Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Kucing Keseleo atau Terkilir

Sponsors Link

Kucing merupakan hewan yang senang untuk bermain dan beraktivitas, tetapi terkadang aktivitas yang dilakukannya dapat menimbulkan cedera seperti keseleo. Meskipun keseleo merupakan cedera yang sering ditemukan pada kucing, hal ini dapat membatasi pergerakan kucing dan juga menyebabkan rasa nyeri yang cukup kuat pada kucing. Untuk itu pada kali ini kami akan memberikan 13 cara mengatasi kucing keseleo agar dapat membantu meringankan rasa nyeri yang dialami oleh kucing sekaligus meminimalkan cedera yang lebih parah. (Baca: Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok)

ads

1. Mengenal Gejala Keseleo

Hal pertama yang harus anda lakukan sebelum melakukan pertolongan pertama pada kucing anda yang keseleo adalah dengan mengenali gejala keseleo. Anda perlu tahu gejala keseleo untuk menentukan apakah kucing anda benar-benar keseleo atau terdapat cedera lain seperti retak atau patah tulang. Keseleo pada kucing biasanya terjadi di bagian lengan dan lutut. Beberapa ciri bahwa kucing anda mengalami keseleo adalah:

  • Berjalan pincang.
  • Berjalan timpang atau bahkan tidak bisa berjalan sama sekali.
  • Terdapat bengkak.
  • Rasa nyeri.
  • Terdapat perubahan bentuk pada daerah cidera.

(Baca juga: Cara Melebatkan Bulu Kucing)

2. Melihat Perubahan Perilaku dan Fisik

Pada saat kucing mengalami keseleo, terkadang terdapat ciri-ciri fisik seperti adanya bengkak atau kemerahan di sekitar pergelangan kaki yang mengalami cidera. Selain itu anda dapat melihat kucing yang menjilati area yang cidera tersebut. Selain dari cirri-ciri fisik, anda juga dapat melihat perubahan perilaku pada kucing yang mengalami keseleo. Kucing dapat mengalami perubahan nafsu makan yang dilihat dari sisa makanan yang masih banyak. Kucing juga tidak banyak beraktifitas dan memilih untuk tidur lebih lama dari biasanya. Selain itu kucing juga akan terus mengeong atau mendesah jika pergelangan kaki yang keseleo disentuh atau digerakkan. (Baca Juga: Cara Menggemukan Kucing Kampung)

3. Membatasi Pergerakan Kucing

Setelah anda menyadari bahwa kucing anda mengalami keseleo, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mencegah kucing anda untuk bergerak terus menerus. Jika kucing anda tetap berlari dan bermain, hal yang ditakutkan adalah cidera yang dialaminya akan semakin memburuk. Jika kucing anda memiliki kandang, anda dapat memasukkannya sementara ke dalam kandang agar dia tidak terus menerus berlari dan bermain. (Baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

4. Memeriksa Kucing Dengan Penuh Perhatian

Ketika kucing mengalami cidera seperti keseleo, dia akan merasakan nyeri yang disebabkan karena cideranya tersebut. Untuk itu saat anda ingin memeriksa kucing anda, pastikan bahwa anda memeriksa tubuhnya dengan penuh perhatian dan perlahan. Hal ini diakarenakan kucing dapat melukai anda karena dia merasa kesakitan dan ketakutan. Jauhkan wajah anda dari mulut kucing dan peluk dia saat memeriksa tubuhnya. Saat memeriksa pastikan anda memeriksa dengan perlahan dan lembut. Bila perlu anda dapat menenangkan kucing anda dengan suara yang lembut agar dia tidak terpancing untuk marah. (baca juga: Cara Menggemukan Kucing Persia)

5. Membawa Kucing ke Dokter Hewan

Cara yang paling efektif untuk merawat kucing yang keseleo adalah dengan membawanya ke dokter hewan. Setelah anda melakukan langkah-langkah di atas, anda dapat membawa kucing anda ke dokter hewan terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Setelah anda melakukan janji dengan dokter hewan, anda dapat membawa kucing anda dan menjelaskan permasalahan yang dialami. Saat anda membawa kucing yang keseleo ke dokter hewan, pastikan bahwa anda meletakkannya di dalam kandang selama perjalanan. Hal ini dapat mencegah resiko kucing anda mengalami cidera yang lebih parah. (Lihat juga: Cara Mengobati Kucing Sakit Lemas)

Sponsors Link

6. Melakukan Pemeriksaan Tambahan

Pada saat kucing berada di dokter hewan, dokter tersebut dapat melakukan pemeriksaan tambahan untuk mengetahui masalah yang sebenarnya terjadi. Pemeriksaan tambahan ini dapat membantu dokter hewan menentukan diagnose dan menyusun rencana perawatan yang terbaik bagi kucing anda. Pada tahap awal dokter akan melihat dan menyentuh beberapa lokasi untuk melihat apakah terdapat bengkak, hangat, atau nyeri. Setelah itu dokter hewan akan meminta kucing anda untuk berjalan, duduk, dan berbaring. Jika kedua tindakan ini belum dapat menentukan penyebab cidera, dokter akan melakukan X-Ray atau CT-Scan terhadap kucing anda agar dapat melihat dengan jelas cidera yang terjadi.  (baca juga: Cara Merawat Kucing Persia Umur 1 Bulan)

7. Melakukan Terapi Fisik

Saat mengalami cidera seperti keseleo, kucing terkadang juga memerlukan terapi fisik untuk meningkatkan pergerakannya dan membantu proses penyembihan. Anda dapat membawanya ke terapis hewan terdekat dan lakukan latihan ringan di rumah seperti yang disarankan oleh terapis tersebut. Dalam satu kali sesi terapi biasanya akan berlangsung selama 30 menit hingga 1 jam bergantung dari tingkat keparahan cidera. Latihan tambahan yang dapat anda lakukan di rumah adalah latihan menggunakan bola dan anda dapat mengayun-ayunkan kucing anda ke depan untuk meningkatkan rentang pergerakannya. (baca juga: Penyebab Kucing Tidak Mau Makan)

8. Mengistirahatkan Kucing

Saat kucing mengalami cidera, anda harus memberikan waktu untuk beristirahat yang lebih bagi dia agar cepat sembuh. Selain itu hal ini dapat mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang dialami kucing saat dia mengalami keseleo. Anda dapat mengajak dia untuk berjalan selama 2 hingga 4 minggu setelah dia mengalami cidera atau seperti yang telah dianjurkan oleh dokter hewan. Selalu perhatikan kondisi kucing anda. Jika dia tampak kelelahan, anda dapat mengajak dia untuk beristirahat atau anda dapat menggendongnya dengan perlahan. (Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Kucing)

ads

9. Melihat Tanda Perbaikan atau Perburukan

Dalam kurun waktu 48 jam setelah anda mengistirahatkan kucing anda, anda dapat melihat apakah kucing anda mengalami perbaikan atau malah perburukan. Dengan istirahat biasanya kucing yang keseleo akan kembali secara cepat dan normal. Jika dalam waktu 48 jam kucing anda tidak mengalami perbaikan, and dapat membawanya ke dokter hewan untuk berkonsultasi. Terkadang pula terdapat cidera lain yang menghambat proses penyembuhan. Untuk cidera yang lebih serius seperti dislokasi dan retak, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan lengkap seperti X-Ray jika diperlukan. (Baca Juga: Ciri – ciri Kucing Akan Melahirkan)

10. Meletakkan Es Batu Pada Daerah Cidera

Anda dapat meletakkan kompres es batu pada daerah cidera jika tampak bengkak dan timbul rasa nyeri. Es batu dapat membantu meredakan pembengkakan dan rasa nyeri serta dapat membantu proses kesembuhan kucing anda. Anda dapat menggunakan es batu selama 15 hingga 20 menit selama beberapa kali dalam sehari. Bungkus es batu di dalam handuk agar kucing tidak merasa terlalu dingin. Jika kulit kucing anda tampak putih atau kaku maka hal ini menandakan bahwa kompres yang digunakan terlalu dingin. (Baca juga: Ciri – ciri Kucing Rabies)

11. Menggunakan Kompres Hangat

Jika kucing anda sudah tua dan mengalami keseleo yang kronis dan berulang, maka disarankan untuk tidak mengompresnya dengan es batu melainkan dengan kompres hangat. Suhu yang hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan dapat meregangkan otot serta memiliki efek melegakan. Untuk melakukan kompres hangat, anda dapat menggunakan handuk yang dihangatkan di dalam microwave atau pengering. Pastikan bahwa handuk tidak terlalu panas sehingga dapat melukai kulit. Lakukan hal ini selama 10 hingga 15 menit dan anda dapat melakukannya lagi setidaknya 1 jam setelahnya. (baca juga: Tanda – tanda Kucing Hamil)

12. Memberikan Obat Anti Nyeri

Karena terkadang keseleo disertai juga dengan rasa nyeri atau tidak nyaman, anda dapat meminta dokter hewan untuk meresepkan obat anti nyeri. Obat anti nyeri dapat meringankan rasa nyeri dan peradangan. Untuk memberikan obat anti nyeri anda harus mengetahui dengan benar berat badan dari kucing anda agar dapat diberikan dosis yang sesuai oleh dokter hewan. Jika kucing anda tetap merasakan nyeri setelah diberikan obat, anda dapat meminta dokter hewan untuk meresepkan obat anti nyeri yang lebih kuat untuk kucing anda. (baca juga: Cara Menghilangkan Jamur Pada Kucing)

13. Melakukan Aktifitas Ringan

Setelah anda pergi ke dokter hewan, anda dapat membawa kucing anda untuk berjalan secara perlahan. Pastikan dia tidak berlari dan selalu awasi pergerakan dari kucing anda sehingga tidak akan timbul cidera yang lebih parah. Anda juga dapat mengajak kucing anda untuk bermain dengan ringan dan jangan lakukan kegiatan yang ekstrim. Jika kucing anda melakukan aktifitas yang berlebihan, proses penyembuhan akan terhambat dan kucing dapat mengalami cidera yang lain.

Baca juga:

Demikianlah penjelasan kami mengenai 13 cara mengatasi kucing keseleo atau terkilir dengan cepat. Anda dapat melakukan cara-cara di atas dengan mudah dan kucing anda akan kembali pulih dan kembali bermain dengan lincah seperti sedia kala.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Thursday 06th, July 2017 / 09:57 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing