Sponsors Link

15 Cara Mengobati Kucing Flu yang Ampuh dan Efektif

Sponsors Link

Apakah kucing anda menunjukkan gejala sering bersin? Hidungnya berlendir? Mata terlihat merah dan berair? Atau menjadi lebih malas dari biasanya? Jika gejala-gejala ini tampak pada kucing peliharaan anda maka kemungkinan besar ia sedang mengalami flu. Layaknya manusia kucing juga dapat terserang flu dan ini biasanya terjadi pada musim hujan atau masa pancaroba ketika peralihan antara musim hujan dan musim kemarau. Karena pada masa ini banyak berkembang berbagai virus penyebab penyakit seperti virus cacili ciri, herpes, dan lain sebagainya. Nah, kucing-kucing yang kekebalan tubuhnya sedang menurun atau yang belum mendapat vaksin biasanya lebih mudah terserang penyakit salah satunya penyakit flu.

ads

Meskipun flu bukanlah penyakit berbahaya kecuali bagi kucing yang masih kecil (usia di bawah 1 bulan) dan termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri namun tidak ada salahnya jika anda sebagai pemilik mengetahui cara perawatan dan pengobatan terhadap kucing yang sedang flu. Hal ini bertujuan untuk mempercepat proses penyembuhannya. Biasanya kucing mengalami flu selama 3 minggu dan setelah itu ia akan kembali normal seperti sedia kala. Lantas sebagai pemilik apa saja yang harus kita lakukan saat mengetahui kucing peliharaan terkena flu? Berikut 15 cara mengobati kucing flu yang bisa anda terapkan di rumah:

1. Jangan dimandikan

Kucing yang terkena flu harus dijaga agar tubuhnya tetap hangat. Oleh karena itu jangan dulu dimandikan untuk sementara waktu hingga flunya sembuh. Jika tubuhnya kotor cukup dibersihkan dengan lap basah.

Baca juga: Cara merawat kucing anggora umur 3 bulan – ciri ciri kucing demam

2. Bersihkan tubuh, mata, dan hidungnya dari kotoran atau lendir akibat flu

Meskipun tidak dimandikan atau dikurangi jadwal mandinya sebagai pemilik kucing anda harus tetap menjaga kebersihan tubuh hewan peliharaan anda. Selain itu bagian mata dan hidung kucing yang sedang flu juga mengalami peradangan dan lebih sering mengelurakan kotoran sehingga harus rajin-rajin dibersihkan. Jangan sampai mata atau hidungnya tersumbat oleh kotoran. Apalagi lendir atau ingus yang keluar dari hidung kucing mengandung kuman-kuman penyakit sehingga harus dibersihkan agar kucing segera sembuh dan kumannya tidak menyebar kemana-mana. Anda cukup membersihkannya dengan air hangat atau jika mau repot sedikit anda juga bisa menggunakan distillated water yang bisa didapatkan di apotek.

Baca juga: cara membantu kucing melahirkan – cara merawat kucing persia umur 2 bulan

3. Jemur kucing

Untuk membunuh kuman-kuman penyakit serta menghangatkan tubuhnya anda sebaiknya menjemur kucing kesayangan anda yang tengah flu pada pagi hari sekitar pukul 8 hingga 9. Tidak perlu lama-lama, penjemuran selama 10-15 menit sudah dirasa cukup dan sebaiknya dilakukan secara rutin. Selain membantu membunuh kuman pada kucing sinar matahari pagi juga sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada kucing sehingga dapat mempercepat proses penyembuhannya.

Baca juga: cara mengatasi kucing keseleo – cara mengatasi jamur pada kucing

4. Beri makanan yang cukup dan bernutrisi

Untuk mempercepat proses penyembuhannya kucing yang sedang menderita flu sebaiknya diberikan makanan bernutrisi dalam jumlah cukup sehingga kebutuhan tubuhnya terpenuhi dan dapat berangsur membaik. Bukan hanya manusia, kucing juga butuh nutrisi terlebih saat ia merasakan sakit seperti flu. Oleh karena itu, pemberian vitamin B untuk kucing sangat diperlukan agar kucing bisa kembali pulih dan bersemangat.

Baca juga: cara menghilangkan jamur pada kucing – tanda tanda kucing akan mati

5. Beri suplemen tambahan berupa vitamin

Selain itu berikan juga kucing anda suplemen tambahan seperti vitamin khusus kucing yang dapat dengan mudah ditemukan di pasaran. Karena tidak semua kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dari makanan yang dimakan sehari-hari. Suplemen untuk kucing sangat berfungsi untuk mengembalikan rasa nafsu makan yang sempat menurun saat ia menderita sakit. Supplemen juga bisa dijadikan pengganti makanan utamanya saat ia menolak untuk makan, agar energi yang ada di dalam tubuh kucing tetap optimal dan suhu tubuh tetap stabil dan normal.

Baca juga: cara menggemukkan kucing persia – cara merawat kucing persia umur 1 bulan

Sponsors Link

6. Beri waktu istirahat yang cukup

Seperti manusia, hal penting yang dibutuhkan oleh kucing yang tengah sakit flu adalah istirahat yang cukup agar kondisi tubuhnya dapat segera pulih. Perhatikan juga tempat tidur kucing. Pada umumnya, kucing yang sedang sakit cenderung lebih sensitif dibandingkan dengan kucing sehat. Oleh karena itu, biasanya ia cenderung selektif dalam memilih tempat istirahat. Pastikan tempat tidur kucing bersih dan tidak lembab, berada di dalam suhu yang tidak terlalu dingin agar tidak memperburuk flu yang dideritanya. Apabila tidak hanya da satu kucing dirumah, pastikan tempat tidur kucing yang sakit terpisah dari yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah kucing lainnya tertular dari flu.

Baca juga: cara mengatasi kucing dehidrasi – cara mengobati luka pada kucing

7. Beri vaksinasi

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebab kucing terkena flu adalah infeksi virus. Untuk mencegah dan melawan virus ini sebaiknya kucing divaksinasi sehingga lebih kebal terhadap virus penyebab flu. Meskipun ia pada dasarnya telah memiliki antibodi pemberian vaksinasi tetap disarankan. Untuk vaksinasi kucing biasanya membutuhkan dokter yang ahli, bawalah ke dokter hewan agar vaksinasi yang diberikan kepada kucing cenderung tepat dan tidak menuimbulkan efek samping bagi kucing kesayangan anda.

Baca juga: cara mengobati kucing keracunan – cara mengobati kucing cacingan

8. Beri madu

Karena belum ada obat flu untuk kucing maka alternatif obat yang dapat diberikan adalah madu. Selama ini madu memang dikenal sangat ampuh mengatasi berbagai penyakit termasuk flu. Oleh karena itu anda dapat memberi madu pada kucing yang tengah flu setiap 4 jam sekali. Anda dapat memberinya secara langsung atau mencampurkannya pada air minum kucing. Tidak perlu banyak, cukup sedikit saja. Terkadang, kucing tidak menyukai bau madu yang terlalu manis, oleh karena itu, jangan paksakan kucing untuk memakannya. Modifikasikan dengan mencampurkannya dengan susu tawar, karena kucing akan menganggapnya sebagai susu biasa yang dia konsumsi.

Baca juga: ciri ciri kucing akan melahirkan – cara menghilangkan kutu kucing

ads

9. Dikarantina

Jika anda memiliki banyak kucing di rumah maka sebaiknya kucing yang terjangkit flu dipisahkan atau dikarantina dari kucing lain yang masih sehat. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan penyakit. Seperti yang diketahui flu dapat dengan mudah menyebar lewat udara saat kucing bersin atau melalui tempat makan atau minum yang digunakan bersama. Perhatikan pula aktivitas kucing yang sehat lainnya agar tidak berada di dalam jarak yang terlalu dekat dengan kucing yang sedang terkena flu.

Baca juga: cara mengatasi bulu kucing rontok – cara menggemukkan kucing kampung

10. Jangan dibiarkan kehujanan

Air dan cuaca dingin sangat tidak baik bagi penderita flu sehingga anda juga harus menjaga kucing peliharaan anda agar tidak kehujanan. Hal ini dapat diantisipasi dengan mengamati kondisi cuaca, bila ada tanda-tanda mau hujan segera tutup pintu dan jendela sehingga kucing tidak dapat pergi keluar. Kucing pada dasarnya adalah hewan yang tidak tahan dengan dingin. Oleh karena itu pastikan suhu kucing berada di tahap stabil atau normal.

Baca juga: ciri ciri kucing rabies – cara melebatkan bulu kucing

11. Jangan biarkan kucing tidur di luar rumah pada malam hari

Kucing anda yang sedang flu sebaiknya jangan dibiarkan tidur di luar rumah pada malam hari karena cuaca malam lebih dingin daripada siang hari serta lebih berangin. Sedapat mungkin buat ia tidur di dalam rumah sehingga ia tetap hangat dan terhindar dari kedinginan.

Baca juga: ciri ciri kucing anggora – cara menggemukkan kucing

12. Jaga kandang atau tempat tidurnya selalu bersih dan hangat

Hal lain yang tidak boleh dilupakan adalah selalu menjaga kebersihan kandang atau tempat tidur kucing sehingga ia dapat beristirahat dengan baik serta terhindar dari infeksi kuman-kuman penyakit lainnya. Selain itu jaga juga agar tempat tidurnya selalu hangat sehingga dapat membantu proses penyembuhannya.

Baca juga: tanda tanda kucing hamil – cara mengobati kucing sakit lemas

13. Jangan diberi obat flu untuk manusia

Karena belum ada obat flu untuk kucing maka tidak lantas anda dapat sembarangan memberi kucing anda obat flu untuk manusia. Karena dalam obat tersebut ada berbagai kandungan zat kimia yang tidak kita ketahui efeknya terhadap kucing. Kucing dapat mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya. Contohnya paracetamol yang banyak terkandung pada obat flu. Bahan ini dapat menyebabkan keracunan pada kucing hingga yang paling berbahaya menyebabkan kematian mendadak. Kalaupun diberi obat haruslah berdasarkan rekomendasi dokter hewan. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah dosi obat manusia cenderung tidak sesuai dengan obat yang biasa digunakan untuk kucing, entah lebih banyak atau lebih sedikit. Oleh karena itu, ada baiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu kepada yang ahlinya.

Baca juga: penyebab kucing tidak mau makan

14. Berikan cuka apel

Selain madu obat alami lain yang dapat dijadikan pilihan adalah cuka apel. Cuka apel dikenal bermanfaat menjaga kestabilan pH tubuh. Cara pemakaiannya sangat mudah, anda tinggal mencampurkan setengah sendok teh cuka apel pada makanan basah atau minuman kucing.

15. Bawa ke dokter hewan

Jika semua cara di atas telah anda lakukan dan kucing anda belum juga sembuh dalam beberapa minggu maka sebaiknya bawalah kucing anda ke dokter hewan terdekat. Bisa saja kucing anda mengalami penyakit lain sehingga dapat diketahui lebih awal dan diobati dengan segera.

Dengan 15 cara mengobati kucing flu di atas yang dilakukan secara konsisten semoga kucing peliharaan anda segera sembuh dan dapat beraktivitas seperti sedia kala. Dan jangan lupa yang paling penting dari semua hal di atas adalah perhatian dan kasih sayang anda sebagai pemiliknya.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 18th, July 2017 / 04:52 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing