Sponsors Link

17 Cara Menurunkan Birahi Burung Kenari dengan Cepat

Sponsors Link

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung. Hal itu disebabkan karena burung kenari ini mempunyai warna bulu yang indah dan juga suara yang sangat merdu. Dari segi asalnya, hewan peliharaan ini berasal dari Kepulauan Canary yang berada di sekitar Samudra Atlantik. Akan tetapi burung kenari yang saat ini berkembang sudah bukan lagi burung kenari yang secara genetik berasal asli dari Kepulauan Canary.

ads

Ada banyak persilangan yang telah dilakukan oleh si burung kenari sehingga dia memiliki susunan genetika yang sangat beragam hingga tidak ada lagi burung kenari yang memiliki genetika dengan unsur yang sama seperti yang dimiliki burung kenari dari Kepulauan Canary.

Walaupun burung ini menjadi salah satu favorit sebagai burung untuk dipelihara, akan tetapi bukan berarti tidak ada masalah dalam pemeliharaan hewan ini salah satu masalah yang kerap terjadi pada burung ini adalah ketika birahi yang dimilikiya sangat tinggi. Ketika itu terjadi dan tidak ada saluran pelampiasan yang tepat, maka burung kenari akan menghadirkan banyak masalah bagi pemilik ataupun hal apa saja yang ada di sekitar burung ini. Misalnya, dia akan diam saja tetapi selalu menabrak-nabrak sangkar kandang dengan panik. Selain itu, saat Anda mengikutsertakan burung ini dalam suatu perlombaan tertentu dan birahinya sedang tinggi, dipastikan burung kenari yang Anda miliki lebih potensial untuk kalah bila dipaksakan untuk ikut perlombaan.

Lebih detailnya, burung kenari yang birahi jika diikutkan dalam perlombaan kemungkinan besar dia tidak akan mendapatkan juara karena burung kenari yang birahi kondisinya tidak tenang dan lebih sering menabrakkan dirinya ke jeruji sangkar. Selain itu. burung kenari dengan jenis kelamin jantan yang terlalu birahi akan sangat sulit untuk dijodohkan ataupun dikawinkan, sebabnya adalah karena burung kenari jantan sangat birahi akan mengejar kenari betina dengan cara yang kasar dan tentunya tidak nyaman bagi sang betina. Selain masalah itu, burung kenari yang birahi juga tidak akan dapat mengeluarkan suara merdunya baik dirumah maupun di dalam perlombaan.

Burung kenari betina juga dapat mengalami masalah birahinya terlalu tinggi. Ketika birahi burung kenari betina terlalu tinggi, maka dampak buruk juga akan tetap terjadi. Apabila burung kenari betina mengalami birahi yang terlalu tinggi, maka salah satu hal yang akan terjadi adalah dia akan meninggalkan telur yang butuh dierami setelah ditetaskan sehingga telur-telur tersebut berpeluang besar untuk gagal menetas karena kurang kehangatan. Tentunya hal itu merupakan suatu kerugian besar bagi setiap orang yang ingin memelihara burung kenari dengan tujuan untuk diternakkan menjadi semakin banyak.

Beberapa hal di atas itulah yang merupakan dampak negatif yang akan muncul apabil burung kenari yang Anda pelihara mengalami masalah terlalu birahi. Apabila burung kenari yang Anda pelihara sedang mengalami masalah ini tetapi tidak segera ditangani maka akan berdampak sangat buruk apabila dibiarkan. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara-cara ampuh untuk menurunkan birahi kenari sebagai salah satu alternatif menangani masalah burung kenari yang mengalami masalah terlalu birahi.

Baca juga:

Berikut ini beberapa cara menurunkan birahi kenari agar kembali pada keadaan yang normal.

1. Memandikan lebih sering

Salah satu cara untuk menurunkan birahi kenari yang tinggi adalah dengan memandikannya dengan lebih sering. Misalnya, apabila biasanya Anda memandikannya sebanyak dua kali dalam satu minggu, maka Anda perlu meningkatkannya menjadi tiga sampai empat kali atau lebih dari itu per minggu. Tentunya mandi yang lebih sering juga perlu diimbangi dengan penanganan lain seperti menjemur burung kenari Anda dengan lebih teratur agar tidak malah membuat burung kenari Anda kedinginan dan akhirnya jatuh sakit. (Baca juga: Cara Memelihara Ikan Arwana)

Sponsors Link

2. Memberi makan tambahan berupa mentimun

Makanan tertentu juga dapat menurunkan kadar birahi kenari yang Anda pelihara. Salah satu makanan yang memiliki sifat untuk menurunkan birahi kenari Anda adalah mentimun. Apabila kenari Anda mengalami birahi terlalu tinggi, berikanlah makanan tambahan berupa mentimun setiap hari sampai pada akhirnya birahi kenari Anda turun. Apabila birahi kenari Anda sudah turun, Anda dapat menghentikan pemberian makanan tambahan berupa mentimun ini.

Perlu Anda perhatikan dalam pemilihan mentimun untuk burung kenari Anda, sebaiknya mentimun yang Anda pilih adalah mentimun yang masih segar dan bukan mentimun yang layu. Apabila kamu memberikan burung kenari yang kamu miliki mentimun yang layu, dikhawatirkan burung kenari Anda justru akan mengalami masalah kesehatan yang tidak terduga sebelumnya. Baca juga: Cara Menurunkan Birahi Lovebird Betina

3. Mengurangi makanan berupa apel

Beberapa jenis makanan dapat membuat berahi burung kenari Anda semakin tinggi apabila diberikan secara terus menerus atau secara rutin. Oleh karena hal itulah sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang dapat memicu meningginya tingkat berahi burung kenari yang Anda miliki. Salah satu jenis makanan yang dapat membuat burung kenari Anda memiliki berahi yang tinggi adalah apel. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi pemberian apel pada burung kenari Anda apabila Anda sering memberikan makanan ini sebelumnya. Apabila tingkat berahi burung kenari Anda sudah normal, maka pemberian makanan ini dapat dilakukan kembali.

4. Mengurangi makanan berupa telur puyuh rebus

Beberapa jenis makanan dapat membuat berahi burung kenari Anda semakin tinggi apabila diberikan secara terus menerus atau secara rutin. Oleh karena hal itulah sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang dapat memicu meningginya tingkat berahi burung kenari yang Anda miliki. Salah satu jenis makanan yang dapat membuat burung kenari Anda memiliki berahi yang tinggi adalah telur puyuh rebus. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi pemberian telur puyuh rebus pada burung kenari Anda apabila Anda sering memberikan makanan ini sebelumnya. Apabila tingkat berahi burung kenari Anda sudah normal, maka pemberian telur puyuh yang direbus dapat dilakukan kembali.

Baca juga:

ads

5. Mengurangi makanan berupa kroto semut

Beberapa jenis makanan dapat membuat berahi burung kenari Anda semakin tinggi apabila diberikan secara terus menerus atau secara rutin. Oleh karena hal itulah sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang dapat memicu meningginya tingkat berahi burung kenari yang Anda miliki. Salah satu jenis makanan yang dapat membuat burung kenari Anda memiliki berahi yang tinggi adalah kroto semut. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi pemberian kroto semut pada burung kenari Anda apabila Anda sering memberikan makanan ini sebelumnya. Apabila tingkat berahi burung kenari Anda sudah kembali normal, maka pemberian makanan berupa kroto semut dapat dilakukan kembali.

6. Menghindari pemberian biji niger

Beberapa jenis makanan dapat membuat berahi burung kenari Anda semakin tinggi apabila diberikan secara terus menerus atau secara rutin. Oleh karena hal itulah sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang dapat memicu meningginya tingkat berahi burung kenari yang Anda miliki. Selain kroto semut, apel, dan telur puyuh rebus, salah satu jenis makanan yang dapat membuat burung kenari Anda memiliki berahi yang tinggi adalah biji niger. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi pemberian biji niger pada burung kenari Anda apabila Anda sering memberikan makanan ini sebelumnya. Apabila tingkat berahi burung kenari Anda sudah normal, maka pemberian makanan biji niger dapat dilakukan kembali.

7. Mengurangi waktu jemur burung kenari

Selain membatasi makanan, salah satu cara yang dapat kita tempuh untuk menurunkan tingkat berahi kenari adalah dengan mengurangi waktu jemur burung kenari. Mengurangi waktu jemur bukan berarti tidak menjemurnya sama sekali, karena bagaimanapun burung kenari tetap butuh untuk merasakan kehangatan. Akan tetapi Anda dapat mengurangi waktu jemur burung kenari Anda menjadi lebih kecil dari waktu jemur biasanya. Misalnya bila biasanya dilakukan penjemuran selama dua jam per hari, maka kita dapat menguranginya menjadi kurang lebih selama satu jam per hati untuk beberapa saat sampai berahi burung kenari Anda benar-benar turun. Setelah berahi burung kenari Anda turun, Anda dapat menjemurnya seperti biasanya dalam jangka waktu yang lebih lama.

8. Memberikan makan buah pir

Selain mentimun, masih ada makanan yang dapat membantu menurunkan kadar birahi kenari yang Anda pelihara. Salah satu makanan yang memiliki sifat untuk menurunkan birahi kenari Anda adalah adalah buah pir. Apabila kenari Anda mengalami birahi terlalu tinggi, berikanlah makanan tambahan berupa buah pir setiap hari (atau bergantian dengan mentimun) sampai pada akhirnya birahi kenari Anda turun. Apabila birahi kenari Anda sudah turun, Anda dapat menghentikan pemberian makanan tambahan berupa buah pir ini.

Perlu Anda perhatikan dalam pemilihan buah pir untuk burung kenari Anda, sebaiknya mentimun yang Anda pilih adalah buah pir yang masih segar dan bukan mentimun yang layu. Apabila kamu memberikan burung kenari yang kamu miliki buah pir yang layu atau sudah mendekati masa busuk, dikhawatirkan burung kenari Anda justru akan mengalami masalah kesehatan yang tidak terduga sebelumnya.

9. Mengurangi porsi makan biji-bijian

Biji-bijian mungkin menjadi salah satu dari jenis makanan burung kenari yang paling sering dan lazim digunakan untuk makanan pokok bagi burung kenari. Akan tetapi makanan berupa biji-bijian memiliki potensi untuk meningkatkan berahi burung kenari Anda. Oleh karena itu salah satu cara untuk mengurangi tingkat berahi kenari Anda adalah dengan cara mengurangi pemberian makanan berupa biji-bijian. Pengurangan tersebut bisa sejumlah setengah porsi, seperempat, atau tiga perempat tergantung seberapa tinggi tingkat berahi yang dimiliki oleh kenari Anda. Dengan mengurangi pemberian makanan berupa biji-bijian kemungkinan besar burung kenari Anda akan segera turun tingkat berahinya beberapa hari atau minggu kemudian.

10. Mengurangi konsumsi eggfood

Beberapa jenis makanan dapat membuat berahi burung kenari Anda semakin tinggi apabila diberikan secara terus menerus atau secara rutin. Oleh karena hal itulah sebaiknya Anda mengurangi makanan-makanan yang dapat memicu meningginya tingkat berahi burung kenari yang Anda miliki. Selain kroto semut, apel, telur puyuh rebus, dan biji niger, salah satu jenis makanan yang dapat membuat burung kenari Anda memiliki berahi yang tinggi adalah eggfood. Dengan demikian sebaiknya Anda mengurangi pemberian eggfood pada burung kenari Anda apabila Anda sering memberikan makanan ini sebelumnya. Apabila tingkat berahi burung kenari Anda sudah normal, maka pemberian makanan eggfood dapat dilakukan kembali dengan memerhatikan kadar agar tidak mengakibatkan peningkatan berahi dengan cepat lagi.

11. Memandikan dengan aloevera

Aloevera adalah salah satu tanaman yang dapat meredam atau menurunkan suhu panas tubuh burung kenari Anda. Dengan menggunakan aloevera untuk memandikan burung ini, maka Anda akan membantu menurunkan berahinya dengan cara menurunkan suhu badan burung kenari Anda menggunakan aloevera. Sampo dengan kandungan aloevera dapat Anda temukan di toko binatang terdekat.

12. Mengawinkan dengan lawan jenis siap kawin

Ini adalah alternatif yang bersifat alamiah, dalam arti kenari yang mengalami berahi tentu harus melakukan perkawinan agar berahinya turun. Oleh karena itu maka Anda dapat mengawinkan burung kenari Anda yang memiliki berahi terlalu tinggi dengan burung kenari lain yang sudah siap untuk melakukan perkawinan. Apabila berahi belum turun juga maka lakukanlah perkawinan tersebut kembali sampai burung kenari Anda yang mengalami over berahi dapat menurunkan kadar berahinya.

Selain dua belas cara di atas, beberapa cara di bawah ini juga dapat Anda lakukan untuk menurunkan berahi kenari Anda:

  1. Meminta bantuan dokter untuk menyuntikkan obat penurun berahi.
  2. Menjauhkan dari lawan jenis
  3. Tidak membatasi perkawinannya
  4. Meletakkan dengan burung kenari yang sama-sama berahi tinggi agar saling kawin
  5. Memberikan ramuan penurun berahi

Selain beberapa informasi di atas, berikut ini terdapat pula panduan visual berupa video yang memungkinkan anda lebih mudah untuk mengatasi birahi burung kenari yang over.

Itulah beberapa cara untuk menurunkan berahi kenari Anda. Semoga dengan cara-cara di atas berahi kenari Anda cepat turun ya!

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 08th, September 2017 / 08:36 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan