Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Anjing yang Suka Menggonggong

Sponsors Link

Anjing dapat menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dan ideal, namun terkadang walaupun anjing yang dipelihara sudah jinak, ia dapat menggonggong secara terus menerus yang terkadang pemilik tidak tahu apa alasannya. Tentunya untuk mengatasi hal tersebut wajib diketahui terlebih dahulu apa alasan anjing terus menggonggong.

ads

Setelahnya, dapat dilakukan tindakan untuk menenangkan dan menghentikannya. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memahaminya dari artikel berikut, 13 cara mengatasi anjing yang suka menggonggong, sehingga anjing anda dapat menjadi lebih tenang dan tidak mengganggu lingkungan sekitar.

1. Hentikan Pemberian Barang

Berhenti memberikan apa yang ia inginkan setiap kali ia menggonggong adlaah cara pertama agar anjing anda tidak terbiasa menggonggong terus menerus, menuruti maunya hanya akan membuatnya manja dan menjadi kebiasaan. Ia menjadi beranggapan bahwa apa yang dilakukannya benar karena anda memberikan hadiah berupa barang yang ia inginkan setiap kali ia melakukannya. (Baca juga mengenai cara membuat anjing betina birahi).

2. Acuhkan

Sekali waktu jika ia terus menggonggong padahal anda sudah mencukupi segala yang ia butuhkan seperti makanan, minuman, dan mainan, maka coba untuk mengacuhkannya dan membiarkan ia kelelahan. Jangan memarahinya, sebab bisa saja ia menganggap bahwa kemarahan yang anda ungkapkan padanya ialah bentuk pujian dan bentuk bahwa anda menyukai gonggongannya. (Baca juga mengenai cara untuk menggemukkan anjing).

3. Alihkan Perhatian

Upayakan agar anda pura pura sibuk pada hal lain setiap kali ia menggonggong berlebihan seperti pura pura membaca koran atau menonton televisi dengan mengeraskan volumenya, ketika anda membiarkannya menggonggong maka ia akan menjadi sadar bahwa apa yang ia lakukan tidak disukai oleh pemiliknya. (Baca juga mengenai cara mengobati anjing flu).

4. Beri Hadiah Ketika Tenang

Cara mengatasi anjing yang suka menggonggong setelah diacuhkan dan ia bisa lebih tenang ialah dengan memberikannya hadiah ketika ia telah diam dan merasa lelah. Lakukan terus menerus dan jangan beri makanan apapun ketika ia menggonggong, hanya berikan makanan atau hadiah cemilan ketika ia telah berada dalam kondisi yang tenang. (Baca juga mengenai cara membuat anjing berhenti menggigit).

5. Sampaikan dengan Kata Kata

Puji ketika anjing bersikap diam dan patuh, sampaikan dengan kata kata, misalnya ialah “anjing pintar” atau kalimat pujian lain yang biasa ia dengar agar ia mengerti bahwa diam jauh lebih baik dan tidak membuat semua orang terganggu olehnya. Lakukan pujian setiap kali anjing anda dalam kondisi tenang dan acuhkan ketika anjing menggonggong berlebihan. (Baca juga mengenai penyebab mulut anjing berbusa).

Sponsors Link

6. Beri Mainan

Berikan mainan yang bisa mengalihkannya dari menggonggong, beri mainan yang membuatnya sibuk seperti mainan yang bisa bergerak dan letakkan di kandangnya, bisa juga memberikannya mainan yang bisa ia gigit namun tidak berbahaya baginya agar ia sibuk bermain dengan mainan tersebut, terkadang anjing menjadi suka menggonggong ketika ia merasa kesepian dan tidak ada teman untuk bermain, ia melakukannya untuk mencari perhatian.

7. Cegah Hal Hal yang Memicu

Hindarkan ia dari hal hal yang dapat memicu gonggongan seperti bermain dengan bola namun bola yang ia mainkan jatuh di luar kandangnya atau tergelincir di suatu tempat yang ia tidak bisa menjangkaunya hingga ia menggonggong untuk meminta pertolongan, upayakan agar mainan yang disediakan untuknya mudah dijangkau dan berada di kawasan yang ia mainkan dan mampu ia raih tanpa pertolongan manusia.

ads

8. Kenali Gangguan Kecemasan

Anjing yang menggonggong terkadang terjadi karena rasa cemas ketika ditinggalkan oleh pemiliknya, hal itu dapat diketahui ketika anda meninggalkannya ia menjadi lebih banyak menggonggong dan ketika ia berada sendirian di kandang ia menjadi cemas, hal tersebut tentu akan mengganggu sebab manusia tidak mungkin terus menerus berada bersama anjing

Untuk mengatasinya, alihkan dengan cemilan atau mainan dan sediakan televisi atau radio di dekat kandangnya ketika ia ditinggalkan, agar ia tidak merasa cemas dan memiliki kesibukan, jangan sampai ia merasa bosan dan cemas, hal tersebutlah yang paling banyak menyebabkan anjing menggonggong dengan berlebihan.

9. Ajari Perintah Tenang

Beri ia latihan untuk mendapat perintah diam dan tenang. Ketika anjing anda menggonggong, ucapkan kata perintah tersebut, misalnya “diam” atau “stop”, lakukan berkala hingga ia diam, ketika ia telah diam, ulangi kata perintah tersebut dengan disertai dengan nada memuji dan mengelus bulunya, beri contoh juga dengan anda yang melakukannya.

Misalnya dengan cara memberi perintah kepada diri sendiri dan melakukannya, seperti anda sibuk berbicara lalu anda memberikan perintah untuk diam, dan anda seketika diam dan duduk tenang, lakukan terus menerus pada anjing anda hingga ia bisa memahami kata perintah tersebut dan mau diam ketika diperintah.

10. Cegah Rasa Bosan

Hindarkan rasa bosan sebagai cara mengatasi anjing yang suka menggonggong, rasa bosan membuat anjing berada dalam kondisi mood yang buruk dan cenderung terus mencari perhatian dari sekitarnya agar ia bebas dari bosan yang ia rasakan. Jika memungkinkan, beri ia teman yang seumuran dan sama besar dengannya agar ia memiliki teman dan tidak bosan, atau sediakan makanan dan cemilan serta mainan setiap kali ia sendirian untuk mengalihkan perhatiannya.

11. Ajak Beraktifitas

Lenyapkan rasa bosan dan jenuh yang dirasakan oleh anjing anda dengan mengajaknya beraktifitas, misalnya dengan mengajaknya bermain di halaman rumah atau dengan mengajaknya jalan jalan di sekitar komplek rumah anda, biarkan ia bermain jika ia ingin lebih lama berada di luar rumah agar ia memiliki kesenangan dan jauh dari rasa bosan.

12. Penuhi Kebutuhan Anjing

Jangan lupa sellau penuhi kebutuhan anjing anda seperti memberikannya kandang yang luas, memberinya akses yang mudah untuk makan, minum, dan buang air, serta memberinya mainan dan hiburan yang cukup. Hal itu akan membuatnya merasa dirawat dengan baik dan mencegahnya mencari perhatian berlebih dengan menggonggong berlebihan.

13. Tangani Jika Terjadi Masalah Kesehatan

Jika seluruh langkah langkah telah anda lakukan namun tak ada perbedaan yang berarti, lakukan pemeriksaan pada sleuruh kondisi fisiknya, periksa kemungkinan ia sering menggonggong karena ada sesuatu yang sakit atau tidak nyaman di tubuhnya. Lakukan pemeriksaan secara menyeluruh di tubuhnya atau bawa ke dokter hewan.

Demikian artikel kali ini, semoga dapat dipahami dengan mudah oleh anda dan menjadi wawasan yang bermanfaat, jangan lupa selalu perbaruhi pengetahuan anda mengenai dunia hewan dengan membaca artikel artikel di website kami. Terima kasih sudah membaca. Salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 14th, May 2018 / 07:03 Oleh :
Kategori : Anjing