Sponsors Link

15 Ciri-ciri Kucing Ingin Kawin (Jantan dan Betina)

Sponsors Link

Bagi kamu yang senang memelihara kucing, atau ingin memelihara kucing, ada banyak hal tentang kucing yang perlu kamu ketahui. Beberapa hal tersebut di antaranya adalah apa saja ciri ciri kucing yang ingin kawin. Mengetahui kapan kucingmu ingin kawin sangat penting karena kucing yang ingin kawin akan mengalami berbagai macam perubahan perilaku, sehingga caramu merawat kucing yang kamu pelihara ketika dia sedang berahi, tentu saja harus menyesuaikan dengan keadaan kucingmu yang sedang berahi atau memiliki keinginan untuk kawin yang cukup besar.

ads

Buat kamu yang ingin kucing yang kamu pelihara tumbuh dan berkembang dengan maksimal, tentu saja perlu mengetahui kapan kucing yang kamu miliki sedang ingin kawin atau berahinya meningkat. Dengan demikian kamu bisa mengantisipasi dengan tepat kapan saja kucingmu berahi dan bagaimana cara untuk menanganinya. Bahkan kalau perlu kamu sudah menyiapkan ‘jodohnya’ ketika dia mulai menunjukkan tanda-tanda berahi tersebut.

Lalu apa saja ciri ciri kucing ingin kawin yang bisa kamu ketahui dan kamu gunakan untuk mengantisipasi apakah kucingmu sedang ingin kawin atau tidak? Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri apabila kucingmu ingin kawin.

1. Kucing sudah dewasa

Hal pertama yang perlu kamu ketahui adalah kapan saja kucing mulai berahi dan berapa kali kucing bisa berahi, serta kapan saja kucing mengalami berahi dari segi siklus atau waktu yang dimiliki oleh si kucing. Pada dasarnya, kucing betina dapat mengalami berahi ketika usianya telah mencapai umur antara tujuh sampai delapan bulan, bisa pula antara sepuluh sampai sebelas bulan. Sementara kucing jantan tidak jauh dari usia tersebut.

Masa berahi kucing biasanya berlangsung selama satu bulan sekali, atau dua sampai tiga bulan sekali. Dalam sekali masa berahi, akan bertahan selama kurang lebih empat sampai dengan sepuluh hari, tetapi ada pula kucing yang berahi hanya sampai empat atau lima hari saja dalam siklus berahi yang ia miliki. Oleh karena hal itulah, apabila kucingmu sudah dewasa (telah cukup umur untuk berahi), dan telah mengalami siklus berahi sebelumnya, besar kemungkinan hal tersebut akan terulang di bulan berikutnya pada waktu yang kurang lebih sama.

Saat kucing telah dewasa, kamu tidak bisa lagi merawatnya dengan cara cara merawat kucing persia umur 2 bulan (apabila jenisnya kucing persia), atau cara merawat bayi kucing. Oleh karena itu kamu juga perlu mempelajari bagaimana cara merawat kucing yang telah dewasa ya.

2. Kucing sering mengeong

Ciri ciri kucing ingin kawin berikutnya adalah seringnya kucing mengeong-ngeong walaupun tidak ada apapun yang terjadi di sekitarnya. Selain itu, suara ngeongnya juga kadang menjadi berat dan keras seolah-olah menarik perhatian dari lawan jenisnya. Akan tetapi sebab ngeong kucing yang kamu pelihara juga tidak mesti karena dia sedang berahi. Oleh karena itu kamu harus melihat tanda-tanda berahi yang lain atau bila perlu periksakan ke dokter hewan terdekat untuk melihat apakah kucingmu sedang berahi ataukah tidak. Dengan demikian kamu bisa mengetahui kondisi kucingmu dengan pasti.

Perilaku sering mengeong ini biasanya dilakukan atau terjadi pada kucing betina yang sedang berahi. Sementara kucing jantan pun juga bisa melakukannya, akan tetapi tidak se-khas yang dimiliki dan dilakukan oleh si kucing betina. Perlu diperhatikan bahwa kucing yang mengeong juga bisa bermakna hal lain lo, bisa jadi itu merupakan ciri ciri kucing demam khusus pada kucing kesayanganmu.

3. Kucing jadi lebih manja

Ciri ciri kucing ingin kawin berikutnya yang dapat kamu perhatikan adalah perubahan perilaku pada kucing yang kamu miliki, yaitu menjadi lebih manja. Perubahan kucing menjadi lebih manja ini adalah perubahan perilaku yang dapat kamu perhatikan dengan cukup jelas. Seberapa ‘manja’ kucingmu nanti? Pada dasarnya perubahan ini hanya bisa diketahui oleh sang pemilik kucing itu sendiri. Beberapa perubahan yang akan terlihat antara lain adalah kucingmu jadi sering berada di sekitarmu, mengelilingi kakimu ataupun berperilaku lainnya, yang pada prinsipnya berusaha untuk mencari perhatian dan kasih sayang yang lebih dari pemiliknya.

Sponsors Link

4. Kucing jadi lebih sensitif

Ciri-ciri kucing yang ingin kawin berikutnya adalah perubahan yang muncul pada kucing berikutnya adalah perubahan pada segi psikologinya, yaitu kucingmu menjadi lebih sensitif daripada biasanya. Kucing akan jadi lebih sensitif, sering berguling-guling, lebih peka terhadap lingkungan, lebih sering berada di sekitar pemiliknya. Akan tetapi perlu disadari bahwa perubahan perilaku ini tidak akan terjadi pada seluruh kucing yang ingin kawin. Beberapa kucing mungkin malah tidak akan sensitif sama sekali. Oleh karena itulah, kamu perlu melihat ciri-ciri lainnya yang mungkin dapat memastikan bahwa kucing yang kamu miliki memang benar-benar sedang hamil.

5. Ekor kucing melengkung

Ciri ciri kucing ingin kawin berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui apakah kucingmu ingin kawin atau tidak adalah dengan mengamati ekor yang dimilikinya. Apabila kucingmu ingin kawin, maka ekor kucing akan melengkung ke samping badannya apabila kamu memegang bagian punggungnya tepat di atas pangkal ekor kucingmu.

Hal ini merupakan respons alamiah yang dimiliki oleh kucingmu ketika dia merasa berahi dan ingin kawin. Oleh karena itu, biasanya ciri-ciri atau tanda ini merupakan salah satu tanda yang sangat presisi untuk mengetahui apakah kucingmu sedang ingin kawin atau tidak. Akan tetapi tentu saja mengamati ciri-ciri lain pun juga masih diperlukan untuk memastikan betul apakah kucingmu ingin kawin atau tidak.

ads

6. Menurunnya nafsu makan

Selain mengalami beberapa perubahan perilaku di atas, kucing yang sedang ingin kawin juga akan mengalami perubahan perilaku lainnya, yaitu menurunnya nafsu makan yang dimiliki oleh kucingmu. Akan tetapi, ciri-ciri yang satu ini agaknya masih sulit untuk digunakan sebagai ciri-ciri utama bahwa kucingmu sedang ingin kawin, karena penurunan nafsu makan kucingmu bisa pula disebabkan karena hal lain seperti kehamilan, sakit, muntah dan berbagai penyebab lainnya.

Oleh karena itulah ada baiknya apabila kamu melihat ciri-ciri lainnya dan memeriksakan kucingmu ke dokter terdekat apabila kamu ingin memastikan bahwa kucingmu benar-benar ingin kawin atau tidak. Apabila sebabnya adalah muntah, pelajari apa saja penyebab kucing muntah  yang mungkin terjadi pada kucingmu dan juga cara mengatasi kucing muntah sehingga kamu bisa mengatasinya kelak.

7. Bulu tubuhnya bersinar

Ciri-ciri kucing ingin kawin berikutnya adalah perubahan yang muncul pada bulu tubuhnya. Perubahan tersebut adalah warna atau penampakan bulu tubuh yang dimiliki oleh kucingmu akan terlihat seolah-olah menjadi bersinar dan tidak seperti bulu kucing pada umumnya. Perubahan warna ini dapat disebabkan karena adanya sekresi hormon-hormon tertentu yang menyebabkan bulu kucing terlihat seperti bersinar.

8. Perubahan pada bentuk tubuh menjadi bulat dan subur

Perubahan berikutnya yang akan muncul pada kucingmu yang sedang ingin kawin adalah perubahan pada bentuk tubuhnya. Ketika memasuki masa-masa berahi, biasanya bentuk badan kucing akan berubah, menyesuaikan dengan berahi yang dimilikinya. Beberapa kucing biasanya akan mengalami perubahan bentuk badan menjadi lebih bulat dan juga terlihat lebih subur meskipun nafsu makannya mengalami penurunan.

Hal tersebut disebabkan karena adanya sekresi hormon yang semakin matang, layaknya perubahan pada badan manusia yang memasuki masa puber menjadi terlihat lebih sensual atau mampu menarik nafsu lawan jenisnya. Perubahan badan kucing menjadi lebih subur tentunya tidak bisa terjadi apabila kamu mengabaikan manfaat vaksin kucing dan tidak memberinya vaksin saat dibutuhkan.

9. Gerak-gerik menjadi lincah

Pada masa berahi, kucing juga dapat mengalami perubahan perilaku menjadi lebih lincah. Perubahan ini terjadi karena kucing biasanya ingin menunjukkan bahwa dia ingin berkawin pada kucing lain yang ada di sekitarnya, alias sebagai bentuk penarik perhatian. Akan tetapi perubahan perilaku menjadi lebih lincah ini juga bisa disebabkan karena munculnya hormon-hormon khusus yang memicu perilaku kucing menjadi lebih lincah ketika memasuki masa-masa puber.

Apabila kucingmu tiba-tiba menjadi sangat lincah, sering bergerak ke sana kemari dan melakukan berbagai macam aktivitas lainnya, besar kemungkinan bahwa kucingmu sedang mengalami perubahan hormon tertentu yang menyebabkan tubuhnya menjadi lebih lincah. Waspadai pula beberapa gejala penyakit seperti gejala rabies pada kucing yang mungkin menjadi sebab kucingmu menjadi sangat lincah.

10. Perubahan perilaku kucing

Ciri-ciri kucing ingin kawin berikutnya adalah munculnya berbagai macam perubahan perilaku yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Salah satunya adalah kucing menjadi sering menggesr-geserkan tubuhnya ke dingin dan juga berguling-guling. Perilaku ini biasanya terjadi karena dua hal, yaitu pertama sebagai suatu upaya untuk menarik perhatian dari kucing yang lewat, atau untuk mengendus jejak kucing lawan jenis yang mungkin ada di sekitarnya.

Sponsors Link

Hal ini terjadi karena kucing mengeluarkan feromon yang berfungsi sebagai zat yang menarik perhatian lawan jenisnya. Apabila kamu melihat kucingmu jadi sering menggeser-geserkan badannya ke dinding dan juga berguling-guling serta diikuti dengan munculnya ciri-ciri lainnya, maka bersiap-siaplah karena kemungkinan besar kucingmu sedang ingin kawin.

Selain ciri-ciri di atas, beberapa ciri-ciri di bawah ini juga mungkin akan dialami dan terjadi pada kucingmu ketika dia sedang ingin kawin. Beberapa ciri-ciri di bawah ini dapat kamu gunakan untuk melengkapi ciri-ciri di atas dan dapat membantu melengkapi indikator yang dapat digunakan untuk menilai apakah kucingmu benar-benar ingin kawin atau tidak. Berikut ini ciri-ciri lainnya.

  • Pada kucing jantan, apabila dia menemui kucing betina, maka kucing jantan yang berahi akan bergerak dengan cepat seolah-olah ingin segera menaikinya
  • Kucing terlihat gelisah
  • Kucing sering ingin pergi keluar Rumah
  • Kucing banyak menjilat benda sekitar
  • kucing menjadi lebih agresif

Selain informasi diatas, berikut ini terdapat video tentang perbedaan kucing betina sedang birahi dengan kucing jantan.

1. Kucing Betina Birahi Total

2. Kucing Jantan Birahi Total

Itulah beberapa ciri-ciri kucing ingin kawin yang bisa kamu ketahui dan gunakan untuk mengetahui apakah kucingmu sedang ingin kawin atau tidak. Dengan menggunakan beebrapa ciri-ciri di atas, maka besar kemungkinan kamu akan segera mengetahui apakah kucingmu berahinya tinggi dan sedang ingin kawin secepat mungkin atau tidak. Jangan lupa bahwa kucing yang ingin kawin akan mengalami banyak perubahan perilaku sehingga kamu pun harus merawatnya dengan cara yang sedikit berbeda.

Selain mempelajari ciri-ciri di atas, kamu juga bisa mempelajari cara mengobati kucing flu, jenis-jenis penyakit kulit pada kucing ataupun ciri ciri kucing stress agar kamu bisa menangani berbagai permasalahan pada kucingmu yang lain.

Selamat merawat kucingmu!

Sponsors Link
, ,
Post Date: Wednesday 01st, November 2017 / 04:36 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing