Sponsors Link

30 Cara Memelihara Kelinci di Rumah Bagi Pemula

Sponsors Link

Kelinci adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari oleh berbagai macam orang. Hal itu tentu saja disebabkan karena hewan yang satu ini lucu, relatif jinak, dan juga dapat dipelihara dengan fleksibel di mana saja.

ads

Salah satu tempat yang dapat digunakan untuk memelihara kelinci adalah di dalam rumahmu sendiri. Dengan memelihara kelinci di dalam rumah, tentu saja kamu dapat menghembat biaya perawatan dan berbagai jenis biaya lainnya yang harus kamu keluarkan apabila kamu tidak memelihara kelinci di dalam rumah.

Akan tetapi, memelihara kelinci di dalam rumah juga tidak bisa dilakukan dengan asal begitu saja. Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa kelinci yang kamu miliki tersebut mampu kamu pelihara di rumah dengan baik, termasuk salah satunya adalah mengetahui bagaimana cara memelihara kelinci di rumah dengan baik dan benar. Dengan demikian, kamu bisa memelihara kelincimu di rumah dengan tepat.

Pada dasarnya, cara memelihara kelinci di rumah itu tidak sulit, apabila kamu telah mengetahui caranya dengan benar. Sekalipun kamu baru pertama kali memelihara kelinci, akan tetapi dengan mengetahui bagaimana cara memelihara kelinci di rumah yang akan kami sampaikan padamu berikut ini pasti dapat membantumu dalam memelihara kelinci di rumahmu sendiri. Selain mempelajari hal-hal di bawah ini, kamu juga harus mempelajari cara mengobati kelinci yang sakit, mempelajari masa kehamilan kelinci termasuk tanda tanda kelinci hamil, ciri ciri kelinci hamil muda, ciri ciri kelinci keguguran, dan berbagai cara merawat kelinci lainnya yang bisa kamu pelajari dari situs ini.

Berikut ini adalah beberapa cara memelihara kelinci di rumah yang bisa kamu lakukan secara mandiri.

1. Menyediakan tempat untuk memelihara kelinci-kelinci

Cara memelihara kelinci yang pertama kali perlu kamu lakukan, tentu saja adalah mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pemeliharaan kelinci kesayanganmu. Salah satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan tempat untuk memelihara kelincimu di rumahmu sendiri. Kamu harus mempersiapkan di mana kamu ingin merawat kelincimu, apakah di belakang rumah, di samping rumah, atau di tempat-tempat lain yang ada di sekitar rumahmu.

Kamu harus memilih tempat yang tepat untuk memelihara kelincimu. Pilihlah tempat yang bersih, yang aman, nyaman dan juga kondusif untuk memelihara kelinci kesayanganmu. Kalau perlu, siapkan bangunan khusus untuk memelihara kelincimu di dalam rumah.

2. Membuatkan tempat tinggal untuk kelincimu

Setelah kamu memilih tempat untuk memelihara kelincimu, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan tentu saja membangun kandang atau tempat tinggal yang cocok untuk memelihara kelinci kesayanganmu. Bagaimana untuk membangun kandang kelincimu? Kamu bisa memilih ukuran kandang terlebih dahulu untuk bisa mengukur seberapa luas atau seperti apa kandang yang akan kamu bangun.

Sponsors Link

Kandang kelinci biasanya memiliki ukuran rata-rata sekitar satu kali 0,6 dan 0,6 meter, alias 1×0,6×0,6 meter. Ukuran tersebut bisa kamu sesuaikan dengan jumlah kelinci yang kamu miliki dan juga usia kelinci yang kamu pelihara. Dengan ukuran yang pas, maka kamu dapat membuat kandanag yang nyaman untuk tempat tinggal kelinci kesayanganmu. Dengan kandang kelinci yang bagus dan baik, maka kelincimu bisa tumbuh dengan optimal. Pada dasarnya, kandang yang baik, selain menyediakan tempat yang cukup bagi kelincimu untuk beristirahat, juga menyediakan tempat yang baik untuk bermain, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu tidak membuat kandang dari kawat-kawat dan bahan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan kelincimu karena bisa mengganggu aktivitas kelincimu selama ada di dalam kandang.

3. Menata alas kandang

Langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk merata kelinci kesayanganmu adalah dengan cara menata alas kandang yang dimiliki oleh kelincimu. Kandang kelincimu memerlukan alas yang tepat supaya kelinci yang kamu pelihara bisa tinggal dengan nyaman di kandang yang telah kamu persiapkan.

Untuk menata alas kandang kelincimu, kamu bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti jerami atau lembaran kayu tertentu seperti misalnya dari lembaran kayu yang berasal dari pohon pinus. Selain itu, kamu juga bisa memberikan alas tidur yang terbuat dari bahan bubur kayu daur ulang yang memang dibuat untuk alas kandang kelinci peliharaanmu.

Setelah memasang atau menata kandang kelincimu, jangan lupa untuk menaruh kandang tersebut ditempat-tempat yang baik dan aman untuk kandang kelincimu, seperti jauh dari listrik, dan berbagai hal lain yang berbahaya untuk kesehatan kelincimu.

4. Menyediakan kotak kotoran

Kotak kotoran adalah hal yang penting untuk kamu sediakan di dalam kandang kelincimu. Dengan kotak kotoran yang baik, maka kelinci peliharaanmu dapat membuang kotorannya dengan baik di mana tempat yang telah kamu sediakan. Dengan demikian, kotoran kelincimu akan terlokalisir dengan baik.

Kamu bisa meletakkan kotak kotoran untuk kelincimu di pojok-pojok atau pinggiran kandang, atau di tempat lainnya, selama masih bisa terjangkau oleh kelincimu. Pojok kandang adalah tempat yang favorit bagi sebagian besar para pemelihara kelinci untuk menjadi tempat meletakkan kotak kotoran, tetapi kamu bisa meletakkannya di posisi yang lain, sembari memberikan beberapa lembar koran atau kertas yang tidak terpakai dan mengisinya dengan jerami agar bisa dibersihkan dengan mudah dan nyaman untuk digunakan oleh kelinci peliharaanmu.

5. Menyediakan tempat persembunyian

Langkah untuk merawat kelinci di rumah berikutnya yang bisa kamu terapkan adalah menyediakan tempat persembunyian yang nyaman untuk kelincimu yang ada di dalam kandangnya. Adanya tempat persembunyian akan membantu kelinci kesayanganmu untuk bersembunyi dari berbagai hewan lain khususnya yang ia anggap sebagai hewan pemangsa dirinya. Oleh karena itulah, sebaiknya kamu membuat tempat persembunyian tersebut dari bahan yang kuat, nyaman, dan tentunya mudah untuk dibuat.

Beberapa bahan yang bisa kamu pakai untuk membuat tempat persembunyian bagi kelincimu antaar lain adalah kardus, plastik, dan berbagai bahan lain yang bisa kamu temukan dan kamu rangkai dari berbagai macam bahan yang bisa kita temukan dari lingkungan sekitar. Jangan lupa untuk memberikan ruang yang cukup luas di dalam tempat persembunyian tersebut yang akan digunakan oleh kelincimu untuk bergerak dengan leluasa sehingga dia tidak akan merasa stres selama bersembunyi di tempat itu.

ads

6. Membuatkan mainan

Cara memelihara kelinci berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah membuatkan mainan-mainan khusus kelinci yang bisa digunakan oleh kelincimu untuk bermain. Beberapa mainan dapat kemu buat dari kardus dengan mudah. Kardus merupakan salah satu jenis bahan yang baik digunakan sebagai mainan untuk kelinci karena kelinci bisa menggigit-gigit kardus tanpa perlu melukai tubuhnya dengan parah, sementara bahan lain mungkin bisa melukai mulut atau gigi kelincimu.

7. Menyediakan makanan yang tepat

Kelinci tentu membutuhkan makanan yang baik agar pertumbuhan mereka bisa terjadi dengan optimal. Olah kerna itulah kamu bisa memberikan kelincimu beberapa makanan yang baik, seperti misalnya rumput jerami yang ideal sebagai makanan bagi kelinci yang sedang tumbuh berkembang. Selain itu, beberapa jenis makanan kelinci lainnya juga bisa kamu gunakan untuk asupan nutrisi bagi kelinci yang kamu pelihara.

8. Memberikan asupan sayuran yang baik

Sayuran adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan kelincimu. Selain makanan seperti wortel, kamu juga bisa memberikan kelincimu beberapa macam sayuran yang baik untuk pertumbuhan kelinci seperti misalnya wortel dan beberapa sayuran lainnya. Selain mengandung banyak vitamin A, wortel juga mengandung kadar gula yang baik untuk pertumbuhan kelincimu. Langkah ini termausk dalam salah satu cara memelihara kelinci anggora yang bisa kamu lakukan untuk menjaga pertumbuhan anggora dengan baik.

9. Tidak memberikan makanan yang tidak menyehatkan

Kamu juga harus menghindari memberikan makanan yang tidak sehat untuk kelincimu. Makanan yang tidak sehat bisa mengganggu berbagai macam bagian tubuh yang dimiliki oleh kelincimu, seperti misalnya mengganggu sistem pencernaannya, mengganggu sistem imunnya, dan mengganggu berbagai hal lain pada kelincimu. Beberapa jenis sayuran yang tidak baik untuk kelinci di antaranya adalah jagung, selada, tomat, kubis, kacang polong, kentang, bawang, bambu, biji-bijian, dan daging.

10. Memberikan persediaan air yang cukup

Air adalah hal yang penting bagi semua makhluk hidup, termasuk kelinci peliharaanmu. Kamu bisa memberikan kelincimu air bersih yang banyak dan menaruhnya di tempat minum yang bisa kamu sediakan di dalam kandang. Jangan lupa untuk selalu mengganti air minumnya secara berkala agar kelincimu bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan karena bakteri yang ada di dalam air atau dari air yang kotor karena berbagai macam hal.

11. Menyediakan waktu di luar kandang

Kelincimu juga butuh jalan-jalan lo. Kamu bisa membawa kelincimu pergi keluar kandang selama beberapa jam, antara enam sampai dengan delapan jam agar kelinci bisa bebas beraktivitas di luar kandang, melompat dan berlari-lari setiap hari agar kesehatannya terjaga. Jangan lupa untuk mengawasi ke mana saja kelincimu pergi agar dia tidak termakan oleh predator ketika sedang bermain di luar.

12. Hati-hati dalam menggendong atau memegang kelinci

Kelinci termasuk hewan yang sensitif, oleh karena itu kamu harus berhati-hati ketika kamu sedang menggendong atau memegang kelinci. Tubuh kelinci rentan dan harus diperlakukan dengan baik, sehingga kamu harus menjaga agar tidak sampai melukai tubuhnya ketika kamu menggendong atau memegangnya.

Kamu bisa menggendong atau memegang kelinci dengan cara meletakkan tangan di bagian belakang dan depan tubuh kemudian menggendongnya layaknya bayi. Jangan pernah mengangkat atau menggendong kelinci dengan menarik telinganya, sebab telinga kelinci mengandung banyak sekali saraf sehingga apabila kamu menariknya dengan keras hal itu bisa membahayakan kesehatan kelincimu.

13. Menyediakan teman bermain

Oleh karena kelinci adalah hewan yang suka bermain, maka tentu saja hal yang perlu kamu siapkan selain kandang, alat bermain, dan waktu bermain adalah tempat yang tepat agar kelincimu bisa bermain dengan bebas dan leluasa. Bila perlu, kamu bisa menambahkan empat khusus yang bisa digunakan kelincimu untuk bermain dengan bebas.

14. Rutin membersihkan kandang kelinci

Membersihkan kandang kelinci secara rutin adalah hal berikutnya yang harus kamu lakukan sebagai pemilik kelinci yang baik. Dengan membersihkan kandang dari kotoran yang ada di sekitarnya, kamu bisa menjaga tempat tinggal kelincimu agar tetap baik dan bersih sehingga layak menjadi tempat yang tepat untuk perkembangan kelinci kesayanganmu.

15. Menjaga suhu kandang tetap optimal

Langkah berikutnya berkaitan dengan kandang adalah melakukan usaha atau upaya untuk menjaga agar suhu kandang kelincimu tetap terjaga dengan baik. Kamu harus menjaga agar temperatur kandang kelincimu ideal untuk pertumbuhan kueingmu, oleh karena itulah sirkulasi udara yang baik, dan berbagai unsur lainnya harus kamu perhatikan agar suhu kandang bisa optimal.

Ciri Lainnya ( 15-30 )

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk memelihara kelincimu di rumahmu sendiri. Berikut beberapa cara selain cara memelihara kelinci di atas.

  • Menyikat bulu kelinci dengan rutin
  • Tidak memandikan kelinci terlalu sering
  • Rutin memeriksakan ke dokter hewan
  • Memberikan tali kekang dan pelindung untuk mengajak jalan-jalan
  • Rutin membaca tips memelihara kelinci dari berbagai sumber terpercaya
  • Potong kuku kelinci setiap satu sampai dua bulan sekali
  • Menjauhkan kandang kelinci dari kucing dan anjing
  • Tidak memberikan obat kutu, kecuali disarankan oleh dokter
  • Memastikan bahwa area bermain kelinci aman dan nyaman
  • Memberikan makanan berupa campuran jerami dan rumput
  • Memberikan buah-buahan secara berkala
  • Apabila terpaksa memberi makan pelet, pilihlah pelet yang berkualitas
  • Memberikan asupan vitamin
  • Merawat sesuai dengan umur kelinci
  • Segera memberikan obat atau memeriksakannya ke dokter apabila terjadi gejala-gejala sakit tertentu

Itulah beberapa cara memelihara kelinci di rumah yang bisa kamu terapkan untuk memelihra kelinci dengan mudah dan baik di rumahmu sendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh kelincimu ya, selamat merawat kelinci kesayanganmu!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 09:55 Oleh :