Sponsors Link

10 Cara Grooming Anjing Sendiri Bagi Pemula

Sponsors Link

Grooming ialah cara terbaik untuk memberikan tampilan yang sehat dan bersih pada anjing anda, anjing memiliki tubuh yang cerah dan bulu yang tidak mudah rontok, grooming untuk anjing selain untuk menjaga kebersihan juga dapat meningkatkan sirkulasi dan ketebalan otot anjing sehingga tubuhnya terlihat kuat dan bulunya terlihat berkemilau.

ads

Namun seperti yang kita ketahui, melakukan grooming di salon terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jika terus menerus dilakukan dan keuangan sedang kurang membaik maka akan menyebabkan boros dan menjadi beban. Sebaiknya lakukan sendiri grooming di rumah dengan cara berikut, 10 cara grooming anjing sendiri.

1. Sesuaikan dengan Jenis Anjing

Anjing peliharaan terdiri dari berbagai tipe dengan karakteristik tubuh dan bulu yang berbeda beda. Anjing yang memiliki bulu pendek ketika dilakukan penyisiran pada bulunya membutuhkan sisir yang panjang dan kukunya perlu untuk digunting secara teratur sebab jika dibiarkan memanjang, kukunya akan melukai jari jari atau bulu di tubuhnya. (Baca juga mengenai cara untuk menggemukkan anjing).

2. Alat yang Memadai

Sesuaikan juga sikat yang digunakan untuk menggosok tubuhnya, gunakan sikat atau pembersih yang lembut seperti sarung tangan tebal atau sikat dari karet yang lembut dan tidak menyakiti kulit kucing. Beri pengalaman yang baik pada anjing anda agar ia tidak ketakutan atau mencegah luka ketika ia di grooming di rumah. (Baca juga mengenai tanda anjing jantan ingin kawin).

3. Jadikan Rutinitas

Agar terbiasa dilakukan grooming di rumah, lakukan secara teratur dan beri waktu yang tepat untuk melakukan grooming agar anjing merasa nyaman. Biasanya grooming dilakukan sebelum ia makan agar dapat membuat anjing fokus dan memberi dampak yang positif. Setidaknya sekali dalam waktu 10 menit sudah cukup untuk anjing berbulu pendek maupun untuk anjing yang memiliki bulu panjang. (Baca juga mengenai cara mengobati jamuran pada anjing).

4. Perawatan

Mulai grooming dengan menyisir, perhatikan kesehatan bulu anjing anda dan kulitnya, apakah terdapat partikel lain seperti bulu yang berlebihan atau kutu, jika menyisir dilakukan setiap hari setiap masalah yang terjadi akan lebih mudah diamati dan diatasi. Pastikan bulu anjing sehat dan terlindung dari berbagai masalah kulit. (Baca juga mengenai cara mengatasi anjing yang suka menggonggong).

Jika bulu anjing terasa lembab atau kusut. anginkan anginkan atau sisir dengan arah ke luar agar ada angin luar yang masuk dan kulitnya terasa segar. Perhatikan juga respon anjing apakah ia merasa nyaman dan diam ketika disisir, jika ia merasakan sakit pada bagian tertentu maka ada kemungkinan ia menderita sakit kulit atau ada bagian tubuhnya yang terluka. (Baca juga mengenai gejala dehidrasi pada anjing).

5. Kaki dan Kuku

Langkah selanjutnya ialah memeriksa kaki dan kuku anjing, periksa secara seksama terhadap segala jenis benda asing antara jari kaki dan kukunya. Jika kuku sudah panjang makan harus dipotong. Jari kaki anjing yang kotor umumnya memang akan terjadi karena aktifitas sehari harinya, jangan biarkan hal tersebut terus berkelanjutan agar anjing terhindar dari penyakit.

Sponsors Link

6. Berendam

Setelah menyisir bulu dan memeriksa kaki serta kukunya, lanjutan perawatan dengan mandi dan berendam. Namun untuk memandikan tak perlu dilakukan setiap hari, cukup dua minggu sekali atau sebulan sekali jika anjing anda jarang keluar rumah. Caranya lakukan dengan mengisi ember atau tempat khusus yang digunakan untuk memandikannya dengan air yang hangat suam suam kuku.

Gunakan gayung untuk membasahi tubuh anjing dan hindari bagian mata, hidung, serta telinga dari air. Masukkan anjing ke dalam tempat tersebut, pijat tubuhnya dengan lembut sekaligus mengoleskan dan meratakan shampo hingga terakhir di bagian kepala. Siram kembali hingga bersih dan keringkan dengan handuk.

ads

7. Clipping

Yaitu proses memotong bulu anjing yang terlihat mengganggu dan tidak rapi, gunakan sisir yang bergigi rapat, pisau cukur, atau hair clipper khusus anjing. Ajak jalan jalan terlebih dahulu dan pastikan bulunya telah dalam kondisi kering, hal ini akan memberinya rasa tenang dan rileks. Setelahnya mulai lakukan pencukuran terhadap bulu bulu yang mengganggu.

Awali dengan menyemprotkan coast mist agar kulitnya lebih rileks, sisir, dan cukur sesuai dengan panjang yang anda inginkan. Cukur sesuai arah bulunya dengan menjauh dari mata dan hidung. Lakukan dengan hati hati, jangan sampai merusak atau menyakiti kulitnya, periksa kembali apakah ada bagian yang terlewat atau kurang rapi.

8. Perawatan Gigi

Gigi anjing juga perlu untuk dirawat dalam perawatan grooming, sikat gigi anjing anda dengan menggunakan sikat dan pasta gigi khusus untuk anjing, Lakukan setidaknya seminggu sekali. Anjing mudah memiliki gigi yang kotor karena makanannya yang berasal dari daging dan ia tidak bisa membersihkannya secara alami, sebab itu sempurnakan kebersihan tubuhnya dengan grooming.

9. Kesehatan Bulu

Rajin melakukan grooming membuat bulu anjing menjadi sehat dan tubuhnya terhindar dari ppenyakit. Lakukan secara rutin kegiatan menyisir bulu anjing agar bersih dan tidak kusut. Menyisir bulu anjing  secara rutin akan mencegahnya dari agresif dan membuatnya lebih jinak karena memiliki sirkulasi darah yang lancar dan merilekskan tubuh.

Menyisir juga akan menghilangkan bulu yang rontok dan meningkatkan produksi minyak alami tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Anjing yang berbulu tebal juga wajib disisir bagian leher dan dadanya. Gunakan sisir yang rapat untuk bagian kaki dan jangan lupa semprot terlebih dahulu setiap kali melakukan grooming di rumah agar mencegah bulu rontok semakin banyak.

10. Lakukan Evaluasi

Periksa apakah perawatan yang anda berikan memberikan dampak yang baik bagi anjing anda yakni ditandai dengan bulunya yang sehat dan tidak rontok serta tubuhnya yang bersih dan sehat. Jika anda pernah melakukannya di salon coba dibandingkan hasilnya dan lakukan evaluasi kekurangan ada dimana, banyak membaca pula mengenai perawatan kebersihan untuk anjing agar bisa diterapkan setiap kali melakukan cara grooming anjing sendiri di rumah agar perawatan dapat dilakukan secara rutin dan memberikan hasil yang lebih baik dari hari ke hari.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbaruhi pengetahuan anda mengenai dunia hewan dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 01:48 Oleh :
Kategori : Anjing