Sponsors Link

15 Cara Memandikan Perkutut yang Baik dan Benar

Sponsors Link

Burung perkutut adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh berbagai kalangan. Tidak hanya pecinta burung saja, tetapi orang awam pun menyukai dan menikmati burung ini saat dia beraksi. Untuk menghasilkan burung perkutut yang berkualitas, maka kamu harus merawat burung perkututmu dengan rajin. Tidak hanya memberinya makan saja, tetapi kamu juga harus memandikannya. Oleh karena itulah kamu harus tahu cara memandikan perkutut dengan baik agar kamu bisa merawat burung perkututmu dengan sempurna.

ads

Berikut ini adalah beberpa langkah atau cara memandikan perkutut yang dapat kamu lakukan secara mandiri baik di rumah ataupun di tempat lain di mana kamu merawat burung perkutut kesayanganmu. Jangan khawatir bila kamu belum pernah mencobanya, karena yang terpenting adalah berani mencoba dan melakukan evaluasi. Oleh karena lama kelamaan kamu akan terbiasa dan menjadi ahli dalam memandikan burung kesayanganmu itu.

Baca juga:

Jadi, berikut inilah beberapa cara memandikan perkutut yang dapat kamu terapkan:

1. Mempersiapkan wadah untuk memandikan burung perkutut

Untuk memandikan burung perkututmu, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan wadah air sekaligus wadah mandi untuk burung perkututmu. Kamu bisa menggunakan wadah air berupa baskom atau bak air, sesuai dengan ukuran yang paling mudah digunakan untuk memandikan perkututmu.

Jangan memilih wadah yang terlalu kecil karena hal itu dapat membuatmu kesulitan memandikan burung perkutumu karena air akan lebih cepat habis, sementara bila menggunakan wadah yang terlalu besar akan menghabiskan banyak air dan akhirnya malah akan terbuang percuma. Cukup gunakan wadah baskom atau bak mandi yang berukuran sedang sesuai dengan burung perkututmu.

2. Mempersiapkan air khusus bekas pesusan beras/leri

Memandikan burung perkututmu dengan air biasa mungkin dapat dilakukan, hanya saja hal itu akan kurang berkhasiat dalam merawat kebersihan serta kebugaran burung perkutut yang kamu miliki. Untuk menambah daya pembersih air pada burung perkututmu, maka kita bisa mempersiapkan air khusus berupa air yang merupakan bekas dari pesusan beras putih. Bila beras putih tidak ada, maka kita bisa menggunakan leri. Dengan menggunakan ramuan ini, maka burung perkututmu akan lebih bersih daripada sekedar bila kamu membersihkannya dengan air biasa.

Jumlah air yang perlu kamu siapkan bergantung pada berapa banyak perkutut yang perlu kamu mandikan. Semakin banyak burung perkutut yang perlu kamu mandikan, tentunya semakin banyak pula air bekas pesusan beras atau leri yang perlu kamu siapkan. (Baca juga: Cara Beternak Burung Parkit)

3. Menggunakan daun sirih

Daun sirih adalah daun yang punya banyak khasiat, baik untuk manusia ataupun untuk hewan. Khususnya buat perkututmu, menggunakan daun sirih saat memandikannya dapat menambah daya pembersih air yang akan kamu gunakan untuk membersihkan burung perkututmu. Jumlah daun yang perlu kamu siapkan bergantung pada berapa banyak burung perkutut yang perlu kamu mandikan. Untuk satu burung perkutut, biasanya antara 5 sampai dengan 7 lembar daun sirih yang nantinya akan dibuat menjadi ramuan pembersih dengan campuran air bekas pesusan beras tadi.

4. Menggunakan bawang putih

Jangan mengira bawang putih hanya baik untuk tubuhmu saja. Bawang putih, nyatanya juga ampuh untuk membersihkan badan burung perkutut yang kamu miliki lo! Tak percaya? Coba saja gunakan campuran bawang putih secukupnya dengan air pesusan beras atau leri yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Aduklah dahulu air tersebut supaya bawang putih tercampur dengan merata.

Untuk jumlah bawang putih yang perlu kamu campurkan di air pembersih burung perkututmu ini, tergantung pada berapa banyak jumlah air yang sudah kamu buat serta berapa banyak jumlah perkutut yang ingin kamu mandikan. Seperti biasa, semakin banyak burung yang perlu kamu mandikan dan semakin banyak air pesusan beras yang kamu siapkan, semakin banyak pula bawang putih yang kamu butuhkan untuk dicampur di tengah ramuan ini. (Baca juga: Cara Memelihara Burung Puyuh)

Sponsors Link

5. Meramu ‘ramuan’ pembersih burung perkutut

Setelah menyiapkan wadah air untuk memandikan burung perkututmu, menyediakan air pesusan beras dan mencampurnya dengan daun sirih serta hasil parutan bawang putih tadi, maka campurkanlah semua bahan-bahan tersebut dan aduklah hingga semuanya mencampur dengan sempurna. Aduklah beberapa kali untuk memastikan air ramuan pembersih tersebut dapat digunakan untuk membersihkan burung perkututmu.

Indikatornya antara lain adalah warna air yang berubah sesuai dengan warna ramuan campuran yang kamu buat, atau baunya sudah berubah. Ya pasti kamu bakal merasakan perbedaan bau yang cukup terasa karena memang kamu mencampurkan banyak ramuan di dalamnya. (Baca juga: Cara Memelihara Burung Lovebird)

Buat kamu yang bertanya-tanya mengapa pakai daun sirih dan air pesusan beras, alasannya adalah karena daun sirih dan air pesusan beras itu tadi berfungsi untuk menghilangkan kutu pada perkutut. Dengan menggunakan daun sirih misalnya, bakteri atau kuman yang ada di sekitar bulu burung perkutut dapat mati dengan lebih mudah. Sementara bawang putih, walau punya khasiat membersihkan badan perkutut sebenarnya lebih berfungsi untuk membuat bulu perkutut kita terlihat lebih indah dan mengkilat. Kamu pasti suka dengan tampilan bulu perkutut yang lebih indah bukan?

6. Mengeluarkan burung perkutut dari sangkarnya

Setelah ramuan pembersih sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan burung perkutut kita untuk mandi. Kamu harus mengeluarkan dari sangkarnya dengan hati-hati. Perhatikan dengan seksama apakah ada bulu burung perkututmu yang nyangkut di sarang atau tidak. Selain itu, pastikan burung perkututmu tidak terlepas lalu terbang dan pada akhirnya malah menambah kerjaanmu sendiri. Agar itu tidak terjadi, kamu bisa melepas dan memandikan burung perkututmu di dalam ruangan yang tertutup, sehingga tidak terlalu sulit untuk menangkapnya kembali apabila dia terlepas dari genggaman tanganmu.

Namun jangan khawatir, karena setelah burung perkututmu terbiasa dimandikan, dia tidak akan lagi coba-coba kabur dari tanganmu saat kamu hendak memandikannya. Dengan demikian, kamu tidak perlu selalu mengkhawatirkan apakah burung perkututmu nanti terbang lagi saat kamu hendak memandikannya.

Baca juga:

Setelah menempuh cara di atas, berikut ini cara memandikan burung perkutut yang lebih teknis untuk memudahkanmu memandikan burung perkutut kesayanganmu:

    1. Pegang badan burung perkututmu kemudian eluslah badannya dengan tanganmu yang telah basah karena ramuan pembersih yang telah kamu buat sebelumnya. Lakukan hal tersebut hingga badan burung cukup basah.
    2. Bila kamu tidak ingin memandikannya dengan tangan secara langsung, kamu bisa menggunakan sprayer yang lembut untuk membersihkan badan burung perkutut kesayanganmu.
    3. ads
      Pastikan bahwa bila kamu memutuskan untuk menyemprot burung perkututmu dengan semprotan, maka perlu Anda pastikan terlebih dahulu bahwa semprotan yang Anda gunakan tidak memiliki tekananan yang terlalu tinggi sehingga tidak melukai burung perkututmu.
    4. Bila kamu memandikannya dengan tangan biasa, maka kamu dapat memasukkan badan burung perkututmu ke dalam ramuan pembersih yang telah kita buat sebelumnya. Saat merendam badan burung perkututmu itu, bersihkanlah semua bulu yang kamu anggap kotor sehingga burung perkututmu dapat kembali menjadi bersih tanpa noda.
    5. Bila tanganmu termasuk jenis tangan yang kasar, maka kamu dapat menggunakan busa untuk membersihkan badan burung perkututmu agar tidak tercabut secara tidak sengaja saat kamu menggosoknya dengan tanganmu yang kasar.
    6. Sebisa mungkin hindari merendam burung perkutut terlalu lama di dalam air alias basah kuyup, karena burung perkutut termasuk jenis burung yang kurang tahan terhadap hawa dingin. Setelah menyapu badan burung perkutut yang kamu miliki dengan busa, maka keringkanlah badannya dengan handuk yang lembut sampai benar-benar kering.
    7. Saat memandikan burung perkutut dengan menggunakan daun sirih atau air tajin tersebut, kamu bisa menjepit kedua kaki burung perkutut miliki dengan jari telunjuk dan ibu jari kita sehingga burung perkutut akan lebih tenang dan tidak mudah berontak. Bila kurang erat memeganginya, maka hal itu dapat membuat burung perkutut kita terbang begitu saja.
    8. Awasilah aliran air yang ada di sekitar wajah burung perkututmu. Hal yang perlu kamu perhatikan dengan seksama adalah aliran air yang ada di sekitar burung perkutut. Jangan sampai air masuk ke hidung perkutut karena hal itu akan membuatnya berpeluang untuk tersedak atau sakit.
    9. Sebaiknya kamu menggunakan tangan telanjang yang sudah dibasahi dengan ramuan pembersih untuk mengusap bagian kepala, sehingga peluang masuknya air ke rongga hidung burung perkututmu lebih kecil.

Berikut ini adalah panduan visual yang mungkin bisa mempermudah kalian untuk memandikan burung perkutut.

Selain melalui cara-cara di atas, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, kamu dapat memandikan burung perkutut kapan saja. Akan tetapi, waktu paling ideal untuk memandikan burung perkutut yang kamu miliki adalah ketika terdapat cukup panas untuk mengeringkan bulu burung perkutut yang kamu miliki. Biasanya, waktu yang ideal untuk memandikan burung perkutut adalah antara jam 9 sampai jam 14 siang. Kedua, setelah memandikan burung perkutut, letakkanlah burung perkutut di tempat yang banyak terkena sinar matahari agar bulunya cepat mengering. Namun jangan letakkan di tempat yang terlalu panas, karena hal itu dapat membuat burung perkututmu malah menjadi stress dan kepanasan.

Itulah beberapa cara memandikan burung perkutut yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumahmu sendiri. Dengan melakukan perawatan yang rutin dan teratur terhadap kebersihan burung perkututmu, maka kamu akan memiliki burung perkutut dengan kualitas yang baik serta sehat atau tidak mudah sakit. Selamat merawat burung perkutut kesayanganmu!

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 07:54 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan