Sponsors Link

8 Cara Mengatasi Asam Lambung Pada Anjing

Sponsors Link

Selain kucing, anjing juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang banyak di miliki orang rumahan.

ads

Bahkan banyak sekali jenis anjing dengan segala kemampuannya.

Beberapa memang cocok untuk peliharaan lucu dirumah yang bisa menjadi teman.

Namun sebagian ada yang fungsinya sebagai penjagaan seperti menjaga rumah dari maling.

Bahkan ada pula anjing untuk kegiatan operasional sebuah instansi seperti kepolisian yang sering dikenal dengan nama anjing pelacak. Tugasnya adalah membantu petugas kepolisian mengidentifikasi sidik jari atau jejak suatu permasalahan.

Namun dalam hal ini, banyak orang memelihara anjing karena lucu dan mampu menjadi teman dirumah baik dikala sepi atau rame. Apalagi anjing adalah hewan yang juga mudah untuk di latih, sehingga bisa menjadi lebih cerdas.

Sebagaimana seperti yang seringkali anda lihat pada layar televisi. Pecinta anjing sama halnya dengan pecinta kucing, jiwa sayang mereka akan terlihat dari sini. Para pet lovers semua tentu ingin yang terbaik untuk kesayangan mereka.

Menjaga kesehatan hewan peliharaan mungkin akan menjadi prioritasnya. Tak heran banyak cara dilakukan agar peliharaannya selalu terlihat menggemaskan dan sehat.

Kasus yang sering menimpa pada anjing adalah kondisi asam lambung, ternyata tidak terjadi pada manusia saja. Cara Mengatasi Asam Lambung Pada Anjing bisa anda simak pada halaman kali ini. (Baca Juga: Tips Memelihara Anjing Pom)

Mempunyai anjing kesayangan tentu anda akan menghafal ciri-ciri peliharaan yang mengalami kondisi kesehatan menurun. Nah, dalam kasus yang seperti ini banyak orang merasa gelisah dan mencari Cara Mengatasi Asam Lambung Pada Anjing. Berikut ini ada serangkaian 8 hal yang bisa anda pahami:

  1. Jauhkan Makanannya

Langkah pertama jika anda menemui anjing sedang sakit asam lambung adalah menjauhkan dari makanannya atau anda membawa pergi makanan tersebut.

Karena pada saat anjing sudah benar-benar merasa sakit pada perutnya, jika anda tetap memberikan makan akan membuat lambung dan usus mengeluarkan enzim pencernaan.

Enzim inilah yang akan memperparah peradangan dan gangguan yang di alaminya. Sebaiknya hentikan dulu pemberian makan sementara waktu, sekitar 3 – 4 jam.

  1. Berikan Air Minum

Menghentikan makan dengan memberikan minum untuk anjing akan membantunya selama asam lambung menyerang. Jangan memberikan susu pada anjing karena akan membuat kondisi semakin sakit. Hal terbaik adalah dengan memberikan minum air putih yang bersih dan baru. Namun pastikan juga wadah tempatnya sudah steril.

  • Apabila anjing memuntahkan air tersebut, berikan air minum dalam jumlah sedikit namun berulang selama 30 menit sekali.
  • Untuk anjing yang mempunyai berat badan kurang dari 10 kg, berikan air secangkir kecil setiap 30 menit.
  • Jika anjing minum air namun tidak memuntahkannya dalam waktu 2-3 jam, biarkan ia minum air sebanyak yang disukainya.
    Sponsors Link

  1. Berikan Makan Hambar

Setelah selang waktu 4 jam tidak memberikan makan, saatnya anda memberikan asupan makan hambar untuknya.

Makanan yang rendah lemak akan mudah dicerna diantaranya adalah seperti dada ayam, kelinci, kalkun, atau ikan kod.

Namun jangan berikan makanan dengan rasa ayam karena hanya mengandung sangat sedikit daging ayam, dan tidak cukup bagus untuk menggantikan konsumsi ayam bagi sang anjing. (Baca Juga: Obat Alami Untuk Anjing yang Tidak Mau Makan)

  1. Berikan Makan Porsi Kecil

Berikan makan anjing dengan porsi yang sedikit saja, jangan terlalu banyak. Dengan begini anda sekaligus melihat kondisi sang anjing dengan cara menilai nafsu makannya.

Jika dalam porsi kecil bisa menghabiskan, bisa di katakan perutnya sudah cukup aman dan anda bisa menambahkannya lagi.

  1. Berikan Perhatian Lebih

Selama anda sakit tentu mengharap perhatian dari orang terdekat. Begitu juga dengan anjing yang manakalanya hanya seekor hewan peliharaan tetapi mampu mengerti bahasa perasaan.

Anjing yang mengalami sakit asam lambung harus diberikan perhatian tetap, dan kalau bisa lebih. Ajak dan gendong anjing anda serta perlakukan dengan lembut, karena ini bisa menjadi salah satu solusi dalam cara mengatasi penyakit asam lambung Anjing.

Sponsors Link

  1. Berikan Penghangat

Anda bisa melakukan terapi untuk sang anjing dengan cara memberikan penghangat. Terapi ini mungkin akan bermanfaat baginya, khususnya jika anjing terlihat gemetar. Anda bisa memberikan botol panas yang telah terbungkus dengan handuk untuk menghangatkannya.

Tetapi pastikan dulu bahwa anjing bisa menjauhi alat penghangat itu jika ia merasa tidak nyaman. Jangan sampai anda mengikatkan botol penghangat ke tubuh anjing sehingga ia tidak bisa melepaskannya sendiri saat merasa tidak nyaman. (Baca Juga: Cara Merawat Anjing yang Baru Melahirkan)

  1. Bawa ke Dokter

Apabila anda merasa masih ragu dengan berbagai teknik sederhana di atas, atau merasa kondisi anjing masih belum sehat sebaiknya segera membawa Hewan kesayangan Anda ini ke dokter.

Ceritakan kondisi anjing kepada dokter dan jangan lupa juga untuk menanyakan apa penyebabnya supaya Anda dapat mengantisipasi penyakit ini agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

  1. Memberikan Suplemen

Cara mengobati asam lambung anjing lainnya bisa juga dengan memberikan asupan nutrisi baik vitamin atau suplemen yang bisa di beli dari pet shop. Suplemen bisa menjadi antibodi bagi tubuh anjing dan memberikan kekebalan. (Baca Juga: Cara Merawat Anjing Agar Tidak Bau)

Seperti itulah 8 cara mengatasi Asam Lambung pada Anjing yang paling ampuh dan dapat Anda terapkan sendiri pada hewan peliharaan Anda masing-masing yang tengah mengalami sakit tersebut. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 28th, July 2018 / 09:14 Oleh :
Kategori : Anjing