Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Kucing Muntah dan Penyebabnya

Sponsors Link

Bagi para pecinta kucing dan pemelihra kucing seperti Anda, tentu ingin menjaga agar kucing kesayangannya selalu sehat dan terbebas dari berbaga macam penyakit atau keadaan-keadaan serius yang mengancam kesehatan jiwa kucing anda. Salah satu keadaan yang membuat kucing Anda rawan untuk terkena masalah yang lebih serius adalah apabila dia sering muntah-muntah. Tidak hanya sekali atau dua kali, tapi berkali-kali. Bila sudah sampai pada tahap seperti itu, sudah seharusnya anda khawatir dan mulai memikirkan apa yang harus Anda lakukan untuk membantu mengembalikan kesehatan kucing kesayangan anda. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui cara mengatasi kucing muntah yang efektif di bawah ini.

ads

Penyebab kucing muntah

Dilihat dari penyebabnya, ada beberapa hal yang membuat kucing kesayanganmu muntah-muntah. Beberapa hal di antaranya antara lain adalah:

  1. Terserang virus panleukopenia.
  2. Makanan terlalu banyak atau berlebihan.
  3. Menelan bulu secara tidak sengaja.
  4. Kehamilan.
  5. Keracunan.
  6. Memakan benda asing.
  7. Terkena parasit. (baca juga: Ciri-ciri Kucing Demam)
  8. Terjangkit penyakit usus, iritasi pada sistem pencernaan, atau empedu.
  9. Keturunan atau genetik. (baca juga: Cara Mengobati Luka Pada Kucing)
  10. Terkena infeksi bronkial.
  11. Kemasukan benda asing secara tidak sengaja.
  12. Efek pasca operasi.
  13. Efek samping obat-obatan.

Kucing memang dapat mengalami muntah-muntah karena berbagai macam hal. Oleh karena perbedaan sebab yang muncul, maka cara penanganan yang tepat juga mungkin akan berbeda. Namun secara umum cara mengatasi kucing muntah ada beberapa sebagaimana yang akan kita bahas di bawah ini. Apabila anda ingin merawat kucing anda, jangan lupa untuk mempelajari cara-cara merawat kucing mutah di bawah ini ya!

Baca juga:

1. Membawa kucing ke dokter

Ini adalah cara mengatasi kucing muntah yang paling simple dan mungkin paling akurat untuk mengembalkan keadaan kucing Anda seperti biasanya. Membawa kucing ke dokter memang memiliki keunggulan dari segi akurasi dan tingkat kepercayaan yang bisa anda berikan pada dokter yang memeriksa kucing anda. Namun semua itu kembali tergantung pada dokter mana anda memeriksakan kcing anda.

Sebaiknya anda memeriksakan kucing Anda ke dokter yang memang sudah anda percayai kredibilitasnya, jujur, serta tidak mematok harga terlalu mahal. Orang sakit memang membutuhkan biaya yang mahal, tapi kucing sakit? Tidak selalu kok. Bila anda memang benar-benar ingin berhemat, membawa kucing ke dokter mungkin menjadi opsi terakhir apabila kucing anda tidak muntah-muntah terlalu parah.

2. Menjauhkan kucing dari benda atau makanan asing

Menjauhkan kucingmu dari berbagai macam benda atau makan asing adalah salah satu langkah pertama yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk antisipasi agar kucingmu tidak makan jenis-jenis makanan yang bisa jadi membaut muntah-muntahnya makin buruk. Sebagaimana yang akan kita bahas nanti, salah satu penyebab kucing muntah adalah karena memakan makanan yang memang buruk buat sistem pencernaannya sehingga secara alamiah tubuh kucingmu akan berusaha untuk mengeluarkan benda atau makanan tersebut.

Oleh karena itu, bila kucingmu muntah-muntah, segera tempatkan dia di tempat tertentu yang jauh dari berbagai benda unik dan makanan yang beraneka macam agar tidak membuat kucingmu tertarik untuk mencicipinya lalu muntah lagi. (Baca juga: Cara Mengobati Kucing Flu)

Sponsors Link

3. Tidak memberi makan dan minum dalam 12 atau 24 jam

Setelah kucingmu muntah-muntah, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan membatasi asupan makanan dan minuman yang kamu berikan padanya. Biasanya kamu bisa menahan memberinya makan dan minum dalam jangka waktu 12 ataupun 24 jam. Penghentian asupan ini untuk memastikan apakah masih ada barang atau makanan asing yang akan keluar algi atau memang sudah tidak ada lagi muntahan-muntahan yang hendak dikeluarkan oleh kucing kesayanganmu.

4. Memberi makanan rendah lemak dalam porsi yang kecil

Anda juga dapat memberi makanan rendah lemak dalam porsi yang kecil untuk membantu mengatasi kucingmu yang sedang lemah tak berdaya karena habis muntah-muntah. Namun yang perlu diingat adalah anda harus melakukan hal ini setelah kucing anda benar-benar sudah bersih dari makanan atau benda asing yang mengontaminasi sistem pencernaannya.

Dengan memberi makanan yang rendah lemak serta dalam porsi yang kecil ini kamu bisa membantu kucing kesayanganmu untuk memulihkan pencernaan serta sistem tubuhnya yang lain sehingga dia tidak kelaparan ataupun mengalami luka yang lebih parah. (Baca juga: Cara Menggemukkan Kucing Persia)

5. Mengenali sebab kucing kamu muntah-muntah

Sebenarnya ini adalah salah satu langkah yang harus kamu lakukan sejak awal. Karena kucing muntah itu dibsebabkan oleh berbagai macam hal, maka mengenali sebab utama dia muntah adalah langkah paling utama agar kamu tidak salah menanganinya.

6. Memberi akar tanaman anting-anting

Salah satu ramuan herbal yang bisa membantu kucingmu untuk sembuh dari muntah-muntah karena alergi dan semacamnya adalah dengan memberinya akar tanaman anting-anting. Pastikan kamu tidak memberinya terlalu banyak dan sesegera mungkin pasca kucingmu muntah, karena kucingmu perlu waktu sebelum menerima makanan lain setelah dia mengalami muntah-muntah.

7. Memberikan obat cacing

Memberikan obat cacing adalah salah satu langkah yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengatasi muntah-muntah yang diderita oleh kucingmu terutama apabila muntah-muntah tersebut disebabkan oleh cacing.

Cacing memang dapat menyerang kucingmu, baik dari makanan ataupun dari benda-benda sekitar yang dijilat atau dibuat bermain oleh kucing kesayanganmu. Oleh karena itu selalu perhatikan benda-benda apa saja yang ada disekitar kucingmu dan bersihkanlah lingkungan sekitar kucingmu agar dia tidak mudah terserang cacing. (Baca juga: Cara Mengobati Kucing Cacingan)

8. Memberikan vitamin

Memberikan vitamin juga dapat menjadi salah satu cara untuk membantu mengatasi muntah-muntah yang diderita oleh kucingmu. Namun ingat, jangan memberinya terlalu banyak karena itu dapat berakibat pada kelebihan vitamin dan dampak-dampak negatif lainnya yang bisa berakibat fatal. Lebih baik apabila kamu memberinya vitamin setelah kamu berkonsultasi dengan dokter kucing kepercayaanmu.

9. Semprotkan disinfektan

Menyemprotkan disinfektan setelah kamu membersihkan muntahan dari kucingmu adalah salah satu langkah penting untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penyebaran virus yang berasal dari muntahan kucingmu tersebut ke lingkungan sekitarmu. Selain itu dengan menyemprotkan disinfektan juga dapat membuat kucingmu terselamatkan dari kuman-kuman nakal yang dapat menyerang kucingmu melalui muntahan yang belum bersih sempurna.

ads

10. Membersihkan muntahan dari mulut kucingmu

Membersihkan muntahan dari mulut kucingmu termasuk salah satu langkah paling utama yang harus kamu lakukan terutama bila kucingmu muntah dalam jumlah yang cukup banyak dan tersisa pula di sela-sela mulutnya atau di bibirnya. Dengan membersihkan muntahan ini kamu dapat mencegah muntahan tersebut tertelan kembali sehingga mengantisipasi infeksi lanjutan dari bakteri jahat yang berkembang biak dari muntahan ini.

11. Memberi air minum yang steril

Memberikan air minum yang steril juga menjadi salah satu langkah efektif untuk membuat kucingmu lebih cepat pulih pasca muntah-muntah karena membantu mengganti asupan cairan yang mungkin ikut hilang saat kucingmu mengeluarkan muntahannya.

12. Memberikan makanan yang steril

Memberikan makan yang steril juga menjadi salah satu langkah efektif untuk membuat kucingmu lebih cepat pulih pasca muntah-muntah karena membantu mengganti asupan nutrisi yang mungkin ikut hilang saat kucingmu mengeluarkan muntahannya. Perlu diingat bahwa pemberian makan yang steril ini baiknya kamu lakukan pasca kamu memastikan bahwa tidak ada lagi muntahan yang akan keluar atau masih tersisa di sistem pencernaan kucing kesayanganmu tersebut. (Baca juga: Cara Menggemukkan Kucing Kampung)

13. Menambah asupan serat

Memberikan makan yang berserat dapat menjadi satu langkah efektif untuk membuat kucingmu lebih cepat pulih pasca muntah-muntah karena membantu mengganti asupan serat yang ikut hilang saat kucingmu mengeluarkan muntahannya serta memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh kucing kesayanganmu. Perlu diingat bahwa pemberian makan berserat ini baiknya kamu lakukan setelah kamu yakin bahwa tidak ada lagi muntahan yang akan keluar atau masih tersisa di sistem pencernaan kucing kesayanganmu tersebut.

14. Mengeluarkan telur cacing

Cara ini termasuk cara yang efektif terutama bila kucingmu muntah dikarenakan adanya telur cacing dalam jumlah yang cukup banyak. Namun memang cara ini membutuhkan beberapa langkah khusus yang mungkin hanya bisa dilakukan bila kamu memiliki alat yang sesuai. Bila kamu tidak ingin melukai kucing kesayanganmu, sebaiknya kamu bawa saja kucingmu ke dokter untuk dilakukan pembersihan telur cacing dari dalam sistem pencernaan kucing kesayanganmu.

15. Membersihkan lingkungan

Setelah membersihkan sistem pencernaan kucingmu, langkah selanjutnya tentu berkaitan dengan bagaimana caranya agar kamu bisa menjaga lingkungan di sekitar kucingmu tetap bersih. Untuk mencapai hal ini, tentu yang harus kamu lakukan adalah dengan membersihkan lingkungan yang ada di sekitar tempat tinggal kucing kesayanganmu. Dengan memberihkan lingkungan, kamu dapat menurunkan resiko kucingmu terkena bakteri jahat atau virus yang mungkin bisa memicu muntah lanjutan atau penyakit lainnya. (Baca juga: Cara Mengatasi Jamur pada Kucing)

16. Memberikan antibiotik

Memberikan antibiotik dapat menjadi satu langkah efektif untuk membuat kucingmu lebih cepat pulih pasca muntah-muntah apabila muntahan kucingmu tersebut disebabkan karena serangan bakteri jahat yang bercokol di sekitar sistem pencernaan kucingmu.

17. Memberikan air infus

Cara ini mungkin menjadi alternatif terakhir yang dapat dilakukan oleh dokter hewan kepercayaanmu. Pemberian air infus ini dilakukan untuk membantu mengganti nutrisi yang hilang di saat kucingmu tidak bisa makan atau minum dengan normal karena tingkat keparahannya cukup tinggi.

Baca juga:

Itulah beberapa cara mengatasi kucing muntah beserta penyebabnya yang harus kamu ketahui untuk membantu merawat kucing kesayanganmu. Jangan lupa apabila muntah-muntah yang dialami kucingmu sudah sedemikian parah, segera rujuk kucingmu ke dokter ya, jangan sampai terlambat. Selamat merawat kucing kesayanganmu!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Friday 11th, August 2017 / 08:26 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing