Sponsors Link

13 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Betina Jitu + Video

Sponsors Link

Setiap pemelihara hewan pasti pernah mengalami masalah tertentu yang menimpa hewan peliharaannya, apakah jatuh sakit, malas makan, atau masalah lainnya. Demikian pula dengan hewan peliharaan berupa burung. Salah satu masalah yang cukup sering menimpa burung peliharaan adalah over birahi atau birahi yang berlebihan sehingga kelakuannya menjadi tidak normal seperti biasanya. Baik over birahi maupun turun birahi sama-sama tidak baik bagi burung. Jika over birahi ia menjadi lebih agresif dan berlebihan sementara turun birahi menyebabkan ia terlihat lesu, malas, dan tidak bersemangat.

ads

Baca juga: ciri burung merpati – cara memandikan perkutut

Idealnya burung peliharaan berada pada kondisi birahi normal sehingga tetap bersemangat namun tidak berlebihan. Apalagi untuk burung peliharaan yang sengaja dilatih untuk dilombakan. Kondisi turun birahi dan over birahi sangat tidak diharapkan karena latihan yang diberikan menjadi tidak berguna. Ketika birahinya tidak stabil ia tidak akan mampu tampil maksimal sehingga sulit menang saat lomba.

Salah satu jenis burung peliharaan yang bisa terkena over birahi adalah jenis lovebird baik lovebird jantan maupun betina. Pada artikel kali ini kita akan membicarakan mengenai cara menurunkan birahi pada lovebird betina. Tidak seperti lovebird jantan, lovebird betina yang mengalami over birahi terlihat lebih pendiam daripada biasanya. Jika biasanya anda sering mendengar ia berkicau dan suatu hari menjadi lebih pendiam maka bisa jadi ia mengalami over birahi. Selain itu lovebird betina yang over birahi juga dapat dilihat dari kebiasaan barunya mencabuti bulu di bagian dada sehingga mengurangi kecantikannya. Ia juga terlihat tidak tenang, agresif, galak, serta tidak atau kurang mengacuhkan anaknya.

Baca juga: cara merawat cucak ijo bakalan – cara merawat burung kutilang

Lantas bagaimana jika lovebird betina yang dipelihara menunjukkan tanda-tanda over birahi sehingga membuat pemiliknya khawatir dan tidak memungkinkan diikutkan lomba? Tenang dulu, sebagai pemilik anda tidak perlu panik karena hal ini bukan hal yang aneh dan dapat diatasi dengan beberapa cara berikut:

1. Mandikan lebih sering

Cara yang cukup sering dianjurkan oleh para pemelihara burung untuk menurunkan birahi lovebird betina adalah dengan memandikannya lebih sering daripada biasanya. Jika ia biasa mandi sekali sehari maka ketika over birahi lovebird betina dapat dimandikan 2 hingga 3 kali sehari. Namun untuk melakukan cara ini harus tetap diperhatikan kondisi tubuh lovebird dan waktu memandikannya. Seperti jangan dimandikan terlalu pagi dan apakah kondisi tubuhnya masih memungkinkan untuk dimandikan. Jangan sampai tujuannya ingin menurunkan birahi lovebird namun yang terjadi justru lovebird kesayangan anda jatuh sakit karena kedinginan.

2. Diembunkan dan dijemur sebelum dimandikan

Sebelum mandi pagi lovebird betina yang over birahi sebaiknya diembunkan hingga sekitar jam setengah 7 pagi. Setelah itu jemur ia sebentar sekitar 15 menit hingga setengah jam. Ketika hari sudah mulai panas mandikan lovebird betina.

Baca juga: cara memelihara burung kenari – cara memelihara perkutut

3. Diangin-anginkan

Setelah dimandikan lovebird betina diangin-anginkan tetapi jangan dijemur. Penjemuran yang terlalu sering dan terlalu lama tidak baik bagi lovebird betina yang sedang over birahi.

Baca juga: cara memelihara burung beo – cara beternak burung parkit

4. Beri pakan berupa mentimun

Kandungan air yang cukup banyak pada mentimun diketahui dapat membantu menurunkan birahi lovebird betina. Namun pada prakteknya cara ini masih kurang efektif jika lovebird enggan makan mentimun yang diberikan. Cara ini dapat menjadi alternatif namun harus dibarengi dengan cara-cara lain untuk menurunkan birahi lovebird betina. Untuk menyiasati agar lovebird mau makan mentimun anda dapat memberikan mentimun pada pagi hari setelah mandi sebelum memberinya pakan yang lain. Di saat ia merasa lapar sehabis mandi dan tidak ada pakan yang lain kemungkinan besar ia akan memakan mentimun yang diberikan.

Sponsors Link

5. Beri pakan gabah bangkok

Pakan lain yang dapat diberikan untuk menurunkan birahi lovebird betina adalah gabah bangkok. Pakan ini sudah dikenal di dunia pemeliharaan burung sebagai pakan yang sangat baik bagi berbagai ayam dan burung peliharaan. Kandungan nutrisinya yang lengkap berupa vitamin dan mineral sangat baik untuk menurunkan birahi burung termasuk lovebird betina serta bermanfaat untuk meningkatkan stamina sehingga lovebird tidak mudah jatuh sakit.

Baca juga: cara memelihara burung kakatua – cara memelihara burung perkutut

6. Beri pakan milet sekitar jam 9 pagi

Meskipun mentimun dan gabah bangkok direkomendasikan sebagai pakan bagi lovebird betina yang sedang over birahi namun pemberian pakan utama berupa milet tidak bisa ditinggalkan. Setelah diberikan pakan berupa mentimun dan dimandikan kembali lovebird betina dapat diberi pakan utama berupa milet dan diberi tambahan vitamin sehingga kebutuhan nutrisinya tetap terjaga dan birahinya cepat turun.

ads

7. Mandikan dengan air dingin dan basah kuyup

Selain meningkatkan frekuensi mandi cara memandikan lovebird betina yang mengalami over birahi juga berbeda dari biasanya. Disarankan anda untuk memandikannya menggunakan air dingin. Anda dapat menggunakan air dingin dari kulkas namun jangan terlalu dingin yang dapat membuat ia menggigil kedinginan. Selain itu mandikan ia hingga basah kuyup untuk membantu menurunkan birahinya. Namun sekali lagi lakukan hal ini dengan hati-hati dan perhatikan kondisi lovebird. Jika cuaca terlalu dingin atau lovebird terlihat menggigil sebaiknya hentikan dulu kegiatan mandinya. Jangan sampai niat ingin menurunkan birahinya justru membuat ia kedinginan dan jatuh sakit.

8. Mandikan pada malam hari

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya birahi lovebird betina dapat diturunkan dengan cara memandikannya lebih sering. Salah satu waktu yang direkomendasikan untuk memandikan lovebird yang sedang over birahi adalah malam hari. Selain birahinya jadi turun mandi malam hari dapat membuat lovebird betina lebih gacor dan ngekek panjang. Meskipun demikian pemilik burung harus memperhatikan cuaca, jangan dimandikan jika cuaca terlalu dingin karena bisa menyebabkan lovebird jatuh sakit.

Baca juga: cara memelihara burung lovebird – cara memelihara burung puyuh

9. Cabut pakannya pada malam hari

Over birahi pada lovebird betina dapat disebabkan oleh asupan karbohidrat yang tinggi dari konsumsi milet sehari-hari. Untuk itu anda dapat menyiasatinya dengan mencabut pakannya pada malam hari untuk membatasi konsumsi milet. Cara ini dapat diterapkan sehari-hari untuk mencegah dan menurunkan over birahi pada lovebird betina peliharaan anda.

10. Lakukan terapi kandang umbaran

Cara lain yang dapat dipraktekkan untuk menurunkan birahi lovebird betina adalah dengan melakukan terapi kandang umbaran. Kandang umbaran, bagi yang belum tahu, merupakan kandang yang ukurannya lebih panjang daripada kandang burung biasa sehingga memungkinkan burung peliharaan untuk bergerak dan terbang bebas ke segala arah. Dengan melakukan hal ini birahi lovebird betina dapat diturunkan sekaligus memberikannya kesempatan untuk bermain dan berolahraga sehingga tubuhnya lebih sehat dan terhindar dari stres. Anda dapat membiarkannya berada di dalam kandang umbaran mulai dari pagi hingga sore hari hingga ia merasa puas. Sembari melakukan terapi kandang umbaran anda juga dapat memasternya untuk mengasah kemampuan berkicaunya dengan menggunakan rekaman suara masteran burung yang sudah gacor.

11. Kerodong kandangnya pada malam hari

Setelah ia puas bergerak dan bermain seharian saatnya berikan ia waktu dan kesempatan untuk beristirahat dengan baik pada malam hari. Salah satu caranya adalah dengan mengerodong kandangnya sehingga ia dapat beristirahat dengan baik dan membantu menurunkan birahinya.

12. Isolasi atau karantina

Birahi lovebird betina juga dapat diturunkan dengan cara mengisolasi atau mengkarantinanya sehingga untuk sementara ia tidak bertemu dengan loverbird lain. Hal ini juga dilakukan agar lovebird lain tidak ikut-ikutan over birahi karena melihat atau mendengar lovebird yang sedang over birahi.

13. Sabar dan konsisten

Dan yang terakhir namun sangat penting untuk menurunkan birahi lovebird betina adalah kesabaran dan kekonsistenan pemilik burung. Semua cara di atas harus dilakukan secara konsisten dan penuh kesabaran sehingga lovebird betina dapat kembali normal. Berdasarkan pengalaman beberapa pemelihara burung birahi lovebird dapat diturunkan dalam hitungan bulan.

Berikut ini adalah infromasi tambahan dalam bentuk panduan visual bagaimana cara yang benar untuk menurunkan birahi lovebird betina yang over.

Itulah diantara cara-cara menurunkan birahi lovebird betina berdasarkan pengetahuan dan pengalaman pemelihara burung yang sudah berpengalaman menghadapi lovebird yang over birahi. Dengan menerapkan cara-cara di atas lovebird betina peliharaan anda akan kembali normal dan dapat diikutkan berbagai perlombaan jika ia termasuk burung kompetisi.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 28th, August 2017 / 07:14 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan