Sponsors Link

15 Cara Melatih Merpati Balap agar Cepat dan Terbang Tinggi

Sponsors Link

Merpati balap adalah salah satu jenis burung yang banyak dipelihara karena memiliki kecepatan yang relatif tinggi. Oleh karena itu burung ini banyak dipelihara dengan tujuan untuk dipertandingkan pada perlombaan burung. Bagi kamu yang ingin memenangkan pertandingan tersebut, tentu saja harus mengetahui bagaimana cara untuk melatih merpati balap agar burung merpati balap yang kamu pelihara dapat memenangkan perlombaan yang dia ikuti.

ads

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk melatih merpati balapmu agar dapat terbang dengan cepat. Cara di bawah ini dapat kamu lakukan sejak awal kamu memeliharanya, meskipun kamu belum memiliki banyak pengalaman dalam melatih merpati balap tersebut. Apakah kamu sudah siap untuk mengetahui cara melatih merpati balap agar cepat? Tentu saja kamu harus siap bukan?

Berikut ini adalah beberapa cara melatih merpati balap yang dapat kamu lakukan mulai dari sekarang juga.

1. Jangan menggandeng merpati muda yang belum mapan terbang dan memiliki mental yang buruk

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam melatih merpati balapmu adalah melatih sesuai dengan masa yang tepat. Oleh karena itu, apabila kamu memiliki merpati muda yang masih belum mapan mental dan kemampuan terbangnya, maka sangat dilarang untuk menggandengnya. Kenapa hal ini penting untuk diperhatikan? Sebabnya adalah, apabila kamu menggandeng merpati yang masih muda tersebut, maka dikhawatirkan dia akan terbiasa mengekor di belakang burung lain sehingga tidak dapat mandiri. Kalaupun kamu menggandengnya, jangan dilakukan sebelum dia terbiasa terbang pada jarak 500 meter. Selain itu, gandenglah dia dengan menggunakan burung yang seumuran.

Baca juga:

2. Latihan menggiring pada jarak 20-30 meter

Pada hari pertama kamu melatih burung merpati balapmu, maka kamu dapat menggiringnya dengan target dapat terbang pada jarak sekitar 20-30 meter. Atau dengan kata lain, latihan pertama mulai dari jarak dekat terlebih dahulu. Pada hari pertama, kamu bisa mengajarkan merpati naik turun kandang atau naik turun ke betina. Latihan ini perlu kamu lakukan untuk membiasakan merpati balap yang kamu miliki dengan tangan manusia, karena terkadang merpati takut pada kita apalagi pada merpati balap kecil yang baru pertama kali giring, Lakukan sampai merpati balapmu terlihat tidak malas naik turun ke betina. Latihan ini dapat kamu lakukan kurang lebih sepuluh sampai dengan tiga puluh kali, kemudian kamu dapat mengistirahatkan dan kemudian mengulangi lagi setelah burung merpatimu selesai beristirahat. tetapi jika dirasa sudah mantap bisa langsung terbangkan merpatinya.

3. Latihan terbang dengan jarak 1 meter

Latihan alternatif, atau latihan lanjutan yang dapat kamu terapkan pada burung merpati balapmu adalah latihan terbang pada jarak satu meter dengan bantuan betina yang ditatak di atas tanah. Kamu dapat melakukan latihan ini berulang kali kurang lebih sebanyak lima sampai dengan sepuluh kali terbangan. Setelah itu kamu dapat mengistirahatkan burung merpatimu barang sebentar saja. (Baca juga: Cara Beternak Burung Parkit)

4. Latihan terbang dengan jarak 3 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak satu meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak tiga meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki. (Baca juga: Cara Memelihara Burung Puyuh)

Sponsors Link

5. Latihan terbang dengan jarak 5 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak tiga meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak lima meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

6. Latihan terbang dengan jarak 7 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak lima meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak tujuh meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

Baca juga:

7. Latihan terbang dengan jarak 10 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak tujuh meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak sepuluh meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

8. Latihan terbang dengan jarak 15 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak sepuluh meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak lima belas meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

9. Latihan terbang dengan jarak 20 meter

Setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak lima belas meter, maka berikutnya kamu dapat melatihnya terbang pada jarak dua puluh meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

Baca juga:

ads

10. Latihan terbang dengan jarak 30 meter

Latihan terbang berikutnya adalah melatih burung merpati balapmu untuk terbang sejauh tiga puluh meter, setelah burung merpati balap yang kamu miliki terbiasa berlatih terbang dengan jarak dua puluh meter. Setiap sesi latihan dapat kamu lakukan sebanyak tiga sampai lima sesi sampai dia terlihat terbiasa dan tambah atau ulangi lagi apabila dia masih belum terbiasa. Jangan lupa kamu juga harus memperhatikan istirahat burung merpati yang kamu miliki.

11. Latihan terbang dengan jarak ratusan meter

Setelah melatih merpati balapmu dengan jarak satu sampai tiga puluh meter, maka pada tahap berikutnya kamu dapat menambah jarak latihan tersebut menjadi lima puluh meter, seratus meter, dua ratus meter hingga jarak lima ratus meter. Tentu saja pola latihan yang tepat juga perlu kamu lakukan sebagaimana yang kamu lakukan pada tahap-tahap sebelumnya. Dengan demikian burung merpati balapmu dapat memiliki pengalaman terbang yang banyak serta meningkatkan kemampuan tubuhnya untuk terbang dengan cepat.

12. Menjemur merpati balap

Agar dapat terbang dengan kecepatan yang sempurna, maka merpati balap juga harus diberikan penanganan-penanganan khusus yang tidak akan didapatkan selain dari para pemiliknya, tentu saja. Salah satu perlakuan khusus tersebut adalah menjemur merpati balap setiap hari di bawah sinar matahari yang tidak terlalu panas. Kamu juga dapat menjemurnya sesaat sebelum melakukan pertandingan. Dengan menjemur kamu akan meningkatkan daya tahan tubuh merpati balapmu sehingga dia akan segar ketika bertanding ataupun saat beraktivitas di kesehariannya.

13. Memberi pakan khusus

Untuk meningkatkan kecepatan burung merpati balap yang kamu miliki, kamu juga dapat memberikan pakan khusus untuk menambah stamina yang ia miliki. Makanan yang dapat kamu berikan antara lain biji-bijian seperti jagung. Selain itu kamu juga dapat memberinya semprotan pada kakinya agar kecepatannya meningkat lebih tinggi lagi.

14. Menyuplai vitamin dengan cukup

Selain memberikan pakan yang sesuai dengan kebutuhan burung merpati balap yang kita pelihara, ada pula tindakan tambahan lainnya yang perlu kamu lakukan agar kamu dapat menjaga agar burung merpati balap yang kamu miliki tetap memiliki kemampuan atau tenaga yang besar. Oleh karena itu, kamu dapat memberikan asupan vitamin dan mineral untuk merpati balapmu terutama setelah berlatih atau berlomba ketika nafsu makan di merpati berkurang. Apabila kamu memberikan vitamin yang berjenis tablet, maka pemberian vitamin berupa tablet bisa langsung dilakukan dengan cara dilolohkan ke paruh. Namun apabila bila kamu memiliki vitamin yang berjenis serbuk, maka kamu dapat mencampurkannya dengan air minum ketika ingin memberikannya pada merpati balap yang kamu pelihara.

Baca juga:

15. Memberikan kunyit untuk menjaga vitalitas

Selain memberikan vitamin dan makanan-makanan yang sesuai untuk merpati balapmu, mungkin kita juga bisa mencoba cara yang digunakan oleh para penangkar tradisional. Para penangkar tradisional sering menggunakan bahan tradisional untuk menjaga vitalitas merpati balap sehingga dapat menjaga tenaganya. Contohnya, mereka menggunakan kunyit sebagai antibiotik, penghilang lelah dan penambah nafsu makan untuk merpati balap yang kamu pelihara. Untuk membuatnya, biasanya rimpang kunyit biasanya dipotong kecil kemudian disangrai (sangan) dan dilolohkan. Akan tetapi agar khasiatnya lebih bagus, maka kamu dapat campurkan ramuan tersebut dengan telur dan madu lalu memberikannya pada burung merpati balap yang kamu pelihara.

Baik burung merpati balap jantan ataupun betina, dapat kamu berikan asupan tambahan seperti campuran kunyit-telur-madu di atas, sehingga mereka semua akan memiliki tenaga dan daya tahan tubuh yang sangat baik.

Selain beberapa informasi diatas, berikut ini terdapat panduan visual bagaimana cara yang tepat untuk melatih merpati balap agar cepat meninggi di angkasa.

Itulah beberapa cara melatih merpati balap agar cepat dan dapat bersaing dengan baik di tengah pertandingan terbang. Apabila kamu ingin agar merpati balapmu memiliki tenaga yang kuat dan kecepatan terbang yang baik, maka kamu dapat menerapkan cara-cara di atas untuk menjadikan burung merpati balapmu kuat dan bertenaga serta dapat terbang dengan cepat.

Selamat merawat burung merpati balapmu!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 30th, September 2017 / 06:37 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan