Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kucing Sakit Tanpa ke Dokter

Sponsors Link

Bagi pemelihara kucing, tentu saja kesehatan kucing peliharaan adalah hal yang sangat penting. Apabila kamu juga merupakan salah satu orang yang saat ini sedang memelihara atau ingin memelihara kucing, maka segala hal yang berkaitan dengan kesehatan kucing adalah hal yang penting untuk diketahui, seperti misalnya ciri ciri kucing stress, ataupun bagaimana cara menangani saat kucing stres. Salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah bagaimana cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter, yang sangat bermanfaat sebagai salah satu jenis pertolongan pertama pada kucingmu. Salah satu jenis penyakit yang bisa kamu atas antara lain adalah penyakit kulit pada kucing yang cukup berbahaya untuk kesehatan kucingmu.

ads

Dengan mengetahui bagaimana cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter berikut ini, maka kamu bisa menyelamatkan kucingmu dari sakit yang lebih parah, atau bisa pula mencegah kemungkinan penyakit yang dialami kucingmu bertambah parah. Dengan demikian, ketika kamu membawa kucingmu ke dokter, dokter akan memiliki kesempatan untuk menyelamatkan kucingmu tersebut dari berbagai masalah buruk yang mungkin terjadi padanya ketika kamu tidak menerapkan cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter yang kita bahas dalam artikel ini.

Jadi, sudah penasaran apa saja dan bagaimana cara mengobati kucingmu yang sedang mengalami sakit tanpa perlu ke dokter terlebih dahulu? Berikut ini adalah beberapa cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter yang bisa kamu lakukan secara mandiri di rumah.

1. Memberikan kuning telur mentah

Kuning telur ayam yang masih mentah, mengandung berbagai macam lemak dan juga protein yang sangat baik untuk kucing yang kamu pelihara. Asupan kuning telur mentah ini dapat pula berperan sebagai penambah nafsu makan untuk kucing yang terlihat tidak nafsu makan. Pemberian kuning telur ini sangat cocok bagi kucing yang mengalami beberapa gejala di antaranya adalah sebagai berikut: lemas, badan kucing terlalu kurus, kucing tidak mau makan, kucing lebih banyak tidur, kucing makan terlalu sedikit alias memiliki nafsu makan yang rendah.

Apabila kamu ingin memberikan kuning telur mentah pada kucing kesayanganmu, kamu bisa melakukannya dengan cara memberikan kuning telur mentah dari si kucing ini dengan mencampurnya pada makanan tertentu, atau diberikan melalui pipet/suntikan tanpa jarum yang diberi selang kecil sehingga muat untuk masuk ke dalam mulut si kucing. Beberapa kucing mungkin tidak akan terlalu senang pada makanan ini, akan tetapi kamu masih bisa mencobanya dengan berbagai cara lainnya agar kucing mau memakan asupan kuning telur mentah yang kamu berikan tersebut. Kalau kucingmu flu, coba juga berikan kuning telur mentah sebagai salah satu cara mengobati kucing flu.

2. Memberikan air kelapa segar

Selain berkhasiat untuk manusia, air kelapa juga dapat digunakan untuk berbagai hal lainnya termasuk dalam menangani kucing yang mengalami gangguan atau penyakit tertentu. Hal itu disebabkan karena air kelapa mengandung berbagai macam ion yang sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh si kucing. Selain itu, air kelapa segar yang kamu berikan pada kucingmu juga dapat berperan sebagai penawar racun sehingga sangat baik sebagai penawar racun untuk mengatasi masalah keracunan kucing. Mungkin kamu juga harus mempelajari gejala rabies pada kucing agar tahu betapa mengerikannya racun atau infeksi virus pada kucing.

Kamu bisa memberikan air kelapa pada kucingmu ketika kucing yang kamu pelihara mengalami beberapa gangguan di antaranya sebagai berikut: muntah-muntah, badan panas atau demam, kucing menjulurkan lidah berlebihan, keracunan, air liur terlalu banyak, bau mulut kucing yang tidak sedap karena bakteri dan sebagainya. Air kelapa juga bisa menggantikan beberapa manfaat vaksin kucing ketika kamu tidak memiliki cukup dana dan waktu untuk memvaksinasi kucingmu.

3. Memberikan minyak VCO

Minyak kelapa muda atau virgin coconut oil, merupakan salah satu jenis minyak yang banyak mengandung vitamin E, dan juga berbagai jenis asam yang penting untuk kesehatan tubuh si kucing. Selain itu, minyak VCO juga dapat berperan sebagai antibiotik yang mampu menangkal bakteri jahat di tubuh kucing selama tidak diberikan dalam kadar yang terlalu berlebihan karena bisa mengakibatkan bakteri menjadi resisten dan malah semakin berbahaya.

Minyak kelapa atau VCO bisa diberikan pada kucing peliharaanmu yang mengalami permasalahan sebagai berikut: terkena serangan jamur, terkena gigitan dari ring worm, ataupun diberikan pada tubuh kucing yang mengalami luka-luka lecet atau memar yang disebabkan karena perkelahian dengan kucing yang lain.

Sponsors Link

4. Memberikan berbagai jenis obat luka luar (betadine, Rivanol, NaCl, Gentamicin)

Kucing adalah hewan yang sering sekali berinteraksi dengan dunia luar, dan tidak jarang mendapatkan luka tertentu karena perilaku atau perbuatannya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan antiseptik yang memiliki peran dalam membantu kucing untuk menghindari infeksi pada luka luar pada tubuh yang terbuka entah karena berkelahi ataupun dengan yang lain. Oleh karena itulah obat-obatan seperti betadine dan lain sebagainya bisa kamu gunakan sebagai salah satu obat untuk kucingmu yang mengalami sakit luar.

Agar efek obat-obatan tersebut lebih sempurna, kamu bisa memadukannya dengan natrium klorida atau air infus untuk mencuci luka tersebut sebelum diberi obat luat agar tidak terjadi infeksi sekaligus membantu mempercepat penyembuhan luka tersebut. Apabila luka yang diderita oleh kucingmu itu menganga atau terbuka lebar, kamu bisa memberikan salep gentacimin atau yang sejenisnya sebagai obat tambahan yang berperan sebagai anti bakteri untuk mencegah infeksi.

Obat luar seperti betadine dan lain sebagainya, dapat kamu gunakan untuk mengobati kucing yang mengalami beberapa permasalahan seperti: terluka karena bertikai dengan kucing lain, adanya nanah pada tubuh kucing, luka lubang pada kucang, sobekan pada kulit kucing dan lain sebagainya. Pastikan kucingmu tidak menjilati luka tersebut apabila kamu sudah memberikan betadine atau semacamnya pada luka tersebut, bila perlu kamu bisa memberikan corong di sekeliling kepala kucing agar ia tidak menjilati luka yang ia miliki sampai kering.

5. Memberi air minum yang bersih

Air minum yang bersih adalah salah satu hal penting yang harus kamu berikan pada kucingmu, baik dia sedang sakit ataupun tidak. Ketika kucingmu sakit, maka nilai penting memberikan air minum yang bersih semakin besar. Pemberian air minum yang bersih, utamanya sangat cocok diberikan pada pada kucing yang menderita beberapa penyakit seperti lemas karena muntah atau mengalami diare, kucing mengalami dehidrasi dan lain sebagainya. Ketika kucingmu muntah-muntah, selalu ingat bahwa memberikan air yang bersih adalah salah satu cara mengatasi kucing muntah yang bisa kamu terapkan.

Pada prinsipnya, air minum yang bersih sangat diperlukan ketika kucingmu kekurangan cairan karena banyak carian yang keluar dari dalam tubuhnya. Jangan lupa untuk selalu mengganti air minum yang kamu siapkan di tempat minum kucing kesayanganmu secara berkala, karena dikhawatirkan ada bakteri atau virus yang terdapat pada tempat minum tersebut. Selain itu, kamu juga tidak boleh melupakan untuk membersihkan tempat minum kucing yang kamu miliki tersebut.

Dengan melakukan hal tersebut, maka kamu dapat memastikan bahwa air yang kamu berikan benar-benar bersih dan dapat mengganti cairan yang dibuang oleh tubuh kucingmu, atau mengisi kekurangan cairan yang dimiliki oleh kucingmu. Air minum yang kotor merupakan salah satu penyebab kucing muntah yang paling sering.

ads

6. Memberikan multivitamin

Ketika kucing sakit, maka asupan nutrisi yang baik untuk tubuh sangat diperlukan. Beberapa hal yang dapat kamu berikan pada kucing ketika sakit, salah satunya adalah multivitamin yang dapat membantu sistem imun kucingmu agar bisa melawan virus atau bakteri yang menjadi penyebab sakit ia yang ia rasakan. Pemberian multivitamin juga bisa digunakan sebagai salah satu cara merawat bayi kucing yang sudah waktunya diberi multivitamin.

Pastikan bahwa multivitamin yang kamu berikan untuknya merupakan multivitamin yang tepat untuk membantu sistem imun kucing yang kamu pelihara agar bisa kembali menjadi kuat seperti sedia kala. Pastikan untuk tidak membeli multivitamin abal-abal yang meskipun memiliki harga murah, tetapi tidak memiliki dampak yang baik untuk kucing yang kamu pelihara.

7. Menghangatkan tempat tidur

Tempat tinggal yang nyaman, tidak hanya dibutuhkan oleh manusia saja. Kucing yang sakit pun membutuhkan tempat istirahat yang nyaman agar dia bisa beristirahat dengan sempurna. Kebutuhan akan tempat yang nyaman untuk istirahat ini sangat terlihat pada kucing yang sedang sakit lemas karena suhu tubuh yang sedang mengalami penurunan. Dengan menghangatkan tempat tidur atau kandang yang kamu miliki untuk kucing yang kamu pelihara, maka kamu bisa membantu kucingmu agar tidak terkena hipotermia. Bila terlalu panas, bisa jadi malah terkena demam. Oleh karena itu perhatikan juga ciri ciri kucing demam ya.

Untuk menghangatkan tempat tidur kucing kesayanganmu, kamu bisa melakukannya dengan cara menumpuk beberapa handuk kering di tempat tidurnya (tergantung tingkat suhu lingkungan pada umumnya). Selain itu, kamu juga bisa memasang lampu lima belas watt yang tidak terlalu terang atau dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lampu tersebut bisa memberikan kehangatan pada kucingmu tanpa mengganggu proses istirahatnya.

8. Memberikan susu khusus kucing

Susu khusus kucing yang bisa kamu beli di petshop biasanya mengandung taurine dan berbagai macam nutrisi penting bagi kucing yang bisa kamu berikan padanya saat kucing yang kamu miliki sakit lemas atau mengalami masalah kesehatan lainnya. Untuk memberikan susu khusus kucing ini, kamu bisa melakukannya dengan cara menyuapinya dengan sendok kecil, memberinya sedotan, ataupun dengan suntikan tanpa jarum.

Apabila kucingmu sangat menyukai susu, maka tentu saja dia akan mampu meminum susu tersebut dengan cepat. Dengan demikian, kucing kesayanganmu akan sembuh dengan lebih cepat karena mendapatkan asupan berbagai nutrisi yang penting untuk tubuhnya. Memberikan susu kucing ini bisa menjadi salah satu cara merawat kucing persia umur 2 bulan juga lo.

9. Memberikan bubur beras merah

Bubur beras merah instan yang bisa kamu beli di warung-warung ataupun di supermarket, dan bubur merah instan yang kamu buat sendiri, sangat bergizi dan memiliki banyak asupan nutrisi yang bisa kamu gunakan untuk membantu sistem imun kucingmu yang sedang sakit agar kembali berfungsi dengan maksimal, sehingga kucing peliharaanmu bisa sembuh lebih cepat.

10. Memberikan makanan kering

Salah satu langkah untuk mengobati kucing sakit tanpa ke dokter adalah dengan cara memberikannya asupan nutrisi yang tepat. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan makanan kering yang bisa diberikan dengan cara dihancurkan dan dicampur dengan sedikit air hangat. Makanan kering merupakan alternatif jenis makanan yang bisa kamu manfaatkan sebagai sumber nutrisi kucingmu yang sedang tidak sehat.

Selain beberapa cara di atas, berikut ini adalah beberapa cara mengobati kucing sakit tanpa perlu ke dokter lainnya yang juga bisa kamu coba.

  • Memberikan oralit
  • Menambah asupan raw food
  • Memberi obat cacingan
  • Tidak memberikan obat yang tidak sesuai dengan jenis penyakitnya (misal, memberi obat panas yang seharusnya untuk manusia)
  • Membersihkan kandang

Itulah beberapa cara mengobati kucing sakit tanpa ke dokter yang bisa kamu coba. Semoga dengan cara di atas kamu bisa mengobati kucingmu yang sedang sakit tanpa perlu pergi ke dokter ya. Selamat merawat kucing kesayanganmu!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 04:18 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing