yang berada di sekitarnya.

Burung kutilang kecil, atau burung yang masih kecil pada umumnya akan mencari contoh bagaimana cara berkicau dan suara kicauan seperti apa yang mereka perlu keluarkan. Dengan mengasingkannya dari burung kutilang liar, seperti misalnya menaruh kandangnya di tempat yang jarang didatangi oleh kutilang liar, anda dapat menjamin kutilang kecil anda tidak akan memiliki suara master burung kutilang pada umumnya.

3. Menyandingkan dengan satu burung masteran

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, burung kutilang kecil anda akan membutuhkan contoh atau model untuk berkicau. Oleh karena itu, anda dapat menyandingkan burung masteran di dekat kandangnya agar dia menirukan suara kicauan burung tersebut. Dengan cara ini maka burung kutilang kecil anda akan belajar perlahan-lahan bagaimana cara berikicau dari burung masteran yang anda berikan padanya.

Sebaiknya anda tidak memberikan terlalu banyak burung masteran pada burung kutilang kecil anda. Satu jenis burung master sudah cukup untuk membuat burung kutilang kecil anda belajar bagaimana cara berkicau. Apabila anda memberikan terlalu banyak burung master, hal itu malah dapat membuatnya kebingungan dan mengalami stress karena dia mendengar banyak suara yang berbeda-beda dan sulit untuk dia tirukan sekaligus.

Baca juga:

4. Mendengarkan kaset master untuk burung kutilang

Hal ini adalah salah satu cara alternatif untuk membuat burung anda belajar bagaimana cara berkicau. Terutama, apabila anda sulit untuk mencarikan burung masteran, atau tidak ingin kerepotan karena harus merawat burung master juga.

Anda bisa memperdengarkan rekaman atau kaset master untuk burung kutilang anda pada pagi hari atau pada saat yang lain di mana burung anda cenderung aktif belajar berkicau. Anda dapat memutarnya dengan melalui tape recoder, hp, atau alat pemutar musik lainnya yang mudah untuk diutak-atik dan dibawa ke mana-mana.

Sponsors Link

5. Mengajari bersiul

Langkah berikutnya untuk membuat burung kutilang anda dapat belajar berkicau dengan cepat adalah dengan cara mengajarinya bersiul. Anda dapat mengajarinya bersiul dengan cara bersiul-siul saat anda memberinya makan atau memandikannya.

Lambat laun burung kutilang anda akan hafal dengan suara tersebut sehingga dia juga akan berlatih untuk menirukannya. Apabila anda memiliki burung master sekaligus, cara ini masih dapat anda lakukan untuk merangsang kemampuan siul yang lain dari burung kutilang. Bisa jadi burung kutilang anda akan memiliki dua suara yang sama-sama indahnya.

6. Mengganti air minum dengan rutin

Air minum adalah salah satu hal yang penting dalam pemeliharaan burung, termasuk burung kutilang. Dengan air minum yang sehat, burung kutilang anda akan tumbuh dengan lebih baik. Sistem pencernaan dan peredaran darahnya akan lancar dan kuat, sehingga burung kutilang anda akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.

Sebaiknya anda rutin mengganti air minum burung kutilang anda setiap hari sebanyak satu kali per hari. Sediakan air baru dalam jumlah yang cukup agar burung kutilang anda meminumnya dari situ. Pemberian air yang rutin ini juga akan membantu kicauan burung kutilang anda lebih bertenaga.

7. Membersihkan kotoran di kandang dengan rutin

Kotoran merupakan habitat tumbuh kembangnya bakteri kotor apabila tidak ditempatkan pada tempat yang baik. Kotoran yang terlalu lama menumpuk di kandang, dapat menimbulkan bau tidak sedap yang mengganggu burung kutilang anda, serta meningkatkan resiko serangan bakteri pada burung kutilang anda. Dengan demikian, anda harus membersihkan kotoran dari kandangnya secara rutin.

Anda dapat membersihkan kotoran di kandang burung kutilang anda setiap hari pada saat pagi atau sore hari. Apabila anda terlalu sibuk dan tidak bisa melakukannya setiap waktu, maka lakukanlah sebanyak sekali setiap tiga hari atau kurang dari itu. Pada intinya, semakin sering anda membersihkan kotoran burung kutilang dari kandangnya, semakin rendah potensi munculnya bakteri buruk yang berkembang biak di tengah kandang tersebut.

Baca juga:

ads

8. Memandikan dengan sprei yang lembut

Kutilang juga perlu untuk dimandikan. Dalam memandikan burung kutilang, sebaiknya anda menggunakan kain yang lembut, seperti kain sprei. Hal itu diperlukan agar anda tidak melukai burung kutilang anda. Sekedar membuatnya lecet juga harus anda hindari karena hal itu tetap dapat mempengaruhi kejiwaan burung kutilang anda.

Dengan sprei yang lembut, anda juga dapat membersihkan dengan lebih menyeluruh karena dapat menggesekkannya dengan lebih kuat pada burung kutilang anda. Dengan catatan, gesekan tersebut tidak sampai membuat burung kutilang anda merasa tertekan atau kesakitan.

9. Menggantungkan sangkar di teras rumah

Pada pagi hari, burung kutilang anda akan cenderung aktif. Agar dia dapat berkembang dengan baik, anda harus memberinya pemandangan yang indah. Salah satu caranya, adalah dengan menggantungkan sangkarnya di depan teras rumah anda.

Menggantungkan sangkar di teras rumah akan membantu kutilang anda untuk menikmati suasana baru. Dengan demikian, dia akan lebih bersemangat untuk berkicau dan bergerak aktif. Selama anda menggantungnya di teras, anda juga dapat menyandingkannya langsung dengan burung master agar burung kutilang anda mengamati dan menirukan kicauannya.

10. Memberi pakan jangkrik

Jangkrik adalah salah satu jenis pakan yang sangat baik untuk berbagai jenis burung. Walaupun jangkrik bukan pakan utama, namun jangkrik tetap mengandung nutrisi yang diperlukan oleh burung kutilang anda. Dengan catatan, anda tidak memberinya jangkrik secara terus menerus. Sebab pemberian pakan yang monoton justru bisa membuat kutilang anda merasa stress.

Anda dapat memberinya jangkrik dalam selang waktu beberapa hari, atau bisa juga menjadikannya menu rutin pada hari-hari tertentu. Setiap kali makan, anda bisa memberinya sekitar dua atau lebih jangkrik yang berukuran sesuai dengan paruh yang dimiliki oleh burung kutilang anda. Semakin besar burung kutilang, tentunya semakin banyak jangkrik yang dapat ia makan.

11. Memberi pakan buah pisang

Pisang adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak menjadi favorit banyak burung. Burung kutilang juga menganggap pisang merupakan salah satu makanan yang paling favorit baginya. Terbukti dari bagaimana lahapnya berbagai jenis burung saat diberi makan pisang. Untuk pisang ini, anda dapat menjadikannya menu harian bagi kutilang anda.

Satu buah pisang dapat anda jadikan menu makanan selama satu hari atau lebih, tergantung seberapa besar kutilang yang anda miliki. Tentunya semakin banyak kutilang anda, dan semakin besar mereka, kebutuhan untuk energi dan nutrisi dari makanan mereka seperti pisang juga akan mengalami peningkatan. Untuk itu, sebaiknya anda memberikan pakan buah pisang dengan menyesuaikan umur serta besar tubuh mereka.

Pisang yang anda berikan untuk kutilang anda sebaiknya pisang yang berkualitas pula. Jangan memilih pisang yang sudah hampir busuk dan bahkan memiliki belatung di dalamnya. Namun jangan pula memilih pisang yang terlalu keras dan rasanya masam. Bayangkanlah bahwa anda sedang memilihkan pisang untuk diri anda sendiri, pastinya anda akan memilih pisang ayng terbaik untuk diri anda bukan? Begitu pula yang harus anda lakukan untuk kutilang kecil anda agar ia tumbuh dengan sehat dan sempurna.

12. Memberi makan buah pepaya

Apabila buah pisang terlalu sulit untuk anda temui di daerah anda, atau apabila harganya terlalu mahal, maka yang dapat anda berikan pada burung kutilang anda selain pisang adalah buah pepaya. Buah pepaya secara umum memiliki tekstur yang hampir mirip dengan buah pisang. Kandungan mereka juga tidak jauh berbeda, walaupun ada keunggulan-keunggulan tertentu pada masing-masing buah tersebut. Namun yang terpenting adalah, burung kutilang anda menyukai makanan yang anda berikan untuknya. Dan selain buah pisang, buah pepaya adalah salah satu buah yang disukai oleh kutilang anda.

Selain 12 cara di atas, berikut adalah cara memelihara kutilang yang lainnya:

  1. Menjemur di pagi hari.
  2. Memberi makan pagi.
  3. Memberi makan siang.
  4. Tidak mengerodong di siang hari.
  5. Mengerodong di saat hendak tidur/malam hari.

Baca juga:

Itulah cara-cara merawat burung kutilang yang dapat anda lakukan. Selamat merawat burung kutilang anda!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 10th, August 2017 / 10:06 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan