Sponsors Link

13 Cara Penangkaran Gelatik Jawa

Sponsors Link

Beternak Burung Gelatik mungkin tergolong mudah dibandingkan burung kicau lainnya. Bahkan budidaya Burung Gelatik pada saat ini lumayan menguntungkan, mengingat populasi burung jenis ini semakin langka. Hal penting agar budidaya burung Gelatik berhasil adalah keseriusan serta ketelatenan.

ads

Bahkan pakannya yang mudah, lalu kandang yang kalian butuhkan tidak terlalu besar serta mudah untuk dibuat. Berikut 13 cara penangkaran gelatik jawa.

  1. Lokasi Kandang

Salah satu yang paling penting dalam budidaya burung gelatik adalah lokasi penangkarannya. Lokasi penangkaran paling cocok di tempat yang jauh dati rumah penduduk. Pastikan agar lokasi penangkaran burung gelatik jawa mempunyai suasana tenang. Dan jauh dari suara ataupun gangguan karena dapat membuatnya stress. Lokasi kandang akan menentukan keberhasilan budidaya burung gelatik. Karena kesalahn pemilihan lokasi akan membuat gelatik jawa betina tidak mau bertelur.

  1. Kandang Budidaya

Ukuran kandang bisa berdampak bagi kesehatan serta produktivitas burung. Jangan membuat kandang terlalu besar karena akan menjadikan burung gelatik terlalu banyak terbang. Sehingga menguras energi yang banyak untuk bergerak daripada untuk bereproduksi.

Ukuran kandang yang idealnya adalah yang berukuran 30 cm x 40 cm jika ingin menangkar pasangnya. Bahan untuk pembuatan kandang bisa dari kerangka besi ataupun kerangka kayu. Lalu tutuplah dengan memakai kawat kasa berukuran 1 cm x 1 cm. Untuk bagian atap kalian bisa memakai seng, asbes, genting atau tripleks.

Ini akan membuat sinar matahari bisa masuk ke kandang secara maksimal, sehingga sangat disarankan buat memakai kawat kasa. Sinar yang masuk akan dimanfaatkan burung buat berjemur setelah burung mandi. sebab burung gelatik jawa sangat suka membasahi bulunya menggunakan air.

  1. Mempersiapkan Indukan

Untuk memulai penangkaran, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan secara benar. Salah satunya adalah pemilihan calon induk. Agar penangkaran dapat berhasil dengan baik, maka penentuan induk sebagai F1 harus juga yang benar-benar terbaik.

  1. Memilih Indukan yang Bagus 

Jika kalian bisa mendapatkan indukan berkualitaa bagus bisa dipastikan jika penangkaran bisa berjalan maksimal. Indukan yang berkualitas baik pastinya berasal dari burung berkualitas baik juga.

Harus diketahui karena kesuburan, warna, serta hal lainnya merupakan bersifat genetis yang diturunkan dari induk gelatik jawa ke anaknya. Jadi dengan induk berkualitas baik bisa memperoleh anakan berkualitas baik juga. Dengan induk berkualitas seperti ini kalian akan mendapatkan 50% keberhasilan. Sisanya tergantung cara perawatan gelatik jawa yang kalian lakukan.

  1. Membedakan Jenis Kelamin Gelatik

Salah satu cara penangkaran gelatik yaitu dengan membedakan jenis kelamin burung gelatik cukup susah. Penampilan fisik dari burung jantan gelatik dan yang betina hampir serupa. Untuk bisa membedakan jenis kelaminnya, kalian perlu mengamati secara seksama dibagian paruh, suara hingga matanya.

Burung gelatik jantan biasanya akan mempunyai pangkal paruh yang lebih tebal, serta berwarna lebih tajam dan cantik. Matanya juga terlihat lebih cerah serta bersinar. Kicauannya pun biasanya lebih bertenaga serta lebih sering berkicau daripada burung gelatik jawa betina.

Gelatik betina biasanya mempunyai paruh yang lumayan tipis, serta memiliki warna yang lebih muda. Warna matanya pun sedikit pudar. Ukuran tubuhnya juga relatif lebih kecil dibandingkan pejantannya. Suara kicauannya juga tergolong jarang dan monoton.

Sponsors Link

  1. Ciri-Ciri Indukan Yang Baik

Agar bisa memperoleh gelatik jawa yang baik kalian harus memperhatikan fisik burung gelati jawa. Pastikan jika fisik dalam kondisi baik serta sehat agar bisa menghasilkan anakan yang berkualitas baik dan sehat.

  1. Pemberian Pakan

Agar nutrisi pada burung gelatik terpenuhi, kalian perlu memberikan pakan yang masih segar dan bervariasi. Kalian dapat memberikan vitamin pada burung gelatik jawa. Untuk pakan burung gelatik jawa sangat dianjurkan untuk memberikan pakan yang alami. Tapi tidak masalah kalau kalian memberikan gelatik jawa pakan buatan.

Atau kalian dapat memberikan mereka pakan campuran dari keduanya. Pemberian pakan tambahan perlukan kalian lakukan untuk memacu pertumbuhan dan meningkatkan sistem ketahanan  tubuh burung gelatik. Seperti memberikan ulat hongkong, cacing, jangkrik, belalang serta orong-orong.

  1. Memiliki Perangai Lincah

Burung gelatik jawa haruslah yang aktif bergerak sana kemari. Tidak cenderung berdiam saja di suatu tempat. Jika ada sesuatu mendekati sangkarnya, burung gelatik jawa akan secara otomatis terbang kelabakan. Burung yang diam malah justru dikhawatirkan sedang sakit  atau sedang mengalami stres. Kalian harus mengetahui dengan segera jika tidak ada yang beres dengan burung peliharaan kalian.

Sponsors Link

  1. Memiliki Bulu Tertata Rapi dan Tidak Mengkorok

Pastikan jika bulu gelatik harus tertata rapi. Karena ini menandakan jika burung bersih dan tidak dalam kondisi stres. Burung gelatik jawa biasanya merawat bulu serta menata setelah mandi. Jika bulu terlihat mengkorok ini bisa menandakan burung sedang mengalami sakit.

  1. Memiliki Dubur Bersih

Bagian dubur juga harus kalian perhatikan dengan teliti. Bersih tidaknya dubur akan menunjukkan kesehatan burung gelatik. Jangan memilih seekor burung gelatik yang memiliki dubur tidak bersih serta memiliki banyak kotoran. Hal ini akan menunjukan burung gelatik sedang mengalami permasalahan pada pencernaannya. Bisa saja butung gelatik terkena mencret ataupun infeksi usus ataupun di lambungnya. Ini dikhawatirkan bisa menurun ke anak-anaknnya.

  1. Memperhatikan Paruh

Pilihlah burung yang memiliki paruh bagian atas serta bagian bawahnya simetris. Jangan sampai memilih burung yang cacat, yaitu memiliki paruh atas serta bawahnya tidak bisa mengatup dengan sempurna. Cacat seperti ini biaa timbul dikarenakan perkawinan yang sedarah.

  1. Memperhatikan  Lingkar Mata

Lingkar mata menjadi salah satu petunjuk buat mengetahui kesehatan burung. Harus kalian perhatikan jika warna lingkar mata berwarna terang bukannya pucat. Warna pucat akan menunjukkan burung dalam kondisi kurang fit. Burung yang baik akan mempunyai lingkar mata membulat sempurna serta ketebalan yang rata. Selain itu, haruslah lingkar mata dalam kondisi bersih serta halus dan tidak memiliki lekukan-lekukan

  1. Telur

Burung gelatik betina pada umumnya bisa bertelur empat hingga enam butir telur. Telur-telur gelatik jawa biasanya akan berwarna putih serta tidak perlu dierami kedua orangtuanya entah betina ataupun jantan.

Itulah 13 cara penangkaran burung gelatik jawa. Selain itu kalian bisa merawat jenis burung lainnya serta mengetahui Cara Memelihara Burung MuraiCara Memelihara Burung Walet, juga Cara Memelihara Burung Kakatua.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 11th, May 2018 / 05:34 Oleh :
Kategori : Burung