Sponsors Link

15 Cara Memotong Kuku Kucing Bagi Pemula

Sponsors Link

Kucing merupakan salah satu binatang yang paling sering di gemari untuk di pelihara oleh masyarakat indonesia , disamping wajahnya yang terkadang menggemaskan , kucing juga memiliki naluri untuk patuh kepada majikannya.

ads

Sampai saat ini terdapat ratusan jenis species kucing yang tersebar di seluruh dunia , yang di mana pertumbuhannya semakin hari semakin banyak . Di indonesia sendiri kucing bisa berkeliaran bebas di setiap jalan dan juga gang rumah dengan berbagai warna dan ras. Bahkan beberapa kucing sering di cap buruk karena sering memangsa makanan manusia seperti ikan , ataupun beberapa jenis makanan manusia.

Meski sering di cap buruk karena sering mencuri makanan , kucing di indonesia pertumbuhannya makin tahun semkin banyak  mengingat kucing mampu melahirkan anaknya dalam waktu 2-3 bulan dengan jumlah 3-6 ekor. Dengan durasi waktu kehamilan yang singkat dan di tambah dengan banyaknya jumlah yang di lahirkan seekor kucing bukan berarti tidak mungkin jumlah kucing di dunia ini akan terus bertambah. Akan tetapi bukan berarti banyaknya pertumbuhan jumlah kucing lantas kita tidak mengembang biakan ataupun malah memburunya.

Karena di beberapa negara bagian bahkan di indonesia terkadang masih banyak orang yang memburu dan juga membunuh kucing hanya untuk demi kepuasan diri sendiri ataupun kelompok tertentu.

Beberapa Ras dan jenis kucing di dunia

Saat ini terhitung ratusan ras jenis ras kucing yang berkeliaran di dunia dan juga puluhan ribu bahkan jutaan kucing hidup di bumi kita ini . Faktanya adalah beberapa masyarakat dunia lebih menyukai kucing di bandingkan beberapa jenis binatang lain di karenakan perawatan yang mudah dan juga tidak terlalu berbahaya dibandingkan memelihara hewan buas lainnya .akan tetapi taukah kalian ada beberapa ras kucing yang populer di dunia ? Berikut adalah beberapa jenis ras kucing di dunia :

  1. Persia
  2. Persia hiamalayan
  3. Russian blue
  4. Domestik / lokal indonesia
  5. Turkish anggora
  6. anggora
  7. mine coon
  8. Bengal
  9. American short hair
  10. norwegian forest
  11. Sphynx
  12. Scotish Fold
  13. manx
  14. Savanah
  15. Japanese bob tail

Dan masih banyak lain jenis-jenis kucing yang ada di dunia ini. Dan untuk di indonesia sendiri sampai saat ini banyak para breeder dan juga importing kucing memasukan banyak ras-ras kucing ke indonesia demi untuk mengembangbiakan jenis kucing itu sendiri.

Kucing sebetulnya hewan yang aktif dan keaktifan kucing biasanya ada pada saat masa kitten, karena keaktifannya terkadang kita tidak tahu apabila kucing kita keseleo oleh karen itu sebelum masuk ke cara memotong kuku kucing akan lebih baik tahu  Cara Mengatasi Kucing Keseleo karena kucing keseleo biasanya akan merubah mood kucing . selain keseleo yang merubah mood kucing adalah kucing stres jadi kita juga harus tahu .Ciri Kucing Stres dan Penyebabnya agar kita bisa mengantisipasi dan menanggulanginya.

Sponsors Link

Teknik Memotong Kuku Kucing

Sebagai hewan peliharaan sudah seharusnya menjaga kebersihan dan juga kesehatan hewan peliharaan kita tidak terkecuali kucing. Beberapa  Cara Merawat Bayi Kucing agar Tumbuh Sehat adalah memandikannya , meyisirnya dan juga memotong kukunya. Untuk memotong kuku , bisa di bilang mudah-mudah sulit. karena disini butuh kesabaran dan juga ketelitian yang extra dalam memotong kuku kucing. selain merawatnya juga kita juga harus memberi vaksin terhadap kucing kita karena  Manfaat Vaksin Kucing sangat baik untuk kucing dan juga si pemilik kucing.

Sebagaimana halnya memotong kuku kita sendiri jangan sampai kucing kesakitan karena kita salah perkiraan dalam batasan kuku yang harus di potong.  Sebetulnya dalam beberapa forum dan juga beberapa dokter hewan menyarankan agar tidak memotong kuku kucing sembarangan malahan sebagiannya pun beranggapan kuku kucing tidak boleh di potong karena akan mengurangi fungsi dari cakar kucing yang sebenarnya dan akan membua kucing kesulitan untuk memanjat.

Meski begiu memotong kuku kucing bagi para catlovers pun berfungsi agar si kucing tidak menyakiti si majikannya dengan kuku tajamnya ataupun tidak ingin si kucing berkelahi menggunakan cakarnya untuk melukai kucing lain yang serumah.  Akan tetapi tidak salahnya kita membelajari bagaimana memotong kuku kucing .  Berikut adalah bagaimana cara memotong kuku kucing dengan baik dan benar :

1. Siapkan gunting kuku khusus perawatan hewan di petshop

Meski kita kan mengguning kuku kucng lantas kita menyiapkan gunting kuku yang biasa di pakai di rumaha .  jangan sampai salah persepsi a , menggunakan gunting kuku yang biasa di gunakan oleh kia biasanya ketajaman dan kekuatan memotongnya jauh berbeda dengan gunting kuku khusus untuk kucing. Karena gunting kuku untuk manusia biasanya hanya menggunting kuku dengan ketebalan beberapa milimeter jadi ga perlu perangkat yang tajam dan juga tenaga yang extra.

Sedangkan jika kia ingin menggunting kuku kucing sudah pasti kita tahu bahwa kuku kucing memiliki ketebalan yang berkali-kali lipat dari manusia. Jadi persiapkan lah alat gunting kuku khusus memotong kuku kucing yang biasa ada di petshop . Karena jika kita membelinya d petshop tidak terlalu rugi karena akan di gunakan secara terus menerus untuk perawaan si kucing juga.

2. Buat sikucing relax dengan mendudukannya di paha kita ataupun lantai

Hal ini juga sangat penting karena kucing biasanya sangat sulit di jinakan ketika akan di potong kukunya . Hanya kucing-kucing yang terbiasa ataupun kucing-kucing ras terentu yang ketika dalam pengguntingan kuku di akan diam saja. Jadi janganlah terburu-buru langsung mengguntingnya usahakan dia diam dan betah berada di dekat kita , jika sudah diam bisa di lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Penganglah kaki kucing menggunakan ibu jari dan telunjutk tangan kiri anda

Langkah ini merupakan langkah pertama agar kuku kucing bisa  terlihat sehingga mudah untuk di potong nanti. Beberapa jenis kucing dan juga range umur kucing berapapun dengan cara ini akan memudahkan kita.

4. Tekanlah bagian bantalan kaki kucing dengan lembut

Di proses ini kita kan mengalami sedikit kesulitan karena di langkah ini kita coba untuk menarik salah satu kaki kucing yang dimana kukunya akan kita potong. Tarik kaki kucing secara perlahan agar dia tidak merasa terpaksa dan terancam karena jika salah kemungkinan dia akan kabur. Setelah kucing tidak ada gerakan menolak cobalah untuk mengeluarkan kuku/cakar kucing dengan cara menekan bantalan kaki kucing bersamaan dengan menekan bagian atas kuku kucing. Dengan cara ini otomatis kuku kucing yang tajam akan terlihat. Selah kuku kucing terlihat , kita lanjutkan ke tahap selanjunya.

ads

5. Potong kuku dari atas

Sama halnya memotong kuku kita sendiri , sebaiknya perhatikan cara memotong kuku kucing. Jangan sampai kita memotong kuku kucing  dengan cara miring/ dari sisi karena jika kita menggunting kuku kucing dari sisi akan mengakibatkan pecahnya kuku kucing dan sudah di pastikan kucing akan mengerang kesakitan karena kita salah dalam memotong kuku kucing. Cara yang benar yaitu dengan cara memotong dari atas , karena dengan memotong dari atas , kuku kucing akan mudah di potongkan dan juga menjaga kuku tetap utuh ketika sudah potong.

6. Potong sampai batas yang benar

Perlu di ketahui , sama halnya pada manusia , kuku kucing memiliki batasan tumbuhnya kuku yang di mana di bawah atau di dalam kuku kucing ada yang namanya quick , quick ini semacam daging juga yang menjadi bantalan atau juga empat di mana kuku akan tumbuh. Bisa di bayangkan jika kita salah menggunting di batasan yang salah akan mengakibatkan luka atau bahkan kucing kita akan kabur karena kesakian.

Jadi potonglah di batasan berwara putih dimana kurang lebih 1-2mm dari ujung cakar yang runcing. Jangan sampai kita memotong kuku kucing sampai habis kukunya , karena inti dari memotong kuku kucing ini hanya agar ketajaman kukunya berkurang tanpa mengurangi fungsi dari cakar kucing itu sendiri.

7. Potong dengan rapi dan satu persatu

Memotong kuku kucing bisa di bilang mudah – mudah susah , dimana kita butuh kesabaran yang extra terlebih untuk kucing yang memiliki tipe bringas atau tidak mau diam. Usahakan kita memotong dengan extra hati-hati dengan cara memotong satu demi satu kuku kucing dengan perlahan. Bagi orang yang kurang sabaran pasti akan jengkel karena memotong kuku kucing membutuhkan waktu yang lama.

8. Teliti dan berhati-hati

Tak sedikit para catlover memotong kuku kucingnya ada yang terkena kulit kukunya sehingga mencedera tangan atau kaki kucing itu sendiri. Oleh karena iu teliti dan berhati-hatilah karena meskipun bisa di bilang kuku adalah hal yang tidak terlalu vital akan tetapi kebersihan dan kesehatan kuku juga menjadi salah satu faktor pendukung kucing kita bisa nyaman .

9. Lakukan Secara Berkala

Lakukanlah pemotongan kuku kucing secara berkala ketika kuku kucing sudah mulai panjang ataupun dengan jangka wakti 2-4 minggu sekali. Karena seperti pada bahasan di atas , terkadang kotoran-kotoran pun menempel di bagian bawah kuku kucing. Oleh karena itu selain menggosoknya dengan sikat , memotong kukunya pun menjadi alternatif terbaik untuk menjaga kebersihan kuku kucing. Karena jika kucing kita sehat , berimbas juga pada majikannya yang tidak akan menularkan penyakit.

10. Rapihkan dan kikir jika perlu

Sama seperti halnya manusia pemotongan kuku kucing meski menggunakan guntingnya sendiri pun tidak terlepas dari kurang rapihnya kuku kucing itu sendiri. Oleh karena itu jika di perlukan rapihkan bekas potongan menggunakan penghalus khusus kuku kucing yanga ada di petshop. Biasanya catlover yang akan melombakan kucingnya di ajang khusus akan terbiasa merapihkan kuku kucing yang akan di lombakan. Tetapi langkah ini sudah di pastikan akan sulit apalagi untuk beberapa jenis ras kucing yang memiliki tipe tidak mau diam.

Selain beberapa teknik dan cara memotong kuku kucing diatas, berikut ini diinformasikan tentang bagaimana panduan yang benar melalui video aga memudahkan anda.

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa memotong kuku kucing bukan karena mengurangi dari kemampuan kucing itu sendiri atau agar kucing lebih jinak melainkan untuk menjaga kesehatan kucing itu sendiri. Meski kucing adalah salah satu hewan yang bersih alias bisa membersihkan tubuhnya sendiri  dan juga menjaga makanannya bukan berarti kucing tidak akan keracunan , beberapa  Cara Mengobati Kucing Keracunan yang Efektif juga harus kita ketahui untuk menjaga umur si kucing.

Apa lagi apabila kucing peliharaan kita termasuk kucing yang di biarkan hidup di luar rumah , sudah di pastikan kebersihan kucing kita harus kita jaga. Selain memotong kuku kucing alangkah baiknya juga kita untuk memandikan ataupun membersihkan beberapa bagian kucing yang kotor seperti telinga atau bahkan badan kucing.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 09:02 Oleh :
Kategori : Hewan Peliharaan, Kucing