Sponsors Link

18 Cara Menangkap Merpati Liar Bagi Pemula

Sponsors Link

Burung merpati atau bisa di sebut burung dara adalah salah satu jenis dari keluarga Columbidae dan ordo Columbiformes. Merpati juga merupakan salah satu jenis burung yang sampai saat ini masih di gemari oleh banyak masyarakat indonesia.

ads

Buat kalian yang ingin mencoba memelihara  untuk koleksi atau peliharaan burung merpati , setidaknya harus tahu  Ciri-Ciri Burung Merpati  yang berkualitas Supaya burung merpati yang kita pelihara sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Diera jaman teknologi ini , kita lebih di mudahkan oleh ilmu pengetahuan yang sangat luas dan tidak terbatas , bisanya para peternak burung dara ini lebih sering mengetahui Ciri ciri Burung Merpati Mau Bertelur dari media social sesama peternak burung dara ataupun dari google.

Burung merpati memiliki kemampuan untuk kembali ke sangkar atau kandangnya sendiri meskipun di lepaskan jauh dari kandangnya sendiri. Selain memiliki kemampuan itu , burung merpati termasuk burung yang penurut, mudah dalam perawatannya dan juga masih mudah menemukannya di beberapa tempat termasuk pasar-pasar tradisional.

Selain di pasar tradisional terkadang kita juga sering menemukan burung merpati hidup bebas di alam  dan tak sedikit juga orang-orang mempelajari cara menangkap merpati liar untuk menangkapnya. Selain cara menangkapnya sebaiknya kita juga tahu akan  Cara Memelihara Burung Dara  karena biasanya ketika sudah kita tangkap tak sedikit akan berontak dan harus beradaptasi kembali terhadap sarang baru ataupun rumah barunya

Fakta tentang Merpati

Selain di sukai karena penurut dan juga mudah dalam merawatnya , merpati juga memiliki beberapa keunikan lainya yang termasuk dalam beberapa fakta tentang merpati, Berikut adalah beberapa fakta tentang merpati :

  1. Mepati merupakan salah satu hewan yang hidup berdampingan dengan manusia sejak jaman 300 Sebelum masehi dan fakta ini sudah di ungkap oleh para arkeolog irak.
  2. Kotoran burung merpati bisa di jadikan pupuk dan di beberapa negara pupuk kandang dari merpati masih menjadi pilihan utama dalam mengembangkan pertanian.
  3. Merpati sebagai pengantar pesan dijaman dahulu , Peranan merpati di jaman dahulu sebelum adanya surat elektroik dan media komunikasi handphone  bisa di katakan sangat berjasa mengirimkaan pesan-pesan yang di anggap penting. Bahkan di jaman perang dunia pun merpati masih menjadi pilihan beberapa negara untuk mengirimkan pesan rahasia dalam membuat strategi.
  4. Merpati sering menganggukkan kepalanya , maksud dan tujuan dari merpati menganggukan kepalanya adalah untuk memperjelas pengelihatannya karena merpati memiliki pengelihatan monokular daripada binokular.
  5. Merpati kawin sedikitnya 8x dalam setahun dan membutuhkan 2 bulan untuk menghasilkan merpati muda yang siap lepas ke alam bebas.
  6. Menjadi ladang bisnis dalam hal merpati balap , disini merpati di buat lahan bisnis dengan adanya kompetisi merpati balap di beberapa kota di indonesia.
  7. Merpati merupakan burung cerdas yang dimana tahu rumah mereka dan juga mengetahui tujuan apabila merpati termasuk dalam merpati pos/ pengirim pesan.

Dari banyaknya fakta-fakta di atas membuat merpati masuk dalam golongan binatang yang ramah untuk di perlihara manusia dan bisa juga di jadikan konsumsi oleh beberapa orang.

Merpati liar sebetulnya bukan salah satu jenis dari merpati , akan tetapi merpati liar di masukan dalam kategori lingkungan hidup si merpati itu sendiri. Karena dalam habitatnya sendiri , merpati sesungguhnya termasuk burung yang senang hidup di alam bebas , akan tetapi  di indonesia sendiri merpati malah jarang sekali hidup di alam liar dan lebih sering di temukan di rumah-rumah masyarakat indonesia ataupun di beberapa tempat penangkaran  pengembangbiakan merpati.

Apabila ada merpati yang lepas ataupun sengaja di lepas dan tidak pulang kerumah , itulah merpati yang di kategorikan dalam merpati liar. Dan cara menangkap merpati liar tidak sesulit menangkap merpati liar sesungguhnya . karena sebetulnya merpati liar yang ada di indonesia hanya merpati yang tidak tahu jalan dia pulang ke rumahnya/sangkarnya sendiri jadi kita hanya perlu untuk memikatnya agar turun dan mendekat kepada kita.

Sponsors Link

Biasanya merpati liar di tangkap oleh beberapa orang katanya lebih bagus untuk di jadikan merpati balap. karena memang permintaa pengembang biakan merpati agar di jadikan merpati balap sangat lah tinggi saat ini di indonesia , akan tetapi beberapa masyarakat malah belum tahu Cara Melatih Merpati Balap agar yang merupakan salah satu trik atau cara agar merpati kita bisa juara .

Selain menangkap kita juga bisa membelinya di di pasar-pasar tradisional ataupun di breeder merpati. Akan tetapi kembali lagi kita harus membawa ahlinya yang tahu  Cara Memilih Burung Merpati Balap  karena kita pasti tidak ingin membeli merpati yang tidak bagus untuk di perlombakan nanti apabila kita ingin melombakan merpati kita

Teknik Menangkap Merpati Liar

Seperti yang sudah di katakan sebelumnya di atas bahwa cara menangkap merpati liar sesungguhnya tidaklah sulit apabila kita tahu caranya. Untuk di indonesia sendiri merpati liar merupakan bukan merpati liar yang sesungguhnya karena biasanya merpati itu merupakan merpati yang lupa pulang dan berkeliaran di sekitar kita.

Berikut adala cara menangkap merpati liar :

  1. Gunakan Alat Perangkap khusus: Cara menangkap merpati liar yang pertama ini adalah menggunakan perangkap khusus, perangkap ini biasanya masih di gunakan oleh beberapa orang yang di percaya masih efektif untuk menangkap merpati liar.
  2. Gunakan alat perangkap tradisional: Cara menangkap merpati liar yang ke dua hampir sama dengan cara menangkap yang pertama , hanya disini biasanya orang-orang menangkap menggunakan perangkap tradisional yang terbuat dari bambu /batu atau peralatan tradisional lainnya.
  3. Gunakan perangkap kandang: Cara menangkap merpati liar yang ke tiga yaitu menggunakan perangkap kandang , perangkap ini berupa kandang / sarang kurung yang biasa di pakai untuk sangkar burung hias atau pekicau. Atau juga bisa menggunakan perangkap kandang ayam.
    ads
  4. Gunakan pancingan makanan: Cara selanjutnya yaitu menggunakan makanan kesukaan merpati yaitu jagung kering , biasanya apabila di pancing menggunakan makanan , merpati akan mudah mendekat. Setelah mendekat kita bisa menangkapnya menggunakan perangkap ataupun kita bisa simpan makananya di kandang.
  5. Gunakan pancingan lawan jenis: Menggunakan pancingan lawan jenis ini biasanya lebih ampuh untuk menangkap merpati jantan , ketika kita melihat ada merpati liar terbang dekat rumah kita cukup kita pegang merpati betina dan biarkan merpati betina mengepakkan sayapnya untuk memberi kode kepada merpati jantan . Jika berhasil , merpati jantan akan mendekat dan menghampuri merpati betina kita.
  6. Gunakan pancingan burung lain: Menggunakan pancingan burung lain , biasanya cara ini terkadang berhasil untuk beberapa jenis merpati , yaitu dengan membiarkan merpati jenis lain ataupun burung jenis lain yang kita simpan di dekat pohon atau tempat yang lebih tinggi dengan tujuan agar menarik perhatian si merpati.
  7. Gunakan siulan: Cara selanjutnya yaitu menggunakan siulan yang berupa panggilan , untuk beberapa merpati panggilan dengan jenis siulan ini terbukti membuat si merpati liar mendekat kepada kita  dan selanjutnya kita tinggal menangkapnya menggunakan alat atau langsung dengan tangan apabila memang sudah dekat.
  8. Gunakan panggilan: Cara ke delapan yaitu cara yang hampir sama dengan cara menggunakan siulan , tapi disini kita coba menggunakan panggilan , tiap daerah biasanya mempunyai cara masing-masing dalam memanggil ataupun membuat panggilan yang menarik si merpati , baik dengan cara menirukan bunyi merpati sampai memanggil manggil nama merpati.
  9. Gunakan jaring: Cara selanjutnya yaitu menggunakan jaring , memang cara ini bisa di bilang cara yang memaksakan dan juga terlalu sadis untuk burung , akan tetapi menggunakan jaring adalah cara yang effektif untuk menangkap si merpati. Caranya bisa dengan menyimpan jebakan jaring tipis antara 2 pohon yang nanti akan membuat apabila ada merpati lewat dia akan menabrak jaring dan tersangkit di jaring. Atau juga bisa dengan melemparkan jaring tipis kecil ke merpati yang sedang hinggap.
  10. Gunakan lem perekat: ini adalah cara yang memang tidak terlalu di sarankan akan tetapi memang akan efetif  , caranya yaitu dengan memberikan lem perekat di daerah yang kemunginan si merpati akan hinggap , usahakan lem perekat yang tidak terlalu kuat arena akan membuat si merpati terjeba disana.
  11. Gunakan sesuatu yang menarik perhatian: Cara selanjutnya adalah dengan menari perhatian si merpati , bisa menggunakan beberapa cara seperti tepukan tangan ataupun panggilan-panggilan yang membuat si merpati penasaran ingin mendekati sumber suara.
  12. Gunakan suara burung palsu: Cara selanjutnya hampir sama dengan nomor sebelas , hanya disini ita menggunakan suara burung palsu , baik suara burung merpati atau suara burung lain yang akan membuat si merpati tertarik untuk mendekat. Suara burungnya bisa berupa lagi di handphone atau kita menirukan suara beberapa jenis burun.
  13. Jauhkan dengan kucing: Cara ini adalah tips agar si burung mau mendekat , karena jika kita memang berniat ingin menangkap burung merpati pastikan didekat kita sedang tidak ada kucing , karena burung biasanya takut dengan kucing.
  14. Menggunakan Air / minuman: Hampir sama dengan menyediakan makanannya , disini kita coba denga menyimpankan sebuah tempat yang cukup untuk menampung air agar si merpati mau mendekat untu meminum air. Setelah si merpati mendekat barulah kita coba untuk menangkap merpati.
  15. Gunakan pepohonan: Pepohonan biasanya dijadikan tempat merpati untuk bertengger , jadi gunakan kesempatan ini untu menyimpan jebakan di antara pepohonan baik itu perangkap ataupun sarang burung buatan.
  16. Dekatkan dengan yang dia sukai: Cara selanjutnya yaitu bisa dengan cara memberikan apa yang dia sukai baik makanan , minuman ataupun sesuatu yang menarik si merpati untuk mendekat.
  17. Pancing dengan getah karet / air sabun: Cara ini memang cara yang kurang di anjurkan karena akan menyakiti si merpati , caranya yaitu bisa dengan campurkan getah karet / air sabun dan di masukan ke dalam semprotan untuk memandikan merpati , jika sudah lalu semprotkan ke sayap burung. Cara ini di lakukan agar sayap si merpati basah dan susah untuk terbang sehinga kita lebih mudah untuk menangkapnya. Dilarang karena takutnya si campuran air sabun / getah bisa mengenain mata si burung.
  18. Jauhkan dari ranjau duri: Sebetulnya cara yang terakhir ini bisa di bilang cara agar si merpati tidak menjauh dari rumah kita , karena biasanya merpati selalu hinggap di tempat-tempat yang enak untuk bertengger , apabila di dekat ita ada ranjau duri atau yang mirip dengan ranjau duri . Disini akan membuat si merpati tidak akan mendekat dengan kita.

Selain beberapa cara diatas, terlampir pula informasi berupa video tentang cara mudah menangkap burung merpati dengan peralatan sederhana, berikut videonya.

Rata-rata orang banyak menangkap burung merpati liar karena ingin memeliharanya dan juga sudah tahu setidaknya Cara Memelihara Burung Dara karena jikalau kita tidak tahu akan sangat sulit membuat si merpati akan betah di  tempat kita .

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 04:08 Oleh :
Kategori : Burung, Hewan Peliharaan