Sponsors Link

17 Cara Membersihkan Kelinci Bagi Pemula

Sponsors Link

Bagi kamu yang ingin memelihara kelinci, atau saat ini sedang memelihara kelinci, tentu ada banyak hal yang perlu kamu persiapkan dan kamu ketahui apabila kamu ingin merawat kelincimu dengan baik dan benar sampai dia bisa tumbuh dengan baik. Beberapa hal di antaranya, adalah cara mengobati kelinci yang sedang sakit, memahami masa kehamilan kelinci termasuk tanda tanda kelinci hamil, ciri ciri kelinci hamil muda, ciri ciri kelinci keguguran, dan tentu saja termasuk bagaimana cara membersihkan kelinci dengan baik dan benar.

ads

Membersihkan kelinci termasuk salah satu aktivitas yang kemungkinan akan sering kamu lakukan terutama apabila kamu memelihara kelincimu di tempat-tempat yang sekiranya sering membuat kelinci peliharaanmu berinteraksi dengan lingkungan baik yang kotor ataupun bersih. Dengan membersihkan kelinci secara rutin dan dengan cara yang benar, maka kamu dapat menjaga kebersihan badan kelincimu sehingga ia bisa tumbuh dengan baik dan benar.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, ada baiknya kita membahas tentang bagaimana cara membersihkan kelinci yang bisa kamu lakukan dengan mandiri, tanpa harus melibatkan bantuan orang lain ataupun membawa kelincimu ke dokter sehingga kamu bisa membersihkan kelincimu kapan saja. Buat kamu yang tidak ingin repot merawat kelinci karena harus sering membersihkannya, tentu saja cara di bawah ini akan membantumu dalam memilih mana cara membersihkan kelinci yang sesuai dengan keinginan yang kamu miliki.

Tanpa lebih lama lagi, berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan kelinci peliharaanmu yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang juga.

1. Menyiapkan perlengkapan untuk membersihkan kelincimu

Cara membersihkan kelinci yang pertama kali harus kamu lakukan tentu saja adalah mempersiapkan peralatan yang sesuai untuk memandikan kelinci yang kamu pelihara. Beberapa perlengkapan untuk membersihkan kelincimu, antara lain meliputi gunting, sisir, shampoo, cotton buds, baby oil, minyak bayi, handuk, dan lain sebagainya. Beberapa perlengkapan tersebut, harus kamu siapkan sebelum kamu memandikan atau membersihkan kelinci peliharaanmu.

Dengan demikian, kamu bisa membersihkan kelincimu dengan baik dan benar. Tidak menggunakan salah satu perlengkapan pembersih tersebut mungkin sesuai untuk beberapa kasus, akan tetapi ingatlah bahwa ketika kamu ingin memandikan kelincimu, maka kamu harus senantiasa menyediakan handuk dan minimal shampoo agar kamu bisa membersihkan badan kelincimu dengan baik.

2. Membersihkan dengan air hangat

Untuk membersihkan kelinci yang kamu pelihara, maka kamu harus menggunakan air yang tidak boleh terlalu dingin atau terlalu panas. Air yang dingin akan membuat kelinci kesayanganmu kedinginan, sementara air yang terlalu panas bisa melukai kelinci yang kamu pelihara. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan air hangat, layaknya untuk mandi orang biasa dengan jumlah yang cukup. Paling tidak air hangat yang kamu siapkan cukup untuk mengisi seperempat bak mandi yang biasa digunakan untuk mencuci secara manual. Apabila kamu ingin memandikan kelincimu di wastafel, pastikan terdapat air hangat untuk membersihkan kelinci yang kamu pelihara.

3. Memasukan kelinci ke dalam bak air hangat dengan perlahan

Setelah kamu mempersiapkan air hangat, dan menuangnya ke bak sesuai dengan ukuran yang cukup untuk membersihkan kelinci yang kamu miliki, maka langkah berikutnya adalah memasukkan kelincimu tersebut ke dalam bak air yang telah kamu siapkan secara perlahan.

Hal itu perlu dilakukan supaya kelincimu bisa beradaptasi dengan suhu bak dan suhu air yang kamu gunakan untuk memandikannya. Hati-hati saat melakukannya ya, karena apabila kelinci masih belum beradaptasi dengan baik, dia bisa berperilaku agresif seperti mencakar tangan, tubuh, atau bagian-bagian yang lain dari badan orang yang berusaha untuk memandikannya, dan dalam kasusmu tentu saja kamulah yang akan menjadi sasaran marah kelinci yang kamu pelihara.

Sponsors Link

4. Menyiram badan kelinci dengan perlahan

Setelah kelinci bisa beradaptasi dengan suhu air yang kamu gunakan untuk memandikannya, maka langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memulai pembersihan badan kelincimu. Caranya adalah dengan menyiramkan air pada badannya secara perlahan, hingga terbasahi semuanya dengan air hangat, sehingga kotoran yang ada di bulu dan badannya bisa kamu bersihkan nanti dengan menggunakan shampoo.

Penyiraman bisa dilakukan dari belakang lalu perlahan-lahan ke depan, dan jangan sampai air yang kamu gunakan untuk menyiram badannya masuk ke dalam telinga kelincimu karena hal itu malah akan membuat kelincimu sakit. Sebagai antisipasi agar air tidak masuk ke dalam telinganya, kamu bisa menutup telinga kelincimu ketika menyiramkan air, atau kamu juga bisa menyumbat telinga kelincimu untuk sementara waktu dengan kapas.

5. Memijat kelinci dengan perlahan

Setelah menyiramkan air dengan jumlah yang cukup untuk membuat badan kelincimu basah, maka hal berikutnya yang perlu kamu lakukan adalah memijat kelincimu dengan perlahan agar air hangat yang kamu siramkan ke tubuhnya bisa merat.

Kamu bisa memijat rambutnya dan menggosoknya secara perlahan dengan menggunakan jari-jari tanganmu, dengan demikian air hangat perlahan akan masuk ke dalam tubuhnya dan membersihkan bagian yang tertutupi oleh bulu-bulu kelinci. Kamu juga bisa memijat dengan menggunakan shampoo untuk membuat kelincimu rileks dan tidak stres, serta membuat pembersihan yang kamu lakukan juga semakin maksimal.

6. Menggosok badan kelinci dengan perlahan

Selain menggosok, hal lain yang juga perlu kamu lakukan untuk membersihkan kelincimu adalah dengan cara menggosok badannya dengan kain yang halus atau dengan kedua tanganmu secara perlahan. Menggosok perlu kamu lakukan untuk memastikan kuman, bakteri, atau virus dan kotoran lainnya yang ada di sekitar badan kelincimu, terutama yang ada di balik bulu bisa benar-benar ikut terbuang nantinya. Dengan demikian, kelincimu benar-benar bersih dengan optimal.

ads

7. Memberikan shampoo bayi

Seperti yang telah disebutkan di atas, kamu bisa memanfaatkan shampoo untuk membantu membersihkan badan kelinci yang kamu miliki. Perlu diperhatikan bahwa tidak semua shampoo cocok digunakan untuk membersihkan badan kelinci yang kamu pelihara. Salah satu shampoo yang cocok digunakan untuk membersihkan badan kelincimu tanpa efek samping yang berbahaya adalah shampoo bayi yang memiliki kemampuan atau sifat tidak pedih bagi mata kelincimu.

Akan lebih baik lagi apabila kamu memberikan sampo khusus untuk anak kelinci sehingga shampoo yang kamu pilih benar-benar cocok untuk kelinci yang kamu pelihara. Dengan demikian, tidak hanya kamu mencegah kemungkinan terburuk kelincimu terkena iritasi mata, kamu juga bisa membuat bulu kelincimu menjadi bersih dan juga lebat.

8. Membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau

Dengan shampoo, air hangat, dan berbagi teknik pembersihan di atas, kamu bisa membersihkan kelincimu dengan baik. Akan tetapi kamu juga perlu membersihkan bagian-bagian tubuh kelinci yang sekiranya sulit untuk dijangkau. Beberapa bagian tubuh yang sulit dijangkau tersebut antara lain adalah bagian di belakang telinga atau luar telinga, bagian sekitar anus, telapak kaki, dan bagian di sela-sela tangan atau kaki kelinci kesayanganmu.

Jangan lupa pula untuk menyikat kuku kelinci agar lebih bersih dan terhindar dari serangan kuman yang masuk ke dalam sela-sela kuku kelincimu. Membersihkan badan juga merupakan salah satu cara memelihara kelinci anggora yang harus kamu lakukan lo.

9. Siram dan bilas kelincimu hingga bersih

Langkah berikutnya yang perlu kamu lakukan setelah melakukan pembersihan-pembersihan di atas tentu saja melakukan penyiraman pada seluruh badan kelincimu hingga bersih sehingga tidak ada shampoo, atau kotoran-kotoran yang tersisa di badan kelincimu.

Selain melakukan penyiraman hingga bersih, kamu juga perlu membilas kelincimu sampai kering dan bersih agar tidak membuat bulu kelincimu menjadi lembap, dan membuat kotoran dan debu yang ada di sekitarnya malah menjadi mudah untuk menempel pada badan kelincimu terutama pada bagian yang terkena shampoo sehingga malah berpeluang untuk menjadi sarang penyakit.

Jangan lupa untuk membilas kelincimu sampai tuntas, dan jangan lupa, kamu tidak boleh merendam kelincimu terutama badannya terlalu lama karena hal tersebut bisa membuat kelincimu kedinginan dan sakit.

10. Memindahkan kelinci ke tempat yang bersih setelah dimandikan

Setelah kamu membilas dan membersihkan kelincimu sampai tuntas, maka langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan tentu saja adalah memindahkan kelincimu yang telah kamu bersihkan itu ke tempat yang bersih, dan kering sehingga kelincimu bisa lebih maksimal bersihnya daripada kamu meletakkannya pada kandang secara langsung.

Kamu bisa menyiapkan bak kedua yang bersih sehingga bisa dipakai sebagai tempat untuk membersihkan kelincimu setelah selesai dibersihkan dengan cara memandikannya. Tahapan ini sebenarnya adalah langkah terakhir dalam memandikan setelah kamu mengangkat kelinci dan mengeringkannya dengan kain atau handuk kering yang lembut untuk badan kelincimu sehingga tidak melukainya.

Cara Lainnya (11-17)

Selain sepuluh cara di atas, beberapa cara lain yang masih menjadi satu rangkaian dalam cara membersihkan kelinci dengan baik dan benar adalah sebagai berikut ini.

    • Mengangkat kelinci dan mengeringkannya.
    • Memberikan handuk kering yang baru
    • Menggunakan hairdyer untuk mengeringkan bulu kelinci
    • Membersihkan bagian telinga kelinci dengan cottonbud dan baby oil
    • Membersihkan badan kelinci bagian bawah
    • Memotong kuku kelinci secara teratur
    • Menggunting bulu secara teratur

Selain beberapa cara yang bisa kamu lakukan diatas, berikut ini terdapat panduan visual yang bisa membantu memudahkan anda dalam membersihkan kelinci.

Itulah beberapa cara membersihkan kelinci yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan kelinci kesayanganmu. Kamu bisa melakukan pembersihan tersebut secara rutin, akan tetapi dalam jangka waktu yang lama karena kelinci tidka perlu sering dimandikan, seperti sekali dalam dua atau tiga minggu, atau tergantung pada tingkat kekotoran badan kelincimu dan lingkungan tempat ia tinggal. Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan kandang agar kelincimu bisa tinggal di tempat yang nyaman dan tentunya terjaga kebersihan sekaligus kesehatannya selama ia tidak kamu mandikan dan ketika ia bermain di sekitar kandangnya.

Semoga dengan cara membersihkan kelinci di atas kamu bisa merawat kelincimu dengan baik ya, selamat menjaga kebersihan kelinci kesayanganmu!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 09:46 Oleh :