Sponsors Link

15 Cara Merawat Siberian Husky Puppies bagi Pemula

Sponsors Link

ads

Siberian Husky adalah salah satu jenis anjing yang berukuran sedang yang berasal dari Siberia, Russia. Ciri-ciri yang paling terlihat dari anjing ini adalah bulunya yang tebal dan telinganya yang berbentuk seperti segitiga tegak lurus.

Jenis anjing ini memiliki nama panggilan yang beragam, antara lain Chukcha, Chuksha, Husky, atau Sibe. Nama-nama tersebut bukan tanpa alasan, oleh karena dari segi sejarah, anjing ini pertama kali dirawat oleh orang-orang Chukchi yang menghuni dataran Artik Siberia.

Di tengah kondisi yang dingin dan berbahaya, orang-orang Chukchi menggunakan anjing Siberian Husky untuk membantu mereka berburu. Husky yang enerjik, aktif, dan bersahabat bahkan kepada orang yang tidak dikenalinya.

baca juga:

Oleh karena itulah Husky merupakan salah satu pilihan anjing peliharaan yang diminati oleh banyak orang, sejak umurnya masih kecil alias masih puppies. Dengan demikian mengetahui bagaimana cara merawat siberian husky puppies adalah sebuah keharusan bagi orang-orang yang ingin merawatnya.

Dilihat dari segi fisik, anjing Siberian Husky memiliki ukuran dan berat yang relatif besar. Pada saat dewasa, berat anjing betina bisa mencapai 23 kilogram, sementara berat anjing jantan bisa mencapai 27 kg. Pada saat dewasa, tinggi betina bisa mencapai 51 cm, sementara tinggi pejantan bisa mencapai 61 cm. Bulunya memiliki banyak variasi warna, dari hitam sampai putih yang diikuti dengan warna merah atau cokelat. Bulunya juga terasa lembut apabila diraba, sehingga menyebabkan anjing ini menjadi salah satu favorit untuk dipelihara. Umurnya cukup panjang, antara dua belas sampai empat belas tahun.

Baca juga:

Bagaimana cara merawat siberian husky puppies yang baik dan benar? Simak di bawah ini ya.

1. Memberi makanan dengan kadar protein yang seimbang

Protein adalah salah satu jenis gizi yang dibutuhkan oleh siberian husky puppies milikmu. Akan tetapi, apabila anjingmu memakan protein terlalu banyak, hal itu malah akan menyebabkan gatal-gatal hebat yang bisa mengganggu anjing kesayanganmu. Sebaiknya kamu memberikan makanan dengan kandungan protein yang tidak terlalu berlebihan. Konsultasikanlah dengan dokter hewan kepercayaanmu makanan berprotein apa yang sebaiknya diberikan kepada anjing kesayanganmu. (Baca juga: Ciri ciri Ayam Bangkok Berkualitas)

2. Memberikan asupan vitamin E yang cukup

Selain protein, vitamin E juga menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh husky kecilmu. Siberian husky sejak kecil sudah memiliki bulu panjang yang indah, maka untuk menjaga kecantikan bulu tersebut kamu juga perlu merawatnya dengan cara memberikan nutrisi berupa vitamin E. Makanan yang mengadung vitamin E akan merangsang pertumbuhan rambut pada husky kecil, kemudian vitamin E juga akan membantu husky kecilmu agar tidak mengalami kerontokan berlebihan. (Baca juga: Cara Memelihara Ayam Petelur)

3. Memberi makanan dengan kadar garam yang cukup

Salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan anjing kecilmu mengalami kerontokan secara berlebihan adalah makanan dengan kadar garam yang tinggi. Oleh karena itu, untuk lebih mewaspadai kerontokan yang di alami anjing, lebih baik kamu tidak memberikan makanan dengan kadar garam yang tinggi sebagai salah satu makanan untuk anjingmu. Apabila hal itu kamu abaikan, maka kemungkinan besar akan terjadi kerontokan yang berlebihan serta akan mengganggu kesehatan anjingmu. (Baca juga: Cara Merawat Ikan Laga)

Sponsors Link

4. Menggunakan tempat makan dan minum yang tepat

Tempat makan dan minum juga menjadi salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Agar anjingmu betah di kandangnya sendiri, maka tentunya mereka membutuhkan kandang yang nyaman. Dan kandang yang nyaman berarti adanya tempat makan dan minum yang baik untuk mereka. Kamu bisa membeli tempat makan dan minum ini di petshop terdekat, atau bila kamu mau, membuatnya sendiri. Tempat makan dan minum yang baik adalah tempat makan dan minum yang membuat anjing mengetahui bahwa di situ tersedia makanan dan minuman untuknya. (Baca juga: Cara Mengobati Ayam Sakit)

5. Membersihkan tempat makan secara rutin

Meskipun setiap hari kamu selalu mengganti makanan dan minuman dari tempat makanan yang kamu sediakan untuk anjingmu, kamu masih harus melakukan perawatan pada tempat makan anjingmu itu. Hal itu perlu dilakukan untuk menghindari adanya bakteri atau virus yang menempel di tempat makan dan minum anjingmu sehingga ikut dikonsumsi oleh anjing kesayanganmu. Kamu tahu sendiri kan, apa akibatnya bila anjingmu mengonsumsi bakteri jahat dan virus yang berbahaya?

Baca juga:

6. Menggunakan tempat makan dan minum yang terbuat dari bahan stainless steel atau keramik

Untuk memudahkan proses pembersihan tempat makan dan tempat minum siberian husky kecilmu, maka sangat dianjurkanuntuk menggunakan tempat makan dan minum anjing yang terbuat dari bahan stainless steel (seperti bahan sendok makan) ataupun keramik. Dua jenis bahan tersebut mudah dibersihkan dan lebih bersih bila dibandingkan dengan bahan plastik yang juga bisa menjadi bahan alternatif untuk tempat makanan atau minumannya. Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat tempat makan anjing juga dapat membahayakan siberian husky kecilmu, jadi pastikan bahan yang digunakan aman.

7. Menyediakan kandang yang nyaman

Apabila kamu ingin anjing kecilmu tidak keluyuran ke mana-mana, maka sudah pasti dia membutuhkan kandangn yang nyaman dan cocok dengan ukuran atau umurnya. Kamu bisa membeli kandang tersebut di petshop terdekat.

Selain membuat anjing kecilmu tidak keluyuran ke mana-mana, pemilihan kandang yang baik juga akan membantu anjing kecilmu untuk belajar tentang toilet training. Hal ini sangat efektif dilakukan pada anjing siberian husky yang masih anakan atau berumur muda, oleh karena pada dasarnya setiap anjing tidak menyukai buang air besar atau buang air kecil di dalam kandangnya sendiri.

8. Membersihkan kandang secara rutin

Kandang yang nyaman adalah kandang yang bersih. Baik anjing siberian husky atau bukan, semua anjing pasti menyukai tempat tinggal yang bersih dan dibersihkan sendiri oleh majikannya dngan teartur. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang husky kecilmu setiap dua atau tiga hari sekali dengan menggunakan sabun cuci piring, agar kuman atau bakteri yang berada di sekitar kandang anjingmu bisa dibersihkan dengan tuntas.

9. Menyediakan tempat tidur di dalam kandang

Kandang juga menjadi tempat untuk tidur anjing kesayanganmu. Agar dia tidak terkena stress, atau tidak betah dengan kandangnya, maka tempat tidur yang nyaman dapat menjadi salah satu hal yang dapat disediakan bagi anjing kecilmu. Dengan demikian dia akan tinggal dan tidur di sana dengan nyaman. Sebaiknya gunakan tempat tidur yang dapat dibersihkan dengan mudah, seperti misalnya memilih kandang dengan anti air sehingga kamu hanya perlu menyiramnya dengan air dan tidak perlu mengeringkannya.

ads

10. Menyediakan mainan chew toys agar anjing bisa bermain dengan leluasa

Sebagaimana yang telah kita bahas sebelumnya, dari sononya siberian husky adalah anjing yang ramah, aktif dan suka bermain. Oleh karena itulah, bila kamu ingin memelihara siberian husky, jangan lupakan bahwa dia membutuhkan mainan untuk menemani kesehariannya. Soalnya, bila kamu tidak menyediakannya mainan, bsa jadi barang-barang di rumah yang akan menjadi korbannya, seperti misalnya sofa atau lemari bisa mereka gigit-gigit karena menganggap hal itu adalah sesuau yang menarik untuk dibuat mainan. Apabila kamu tidak ingin kejadian yang serupa terjadi di rumahmu sendiri, maka kamu harus membelikan mainan untuk siberian husky kecilmu. Beberapa mainan yang bisa kamu belikan antara lain mainan chew toys. Mainan tersebut memiliki fungsi sebagai alat mainan yang tidak akan merusak gigi anjing huskymu, sehingga cukup aman apabila ingin kamu gunakan sebagai mainan.

11. Memakai collar dan leash yang tidak menyakiti leher anjing

Selain memerhatikan makanan dan mainan untuk anjingmu, kamu juga perlu memerhatikan jenis collar dan leash yang kamu gunakan untuk mengajak husky kecilmu jalan-jalan. Kamu membutuhkan collar dan leash yang aman dan nyaman sehingga dia bisa belajar dan terbiasa untuk berjalan menggunakan tali khusus anjing tersebut bersama dengan mu.

Fungsi utama dari dari alat-alat ini adalah agar kamu bisa menjaga anjing kecilmu ketika di ajak keluar rumah baik pada siang ataupun sore hari. Sebaiknya kamu menggunakan collar dengan model halter. Collar halter adalah jenis collar yang mengikat hingga bahu anjingmu. Collar jenis ini pada umumnya tidak akan menyakiti bahu anjingmu saat dia beruapaya untuk memberontak atau saat kamu menariknya sehingga kamu tidak perlu khawatir akan membuatnya sakit apabila kamu menariknya.

Baca juga:

12. Memandikan anjing dengan rutin

Dalam perawatan grooming untuk anjing jenis siberian husky, anjing ini wajib di mandikan minimal sebulan sekali. Sangat di sarankan untuk menggunakan shampo bayi ataupun shampo khusus anjing. karena jika menggunakan shampo orang dewasa akan mengakibatkan bulu anjing anda menjadi rontok dan juga kusam pada umumnya. Selain dari itu rajin rajinlah untuk menyisir rambut anjing anda jikat terlihat kusut, karena jika dibiarkan akan menyebabkan rambut anjing anda cepat kotor dan menjadi sarang bakteri di tubuhnya.

13. Memandikan anjing dengan sampo khusus

Anjing siberian husky memang bukan termasuk anjing yang butuh untuk dimandikan secara intens. Akan tetapi kamu tetap perlu memandikannya setiap sebulan sekali atau tergantung bagaimana kamu bermain dengan anjingmu, bisa satu tahun sekali. Memandikan anjing berfungsi untuk menghilangkan kutu yang bisa menyebakan gatal-gatal dan luka. Anjing seperti siberian husky memerlukan shampoo khusus untuk menjaga bulu mereka agar tetap sehat dan tidak rontok saat dimandikan.

14. Memberi makan dua sampai tiga kali sehari

Agar anjingmu tumbuh dengan sempurna, maka kamu perlu memberinya makan dengan rutin. Pada anjing siberian husky yang masih kecil, kamu bisa memberikan makanan sebanyak tiga kali sehari, lalu secara perlahan-lahan kurangi hingga dua kali. Saat dewasa dia harus sudah makan sebanyak dua kali dalam sehari. Saat anjing kecilmu masih berumur di bawah tiga bulan, maka berilah dia makanan sebanyak tiga kali sehari, dan setelahnya kurangilah menjadi sekitar dua kali sehari.

15. Menyikat anjing dengan rutin

Walaupun anjing siberian husky bukanlah anjing yang mudah kotor dan dapat secara mandiri merawat dirinya sendiri, kamu tetap perlu menyikatnya dengan rutin agar dia benar-benar bersih. Berbeda dengan memandikannya, menyikat anjing siberian harus dilakukan dengan rutin karena bulunya tebal dan mungkin mudah rontok karena banyak hal. Dengan menyikatnya secara rutin, kamu akan membantu anjingmu merawat kebersihan tubuhnya.

Itulah beebrapa cara merawat siberian husky puppies yang bisa kamu terapkan secara mandiri. Dengan melakukan cara perawatan di atas, maka anjing siberian husky kecilmu pasti akan terawat dengan baik.

Baca juga:

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 05th, September 2017 / 09:20 Oleh :
Kategori : Anjing, Hewan Peliharaan