Sponsors Link

15 Tanda Anjing Jantan Ingin Kawin yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Tidak hanya anjing betina saja yang akan memperlihatkan tanda birahi saat ingin kawin, namun anjing jantan juga akan memperlihatkan tanda tanda tersebut.

ads

Namun pada anjing jantan biasanya hanya memperlihatkan tanda tanda perubahan perilaku dan bukan perubahan fisik seperti cairan yang keluar dari alat kelamin dan pembengkakan alat kelamin seperti yang terjadi pada anjing betina.

Anjing jantan umumnya akan memperlihatkan tanda tanda tersebut saat berada di dekat anjing betina dalam masa kawin. Anjing jantan umumnya akan kawin untuk pertama kali saat sudah memasuki usia 1 tahun. Anjing juga membutuhkan pengalaman sosial serta pra seksual untuk belajar bagaimana proses kawin.

Bagi anda yang memiliki anjing jantan, maka perhatikan beberapa tanda anjing jantan ingin kawin seperti yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Lebih Agresif dan Defensif

Anjing jantan yang ingin kawin biasanya akan cenderung bersifat agresif dan defensif pada anjing jantan lainnya yang sama sama tidak di kebiri. Anjing jantan umumnya akan berkompetisi untuk mendapatkan anjing betina. Umumnya beberapa ekor anjing jantan akan mendatangi anjing betina karena mencium aroma yang dihasilkan anjing betina. Bahkan, anjing jantan juga bisa terus berkelahi hingga ada salah satu anjing yang mati. Untuk itu, sangat penting melindungi anjing jantan anda agar aman dan tidak berkelahi dengan anjing jantan lainnya.

  1. Kurang Konsentrasi dan Mengalami Gangguan Kompulsif

Anjing jantan yang ingin kawin dan tidak dikebiri umumnya akan memiliki satu tujuan dalam hidupnya yakni untuk berkembang biak. Anjing jantan nantinya akan kesulitan berkonsentrasi saat mengikuti pelatihan atau saat anda mengajarkan sesuatu trik pada anjing jantan anda seperti ciri ciri anjing sakit. Hal ini biasanya hanya berlangsung selama musim kawin yakni sekitar 3 minggu. Perasaan ingin kawin pada anjing jantan juga bisa menyebabkan kebiasaan masturbasi menjadi gangguan kompulsif khususnya jika anjing melakukan hal tersebut sebagai respon dari stres. Gangguan kompulsif ini bisa mengganggu fungsi normal anjing hingga nantinya masa kawin berakhir.

  1. Sering Pergi Keluar Rumah

Seekor anjing jantan yang ingin kawin khususnya jika anda anjing betina disekitarnya akan sering pergi dari rumah untuk mencium bau dari anjing betina tersebut. Anjing juga akan terus menarik saat diajak berjalan jalan serta menolak untuk mendengarkan panggilan anda.

Anjing jantan akan selalu mencari cara untuk menemukan anjing betina seperti melompati pagar, menggali tanah dan sebagainya. Keinginan anjing untuk pergi keluar dari rumah juga terjadi karena anjing jantan mencium berbagai tanda yang dikeluarkan anjing betina dan terbawa oleh udara sehingga akan melakukan berbagai cara seperti mengelilingi halaman rumah, berjalan ke segala arah saat diajak berjalan jalan atau lari pagi dan sebagainya.

  1. Jantan Sering Menunggangi Betina

Saat anda melihat anjing jantan yang lebih sering menunggangi tubuh betina, maka ini juga bisa dijadikan pertanda jika anjing jantan anda ingin kawin. Ini bisa terjadi karena anjing jantan mendeteksi hormon reproduksi yang dikeluarkan oleh anjing betina sehingga minat untuk kawin anjing jantan semakin kuat.

Sponsors Link

  1. Menjilati Alat Vital Betina

Hal lain yang bisa dijadikan pertanda anjing jantan ingin kawin adalah sering menjilati alat kelamin dari anjing betina sekaligus mengendus anjing betina dalam waktu yang cukup lama yang nantinya akan berhenti saat anjing betina sudah berhasil kawin dan memperlihatkan ciri ciri anjing hamil. Hal ini bisa terjadi karena anjing jantan tertarik dengan aroma yang dihasilkan dari anjing betina sebagai pertanda ingin kawin.

  1. Terlihat Cemas

Jika anjing jantan yang anda miliki terlihat cemas, depresi dan seperti sedih saat dipisahkan dengan anjing betina, maka ini juga bisa dijadikan pertanda jika anjing jantan sedang masuk dalam masa kawin. Anjing jantan juga akan mudah marah jika anda melarangnya untuk mendekati anjing betina yang akan berlangsung selama masa kawin anjing. Untuk cara mengatasi anjing depresi bisa dilakukan dengan menghabiskan waktu lebih banyak dengan anjing anda atau memberikan mainan khusus anjing yang tersedia di pet shop.

  1. Memberi Tanda Wilayah

Seperti halnya kucing, anjing jantan yang ingin kawin juga umumnya akan memberi tanda wilayah atau dikenal dengan sebutan spaying. Keadaan ini dipengaruhi oleh hormon testoteron pada jantan yang bisa memberikan pengaruh pada perilaku dominasi anjing jantan. Spaying ini juga dilakukan anjing jantan untuk memperingati anjing jantan lainnya jika wilayah tersebut adalah area kekuasaannya.

  1. Sering Melakukan Humping

Humping atau perilaku aneh seperti menaiki sebuah benda atau kaki pemiliknya juga akan dilakukan anjing jantan saat ia ingin kawin. Ada banyak benda yang akan digunakan anjing untuk humping seperti boneka, sofa, guling dan benda lainnya serta kaki pemilik yang kemudian akan dilanjutkan dengan gerakan seperti kawin.

ads

  1. Melakukan Masturbasi

Masturbasi menjadi bagian dari perilaku seksual normal pada anjing. Masturbasi yang dilakukan anjing jantan pada betina juga sering diikuti dengan kebiasaan yang dilakukan manusia seperti selalu menjilati betina, mengibaskan ekor keatas dan telinga yang tegak sambil ditarik ke belakang.

  1. Perubahan Selera Makan

Tidak hanya anjing betina saja yang mengalami perubahan makan namun juga terjadi pada anjing jantan yang ingin kawin. Umumnya anjing akan semakin rakus karena lapar sehingga bisa memakan apapun meski makanan tersebut tidak terlalu disukai.

Namun hal sebaliknya juga bisa terjadi pada anjing jantan dimana anjing jadi lebih selektif memiliki makanan dan bahkan menjadi penyebab anjing  tidak mau makan sama sekali sehingga terlihat lebih malas dan lesu dari biasanya. Cara mengatasi anjing susah makan selama masa kawin ini bisa diberikan suplemen khusus untuk penambah nafsu makan sehingga tubuh anjing bisa selalu sehat.

  1. Perubahan Kepribadian dan Lebih Sensitif

Perubahan kepribadian juga akan terjadi saat anjing jantan ingin kawin. Mereka bisa menjadi lebih penyayang pada pemiliknya atau sebaliknya lebih pemarah atau ingin menyendiri. Perubahan kepribadian ini akan semakin terasa jika anda sangat dekat dengan anjing dan banyak menghabiskan waktu anda untuk bermain bersama anjing.

Selain itu, dari segi psikologis anjing jantan juga akan mengalami perubahan sehingga lebih sensitif, lebih peka dengan lingkungan sekitar dan juga senang dengan berada dekat dengan pemiliknya lebih sering. Namun perubahan psikologis ini tidak selalu terjadi pada semua anjing jantan yang ingin kawin sebab beberapa anjing jantan bahkan tidak menunjukkan perubahan sensitifnya sama sekali.

  1. Semakin Sering Menjelajah

Pada dasarnya, anjing jantan memang memiliki naluri untuk menjelajah dan berkeliaran di berbagai tempat sekaligus menandai lingkungan sekitar. Perilaku ini umumnya akan semakin meningkat jika ada anjing betina disekitarnya dalam masa kawin. Anjing jantan bisa mengenali aroma betina yang sedang birahi dalam jarak beberapa meter sehingga anjing jantan umumnya akan berada di sekitar area tersebut selama beberapa jam bahkan sampai beberapa hari.

  1. Bertambah Aktif

Saat ingin kawin, anjing jantan juga akan bertambah aktif lebih dari biasanya. Perubahan ini terjadi karena anjing jantan ingin memperlihatkan keinginan untuk kawin pada anjing jantan sehingga bisa menarik perhatian anjing betina yang juga akan terjadi pada ciri ciri kucing stres. Selain itu, anjing jantan yang menjadi lebih aktif juga dipengaruhi dengan beberapa hormon yang bisa merangsang kemampuan seksual anjing sehingga menjadi gesit.

  1. Usia Sudah Mencukupi

Anjing jantan yang ingin kawin bisa terlihat pada saat anjing sudah mencapai umur dewasa. Masa kawin pada anjing jantan bisa terjadi antara 2 hingga 3 kali dalam setahun berbeda dengan kucing yang bisa terjadi sebanyak 1 kali sebulan atau bahkan hingga 2 atau 3 kali dalam sebulan. Umumnya rasa ingin kawin anjing jantan ini akan berlangsung antara 4 hingga 1 minggu lebih dan akan berulang sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun. Kadar testoteron anjing jantan mudah akan mencapai puncak pertamanya saat sudah berumur 5 bulan.

Sponsors Link

Pada umur tersebut, maka perilaku yang diperlihatkan terkadang bisa mengganggu pemiliknya. Sedangkan di usia 7 bulan, anjing jantan akan berusaha untuk kawin sebab sudah mulai tertarik dengan salah satu hormon bernama feromon yang dihasilkan oleh anjing betina dan salah satu zat yang dihasilkan hormon feromon tersebut adalah methyl p-hydoxybenzoate yang keluar dari vagian anjing betina pada saat estrus atau birahi.

  1. Menggonggong Lebih Sering

Tanda anjing jantang yang mau kawin selanjutnya adalah lebih sering menggonggong meskipun tidak disebabkan sesuatu yang jelas yang merupakan salah satu tanda anjing depresi. Gonggongan ini juga terkadang seperti jeritan sedih atau terdengar seperti kesakitan bahkan marah. Namun, anjing jantan yang secara tiba tiba menggonggong juga bisa terjadi karena berbagai sebab lain seperti sedang mengalami sakit dan sebagainya sehingga harus segera diperiksakan ke dokter.

Jika beberapa tanda anjing jantan ingin kawin yang sudah kami sebutkan diatas mulai terlihat, maka anda bisa mencarikan pasangan betina yang berkualitas agar anjing bisa kawin. Namun jika anda tidak menginginkan anjing anda untuk kawin, maka anda bisa mengurung anjing di rumah sehingga tidak berkeliaran di luar serta untuk menghindari perkelahian dengan anjing jantan lain saat memperebutkan anjing betina. Sedangkan cara lain yang bisa anda lakukan adalah mengebiri anjing anda agar lebih aman dan menghindari stres pada anjing yang bisa terjadi karena anjing tidak dikawinkan.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 02:17 Oleh :
Kategori : Anjing