Sponsors Link

Cara Memandikan Hamster yang Baik dan Benar

Sponsors Link

Siapa yang tidak terpesona dengan kelucuan dan keimutan hamster yang menggemaskan? Sehingga tidak heran jika hewan yang sering salah dikira kelinci ataupun marmut ini sering dijadikan hewan peliharaan. Layaknya hewan peliharaan lain hamster harus diperhatikan segala kebutuhannya mulai dari kandang yang baik, kebersihan kandang, makannya, hingga kebersihan tubuhnya. Memiliki hamster yang dekil dan berbau tentu bukan hal yang mengenakkan. Selain mengganggu kenyamanan anda sebagai orang yang dekat dengannya anda tentu malu memperlihatkan hamster peliharaan anda pada teman atau orang lain jika kondisinya bau dan dekil.

ads

Baca juga: tanda tanda hamster hamil – cara mengobati kelinci

Berbeda dengan hewan peliharaan lain seperti burung dan kucing, hamster tidak bisa dibersihkan dengan cara dimandikan dengan air karena hal ini justru berbahaya bagi kesehatannya karena dapat membuat ia kedinginan sekaligus menghilangkan minyak alami pada tubuhnya. Lantas bagaimana cara membersihkan tubuhnya? Pada dasarnya hamster mampu membersihkan tubuhnya sendiri dengan cara menjilati tubuhnya atau dengan berguling-guling di pasir. Hal ini sudah cukup untuk membersihkan dirinya dan membuat bulunya kembali mengkilap.

Baca juga: masa kehamilan kelinci – tanda tanda kelinci hamil

Hal tambahan yang harus anda lakukan hanyalah rajin membersihkan kandangnya dari kotoran dan sisa makanan sehingga kandang hamster tidak berbau dan terbebas dari kuman penyakit. Karena bisa saja sumber bau adalah dari kandang hamster yang tidak bersih. Karakteristik hamster yang alergi air ini di satu sisi cukup memudahkan anda sebagai pemilik karena anda tidak perlu repot memandikannya dengan air, cukup menggunakan pasir. Namun di sisi lain anda harus menjaganya agar bersih dan tidak kedinginan apakah karena tersiram air atau penyebab lainnya.

Baca juga: ciri ciri kelinci hamil muda – ciri ciri kelinci keguguran

A. Memandikan hamster dengan Pasir

Cara paling umum dan aman untuk membersihkan tubuh hamster adalah dengan menggunakan pasir. Tentu saja pasir yang digunakan adalah pasir yang bersih. Jika anda kesulitan mendapatkan pasir yang bersih maka anda dapat membeli pasir zeolite atau pasir mandi yang khusus dijual di petshop. Tersedia pasir mandi dengan berbagai aroma sehingga hamster anda akan lebih wangi setelah mandi pasir.

Baca juga: ciri ciri kelinci mau melahirkan – cara memelihara kelinci anggora

Cara memandikannya sangat mudah. Anda tinggal menaruh pasir mandi di dalam wadah yang cukup besar untuk seekor hamster. Pastikan pasir yang digunakan adalah pasir yang tidak terlalu kasar namun juga tidak terlalu halus agar tidak mudah masuk ke hidung  dan membahayakan paru-parunya. Untuk memastikan hal ini anda dapat menyaring pasir terlebih dahulu dan membuang pasir yang terlalu halus. Kemudian anda dapat langsung memasukkan hamster tersebut ke dalam wadah atau membiarkannya masuk sendiri ke wadah tersebut. Anda tinggal membiarkan ia berguling-guling di pasir hingga puas dan tubuhnya bersih. Khusus untuk hamster yang bulunya panjang sebaiknya setelah mandi bulunya disisir untuk membuang pasir-pasir yang masih menyangkut di bulunya sekaligus merapikan bulunya.

Setelah mandi hamster juga boleh diberi bedak tabur khusus hamster atau bedak bayi di bagian tubuhnya dan hindari bagian kepala. Namun tidak boleh banyak-banyak, cukup sedikit saja sehingga hamster lebih wangi dan terhindar dari kutu. Selain itu bedak juga bisa ditaburkan di atas kandang untuk menyerap aroma tidak sedap yang berasal dari dalam kandang.

B. Memandikan Hamster dengan Air

Memandikan hamster dengan air hanya dilakukan jika keadaan terdesak seperti ketika bulunya terkena cairan atau ada zat berbahaya yang lengket pada bulunya sehingga harus diangkat atau dibersihkan dengan menggunakan air. Jika tidak dibersihkan dikhawatirkan tertelan oleh hamster dan membahayakan kesehatannya. Bahkan jika masih bisa dibersihkan dengan tisu basah yang biasa digunakan pada bayi maka penggunaan tisu basah lebih disarankan sehingga hamster tidak perlu kontak lama-lama dengan air. Jangan memandikan hamster hanya karena iseng atau anda sedang tidak ada kerjaan dan ingin membuat hamster terlihat bersih dan wangi. Salah-salah justru dapat membahayakan kesehatannya. Salah satu penyakit yang mungkin menyerang hamster yang dimandikan dengan cara yang salah adalah pnemuonia atau radang paru-paru.

Sponsors Link

Jika terpaksa memandikannya dengan air sebaiknya anda ditemani oleh orang yang juga dikenal oleh hamster sehingga dapat membantu memegangi hamster agar tidak meloncat atau berlari-lari ketika dimandikan. Berikut cara membersihkan atau memandikan hamster dengan air:

  1. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan sehingga proses mandi berjalan cepat dan hamster tidak merasa kedinginan terlalu lama.
  2. Diantara peralatan yang harus disiapkan adalah air hangat kuku, lap, tisu basah, shampo bayi atau shampo khusus hewan, sikat gigi bekas, hair dryer, dan handuk. Jangan sekali-sekali memandikan hamster dengan menggunakan air dingin yang biasa anda gunakan untuk mandi. Namun tentu saja anda juga tidak bisa memandikan hamster dengan air panas.
  3. Siram hamster dengan sedikit air hangat dari bagian leher ke bawah. Jangan menyiram bagian kepala dan wajah.
  4. Ambil kain lap lalu celupkan ke dalam air hangat. Kemudian lap dan bersihkan tubuh hamster. Jika masih belum bersih gunakan sikat gigi untuk menggosok bulu hamster agar kotoran dan kuman terbuang.
  5. Tambahkan beberapa tetes shampo, sedikit saja, dan gosokkan ke tubuh hamster untuk membuang kotoran dari tubuhnya.
  6. Kemudian bilas tubuh hamster dengan air hangat hingga bersih dan tidak ada shampo yang tertinggal. Jika tidak dikhawatirkan sisa shampo di tubuhnya akan tertelan saat ia menjilati tubuhnya.
  7. ads
    Setelah itu langsung keringkan tubuhnya dengan handuk agar ia tidak terlalu lama merasa kedinginan. Usap dengan lembut sesuai dengan arah tumbuhnya bulu.
  8. Untuk bagian kepala dan wajah bersihkan dengan menggunaan tisu basah sehingga bersih dan wangi.
  9. Agar tubuhnya kering sempurna anda dapat menggunakan hair dryer untuk mengeringkan tubuhnya dengan angin sedang.
  10. Agar tampilan semakin ciamik jangan lupa pula menyisir bulu-bulu hingga rapi.
  11. Pada setiap jeda tahapan mandinya anda juga dapat memberi hadiah pada hamster berupa camilan yang menunjukkan bahwa ia telah berlaku benar atau baik sehingga ia semakin semangat mandi.
  12. Ada kemungkinan bau tak sedap dari hamster disebabkan oleh kondisi tubuhnya yang sakit sehingga sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu ke dokter. Memandikan hamster yang sedang sakit dengan air tentu bukanlah langkah yang tepat.

Selesa[i dan hamster kesayangan anda telah bersih dan wangi. Anda dapat langsung mengembalikannya ke kandang sambil dijemur agar ia merasa hangat. Penjemuran jangan dilakukan di bawah sinar matahari langsung, lakukan di tempat teduh yang cukup hangat.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memandikan Hamster dengan Air

Memandikan hamster harus dilakukan dengan hati-hati. Untuk itu berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memandikan hamster:

    1. Mandikan hamster setelah anda benar-benar paham cara memandikannya dengan cara bertanya pada pemilik hamster yang telah berpengalaman, bertanya pada dokter hewan, atau mencari tahu lewat buku dan internet.
    2. Mandikan hamster dengan tenang dan lembut sehingga ia tidak merasa ketakutan dan meronta-ronta.
    3. Untuk meminimalisir hamster merasa kedinginan sebaiknya mandikan hamster ketika cuaca sedang hangat.
    4. Jangan mandikan hamster yang berusia di bawah 5 bulan karena tubuhnya masih sangat rentan dan daya tahan tubuhnya masih lemah.
    5. Jangan merendam hamster di dalam air karena akan membuat ia kedinginan. Meskipun airnya hangat namun lama-kelamaan air akan mulai dingin dan hamster bisa kedinginan.
    6. Jangan menggunakan shampo terlalu banyak akibatnya anda harus menggunakan lebih banyak air untuk membersihkan tubuh hamster yang otomatis membuat ia kedinginan lebih lama.
    7. Jangan sekali-sekali menyiram bagian kepala dan wajah hamster serta menggosok bagian wajah karena dikhawatirkan mengenai matanya.
    8. Jika hamster peliharaan anda belum berusia 5 bulan dan bulunya terkena cairan yang lengket dan harus dibersihkan maka anda dapat menggunakan minyak zaitun atau air jeruk lemon. Selain membersihkan juga dapat menyehatkan bulu hamster. Ini lebih aman daripada harus memandikan hamster yang masih muda.

Berikut ini terdapat panduan visual terkait bagaimana cara yang benar untuk memandikan hamster.

Tidak sulit bukan memandikan hamster? Meskipun demikian anda harus sangat berhati-hati agar hamster peliharaan anda tidak merasa kedinginan sehingga membahayakan kesehatannya. Jika anda seorang pemula dan kurang memahami cara memandikan hamster sebaiknya berkonsultasi dulu dengan orang yang telah berpengalaman atau dengan dokter hewan.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 16th, August 2017 / 07:27 Oleh :