Home » Anjing » 15 Cara Membuat Anjing Berhenti Menggigit

15 Cara Membuat Anjing Berhenti Menggigit

by Cori Calista

Menggigit sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi baik pada anak anjing karena masih berada dalam tahap perkembangan dan juga anjing dewasa.

Namun membiarkan anjing terus menggigit juga sebaiknya tidak dilakukan karena bisa menyebabkan masalah yang semakin banyak sebab gigitan anjing bisa bertambah serius.

Anjing sebenarnya juga merupakan hewan yang pintar sehingga anda sebagai pemilih bisa mengajari anjing anda agar tidak melakukan hal tersebut meski harus dilakukan dengan penuh kesabaran.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara membuat anjing berhenti menggigit yang bisa anda terapkan untuk anjing kesayangan anda di rumah.

  1. Sosialisasikan Anjing

Sosialisasi sangat penting diberikan pada anjing agar ia bisa belajar tentang perilaku anjing normal pada umumnya yang juga bisa dilakukan sebagai cara menjinakkan anjing galak.

Hal ini sangat penting dilakukan tidak hanya pada anjing dewasa namun khususnya juga pada anak anjing. Seekor anjing yang disosialisasikan nantinya bisa belajar bagaimana cara bermain yang benar dengan anjing lainnya dan tidak akan menggigit pada tanda pertama dari sebuah ancaman. Mensosialisasikan anjing juga bisa membantu mereka agar tidak takut saat sedang bertemu anjing lain, hewan lain atau manusia yang belum dikenalnya.

  1. Terapkan Dominasi

Meski anjing memiliki paras yang sangat lucu dan imut, namun anjing tetaplah hewan yang akan mengikuti pemimpinnya. Sebelum anda mulai melatih anjing anda, pastikan ia bisa melihat anda sebagai pemimpinnya sehingga tidak akan mencoba untuk mengambil alih kepemimpinan anda. Dengan ini, anjing juga akan belajar untuk tidak menggigit sebab tetap memandang anda sebagai pemimpinnya.

  1. Beri Peringatan

Saat anjing anda menggigit, maka segera berikan peringatan secara langsung sesudah itu langsung abaikan anjing tersebut yang juga bisa diterapkan untuk cara menjinakkan anak anjing.

Berikan teguran keras pada anjing anda ketika ia sedang menggigit seperti mengatakan “jangan” dengan suara yang keras dan juga berikan tanda peringatan dengan tangan anda sebagai sebuah perintah. Ini akan mengajarkan pada anjing jika anda yang memegang kuasa dan tidak menyukai hal yang sedang ia lakukan. Jaga jarak anda saat ia sedang menggigit dan kembali berikan perhatian anda saat ia sudah kembali berperilaku baik.

  1. Berikan Tanda Kesakitan

Anda juga bisa menghentikan anjing menggigit dengan cara memberikan tanda jika ia sedang menyakiti anda saat sedang digigit. Dalam dunia hewan, saat anjing saling menggigit antara satu dengan yang lainnya, maka ia akan berhenti saat ada anjing yang menyalak kesakitan.

Anda bisa mengatakan “aduh” setiap anjing anda menggigit dan langsung berhenti bermain dengan anjing tersebut. Dengan ini maka anjing akan belajar jika ia menggigit, maka teman bermainnya akan pergi meninggalkan.

  1. Berikan Teguran Fisik

Yang dimaksud dengan memberi teguran fisik disini bukan berarti anda harus memukul anjing sebab ini hanya membuat anjing anda semakin agresif sekaligus menciptakan situasu yang tidak menyenangkan.

Anda bisa memakai botol semprot yang diisi dengan air dan gunakan untuk menyemprot wajah anjing setiap kali ia menggigit atau bisa juga digunakan sebagai cara membuat anjing berhenti menggongong. Selain itu, anda juga bisa menggunakan sarung tangan yang sudah dioleskan dengan sesuatu yang tidak disukai oleh anjing sehingga ia akan merasa jijik saat hendak menggigit anda.

  1. Pastikan Anjing Cukup Bermain

Anjing yang menggigit bisa disebabkan karena berbagai hal seperti karena ingin bermain atau sedang merasa bosan. Untuk itu pastikan anjing anda mendapatkan latihan yang cukup dan juga bermain setiap harinya. Anda bisa bermain tangkap bola, frisbee dan juga tarik tambang untuk bermain bersama anjing.

Selain itu, ajak juga anjing anda berjalan jalan setiap hari. Setidaknya sisihkan waktu anda untuk bermain bersama anjing minimal 30 menit setiap hari yang juga berguna untuk membuang energi berlebih ada anjing anda.

  1. Pahami Gigitan Anjing

Anak anjing umumnya akan menggigit saat ia sedang tumbuh menjadi dewasa dan berkembang. Biasanya, anjing akan belajar untuk tidak menggigit atas dasar perintah dari anggota kawanan lain termasuk anjing dewasa saat ada tanda anjing depresi yang diperlihatkan oleh anjing lainnya.

Dengan ini ia akan belajar untuk tidak menggigit dan mencederai teman lainnya dan jika tidak segera berhenti maka ia akan mendapatkan serangan balik yang bisa membuat anjing tersebut cedera. Hal ini juga harus anda pelajari dan bisa diterapkan antara anda dengan anjing anda supaya akhirnya ia bisa berhenti menggigit.

  1. Menetralkan Anjing

Menetralkan atau memandulkan anjng anda bisa dilakukan karena berbagai hal seperti agar tidak memiliki anak terlalu banyak, cara mengatasi anjing susah makan, menghindari anjing terlalu hiperaktif dan juga bisa meminimalisir kebiasaan anjing yang senang menggigit.

Penetralan atau pemandulan ini bisa merubah tingkat hormon yang ada pada tubuh anjing sehingga perilakunya bisa lebih jinak, mengurangi insting anjing untuk berkeliaran atau berkelahi dengan anjing lain sekaligus menurunkan tingkat hormon testoteron supaya anjing jantan tidak terlalu agresif.

  1. Hindari Anjing Berkeliaran Bebas

Saat anda ingin mengajak anjing anda bermain atau jalan jalan keluar rumah, maka pastikan dilakukan denganikat leher. Ini harus dilakukan karena menjadi ciri dari pemilik hewan yang bertanggung jawab dengan selalu menjaga anjing mereka berada di wilayah aman dan terbatas. Cara ini tidak hanya membantu anjing anda, namun juga menjaga anjing anda bertengkar dengan hewan lain, anjing lain atau manusia.

Pastikan anda tidak membiarkan anjing berkeliaran dengan bebas sehingga bisa meminimalisir peluang anjing untuk bertemu dengan musuh atau hewan lain yang bisa memicunya untuk saling menggigit dan berkelahi. Selalu menjaga anjing juga baik dilakukan supaya naluri untuk berburu pada anjing bisa diturunkan.

  1. Hindari Pemicu Stress

Perlu diketahui jika anjing yang menggigit juga bisa terjadi karena ia sedang stress atau berada dalam situasi yang tidak menyenangkan yang juga menjadi penyebab anjing tidak mau makan. Jika anda mencurigai jika seekor anjing bisa menggigit, maka hindari situasi yang bisa memicu stress anjing.

Hindari membawa anjing ke tempat yang baru dan juga terlalu ramai. Selain itu, hindari juga memperkenalkan anjing pada orang baru jika hal tersebut membuat anjing anda merasa tertekan dan gugup yang akhirnya bisa memicu anjing untuk menggigit.

  1. Ikuti Pelatihan Kepatuhan

Anda bisa mengikuti beberapa kelas pelatihan kepatuhan anjing yang menjadi salah satu cara efektif untuk menghentikan gigitan anjing. Dalam kelas tersebut, nantinya anda akan diajarkan tentang cara bekerja sama yang baik untuk menghindari gigitan. Selain itu, anjing juga bisa bersosialisasi dengan anjing lain dan juga orang lain.

Anjing juga akan belajar bagaimana mengatasi rasa takut yang ia miliki sekaligus juga memberikan pelajaran pada anada bagaimana cara terbaik untuk memberikan hadiah dan hukuman pada anjing anda.

  1. Mouthing dan Nipping

Anda juga harus bisa mempelajari apakah mouthing yakni hanya menempelkan mulutnya atau nipping yakni menggigit dengan cepat yang dilakukan anjing anda hanya merupakan ekspresi saat bermain atau karena agresif. Biasanya, semua anjing kecuali anak anjing akan mempunyai perilaku mouthing yang normal.

Mempelajari tentang dua perbedaan ini bisa membantu anda dalam memahami perilaku anjing. Meskipun mouthing dan nipping berbeda, akan tetapi keduanya sama sama perilaku yang tidak baik sehingga harus dihentikan.

  • Mouthing umumnya tidak akan membuat anda terluka karena anjing memiliki bahasa tubuh yang terlihat rileks.
  • Nipping bisa membuat anjing menggigit secara agresif dan bahasa tubuh terlihat kaki serta tegang.
  • Nipping umumnya berlangsung dengan cepat, keras dan juga terasa lebih menyakitkan.
  1. Ajarkan Untuk Bersikap Lembut

Anjing adalah hewan yang senang berkumpul dan belajar tentang permainan yang sering dilakukan anjing lainnya saat masih kecil. Untuk itu menggigit sebenarnya hal normal untuk anak anjing karena merupakan bagian dari sebuah permainan. Namun anda sebagai pemilik juga harus mengajarkan agar anjing anda bisa berhenti menggigit.

  • Jika anda digigit, maka segera keluarkan suara melengking bernada tinggi seperti yang dilakukan oleh anjing.
  • Berhentilah bermain selama beberapa detik
  • Lanjutkan dengan memberi pujian kemudian bermain kembali.
  • Namun jika anjing atau anak anjing tidak berhenti saat anda menjerit, maka tinggalkan anjing dan coba kembali nanti.
  1. Lakukan Prosedur Jeda

Anda juga bisa melakukan prosedur jeda untuk menghentikan kebiasaan anjing menggigit baik mouthing atau nipping. Jika anjing anda tidak memberikan respon saat anda sudah mengeluarkan lengkingan dan penolakan singkat untuk bermain, maka coba cara ini yakni dengan mengabaikan anjing anda sebagai peringatan jika perilaku tersebut tidak baik dan tidak bisa diterima.

  • Cobalah untuk menjerit saat anda tergigit
  • Abaikan anjing anda selama 10 hingga 20 detik
  • Letakkan anjing anda pada tempat tersendiri selama 10 hingga 20 detik.
  1. Berikan Hadiah Saat Berperilaku Baik

Sangat penting untuk memberi tahu anjing anda pada saat ia melakukan sesuatu hal yang baik. Sehingga pastikan anda selalu memberi pujian pada anjing jika ia berhenti menggigit dengan cara memberi makanan kecil atau sekedar mengusap kepala atau berkata kata dengan lembut yang juga baik untuk cara mengatasi anjing depresi.

Namun pastikan untuk memberikan hadiah pada saat ia melakukan hal yang baik saja. Namun jangan berikan makanan terlalu berat namun cukup makanan kecil saja.

Cara membuat anjing berhenti menggigit harus dilakukan dengan sabar dan juga konsisten yang harus dilakukan secara teratur setiap kali anjing mulai menggigit. Namun hal yang pasti, jangan pernah hukum anjing secara fisik karena hanya akan membuat anjing anda memberikan respon yang lebih agresif.

You may also like