Sponsors Link

12 Cara Menjinakkan Landak Mini Bagi Pemula

Sponsors Link

Memiliki hewan peliharaan unik sedang menjadi tren masa kini. Pilihan hewan unik seperti hamster, sugar glider bahkan landak mini tak jarang menjadi pilihan untuk dipelihara.

ads

Jenis – jenis hewan tersebut bukan hanya unik, namun juga imut -imut. Karena mereka adalah jenis hewan berukuran kecil sehingga memeliharanya adalah hal yang tidak banyak orang lakukan.

Landak mini selayaknya landak yang hidup di alam liar merupakan hewan yang berduri. Sehingga untuk bisa memegang dan memeiliharanya memerlukan ketelatenan. Berikut hal – hal yang bisa perlu dipertimbangkan untuk memelihara landak mini :

1. Menyiapkan Waktu Setiap Hari

Untuk kita yang sudah memiliki peliharaan di rumah atau terlalu sibuk dengan aktivitas sendiri sampai tidak sempat mengurus peliharaan di rumah sebaiknya tidak memelihara landak mini. Karena landak mini ini bukanlah hewan yang mandiri dan bisa dilepas begitu saja di area rumah untuk mencari makan dan beraktivitas seperti kucing ataupun anjing. Sehingga penerapan pemeliharaan landak mini ini tidak bisa disamakan dengan cara merawat bayi kucing ataupun anjing di rumah.

2. Punya Tempat Khusus

Tempat khusus atau kandang hewan lucu ini adalah hal yang penting. Karena hewan ini juga perlu terlindung dari barang – barang yang ada di dalam rumah. Hal yang perlu diingat adalah kandang untuk landak mini ini perlu dibuat secara aman dan nyaman supaya landak mini ini tidak mengalami stres. Layaknya peliharaan pada umumnya, landak mini juga bisa mengalami stres hanya saja keadaannya tidak sama dengan ciri – ciri kucing stres.

3. Memahami Landak Adalah Hewan Nokturnal

Pada umumnya kita yang memiliki hewan peliharaan tentu ingin bermain dengan peliharaan kita. Namun, landak mini ini memiliki pola hidup yang terbalik dengan manusia. Kita biasa beraktivitas siang hari dan beritirahat pada lama hari. Namun, hal ini terbalik dengan landak mini. Saat kita beristirahat, landak mini mulai beraktivitas dan begitupun sebaliknya. Maka dari itu, kita tidak bisa memaksakan bermain dengan landak mini di waktu istirahatnya karena landak mini peliharaan kita bisa kelelahan.

4. Bersiap Tertusuk Duri Landak

Perlu diingat dan dipahami bahwa landak merupakan hewan berduri. Jadi selayaknya memelihara kucing yang bisa mencakar dan menggigit pada saat perawatannya, maka tidak perlu kaget apabila suatu saat pada saat merawat landak ini tiba – tiba tertusuk durinya.

5. Menempatkan 1 Ekor Landak Dalam 1 Kandang

Landak mini merupakan makhluk soliter yang merupakan makhluk yang menyendiri. Maksudnya keberadaan banyak landak mini ini tidak bisa ditempatkan dalam satu kandang bersama landak mini lainnya maupun hewan peliharaan lainnya.

6. Menemukan Dokter Hewan Yang Memahami Landak Mini

Karena landak mini ini bukanlah jenis hewan peliharaan yang sering dipelihara pada umumnya. Maka ada baiknya sebelum memutuskan untuk memelihara landak ini, kita perlu mengecek dokter hewan di sekitar kita adakah dokter hewan yang bisa menangani landak mini ini. Karena kita tidak bisa menerapkan menerapkan metode berobat sendiri seperti cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter sehingga kita memang memerlukan dokter hewan yang biasa menanganinya.

Sponsors Link

7. Menyiapkan Budget Khusus

Memiliki hewan peliharaan memang merupakan bukan hal yang biasa. Sehingga setiap bulan penghasilan yang kita miliki perlu disisihkan untuk keperluan si imut landak mini di rumah.

8. Hindari Kontak Landak Mini Dengan Anak – Anak

Walaupun landak mini adalah hewan peliharaan, namun hewan ini tidak selalu mudah bersahabat dengan yang baru dia kenal. Maka dari itu, keberadaan landak mini sebaiknya dijauhkan dari jangkauan anak – anak karena dikhawatirkan akan dapat melukai anak – anak kecil yang belum mampu menguasai diri dari memegang hewan kecil ini. Hal ini juga berlaku apabila kita ingin mengenalkan sugar glider pada anak – anak. Sebelumnya kita harus tau bagaimana  cara menjinakkan sugar glider supaya tidak membahayakan anak – anak.

9. Mengecek Kondisi Landak Mini

Kita perlu memerhatikan kondisi landak mini yang kita pelihara. Apabila kita melihat ada air mata yang keluar dari mata landak mini kita hal ini bisa saja karena landak ini sedang sakit. Tanda – tanda lainnya adalah menegrasnya kulit pada bagian tertentu seperti bagian mata, hidung atau telinga. Maka, kita perlu segera mengeceknya dan membawa ke dokter hewan supaya bisa ditangani dengan segera.

10. Mengenali Posisi Landak Mini

Landak mini yang imut ini bisa memiliki posisi yang bermacam – macam yang bisa kita kenali. Seperti posisi yang bagaimana yang menunjukkan kalau dia merasa nyaman maupun terancam. Perilaku normal pada umumnya adalah melingkar dan mendesis. Apabila si landak mini tiba – tiba menggigit bisa jadi landak ini merasa bahwa dia sedang terancam.

Sponsors Link

11. Meletakkan Kandang Dekat Dengan Kita

Landak mini memiliki penciuman yang baik. Maka dari itu kita perlu membuatnya familiar dengan kita yang memeliharanya. Kita bisa sering meletakkannya di ruangan yang sering kita gunakan sehingga meninggalkan bekas aroma kita, seperti kamar ataupun ruang di mana kita bersantai. Hal ini juga bisa diterapkan apabila di rumah kita juga ada hamster sehingga kita juga bisa memantau tanda-tanda hamster hamil pada saat di kandang.

12. Membiarkan Landak Di Dalam Kandang

Ada waktunya landak mini ini bisa bermain di luar kandang. Namun, kita perlu meletakkannya di dalam kandangnya sampai dia merasa nyaman sehingga pada waktu yang lain si kecil landak mini ini memiliki waktunya sendiri untuk bermain di luar kandang.

Ada beberapa hal penting lainnya selain memberikan makanan dan minuman di dalam kandang. Yaitu alas kotoran, tempat bermainnya seperti roda berputar dan permainan lembut lainnya yang akan disukai oleh landak mini peliharaan kita.

Selain informasi diatas, berikut ini terdapat video yang bisa membantu anda dalam memelihara landak mini di rumah.

Demikian penjelasan terkait bagaimana cara menjinakkan landak mini agar bisa dijadikan hewan peliharaan dirumah. Semoga artikel ini enuhi kebutuhan informasi anda. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, November 2017 / 04:50 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan