Sponsors Link

17 Manfaat Vaksin Kucing untuk Kesehatannya

Sponsors Link

ads

Buat kamu yang memelihara kucing, pastinya kamu harus tau hal-hal apa saja yang perlu kamu lakukan agar dapat merawat kucingmu dengan baik. Dimulai dari hal kecil seperti kapan saja kamu perlu memandikan kucingmu, makanan apa yang baik untuk kucingmu,

cara merawat bayi kucing ketika kucingmu masih kecil, cara merawat kucing anggora umur 3 bulan apabila kucingmu berjenis anggora dan masih kecil, atau cara merawat kucing persia umur 2 bulan, dan apa saja yang perlu kamu lakukan untuk mencegahnya agar tidak sakit. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kamu pasti dapat merawat kucingmu dengan baik.

Salah satu hal yang perlu kamu ketahui adalah mengenai vaksin kucing. Kamu harus tahu apa saja manfaat vaksin kucing agar kamu dapat bersemangat ketika memakaikan atau memberikan vaksin pada kucingmu meski kamu malas pada suatu waktu atau mengalami beberapa hal lainnya. Dengan mengetahui manfaat vaksin kucing maka kita akan menjadi bersemangat dan rajin memberikan vaksin sesuai dengan kebutuhan kucing yang sedang kita pelihara. Dalam artikel ini, akan kita bahas manfaat vaksin kucing dari yang lazim diketahui sampai yang mungkin jarang diketahui oleh banyak orang.

Memahami Vaksin Kucing

Ada baiknya sebelum membahas manfaat vaksin kucing, kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu vaksin dan mengapa dia dibuat. Dengan demikian kamu dapat membedakan mana yang disebut dengan vaksin dan mana yang bukan. Oleh karena itu kamu tidak akan salah memilih vaksin atau obat ketika berada di toko obat hewan atau apotek hewan untuk membeli vaksin yang diperlukan oleh kucingmu.

Pada dasarnya, vaksin adalah suatu virus yang dilemahkan sehingga membantu sistem imun tubuh untuk membentuk semacam antibodi atau kekebalan terhadap virus yang sama pada masa depan ketika virus tersebut mungkin menyerang pada subjek yang diberi vaksin tersebut. Vaksin kucing agak berbeda dengan zat-zat yang bisa digunakan dalam salah satu bahan dalam cara mengatasi jamur pada kucing atau pada cara menghilangkan jamur pada kucing.

Vaksin untuk kucing diberikan dengan cara memasukkannya melalui sebuah perantara ke dalam sistem infeksi kucing sehingga dapat menstimulasi sistem imun kucing agar dapat bekerja lebih optimal melawan penyakit. Pada umumnya, setelah proses vaksinasi selesai, akan muncul reaksi-reaksi tertentu yang bersifat ringan sebagai bentuk respons sistem tubuh kucing atas pemberian vaksin tersebut. Salah satu contoh dari reaksi tersebut, kucing akan bertingkah sedikit aneh atau timbul pembengkakan pada bagian yang menjadi saluran masuk vaksin tersebut sesaat setelah vaksinasi. Namun, tidak semua kucing mengalami hal itu alias bersifat tentatif. Buat kucing yang sering menderita flu, maka cara mengobati kucing flu salah satunya dapat dicoba dengan menggunakan vaksin tertentu.

Perkembangan teknologi membawa perkembangan pada teknologi vaksin yang dapat meminimalisir risiko efek samping atau alergi akut pada kucing. Akan tetapi apa yang perlu dilakukan apabila kucing terkena efek samping dari vaksinasi tadi? Kamu tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya karena hal itu memang wajar terjadi. Tidak butuh waktu lama, beberapa saat kemudian kucing akan kembali ke keadaan normal. Akan tetapi apabila keanehan tersebut terjadi cukup lama, maka kamu boleh membawa kucingmu ke dokter hewan terdekat yang ahli dan tepercaya untuk memeriksa kucing kesayanganmu.

Sponsors Link

Manfaat dari Vaksinasi Kucing

Setelah kamu memahami tentang vaksin, tentu pertanyaan berikutnya yang akan muncul adalah apa manfaat vaksin sehingga kita perlu memberikan vaksin tersebut pada kucing kesayangan yang kita pelihara. Apa saja manfaat yang akan diberikan dari pemberian vaksin yang rutin pada kucing kesayangan yang kita miliki? Berikut ini beberapa manfaat pemberian vaksin pada kucing kesayangan kita.

1. Memberi kekebalan pada virus tertentu

Manfaat pertama dan mungkin paling umum diketahui masyarakat pada umumnya adalah meningkatnya kekebalan tubuh kucing pada virus tertentu akibat pemberian vaksin secara rutin dengan dosis dan jangka waktu pemberian yang tepat sesuai dengan umur kucing. Hal ini wajar mengingat vaksin pada dasarnya dibuat untuk membantu sistem imun tubuh memiliki kekebalan dan dapat mengenali jenis-jenis virus yang masuk ke dalam tubuh kemudian melumpuhkannya apabila virus tersebut dikenali dan dapat dilumpuhkan dengan antibodi yang cocok yang terbentuk setelah pemberian vaksin pada kucing ketika kucing sehat dan dapat menerima vaksinasi. Hanya saja perlu disadari bahwa masalah cacingan agaknya tidak dapat ditangani dengan vaksin pada umumnya, oleh karena itu kamu bisa menerapkan cara mengobati kucing cacingan khusus yang dapat menangani masalah cacingan pada kucingmu.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh pada penyakit tertentu

Manfaat berikutnya, yang berkaitan erat dengan manfaat yang pertama dan mungkin juga pada umumnya banyak diketahui masyarakat, yaitu adanya peningkatan daya tahan tubuh kucing pada penyakit yang diakibatkan oleh virus tertentu akibat pemberian vaksin secara rutin dengan dosis dan jangka waktu pemberian yang tepat sesuai dengan umur kucing.

Manfaat ini didapatkan karena pemberian vaksin pada dasarnya dibuat untuk membantu sistem imun tubuh memiliki kekebalan dan dapat mengenali jenis-jenis virus yang masuk ke dalam tubuh kemudian melumpuhkannya apabila virus tersebut dikenali dan dapat dilumpuhkan dengan antibodi yang cocok yang terbentuk setelah pemberian vaksin pada kucing ketika kucing sehat dan dapat menerima vaksinasi. Oleh karena itu, penyakit-penyakit yang disebabkan karena virus-virus tersebut, akan dapat diatasi oleh sistem imun tubuh dengan cara relatif mudah karena memiliki kekebalan yang meningkat terhadap penyakit tersebut.

3. Mengurangi kemungkinan serangan penyakit tertentu

Oleh karena sistem imun tubuh yang dimiliki oleh kucing semakin kuat, maka manfaat berikutnya yang akan dimiliki oleh kucing akibat pemberian vaksinasi yang teratur dan tepat adalah menurunnya kemungkinan kucing terserang penyakit tertentu yang diakibatkan oleh virus yang sesuai dengan jenis virus yang divaksinasi tersebut. Oleh karena itulah, kucing yang rutin divaksinasi dengan tepat biasanya akan jarang sakit sampai parah karena adanya serangan virus tertentu, dan apabila terjangkit penyakit pun, biasanya kucing dapat sembuh dengan relatif lebih cepat bila dibandingkan dengan kucing-kucing yang tidak diberikan vaksinasi secara rutin dan tepat sesuai dosis sejak masa pertumbuhannya.

ads

4. Mencegah terjangkit penyakit

Dengan kuatnya sistem imun tubuh kucing, maka manfaat berikutnya yang akan dirasakan oleh kucing dan dapat Anda amati adalah semakin rendahnya kemungkinan kucing akan terjangkit penyakit, bahkan cenderung akan berhasil dicegah sedari awal virus pembawa tersebut masuk ke dalam tubuh kucing yang kita miliki. Oleh karena itulah, pemberian vaksin dapat membantu kucing untuk senantiasa sehat dalam jangka waktu yang lama ataupun ketika terpapar serangan virus-virus tertentu. Tetapi untuk penyakit-penyakit tertentu, kamu tetap perlu menerapkan cara pencegahan tersendiri sebagaimana pada cara mengobati kucing sakit lemas.

5. Meningkatkan kesejahteraan peternak kucing

Oleh karena kemungkinan kucing terserang penyakit semakin rendah, maka biaya perawatan kesehatan yang perlu dikeluarkan oleh para pemelihara kucing juga akan semakin rendah. Oleh karenanya tingkat kesejahteraan para pemelihara kucing pun akan meningkat, atau bila tidak demikian, dana lebih atau dana sisa dari hasil perawatan kucing pada jangka panjang dapat dialokasikan untuk hal lain seperti misalnya untuk membeli pakan kucing yang berkualitas, atau untuk membuat atau membangun kandang kucing yang ideal, memperbaiki kandang kucing, membeli anakan kucing baru, atau melakukan hal lain sesuai dengan kebutuhan para pemelihara kucing.

Buat kamu yang mahasiswa, tentu saja kelebihan dana ini dapat kamu manfaatkan untuk meningkatkan taraf hidupmu sendiri. Seperti misalnya membeli makan yang bergizi, membeli buah, membeli pulsa atau kuota internet untuk mengerjakan tugas, dan lain sebagainya. Pokoknya, kamu bisa memanfaatkan dana tersebut untuk hal-hal yang bermanfaat deh.

6. Menjaga kesehatan kucing

Tentu saja dengan pemberian vaksin yang teratur sehingga sistem imun tubuh kucing benar-benar memiliki kemampuan untuk mendeteksi virus dan melumpuhkannya sejak dini, maka kesehatan kucing pun akan semakin terjaga bahkan besar kemungkinan kucing yang kamu miliki tidak akan sakit lagi pada serangan virus yang sama, apabila kamu rutin menjaganya dan memberinya asupan gizi yang seimbang sehingga sistem imun tubuh kucingmu dapat bekerja dengan maksimal dalam mencegah infeksi-infeksi virus berkembang lebih lanjut pada tubuh kucing yang kamu pelihara.

Hanya saja pada penyakit tertentu, perlu diperhatikan hal lain selain pemberian vaksin yang memang dibuat untuk menyasar virus tertentu sehingga tidak dapat menangani  infeksi bakteri dan sejenisnya. Oleh karena itu kamu tetap perlu memerhatikan gejala-gejala penyakit tertentu, seperti misalnya penyakit mata pada kucing dan menanganinya dengan tepat.

7. Mengurangi biaya perawatan pada jangka panjang

Dengan pemberian vaksin secara teratur pada kucing yang kamu pelihara, maka kemampuan sistem imun tubuh yang dimiliki oleh kucingmu juga akan meningkat. Oleh karena itulah, dalam jangka panjang kucingmu tidak akan sering sakit dan hal itu berarti menurunnya biaya perawatan yang perlu kamu keluarkan untuk menjaga agar kucingmu tetap sehat. Akan tetapi tentu saja semua ini juga bergantung pada bagaimana kamu merawat kucing kesayanganmu. Apabila kamu tidak sering memberinya asupan gizi yang bermanfaat, menjaga pola konsumsinya dan lain sebagainya, tentu saja sekalipun vaksin sering diberikan pada kucingmu, tetap saja sistem imun yang dimiliki oleh kucing kesayanganmu tidak akan mampu menanggung seluruh beban yang kamu berikan padanya untuk menjaga keamanan tubuh secara menyeluruh.

Dengan demikian kamu perlu memerhatikan bagaimana cara merawat kucingmu sesuai dengan jenis atau spesies kucing yang kamu miliki. Baik itu cara memelihara kucing anggora, ataupun dalam rangka menggemukkannya maka kamu perlu mengetahui bagaimana cara menggemukkan kucing persia apabila jenisnya kucing persia, dan lain sebagainya. Pada prinsipnya, pemberian vaksin memang akan menunjang daya tahan tubuh kucingmu. Akan tetapi agar daya tahan tubuh bekerja dengan maksimal, dibutuhkan hal lain yang perlu kamu berikan pada kucing kesayanganmu.

Manfaat Lainnya (8-17)

Selain tujuh manfaat di atas, manfaat lain dari pemberian vaksin pada kucingmu adalah sebagai berikut.

  • Membantu pertumbuhan sistem imun kucing kecil
  • Mencegah infeksi feline leukimia virus
  • Mencegah infeksi penyakit rabies
  • Mencegah infeksi feline panleucopenia
  • Mencegah infeksi feline rhinotracheitis
  • Mencegah infeksi chlamdia psittaci
  • Mencegah infeksi herpesvirus
  • Mengurangi risiko kematian dini
  • Membantu menanggulangi penyakit pada kucing yang kamu pelihara
  • Membantu memperlama masa hidup kucing kesayanganmu

Itulah beberapa manfaat vaksin kucing yang dapat kita bahas dalam artikel ini. Semoga dengan mengetahui hal-hal tersebut, kamu dapat memelihara kucingmu dengan baik dan tidak pernah lagi melupakan pemberian vaksin kucing secara teratur untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin dihadapi oleh kucingmu di masa depan. Selamat merawat kucingmu!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Monday 09th, October 2017 / 07:34 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing